//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: The Speed Way - Drag Race  (Read 3442 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
The Speed Way - Drag Race
« on: 03 December 2008, 11:18:22 AM »


Baluran cutting sticker berwarna kuning disisi kiri dan kanan bodi mobil, suara menggelegar dan m***kakan telinga yang keluar dari ujung knalpot tunggangan dari Davi ini, seakan mengajak untuk segera melahap aspal dengan kecepatan tinggi. Mobil Honda City type Z lansiran tahun 2000 ini memang sudah tidak tergolong mobil biasa lagi karena sudah berulang kali diturunkan dalam ajang drag race kelas 15 detik yang diadakan di sirkuit balap Sentul. 

Maksimalkan Kaki-Kaki
Salah satu bagian vital yang harus mengalami gubahan pada mobil-mobil yang akan turun diajang drag race ataupun balap adalah sektor kaki-kaki. Biar mobil tidak geal-geol alias limbung sehingga mendapatkan downforce yang bagus, per pun dipotong sebanyak 2 ulir dan juga sobreker dibuat lebih keras sehingga tampak lebih ceper, mempu membuat handling pada kecepatan tinggi makin mumpuni. Keseimbangan untuk bodi dan kaki-kaki mobil ini juga telah dimaksimalkan dengan terpasangnya full balance.

Dengan mempergunakan pelek lansiran Enkei berukuran 14 inci untuk roda bagian depan dan 13 untuk bagian belakangnya yang dibalut dengan ban Bridgestone Potenza GIII, sengaja diaplikasikan untuk mendukung mobil agar mampu melesat dengan cepat dilintasan tanpa khawatir kehilangan traksi ban.

Kompresi Mesin Naik
Pada bagian dapur pacu sudah terdapat cukup perubahan, meski belum ekstrim namun sudah mampu menghasilkan tenaga mesin yang agresif. “gubahan yang ada masih belum banyak, tapi yang pasti dongkrakan tenaga lumayan besar” ungkap sang empunya mobil. Pada area dapur pacu ini, blok mesin mempergunakan tipe ZC dengan head cylinder memakai tipe P-08 lalu diporting polish biar tarikan lebih terasa enteng. Selain itu agar  sistem pengapiannya dapat membakar lebih sempurna, maka ditanam satu set sistem pengapian full lansiran MSD mulai dari kabel busi, koil hingga busi (ignition spark) dan ditambahkan fuel pressure serta pirailnya


Kompresi Mesin Naik

Akselerasi mesin pun makin gahar akibat kompresi mesin standar yang naik menjadi 10,5:1 dengan gubahan final gear menjadi 4-2. Tapi pendongkrak tenaga tambahan juga didapat dari header dengan konfigurasi 4-2-1, pipa hingga muffler dibuat secara custom sehingga selain tarikan terasa lebih enteng suara yang dihasilkan pun cukup menggelegar.       

Pangkas Beban Mobil
Seperti layaknya mobil-mobil yang akan diturunkan pada ajang drag race, seluruh komponen interior dari mobil ini yang dapat membebani dan dianggap sudah tidak fungsional lagi untuk sebuah mobil drag dipangkas keluar dari mobil. Alhasil seluruh jok bawaan mobil disingkirkan dan hanya menyisakan dua buah jok racing low max lansiran Bride. Agar grip tangan dan handling ditikungan semakin nyaman stir racing berlabel Momo drifting palang tiga terpasang menggantikan stir orisinilnya. Pada dashboard juga telah terpasang tachometer lansiran Pivot sebagai penunjuk rpm agar hentakan dan putaran torsi maksimum dari mesin dapat terkontrol dengan jelas.

Hobi Davi yang memang suka balapan dan telah didukung dengan mobil Honda City Type Z miliknya akhirnya disalurkan dengan mengikuti ajang drag race disentul untuk kelas 15 detik. Dari dua kali turun dalam ajang yang sama, Davi bersama mobilnya ini mampu menorehkan best time 15.2.19”. Dengan hasil yang sudah diraihnya ini membuatnya makin terobsesi untuk naik kelas, rencana kedepannya Davi akan menggarap mobilnya lebih serius lagi untuk mengincar kelas 10” untuk Drag Race tahun depan bahkan punya rencana lagi untuk ikut juga dalam balap touring, alasannya karena “Touring lebih seru, soalnya banyak part mesin yang dioprek” ungkap Davi.

Data modifikasi
Merk Dan Jenis Mobil : Honda City type Z tahun 2000
Mesin : Block mesin ZC Honda D-15, head silinder p-08, kabel busi MSD, koil MSD, ignition spark MSD, Perbandingan kompresi 10,5 :1, porting polish, full balance, fuel pressure, pirrail, final gear 4-2, header 4-2-1 custom, pipa custom, muffler custom
Eksterior : Body cutting sticker warna kuning
Kaki-kaki : Per dipotong 2 ulir, Sokbreker custom, Pelek Enkei ring 14 depan, ring 13 belakang, Ban Bridgestone Potenza GIII (F-R)     
Interior : Jok racing Low max Bride, Stir Momo, Tachometer Pivot

Event : Drag race sentul kelas 15”, best time: 15.02.19”
Rumah modifikasi: Garden Speed Motorsport


source