1
"[T]he kasina preliminary work is difficult for a beginner and only one in a hundred or a thousand can do it. The arousing of the sign is difficult for one who has done the preliminary work and only one in a hundred or a thousand can do it. To extend the sign when it has arisen and to reach absorption is difficult and only one in a hundred or a thousand can do it." Vsm. XII.8
Thus only 1 in 100 x 100 x 100 = 1,000,000 can reach absorption (Jhana) - using the most optimistic figures.
However, the Visuddhimagga states in section XII.8 that of those who undertake the meditation path, only one in 100,000,000 (at best) can reach absorption.
[at] bro Bond ...
Saat seorang tidak melakukan meditasi, suka muncul hal-hal diatas (merinding dsb), apakah itu juga termasuk kegiuran (piti) ?
Belum tentu piti, penyebab merinding banyak hal...misal dikelitikin geli lalu bulu kuduk merinding, ini bukan piti. Biasanya piti(merinding) saat meditasi disertai rasa nyaman, tenang kadang disertai seperti aliran listrik mengalir.
Terus saat bermeditasi, kadang merasakan seolah-olah badan miring/bergerak apakah itu juga mengalami kegiuran ?
Ya itu piti.
Saat mengalami drop, adakalanya timbul rasa pasrah dan membuat seseorang berpegangan kuat pada satu obyek, disana perasaan yang timbul terasa menakjubkan (karena hasil keyakinannya pada obyek) apakah itu juga kegiuran ?
Ya itu juga piti
Anumodana sebelumnya ... _/\_
"And furthermore, with the abandoning of pleasure and stress — as with the earlier disappearance of elation and distress — he enters and remains in the fourth jhana: purity of equanimity and mindfulness, neither-pleasure-nor-pain. He sits, permeating the body with a pure, bright awareness, so that there is nothing of his entire body unpervaded by pure, bright awareness.
"Just as if a man were sitting wrapped from head to foot with a white cloth so that there would be no part of his body to which the white cloth did not extend; even so, the monk sits, permeating his body with a pure, bright awareness. There is nothing of his entire body unpervaded by pure, bright awareness."
For Jerry:Bro Peacemind, boleh saya minta detail MN 44 - Culavedalla Sutta bagian tentang nafas lenyap pada jhana ke 2? Saya cuma dapat potongan ini saja yg ada berhubungan dengan nafas
Sebenarnya, bagi saya, faktor2 seperti piti, sukha dan ekagata dalam jhana lebih cenderung kepada bentuk2 batin dari pada aktifitas batin, karena jika kita menggunakan istilah ‘aktifitas’ ada satu kecenderungan pada kondisi ‘aktif pikiran’ padahal faktor2 tersebut hanya merupakan obyek2 batin yang muncul secara otomatis seiring dengan pencapain jhana. Anyway, istilah atau bahasa nggak begitu penting di sini. Yang terpenting kita tahu maksud dan maknanya saja. Anda bisa menggunakan kata2 ‘aktifitas batin’ selama anda mengetahui makna yang dimaksud. Suhu Sumedho benar bahwa dalam jhana ke-dua dan seterusnya aktifitas pikiran (pikiran aktif) sudah tidak ada karena di sini vitakka dan vicara sudah lenyap. Bahkan dalam jhana kedua, dikatakn bahwa nafas juga sudah lenyap. Ini disebabkan karena vacisankhara (bentuk2 inner voice /suara pikiran yakni vitakka dan vicara yang mendahului nafas: lihat dalam Culavedallasutta) sudah lenyap.
...
"These three fabrications, friend Visakha: bodily fabrications, verbal fabrications, & mental fabrications."
"But what are bodily fabrications? What are verbal fabrications? What are mental fabrications?"
"In-&-out breaths are bodily fabrications. Directed thought & evaluation are verbal fabrications. Perceptions & feelings are mental fabrications."
"But why are in-&-out breaths bodily fabrications? Why are directed thought & evaluation verbal fabrications? Why are perceptions & feelings mental fabrications?"
"In-&-out breaths are bodily; these are things tied up with the body. That's why in-&-out breaths are bodily fabrications. Having first directed one's thoughts and made an evaluation, one then breaks out into speech. That's why directed thought & evaluation are verbal fabrications. Perceptions & feelings are mental; these are things tied up with the mind. That's why perceptions & feelings are mental fabrications."
Para bhikkhu, sembilan inilah penghentian yang berurutan. Apakah sembilan tersebut?
Bagi seseorang yang mencapai keadaan batin yang lebih tinggi pertama persepsi sensual/inderawi berhenti. Bagi seseorang yang mencapai keadaan batin yang lebih tinggi ke dua, pemikiran-pemikiran dan permikiran analisa berhenti. Bagi seseorang yang mencapai keadaan batin yang lebih tinggi ke tiga kebahagiaan berhenti. Bagi seseorang yang mencapai keadaan batin yang lebih tinggi ke empat, nafas masuk dan keluar berhenti. Bagi seseorang yang mencapai pada alam ruang material, persepsi berhenti. Bagi seseorang yang mencapai pada alam kesadaran, persepsi pada alam ruang berhenti. Bagi seseorang yang mencapai pada alam kekosongan, persepsi pada alam kesadaran berhenti. Bagi seseorang yang mencapai pada alam bukan persepsi ataupun non-persepsi, persepsi pada alam kekosongan berhenti. Bagi seseorang yang mencapai pada penghentian persepsi dan perasaan, persepsi dan perasaan berhenti. Para bhikkhu, sembilan inilah perhentian yang berurutan.
dari sini sumbernya http://www.geocities.com/Tokyo/6774/jhanantp.htm
------------------------------
Interpretations of the Jhanas
Although the Jhanas appear very frequently in the discourses of the Buddha (suttas), now two and a half millenna later there is no generally agreed upon interpretation of what exactly these states of concentration are. This paper is a highly subjective attempt by one Jhana practictioner to simply list and categorize the various interpretations I have heard of here at the beginning of the 21st century. The information in this list is quitely likely to not be totally accurate. If you can provide more details of a teacher's method, Please write me at leigh [at] leighbrasington.com!
The first broad categorization would be into "Sutta Jhanas" and "Visuddhimagga Jhanas". The Jhanas as discussed in the suttas are accessible to many people. The suttas seem to indicate that they were just part of the monastics' training program; thus they were not a big deal and were accessible to many.
However, the Visuddhimagga states in section XII.8 that of those who undertake the meditation path, only one in 100,000,000 (at best) can reach absorption. We don't have to take this figure literally to begin to understand that the Jhanas as discussed in the Visuddhimagga are of a much deeper level of concentration than those described in the suttas. Basically, the Visuddhimagga Jhanas seem to be much more developed and systematized than those of the suttas. Even the factors given for the first four Jhanas are not the same: see The Traditional Factors of the 8 Jhanas.
So the following table lists the various interpretations I have encountered and gives a (hopefully somewhat accurate) picture of each of the interpretations. Each system is given by the name of the place or teacher that teaches (or taught) in the style:
Visuddhimagga Jhanas
Pa Auk Monastery (near Moulmein, Taninthayi Division, Burma) continues the genuine monastic tradition as preserved in the Visuddhimagga. The Jhanas taught there are a very deep absorption and not surprisingly are not accessible by the majority of people who undertake learning them. The stories I hear are of about one third of the monks and nuns being able to access them (with nuns doing a bit better than the monks). Lay practioners from the West very seldom report any success accessing these deep states. Various access methods are taught including kasinas and anapanasati.
The Jhanas are used to generate a concentrated mind which is then used to do the various insight practices outlined in the Visuddhimagga, and to undertake the systematic study of the mind as outlined in the Abhidhamma.
