kalo yg saya dpt dari bangku kuliah sih, Theravada memandang Abhidhamma itu sendiri ada tersebar di beberapa Sutta, memang tidak secara khusus dibagi eksklusif sbg Abhidhamma. sehingga sebenarnya sewaktu recitation pada 1st Council itu juga sudah mencakup Abhidhamma.CMIIW.
mettacittena,
Samaneri yang saya hormati,
menurut pengertian saya, pada konsili pertama dan konsili kedua ajaran Sang Buddha hanya disebut Dhamma saja. Jadi waktu itu hanya ada Dhamma dan Vinaya.
Pada konsili ketiga sebagian kitab-kitab dalam Kudhaka Nikaya yaitu Yamaka, Puggala pannati dll dipisahkan dalam bagian tersendiri dan disebut Abhidhamma.
Kemudian pada Abhidhamma ditambahkan juga Kathavatthu yang merupakan hasil perdebatan mengenai doktrin-doktrin yang fundamental.
Sedangkan kelompok Dhamma yang sudah dikurangi Abhidhamma selanjutnya disebut Sutta, sering diartikan secara umum sebagai kumpulan khotbah, padahal tidak semua isi Dhamma merupakan khotbah Sang Buddha (ada juga khotbah para Arahat).
Jadi pada konsili kedua hanya ada dua kumpulan kitab, sedangkan pada konsili ketiga terdapat tiga kumpulan kitab. Nampaknya konsili kedua dan ketiga hanyalah perubahan sistem pengelompokan, dengan penambahan isi sedikit.