Ajahn Brahmavamso is a Theravaden Buddhist monk who lives in Western Australia. He studied extensively with Ajahn Cha in Thailand as well as in other places before settling in Australia. His definition of exactly what constituted a Jhana seems close to the depths indicated in the Visuddhimagga. His essays The Basic Method of Meditation and Travelogue to the four Jhanas outline his Jhana teaching. The primary access method he teaches is anapanasati which he refers to as "experiencing the 'beautiful breath'."
Sutta Jhanas
Christina Feldman uses the breath (anapanasati) as the access method to enter the Jhanas. The depth of absorption experienced by her students is definitely quite strong, but does not appear to be anything like that required by the two "Visuddhimagga" methods above. In an inteview in the Inquiring Mind, Christina said that she wanted at least a month to work with a student in order for them to have sufficent time for the mind to become sufficiently concentrated to reach the Jhana.
Ayya Khema taught a level of absorption that at least some of her students could learn in a 10 day mediation retreat. Although the depth of concentration is not terribly strong in the first three Jhanas, she did want her students to be absorbed enough in the fourth Jhana that sounds stopped being heard, or at least seemed noticably muffled. Ayya taught using the breath, Metta, and "sweeping" as access methods. She took The Graduated Training as her guide for what to do with the Jhanas: "With ones mind thus concentrated, purified, and bright, unblemished, free from defects, pliant, malleable, steady, and attained to imperturbability, one directs and inclines it to knowledge and vision" of things as they are.
Leigh Brasington, a student of Ayya Khema, teaches in her style, but wants a bit more absortion in the first Jhana than Ayya wanted, and is willing to accept less absorption in the fourth Jhana.
Venerable Amathagavesi, a Sri Lankan meditation master, teaches the 4 rupa-jhanas as a precursor to vipassana practice. He uses Metta and Ashubha meditations to subdue aversion and craving in preparation for jhana practice. The yogi's mind is prepared to a specific degree of tranquillity which can easily generate a jhanic experience by the force of a wish. Then he trains in the Mastery of Jhana, i.e. to enter, maintain and come out of jhana as one wishes. The yogi can explore the falling away or addition of jhana factors as he changes between jhana. The initial required intensity of jhana can be attained at a two week retreat. However advanced practitioners are encouraged to develop jhana to full strength. Access is through mindfulness of breath.
Bhante Gunaratana teaches in a style that seems very much the same as is detailed in the Visuddhimagga. However, he too has students who can learn to become absorbed in a 10 day retreat, so the depth of absorption is seemingly not the same as in the Visuddhimagga. He mentioned in a private conversation with me that he wants his students to practice insight meditation while still in the jhanic state as described in MN 111 - One by One as They Occurred - which again seems to indicate a depth of absorption less than Visuddhimagga level. But in his book on the jhanas, he writes "Insight cannot be practised while absorbed in jhana, since insight meditation requires investigation and observation, which are impossible when the mind is immersed in one-pointed absorption. But after emerging from the jhana the mind is cleared of the hindrances, and the stillness and clarity that then result conduce to precise, penetrating insight."
Thanissaro Bhikkhu describes the absorption in the Jhanas as not so total that one loses awareness of the body: "To be in Jhana is to be absorbed, very pleasurably, in the sense of the whole body altogether." He instructs his students to practice insight meditation while still in the jhanic state - again as described in MN 111 - One by One as They Occurred. See his article The Path of Concentration and Mindfulness.
Insight Meditation Society teaches Jhanas to some of the students in the three month retreat each year. The access method is via Brahma-Vihara practices. The depth of absorption here seems to be limited by the student continuing to repeat the Metta (or other Brahma-Vihara) phrases while in the jhanic state. However, some students who have practiced using this method have indicated that they manage to drop the phrases and then enter into a deeper state of absorption. In private converstaions, several people who have practiced using this method, have indicated that the essence of the states is the same as that they subsequently learned using Ayya Khema's method - only the access method was different.
Venerable Bhante U Vimalaramsi teaches Jhanas that have only a light absorption. One can sense things happening around one while in these states; one can even do Jhanas while doing walking meditation. He teaches his students the Jhanas in 10 day mediation retreats. Again, one is to practice insight meditation while still in the jhanic state as described in MN 111 - One by One as They Occurred. He uses both Metta and breath as access methods - see the PDF files Barebones guide to Meditation on the Breath and Barebones guide to Loving Kindness Meditation.
An interesting thing that I have observed that holds for most teachers of Jhana is that they tend to regard all Jhana methods with concentration levels less than their own as "not authentic, not real Jhanas", and they tend to regard all methods with concentration levels stronger than their own as "indulging, not useful."
Given the diversity outlined above, several possible conclusions can be drawn:
Mistakes in the above are quite possible!
- There are a number of different ways to interpret the ancient literature about the Jhanas.
- We don't really know exactly what type of Jhanas the Buddha and his disciples were practicing.
- Since it is very clear that the Buddha did not regard the Jhanas as anything more than a tool, what is really important is not so much which version you learn, but that you apply the jhanic state of mind to insight practice, either while still in the Jhana or immediately thereafter.
Memang sulit kalau tdk fasih bahasa asing. :'(
Siapa tahu ada yg berbaik hati mentranslate ke bahasa indo. ;D
_/\_
terima kasih juga sdr PeaceMind sudah menambah rujukan Rahogatasutta.
Sutta itu melihat dari sudut yg berbeda pada Jhana 1.
AN 9.31: Anupubbanirodha Sutta -> Paṭhamaṃ jhānaṃ samāpannassa kāmasaññā niruddhā hoti;
SN 36.11: Rahogata sutta -> Paṭhamaṃ jhānaṃ samāpannassa vācā niruddhā hoti.
Sungguh menarik. Bagaimana menurut teman2x?
Oh iya, Sdr Peacemind, saya sangat berharap jika tidak berkeberatan dan mau terus berbagi dan berdiskusi dengan teman2x di forum ini. ^:)^
_/\_
For Sumedho:
Dalam Encyclopaedia of Buddhism, vol. VI, hal. 52, dikatakan bahwa dalam jhana pertama kata2 lenyap karena seseorang telah bebas dari 5 rintangan batin.
Seseorang bebas dari persepsi nafsu indera (kāmasañña) dalam jhana pertama karena memang dalam tingkat jhana ini seseorang dikatakn bahwa batin terpisah / terpencil dari nafsu demikian. Kita bisa menyimak definisi jhana pertama demikian:
‘‘So vivicceva kāmehi, vivicca akusalehi dhammehi savitakkaṃ savicāraṃ vivekajaṃ pītisukhaṃ paṭhamaṃ jhānaṃ upasampajja viharati."
Yang bisa diterjemahkan demikian:
"Secluded from sensual pleasures and unwholesome states, and accompanied with applied thought and sustained thought, one enters and dwells in the first Jhana born from rapture and happiness".
Kalimat "Secluded from sensual pleasures - (vivicca kāmehi / terpencil dari nafsu indera)" akan menjawab mengapa dalam jhana pertama seseorang bebas dari kāmasañña.
By the way, thanks for your offer. I love this Dhamma discussion for I also need some correction from others regarding my Dhammm knowledge. I am really happy that in Indonesia now many are expert in Buddhism. I will give my comment when of course I have free time.
May you be happy and may all beings be happy.
Oleh karena itu, selain mengemabangkan vipassana, seseorang hendaknya mengembangkan vipassana.Mungkin maksud Anda, selain mengembangkan vipassana, seseorang hendaknya mengembangkan samatha ya.. Setuju. _/\_
Seseorang yang mengembangkan murni vipassana tidak akan mencapai jhana. Jhana hanya dicapai melalui samatha. Dalam praktik vipassana, seseorang hanya mencapai khanikasamādhi dan pencerapan batin ini berbeda dari jhana. Ini dikarenakan bahwa dalam khanikasamādhi seseorang masih memiliki obyek yang berganti-ganti. Khanikasamādhi muncul ketika seseorang melihat muncul dan lenyapnya fenomena batin dan jasmani. Bahkan upacarasamādhi (near jhana) yang mana tingkat konsentrasinya lebih tinggi dari khanikasamādhi saja tidak bisa disamakan dengan jhana. Dalam upacarasamādhi, ada 5 faktor yang hampir sama dengan 5 faktor jhana pertama muncul. Yang membedakan adalah dalam jhana faktor terakhir adalh ekaggata (has gone to the onesess), sedangkan dalam upacarasamādhi adalh ekaggaṃ (going to the oneness). Jadi dalam upacarasamādhi pikiran belum sepenuhnya terpusat atau terserap ke satu obyek.Tentang ini saya belum dapat menyetujui utk beberapa alasan.
Padahal dalam jhana ke-empat, vitakkavicārā yang menjadi basis untuk berpikir sudah lenyap. Apakah ia tidak usah berpikir atau membuat aspirasi untuk mengembangkan kekuatan2 tersebut sehingga seseorang tetap berada dalam jhana ke-empat? Ataukah, apakah kekuatan2 demikian akan muncul sendirinya ketika seseorang berada dalam jhana ke-empat? Ini juga merupakan pertanyaan2 yang memerlukan solusi.menurut beberapa text book, seseorang berniat mengeluarkan abhinna[dalam hal ini membagi tubuh] itu setelah masuk keluar jhana 4.
May u be happy.
menurut beberapa text book, seseorang berniat mengeluarkan abhinna[dalam hal ini membagi tubuh] itu setelah masuk keluar jhana 4.ya, tp itu penambahan belakangan. kalau berdasarkan yg Sang Buddha jelaskan tdk demikian. paling jelasnya sih utk Jhana, jika stlh mencapai lalu kita mendapatkan pengetahuan supranormal, maka itu Jhana. jika belum, kemungkinannya masih 50:50.
tapi kalau bicara kesaktian, tuh damien menembuskan uang logam ke botol pakai objek apa ya?.....biar ga oot dr 'pembahasan jhana', ini ga perlu dibahas ya.. atau dithread lain saja.
btw if u dont mind wld u like to help our stagnants' question abt the 4 great standard, u can do click at uposatha in this link http://dhammacitta.org/forum/index.php/topic,8639.60.html, im much thankful ur kindness.
may u always keeping well n happy
may all beings be happy
mettacittena,
...Sometime I have to go far far away or sometime I go to jungle seeing monkey for long time, and that will not be suitable to be moderator or adviser or anything with this condition.
Umm... what you do when you meet the monkeys?
Anumodana utk penjelasannya. Skrg, pertanyaan lebih lanjutnya bagaimana dng perpindahan dari Rupa Jhana 4 ke Arupa Jhana? Meninggalkan dunia bentuk menuju dunia tanpa bentuk? :)
Mettacittena
_/\_
wah, setahu saya tidak ada dalam buddhism jhana loncat,,misalkan memasuki jhana 4...langsung dari nimitta langsung zap ke-4...
Anumodana utk penjelasannya. Skrg, pertanyaan lebih lanjutnya bagaimana dng perpindahan dari Rupa Jhana 4 ke Arupa Jhana? Meninggalkan dunia bentuk menuju dunia tanpa bentuk? :)
Mettacittena
_/\_
Menurut saya, jawabannya akan sama seperti seseorang keluar dari jhana ke satu dan masuk ke jhana kedua. Salekkhasutta dari Majjhimanikaya dan juga beberapa sutta lain mengatakan demikian:
"idhekacco bhikkhu sabbaso rūpasaññānaṃ samatikkamā, paṭighasaññānaṃ atthaṅgamā, nānattasaññānaṃ amanasikārā, ‘ananto ākāso’ti ākāsānañcāyatanaṃ upasampajja vihareyya".
"Di sini, seorang bhikkhu, mengatasi semua persepsi bentuk (terdapat dalam rūpajhana), dengan lenyapnya persepsi2 tidak menyenangkan (faktor2 dalam rūpajhana), tanpa menghiraukan persepsi yang bermacam-macam, seseorang sadar terhadap angkasa / ruang yang tak terbatas, mencapai dan diam dalam landasan angkasa yang tak terbatas".
Jadi di sini, yang ada hanya meredam faktor2 yang ada dalam jhana ke empat dan mencapai arupajhana pertama - ākāsānañcāyatana. Namun, bagi seseorang yang memiliki vasi (mastery) over Jhana, ia bisa masuk arupajhana kapan pun ia mau. Sebagai contoh, Bhikkhu Anuruddha dalam Cūlagosingasutta dari Majjhimanikāya mengklaim bahwa jika ia menghendaki, kapanpun ia mau, ia bisa masuk setiap jhana baik rupa maupun arupajhana ....Salah satu statemennya, ketika ditanya Sang BUddha, adalah sebagai berikut:
"Idha mayaṃ, bhante, yāvadeva ākaṇkhāma sabbaso rūpasaññānaṃ samatikkamā, paṭighasaññānaṃ atthaṅgamā, nānattasaññānaṃ amanasikārā, ‘ananto ākāso’ti ākāsānañcāyatanaṃ upasampajja viharāma".
"Di sini, bhante, kapanpun kita mau, dengan mengatasi semua persepsi bentuk, dengan lenyapnya persepsi2 tidak menyenangkan, tanpa menghiraukan persepsi yang bermacam-macam, sadar terhadap angkasa / ruang yang tak terbatas, kami mencapai dan diam dalam landasan angkasa yang tak terbatas"
May u be happy
wah, setahu saya tidak ada dalam buddhism jhana loncat,,misalkan memasuki jhana 4...langsung dari nimitta langsung zap ke-4...
pasti melalui pintu-pintu 1-2-3-4, kemudian keluar nya pun 4-3-2-1...
kalau memang bisa lompat,buat apa SangBuddha dalam mahaparinibbana memasuki jhana secara berturut-turut?
superpower of mindfullnes buku AjahnBrahm, mengatakan hal serupa....yakni jhana itu harus berturut-turut seperti connection door....
dan lagi dalam jhana tidak bisa sekehendak hati memasuki jhana 2-3-4...dan di perumpamakan seperti lantai licin,..
dari mana bisa pindah, karena tekad awal sebelum memasuki jhana, semakin keras kekuatannya maka sampai pintu 4...kalau lemah yah paling pintu 2 atau 1 ataupun 3.
jadi dalam jhana 1 tidak bisa berpikir bahwa "saya mau ke jhana 2" >> ini mah bukan jhana menurut buku beliau.
jadi mengapa sangBuddha mesti buang-buang waktu memasuki jhana secara berturut-turut?wah, setahu saya tidak ada dalam buddhism jhana loncat,,misalkan memasuki jhana 4...langsung dari nimitta langsung zap ke-4...
pasti melalui pintu-pintu 1-2-3-4, kemudian keluar nya pun 4-3-2-1...
kalau memang bisa lompat,buat apa SangBuddha dalam mahaparinibbana memasuki jhana secara berturut-turut?
superpower of mindfullnes buku AjahnBrahm, mengatakan hal serupa....yakni jhana itu harus berturut-turut seperti connection door....
dan lagi dalam jhana tidak bisa sekehendak hati memasuki jhana 2-3-4...dan di perumpamakan seperti lantai licin,..
dari mana bisa pindah, karena tekad awal sebelum memasuki jhana, semakin keras kekuatannya maka sampai pintu 4...kalau lemah yah paling pintu 2 atau 1 ataupun 3.
jadi dalam jhana 1 tidak bisa berpikir bahwa "saya mau ke jhana 2" >> ini mah bukan jhana menurut buku beliau.
Saya yakin bahwa Ajahn Brahmavamso berbicara sesuai dengan pengalaman beliau. Namun kita pun harus ingat bahwa pengalaman setiap orang tidak harus sama. Sesuai dengan pengalaman beliau, seseorang tidak bisa meloncat, sebagai contoh, dari Jhana pertama ke Jhana ketiga. Akan tetapi, Cūlagosinga Sutta menyebutkan bahwa Bhikkhu Anuruddha dan dua orang kawannya memiliki kemampuan demikian. Jika anda berpendapat hal tersebut tidak mungkin karena Sang Buddha sendiri masuk dan keluar jhana secara berurutan sebelum mencapai parinibbāna, mengapa di sutta yang sy sebutkan tadi Sang Buddha justru memuji kemampuan ketiga muridnya itu?
Dalam Visuddhimagga bagian Iddhividha-niddesa, seseorang yang memiliki vasi (mastery) terhadap jhana, dikatakn memiliki 14 macam kemampuan. Beberapa di antaranya adalah:
1. Jhānānuloma (pencapaian jhana2 secara berurutan ke atas). Artinya, seseorang mencapai jhana secara berurutan dari jhana pertama ke jhana kedua, ketiga dan seterusnya.
2. Jhānapaṭiloma (pencapaian jhana secara reverse / berbalik). Artinya, seseorang mencapai jhana dari jhana kedelapan, kemudian masuk ketujuh, keenam dan seterusnya.
3. Jhānānulomapaṭiloma (pencapaian jhana secara berurutan dan berbalik). Seseorang mencapai jhana dari jhana pertama ke jhana2 di atas sesuai dengan urutan dan kemudian dari yang paling tinggi secara berurutan turun ke jhana terendah.
4. Jhānukkantika (melompat / skipping the jhana).
Vasi yang keempat inilah yang sangat relevan dengan apa yang saya katakn di atas. Dalam Visuddhimagga, dikatakan demikian:
“Pathavīkasiṇe pana paṭhamaṃ jhānaṃ samāpajjitvā tattheva tatiyaṃ samāpajjati, tato tadeva ugghāṭetva ākāsānañcāyatanaṃ, tato ākiñcaññāyatananti evaṃ kasiṇaṃ anukkamitvā jhānasseva ekantarikabhāvena ukkamanaṃ jhānukkantikaṃ nāma”.
Yang bisa diterjemahkan sebagai berikut:
“Setelah mencapai Jhana pertama melalui obyek tanah, ia langsung masuk ke jhana ketiga melalui obyek yang sama. Setelah meninggalkan (obyek kasina di jhana ketiga), ia langsung mencapai landasan ruang tanpa batas. Setelah itu, ia mencapai landasan ruang tak terbatas, ia mencapai landasan kekosongan”.
Nah di sini, sangat jelas bahwa seseorang yang memiliki vasi khususnya Jhānukkantika bisa melompat dari jhana pertama ke jhana ketiga, dari jhana ketiga langsung ke arupajhana pertama, dari arupajhana pertama langsung ke arupajhana ketiga.
Be happy.
Sehingga yg menarik saya adalah hal ini, bahwa siapapun dia, mampu menembus jhana, bahkan yg secara tidak sengaja, karena wanita ini tidak sedang duduk meditasi, tidak sedang melatih diri, tidak sedang mengkondisikan diri utk menembus jhana itupun mampu melakukan.
Pertanyaan saya,
1. Apakah ini disebabkan timbunan kebajikan beliau2, sehingga dg amat mudahnya menembus jhana?
2. Apakah beliau2 ini sebenarnya dulu dikelahiran lampau telah mencapai jhana?
3. Bagi pemula hal ini seperti hembusan angin segar, bahwa kita semua mampu menembus jhana, tapi apakah memang benar demikian ?
Here too, when someone has had practice in previous [lives], the sign arises for him in water that is not made up, such as pool, a lake, a lagoon, or the ocean as in the case of the Elder Cula-Siva. The venerable once, it seems, thought to abandon gain and honour and live a secluded life. He boarded a ship at Mahatittha (Mannar) and sailed to Jambudipa (India). As he gazed at the ocean meanwhile the kasina sign, the counterpart of the ocean, arose in him.
Sehingga yg menarik saya adalah hal ini, bahwa siapapun dia, mampu menembus jhana, bahkan yg secara tidak sengaja, karena wanita ini tidak sedang duduk meditasi, tidak sedang melatih diri, tidak sedang mengkondisikan diri utk menembus jhana itupun mampu melakukan.
Pertanyaan saya,
1. Apakah ini disebabkan timbunan kebajikan beliau2, sehingga dg amat mudahnya menembus jhana?
2. Apakah beliau2 ini sebenarnya dulu dikelahiran lampau telah mencapai jhana?
3. Bagi pemula hal ini seperti hembusan angin segar, bahwa kita semua mampu menembus jhana, tapi apakah memang benar demikian ?
Saya rasa ceritanya bukan tentang ybs. mencapai jhana tapi tentang uplifting hapiness (rasa senang yang mampu mengangkat). Piti yang timbul ketika jhana itu level di atasnya lagi yang rapturous happiness.
Kalau cerita tentang "gampang"-nya mencapai jhana itu ada di bagian apo-kasina (air).QuoteHere too, when someone has had practice in previous [lives], the sign arises for him in water that is not made up, such as pool, a lake, a lagoon, or the ocean as in the case of the Elder Cula-Siva. The venerable once, it seems, thought to abandon gain and honour and live a secluded life. He boarded a ship at Mahatittha (Mannar) and sailed to Jambudipa (India). As he gazed at the ocean meanwhile the kasina sign, the counterpart of the ocean, arose in him.
sesuatu muncul karena penyebabnya ada. demikian juga samaneri, orang biasa bisa mencapai jhana bila ada penyebabnya.
gak usah dipusingkan seseorang mencapai jhana dengan cepat atau lambat, karena saya yakin tidak akan terpikirkan. lebih baik berusaha mempraktekkan sendiri.
sejak anda merespon pertama kali tanggapan ttg Nyanaponika kpd sy dan senior sy otomatis merespon dlm bhs inggris, seketika itu saya merasa anda adalah senior saya yg satunya lagi, tapi setelah sekarang beliau muncul dg nama aslinya, jadi saya juga agak sedikit bingung, namun jika dilihat respon anda ttg monkey in the jungle kpd beliau senior saya itu,saya kembali melihat kalian adalah senior saya, krn itu juga adalah salah satu topic favorite mereka jk diskusi, jadi saya semakin yakin anda senior saya. semoga anda benar senior saya yg sedang study di srilanka sini. jika memang benar terimalah my respect bow to u rev.
yang saya beri tanda penebalan dan berwarna biru itu yg menjadi perhatian saya, karena wanita tsb bisa dibilang hanya beberapa saat saja tiba2 telah menjulang ke langit, jika beliau tidak memiliki timbunan kebajikan masa lampaunya atau pernah jhana masa lampaunya, apakah hal ini memungkinkan? karena seperti sy yg masih pemula lebih2 mengarah ke rada Oon itu, jadi tertarik. jika benar demikian, salah satu trik spy cepat menembus jhana kita buat seluruh konsentrasi kita sepenuh hati dlm keadaan bahagia yg sungguh2 luar biasa. bisakah hal ini ?
klo ttg Elder Cula-Siva krn pengaruh previous life beliau, jadi klo kayak kita yg tdk bisa mengingat kelahiran masa lampau jadi kurang semangat...(wahh...saya bakalan ga mudah jhana nihh...kurang lebih bisa timbul pikiran demikian) saya rasa semua dari kita sekarang ini agak sedikit tertinggal dibanding mereka, amat banyak sekali jaman mereka mampu mengingat kelahiran masa lampau mereka. jadi menurut anda dengan keterbatasan ingatan kita ini (tdk ingat masa lampau) kira2 dg cara diatas bisa ga?
Sebenarnya Jhānukkantika memang dibilang skip/ langsung. Tetapi jika dilihat secara proses detilnya sebenarnya tidak demikian. Karena kecepatannya dikatakan 'skip' padahal tetap melewati pintu2 sebelumnya. Sama halnya seperti Mogalana ketika menghadapi Naga yg ganas dan SB hanya membiarkan YM. Mogalana yg menghadapinya karena kemampuan vasi Jhanukkantika ini beliaulah yg terbaik, terbaik diantara murid SB. Dalam sekejap langsung masuk jhana 4 dan kemudian bertekad dst.nah, saya juga berpikir demikian......
Ini berhubungan dengan Vasi. Analoginya ketika seseorang dapat melompat sejauh 2 meter, tentunya dia tetap melewati pemandangan/fase yg dilewati. Tetapi karena kemampuan lompatan yg jauh seakan-akan semua itu ter skip.
Lalu dimana perbedaan dengan ketiga vasi (Jhānānuloma,Jhānapaṭiloma , Jhānānulomapaṭiloma).
Bisa diumpamakan jika kita akan menuju kota F dengan mobil/perjalanan darat tentu melewati kota A,B,C,D,E,dan F satu persatu dan kemudian kembali lagi.
Dalam hal Jhanukkantika maka dengan menggunakan helikopter/pesawat yang langsung menuju kota F. Yang mana sebenarnya kota A s/d E terlewati tetapi tidak menjadi concern dalam perjalanan itu/meditasi.
Sama halnya Jhanukkantika digunakan untuk kasus2 tertentu seperti kasus YM. Mogalana diatas. Maka vasi ini sangat diperlukan.
Metacitena _/\_
Bisakah tulis disini mengenai cara memasuki jhana pertama langsung ke jhana ke 3, dan dari ke 3 langsung ke arupa menurut visudhimagga?
[(1) THE KINDS OF SUPERNORMAL POWER]
If a meditator wants to begin performing the transformation by supernormal power described as 'Having been one, he becomes many', etc., he must achieve the eight attainments in each the eight kasinas ending with the white kasina. He must also have complete control of his mind in the following fourteen ways:...
...
(vii) He skips alternate jhanas without skipping the kasinas in the following way: having first attained the first jhana in the earth kasina, he attains the third jhana in that same kasina, and after that, having removed [the kasina (Ch. X, pp. 6), he attains] the base consisting of boundless space, after that the base consisting of nothingness. THis is called skipping jhanas. And that based on the water kasina, etc., should be construed similarly.
Hal. 370 terjemahan Nanamoli
terjadi perbedaan demikian karena kedekatan dan keterkaitan erat dari sifat vitaka dan vicara sehingga dan biasanya ketika seseorang mulai meninggalkan vitaka dan secara otomatis vicara juga ditinggalkan. Lain halnya dengan piti yg memiliki sifat yg kontras dengan vitaka dan vicara. Jadi bisa dikatakan vitaka dan vicara hampir sama dengan pasangan kembar, tapi tidak persis sama.
Dan kedua dalam hal abhidhamma vs visudhimagga, pembahasan abhidhamma lebih detil kepada proses citta momen per momen saat tercapainya jhana demi jhana, sehingga faktor yg ditanggalkan juga lebih terperinci. sementara Visudhimagga lebih kepada sifat praktek pengalaman pencapaian jhana dan tidak membahas kedetilan proses cittanya.
Terima kasih atas penjelasannya. Di chapter ini lebih dijelaskan fungsinya dalam penggunaan faktor2 yg diperlukan dalam memunculkan abinna dan kevasian. Seperti saya pernah tulis concern dalam meditasinya sehingga terlihat seperti skip. Tapi jika kita melihat melalui kacamata abhidhamma tentunya door to door. Dan ini bisa diamati melalui vipasanna.
Smoga bermanfaat dan semoga pembahasan ini membuat kita semakin berehipasiko
Quoteterjadi perbedaan demikian karena kedekatan dan keterkaitan erat dari sifat vitaka dan vicara sehingga dan biasanya ketika seseorang mulai meninggalkan vitaka dan secara otomatis vicara juga ditinggalkan. Lain halnya dengan piti yg memiliki sifat yg kontras dengan vitaka dan vicara. Jadi bisa dikatakan vitaka dan vicara hampir sama dengan pasangan kembar, tapi tidak persis sama.
Tapi apakah perbedaan menyebabkan sang meditator lebih sulit untuk mengeliminasi piti bersamaan dengan vitakka dan vicara....
Sebagai perbandingan, ular dan kalajengking hewan yang sangat berbeda, tapi sebenarnya sama jika kita melihatnya sebagai hewan yang berbahaya dan kita tidak ingin mereka ada di dalam rumah. Demikian juga sang meditator melihat vitakka, vicara, dan piti sebagai tidak stabil dan mengeliminasinya secara bersamaan.
Sebenarnya ini juga tanpa dasar bahwa vitakka, vicara, dan piti dieliminasi bersamaan tapi saya rasa ini hipotesis yang cukup memuaskan dalam arti sesuai dengan Visuddhimagga bahwa dari jhana pertama sang meditator loncat ke jhana ketiga pun tidak bertentangan dengan ajaran Ajahn Brahm bahwa jhana dicapai tahap demi tahap karena jhana kedua (eliminasi piti) sudah tercakup dalam eliminasi ketiga hal di atas.
Ya memang tidak bertentangan. ini seperti melewati sebuah pintu tanpa mampir terlebih dahulu, karena dia tau pintu itu kurang menarik perhatian.QuoteDan kedua dalam hal abhidhamma vs visudhimagga, pembahasan abhidhamma lebih detil kepada proses citta momen per momen saat tercapainya jhana demi jhana, sehingga faktor yg ditanggalkan juga lebih terperinci. sementara Visudhimagga lebih kepada sifat praktek pengalaman pencapaian jhana dan tidak membahas kedetilan proses cittanya.
Benar, tapi abhidhamma juga tidak mengajarkan bahwa dari jhana pertama harus mencapai jhana kedua dulu. Jadi kalau kita katakan ada mediatator yang tidak pernah memiliki citta jhana kedua dalam abhidhamma karena dari jhana pertama ia langsung mencapai jhana ketiga, ini juga tidak bertentangan dengan abhidhamma.
Saya rasa jeda dari 1-3 ada citta jhana ke 2. Seperti kita melihat bola dan langsung tau itu bola. Tapi saya kira ini bukan masalah mendasar Dan apa yg Anda katakan tidak adanya pertentangan adalah juga benar adanya.
Terima kasih atas penjelasannya. Di chapter ini lebih dijelaskan fungsinya dalam penggunaan faktor2 yg diperlukan dalam memunculkan abinna dan kevasian. Seperti saya pernah tulis concern dalam meditasinya sehingga terlihat seperti skip. Tapi jika kita melihat melalui kacamata abhidhamma tentunya door to door. Dan ini bisa diamati melalui vipasanna.
Kacamata abhidhamma yang kita paka sama mereknya tidak ya ;)
Kalau bicara door-to-door saya tidak merasa abhidhamma mengatakan *harus* berurutan, dalam arti, seseorang ingin memunculkan citta jhana ketiga sebelumnya harus berada dalam citta jhana kedua. Mungkin Mr. Bond (James Bond ;D) punya referensi citta-vithi ketika seseorang pindah jhana.
Kecuali memang dijelaskan dalam sutta atau commentary bahwa memang faktor jhana hanya dapat dieliminasi satu persatu, maka saya rasa kita juga tidak dapat mengatakan bahwa pernyataan kalau faktor jhana dapat dieliminasi sekaligus adalah salah.
Masalah dieliminasi sekaligus tentu tidak salah, tetapi pasti ada sedikit jeda. itulah yg saya maksudkan. Bagaimana bro?. Kalau mengacu pada tulisan teks detil saya rasa itu tidak ada(saya tidak hafal abhidhamma hanya tau secara garis besar saja), harus ditanya kepada Guru yg mahir dalam hal ini. Bagaimana pendapat pakar2 abhidhamma disini? ;D siapa tau ada hal2 yg baru bisa diketahui.QuoteSmoga bermanfaat dan semoga pembahasan ini membuat kita semakin berehipasiko
Kalau begitu kita tunggu dulu Mr. Bond untuk mencapai jhana keempat lalu menceritakan kembali pengalamannya di sini _/\_
Mungkin bro bisa share dari pengalamannya ;D
jadi mengapa sangBuddha mesti buang-buang waktu memasuki jhana secara berturut-turut?
dan setahu saya yg di puji Sangbuddha dalam jhana juga Kassapa.
Permisi ikutan nimbrung diskusi jhana, boleh ya….
Menarik sekali mengikuti pembahasan jhana. Saya masih pemula dalam meditasi, saya sering bertanya dalam hati bagaimana cara mencapai jhana yang mudah, yang tidak njlimet. Bila saya mengikuti pembahasan jhana kok berat sekali ya? sedang bagi saya yang rada O’on ini merasa seperti tidak sanggup mencapai jhana. Kemarin saya menemukan di buku Visuddhimagga, bahwa rasa bahagia mampu mengantar kita ke jhana, bahkan mampu terbang ke udara. Dari kisah tsb ada 2 orang yang diceritakan. Seorang anggota Sangha dan seorang Laywoman. Mungkin kalau anggota sangha bisa dibilang lebih mudah mengkonsentrasikan pikiran mengingat beliau2 bukan hal baru dalam hal meditasi, namun disini ada laywoman yang jelas2 sedang mengandung (notabene tidak menjalani hidup selibat) juga melihat usianya masih muda, kemungkinan tertarik dunia meditasi belum seberapa, namun diapun berhasil mencapai jhana dengan mudah. Sehingga di benak saya muncul pemikiran, bahwa teori2 yang njlimet itu, bila kita tidak mengerti (saking njlimetnya), tidak ada salahnya pengalaman ini bisa dicoba, mengingat ada laywoman yang sedang dalam kondisi hamilpun mampu melakukan.
Untuk mencapai jhana dengan cepat perlu sukha, keadaan yang berbeda dengan piti, karena sukha adalah penyebab terdekat samadhi. Mungkin bedanya kalau piti terasa di pikiran, kalau sukha (kebahagiaan) terasa di hati. Tapi sukha ketika meditasi muncul ketika 5 nivarana telah ditekan dan biar nivarana mudah ditekan seperti ditulis di Visuddhimagga, dengan cara mencari tempat yang sesuai, postur yang sesuai, dll (lupa sisanya hehe...)
...Pasti ada sedikit jeda...
Adakah referensi jika piti terasa di pikiran sedangkan sukha di hati? Thanks.
[at] Sdr. PeacemindQuoteAdakah referensi jika piti terasa di pikiran sedangkan sukha di hati? Thanks.
Referensinya diri kita sendiri :) . Biasanya orang bilang perasaan ada di hati, sedangkan piti saya pikir karena cetasika ada di pikiran (di kepala?).
Kalau ada jeda mungkin, tapi kalau pasti saya rasa belum ada referensinya juga. Saya sih status quo aja deh Grin
wah, setahu saya tidak ada dalam buddhism jhana loncat,,misalkan memasuki jhana 4...langsung dari nimitta langsung zap ke-4...
Anumodana utk penjelasannya. Skrg, pertanyaan lebih lanjutnya bagaimana dng perpindahan dari Rupa Jhana 4 ke Arupa Jhana? Meninggalkan dunia bentuk menuju dunia tanpa bentuk? :)
Mettacittena
_/\_
Menurut saya, jawabannya akan sama seperti seseorang keluar dari jhana ke satu dan masuk ke jhana kedua. Salekkhasutta dari Majjhimanikaya dan juga beberapa sutta lain mengatakan demikian:
"idhekacco bhikkhu sabbaso rūpasaññānaṃ samatikkamā, paṭighasaññānaṃ atthaṅgamā, nānattasaññānaṃ amanasikārā, ‘ananto ākāso’ti ākāsānañcāyatanaṃ upasampajja vihareyya".
"Di sini, seorang bhikkhu, mengatasi semua persepsi bentuk (terdapat dalam rūpajhana), dengan lenyapnya persepsi2 tidak menyenangkan (faktor2 dalam rūpajhana), tanpa menghiraukan persepsi yang bermacam-macam, seseorang sadar terhadap angkasa / ruang yang tak terbatas, mencapai dan diam dalam landasan angkasa yang tak terbatas".
Jadi di sini, yang ada hanya meredam faktor2 yang ada dalam jhana ke empat dan mencapai arupajhana pertama - ākāsānañcāyatana. Namun, bagi seseorang yang memiliki vasi (mastery) over Jhana, ia bisa masuk arupajhana kapan pun ia mau. Sebagai contoh, Bhikkhu Anuruddha dalam Cūlagosingasutta dari Majjhimanikāya mengklaim bahwa jika ia menghendaki, kapanpun ia mau, ia bisa masuk setiap jhana baik rupa maupun arupajhana ....Salah satu statemennya, ketika ditanya Sang BUddha, adalah sebagai berikut:
"Idha mayaṃ, bhante, yāvadeva ākaṇkhāma sabbaso rūpasaññānaṃ samatikkamā, paṭighasaññānaṃ atthaṅgamā, nānattasaññānaṃ amanasikārā, ‘ananto ākāso’ti ākāsānañcāyatanaṃ upasampajja viharāma".
"Di sini, bhante, kapanpun kita mau, dengan mengatasi semua persepsi bentuk, dengan lenyapnya persepsi2 tidak menyenangkan, tanpa menghiraukan persepsi yang bermacam-macam, sadar terhadap angkasa / ruang yang tak terbatas, kami mencapai dan diam dalam landasan angkasa yang tak terbatas"
May u be happy
pasti melalui pintu-pintu 1-2-3-4, kemudian keluar nya pun 4-3-2-1...
kalau memang bisa lompat,buat apa SangBuddha dalam mahaparinibbana memasuki jhana secara berturut-turut?
superpower of mindfullnes buku AjahnBrahm, mengatakan hal serupa....yakni jhana itu harus berturut-turut seperti connection door....
dan lagi dalam jhana tidak bisa sekehendak hati memasuki jhana 2-3-4...dan di perumpamakan seperti lantai licin,..
dari mana bisa pindah, karena tekad awal sebelum memasuki jhana, semakin keras kekuatannya maka sampai pintu 4...kalau lemah yah paling pintu 2 atau 1 ataupun 3.
jadi dalam jhana 1 tidak bisa berpikir bahwa "saya mau ke jhana 2" >> ini mah bukan jhana menurut buku beliau.
Salah satu upasaka utama Sang Buddha yang telah mencapai tingkat kesucian Anagami, ketika berdebat dengan Nigantha Nataputta mengatakan bahwa, bila beliau mau beliau bisa langsung masuk ke Jhana yang lebih tinggi tanpa melalui Jhana pertama.
Sebenarnya percakapan antara perumah tangga bernama Citta dan pertapa Nigantha di Cittasaṃyutta kaitannya dengan jhana tidak berbeda dari pernyataan yang ada Cūlagosingasutta. Di Cittasaṃyutta ini pun, setelah Citta mengatakan bahwa pengetahuan lebih penting daripada kepercayaan, ia pun mengatakan bahwa kapan pun ia mau (yāvadeva ākaṇkhāmi - 'kapanpun saya (Citta) mau'), ia bisa mencapai jhana pertama, kedua, ketiga dan keempat. Kalimat "yāvadeva ākaṇkhāmi" menunjukkan bahwa citta sudah memiliki vasi (mastery). Dan jika kita menerima analisa vasi dalamVisuddhimagga, tentu, skipping jhana telah dimiliki oleh Citta ini.
"Well, venerable sir, to whatever extent I wish, secluded from sensual pleasures, secluded from unwholesome states, I enter and dwell in the first jhana, which is accompanied by thought and examination, with rapture and happiness born of seclusion. [299] Then, to whatever extent I with, with the subsiding of thought and examination..."
8. ßVenerable sir, when desired I seclude the mind from sensuality and demerit with reasoning and investigation and with pleasant joy born from seclusion, abide in the first high stage of mind. Venerable sir, when desired I overcome reasoning and investigation and with pleasant joy born from concentration abide in the second high stage of mind. Venerable sir, when desired with equanimity to joy and impartiality re abide in the third high stage of mind. Venerable sir, when desired I dispel pleasant and unpleasant states and re fourth high stage of mind. Venerable sir, why should I, knowing and seeing thus, rely on the faith of other recluses and Brahmins, there is concentration without reasoning and investigation and there is cessation of reasoning and investigation. .
Quote"Well, venerable sir, to whatever extent I wish, secluded from sensual pleasures, secluded from unwholesome states, I enter and dwell in the first jhana, which is accompanied by thought and examination, with rapture and happiness born of seclusion. [299] Then, to whatever extent I with, with the subsiding of thought and examination..."
Ada beberapa hal yang menunjukkan bahwa pencapaian jhana Citta tersebut tidak loncat
(1) kata then di kalimat jhana kedua,
(2) jhana kedua disebutkan setelah jhana pertama,
(3) with the subsiding of thought and examination..., artinya thought dan examinationnya ada dulu, baru ditinggalkan, artinya ybs. mencapai jhana pertama dulu, lalu dengan meninggalkan vitakka dan vicara, memasuki jhana kedua
‘‘Ahaṃ kho, bhante, yāvadeva ākaṅkhāmi, vivicceva kāmehi vivicca akusalehi dhammehi savitakkaṃ savicāraṃ vivekajaṃ pītisukhaṃ paṭhamaṃ jhānaṃ upasampajja viharāmi. Ahaṃ kho, bhante, yāvadeva ākaṅkhāmi, vitakkavicārānaṃ vūpasamā…pe… dutiyaṃ jhānaṃ upasampajja viharāmi. Ahaṃ kho, bhante, yāvadeva ākaṅkhāmi, pītiyā ca virāgā…pe… tatiyaṃ jhānaṃ upasampajja viharāmi. Ahaṃ kho, bhante, yāvadeva ākaṅkhāmi, sukhassa ca pahānā…pe… catutthaṃ jhānaṃ upasampajja viharāmi."
Di atas saya ambil dari versi chaṭṭhasangayana. Jika kita melihat pernyataan yang menggunakan bahasa Pāli di atas, sebenarnya, istilah yang secara langsung berarti "then" tidak ada. Setiap kalimat yang merujuk pada pencapaian jhana, selalu diawali dengan kata 'ahaṃ kho' - 'I, indeed'. Kata 'then' tampaknya merupakan kata tambahan yang disisipkan si penerjemah.
Sebenarnya, analisa Sang Buddha atau murid2 Sang Buddha mengenai jhana selalu sama. Mereka selalu mengatakan, sebagai contoh mengenai jhana kedua seperti yang anda katakan, "with the subsiding thought and examination (vitakkavicārānaṃ vūpasamā).....". Jika karena hal ini seseorang harus masuk ke jhana pertama, baru kemudian masuk jhana kedua, maka skipping jhana tidak bisa diterima dan penjelasan dalam Visuddhimagga juga salah karena setiap penjelasan jhana di mana2 sama, baik di Pali kanon maupun kitab komentar.
biasanya sih kalo untuk 1 ke 4 mula-mula arahkan pikiran ke objek, jangan hiraukan piti, vitaka, vicara & sukkha yang timbul. Langsung pusatkan aja pikiran.
Wow.. Ajahn Brahm minjemin Ingyastuti buku nih?? Wah kenal deket dong yah? :D
‘‘Dasayime, bhikkhave, kaṇṭakā. Katame dasa? Pavivekārāmassa saṅgaṇikārāmatā kaṇṭako, asubhanimittānuyogaṃ anuyuttassa subhanimittānuyogo kaṇṭako, indriyesu guttadvārassa visūkadassanaṃ kaṇṭako, brahmacariyassa mātugāmūpacāro kaṇṭako, paṭhamassa jhānassa saddo kaṇṭako, dutiyassa jhānassa vitakkavicārā kaṇṭakā, tatiyassa jhānassa pīti kaṇṭako, catutthassa jhānassa assāsapassāso kaṇṭako, saññāvedayitanirodhasamāpattiyā saññā ca vedanā ca kaṇṭako rāgo kaṇṭako doso kaṇṭako moho kaṇṭako. [AN v. 134/5]sebenarnya adalah Anguttara Nikaya 10.73 [Dasakanipāta - ( 8 ) 3. Ākaṅkhavaggo]
Pada saat seseorang sedang berada dalam jhana ia takkan tahu apa yang terjadi pada batin dan jasmaninya. Karena pada saat seseorang sedang berada di dalam jhana, berarti faktor ekaggata hadir. Kalau ada ekaggata berarti batin terpusat/menunggal dengan objek, tak dapat mengetahui yang lain. Hanya ketika ia sudah keluar dari jhana, barulah ia bisa melihat/mengetahui apa yang terjadi (termasuk faktor-faktor batin yang muncul) ketika berada di dalam jhana. Citta bisa mengetahui citta yang terdahulu. Jadi, misalnya seseorang ingin mengonfirmasi pada jhana keberapakah ia berada, maka begitu keluar dari jhana tersebut ia harus langsung memeriksa faktor-faktor jhana yang hadir dengan mengarahkan perhatian ke hadayavatthu. Batin memiliki momentum. Kalau jarak waktunya terlalu lama maka bisa jadi sudah tidak jelas lagi.
Lantas bagaimana menjelaskan kasus di mana seseorang saat sedang berada di dalam jhana (terutama jhana I) masih bisa terganggu suara? Ini disebabkan orang tersebut saat itu sudah tidak berada di dalam jhana lagi, terutama bagi seseorang yang belum mahir, masih sering keluar masuk jhana (bukan dengan kemauan sendiri).
‘‘Dasayime, bhikkhave, kaṇṭakā. Katame dasa? Pavivekārāmassa saṅgaṇikārāmatā kaṇṭako, asubhanimittānuyogaṃ anuyuttassa subhanimittānuyogo kaṇṭako, indriyesu guttadvārassa visūkadassanaṃ kaṇṭako, brahmacariyassa mātugāmūpacāro kaṇṭako, paṭhamassa jhānassa saddo kaṇṭako, dutiyassa jhānassa vitakkavicārā kaṇṭakā, tatiyassa jhānassa pīti kaṇṭako, catutthassa jhānassa assāsapassāso kaṇṭako, saññāvedayitanirodhasamāpattiyā saññā ca vedanā ca kaṇṭako rāgo kaṇṭako doso kaṇṭako moho kaṇṭako. [AN v. 134/5]
“.......for the first jhana, noise is the thorn; for the second jhana, applied and sustained thought are a thorn; for the third jhana, rapture is a thorn .......”
Dari kutipan di atas bisa dilihat bahwa suara adalah duri bagi mereka yang berada di jhana I (penomoran berdasarkan sistem Sutta), vitakka-vicara adalah duri bagi mereka yang berada di jhana II, piti adalah duri bagi mereka yang berada di jhana III, dst. Jadi, bagi mereka yang betul-betul berada di jhana I, suara sudah tak ada lagi. Suara, tepatnya, dikatakan merupakan musuh terdekat dari jhana I (seringkali 5 nivarana juga disebut sebagai musuh terdekat jhana I). Karena bagi mereka yang berada di jhana I masih mudah melorot ke upacara-samadhi, di mana suara merupakan gangguan bagi mereka (mereka masih bisa mendengar suara). Demikian pula bagi mereka yang berada di jhana II, musuh terdekatnya adalah vitakka-vicara karena mereka masih mudah melorot ke jhana I (masih ada vitakka-vicara dalam jhana I).
Saat melakukan vipassana, agar bisa melihat fenomena batin dan jasmani dengan jelas (melihat masing-masing unsur rupa dan batin), seseorang harus masuk dalam jhana keempat terlebih dahulu. Dengan landasan konsentrasi yang sudah kuat itu barulah keluar dari jhana untuk bervipassana. Kalau landasan konsentrasi itu sudah semakin memudar (juga energinya sudah semakin terkuras) sehingga pelaksanaan vipassana sudah tidak efektif lagi maka orang tersebut harus masuk ke dalam jhana ke-4 lagi sehingga landasan konsentrasinya terbangun kembali (juga energinya sudah pulih kembali), lalu keluar dari jhana untuk bervipassana lagi. (Ini menurut sistem yang ada dalam Visuddhi-Magga.)
Untuk mengetahui apakah seseorang sudah mahir dalam jhana atau tidak, salah satu cara adalah melihat apakah orang tersebut mampu bertahan duduk lama tanpa bergerak dalam jangka waktu lama atau tidak? Misalnya 6 sampai 12 jam. Tetapi jangan dibalik ya, orang yang bisa duduk atau berbaring lama tanpa bergerak belum tentu sedang masuk jhana :)
Tetapi bisa saja bagi mereka yang baru mampu memasuki jhana, mereka hanya bisa duduk selama 1 jam atau kurang. Kalau dilatih lebih lanjut, seharusnya bisa duduk lebih lama.
Khusus untuk jhana ke-4 dan di atasnya, kita bisa melihat apakah orang tersebut masih bernapas atau tidak?
Evam me sutam. Demikianlah yang telah kudengar ................ dari orang lain, bukan dari Sang Buddha sendiri, pun bukan dari pengalaman langsung diri saya. Semoga bermanfaat.
Apa yang Anda katakan, benar, Sdr. Fabian.
Keduanya bisa membawa seseorang mencapai kesucian.
Perbedaannya adalah, bagi mereka yang menapaki jalur samatha-vipassana bisa melihat lebih banyak, bisa membuktikan kebenaran Abhidhamma, bahwa apa yang diajarkan di dalam Abhidhamma benar adanya.
[at] PeaceMind:
IMO, jhananimitta dalam bentuk cahaya adalah sesuatu yg relatif tergantung pada kecenderungan orangnya sendiri dan tidak bisa dipukul rata semua jhana harus ada nimitta cahaya.
saya sampai sekarang memang belum pernah menemukan referensi jhana dalam sutta yg mengharuskan ada nimitta. Kebetulan mungkin buddhaghosa memiliki pengalaman demikian sehingga tertuang dalam visudhimagga tetapi itu bukan menjadi kemutlakan, jika itu sebuah "faktor" dalam jhana tentu sang buddha tidak akan melewatkan itu.
Dalam praktik meditation, terutama ketika 5 rintangan batin tidak muncul dalm batin, ada beberapa pengalamn yang muncul di luar dugaan kita, seperti piti (kegiuran), passadhi (ketenangan),sukha (kebahagiaan) dan juga upekkha (keseimbangan batin). Faktor2 mental ini muncul secara terpisah bahkan ketika seseorang tidak berada dalam jhana. Nah, menurut saya, ada beberapa orang yang menganggap pengalamn2 batin seperti ini sebagai jhana, padahal mereka bukanlah jhana. Jika kita melihat sutta2 dan juga kitab2 komentar, jhana pertama (paṭhamajhana) harus memiliki 5 faktor yaitu vitakka, vicara, piti, sukha dan ekagata. Jika lima faktor ini tidak ada meskipun seseorang mengalami piti (sebgai contoh), maka pengalamn tersebut bukan jhana.
Memang sering kali bahwa pada saat seseorang mengalami piti atau faktor2 yang saya sebutkan di atas, seseorang mudah sekali terkecoh dengan menganggap bahwa pengalaman2 tersebut sebagai Jhana karena memang pengalamn2 tersebut bukan lagi kebahagiaan duniawi melainkan hasil dari perkembangan batin. Sebagai contoh, seseorang yang mengalami kegiuran atau piti (ada bermacam2 kegiuran dan ini salah satunya), akan merasakan seluruh tubuhnya (luar dalam) terasa lembut seperti kapas halus, berdenyut-denyut dan disiram dan dipenuhi oleh kegiuran yang tak terkatakn, sementara terlihat (melalui batin) bahwa tubuhnya terang seperti lampu (sebenarnya nimmita). Nah pengalamn ini seringkali dianggap sebagai jhana, padahal ini hanya sekedar piti.
Tentang Sutta 111 dari Majjhimanikāya yang sering dijadikan acuan oleh beberapa guru meditasi, sebaiknya kita berhati-hati. Soalnya, sutta tersebut menggambarkan kebijaksanaan Bhikkhu Sāriputta sebgai murid Sang BUddha paling bijaksana. Sebgai murid yang paling bijaksana, beliau mampu menganalisa setiap faktor jhana, bagaimana mereka muncul dan bagaimana mereka lenyap, seperti ketika seseorang sedang mempraktikkan vipassana. Namun, sebagai orang yang masih dalam kategori rata2, jika seseorang benar2 berada dalam jhana, sangat sulit untuk melihat muncul dan lenyapnya faktor2 jhana. Inipun dialami oleh mereka2 yang benar2 berada dalam Jhana. Ketika seseorang dalam khanikasamādhi (konsentrasi sementara) dan upacarasamādhi (konsentrasi dekat dengan jhana) atau ketika seseorang berada piti atau sukha atau passadhi, ia akan mampu melihat bagaimana mereka muncul dan lenyap.
Thanks.
saya masih newbie di forum yang dalam ini. saya mau bertanya, apakah pada saat latihan meditasi pandangan terang, kita mengalami jhana, dll?
kemudian, saya pernah mengalami (walaupun hanya sekali) kondisi ketika meditasi, waktu satu jam rasanya hanya 10 atau 15 menit saja dan kondisi batin terasa tengang, serta saya pun menyadari sepenuhnya bahwa saya sedang merasa nyaman, badan rasanya hilang yang terasa hanya tarikan napas. apakah ini dikatakan mengalami piti?
trims.