//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Kuliah Di China...  (Read 182596 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #150 on: 08 February 2012, 02:15:37 PM »
 [at] leoXIA3: ini bukan maksud apa2 karena kalo mau yg bagus di China universitas itu peringkatnya di china itu sesuai dengan standart national punya alias pake mandarin untuk yg bahasa inggris itu mereka biasanya bekerja sama dengan universitas luar negri terutama australia dan inggris, seperti liverpool university yg ada di suzhou lalu ningbo university yg ada di ningbo lalu Jinan university international school yg di guangzhou, UIBEE di beijing. Raffles institute di guangzhou, monash university di guangzhou, zhejiang university of technology di zhejiang dan South china university of technology di guangzhou. itu semua yg pake bahasa inggris. bisa di cari infonya di internet ato ke agen soalnya saya kurang mengikuti jurusan2 seperti itu. jadi secara gak langsung untuk yg kurikulumnya pake bahasa inggris itu peringkatnya tidak ada alias saya gak tau yg bagus yg mana. tp banyak yg bilang kalo mo jurusan yg berbau ekonomi itu ke UIBEE di beijing. tp di guangzhou Jinan university dan South china university menjadi banyak pilihan orang indo yg sekolah di guangzhou. untuk liverpool dan ningbo university itu entar bisa pindah kredit semester untuk lanjut kuliah di Inggris. zhejiang university itu bekerja sama dengan universitas di Jerman. Kalo monash ya itu universitas australia sih jadinya entar bisa transkip nilai kuliah ke ausie. untuk jurusan2 yg lu minta seperti bisnis itu kayaknya cuma UIBEE yg menyediakan. soalnya uni lain pada sedianya jurusan international economics and trade. lalu teknik sipil dan industri sepertinya Zhejiang universiy of technology yg ada. untuk info mending tanya agen sih. soalnya kalo pake kurikulum bahasa inggris peringkatnya biasa ikutin peringkat universitas asalnya.
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline Yani Puk

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.208
  • Reputasi: 37
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #151 on: 08 February 2012, 02:30:57 PM »
koq gk ada yg bahas kuliah di taiwan???


Offline Chen Hui Ling

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.654
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Kuliah Di China...
« Reply #152 on: 08 February 2012, 06:06:39 PM »
koq gk ada yg bahas kuliah di taiwan???
karEna judul nya kuliah di China ;D
Don't trust too much, Don't hope too much, Don't love too much, because that too much can hurt you so much

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #153 on: 10 February 2012, 11:54:23 AM »
koq gk ada yg bahas kuliah di taiwan???
sebenarnya forum ini jg boleh bahas yg kuliah di taiwan kok. seingat saya di halaman2 sebelumnya ada kok yg membahas soal kuliah di taiwan. silakan saudara Yani Puk liat2 lg. tp emang sih forum ini kurang info soal yg kuliah di taiwan. kalo yg di china itu pun banyakan daerah Guangzhou soalnya saya sendiri tinggal di Guangzhou.
Kalo ada yg sekolah di bagian lain jg info2 dong hehehe. Sepertinya Beijing dan Xiamen banyak peminatnya nih,....
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #154 on: 02 April 2012, 10:01:53 PM »
akhirnya bisa jg buka dhammacitta.org....pusing dah udah hampir 2 bulan gak bisa buka di china....
kok sepi amat ya...
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Kuliah Di China...
« Reply #155 on: 02 April 2012, 10:03:54 PM »
akhirnya bisa jg buka dhammacitta.org....pusing dah udah hampir 2 bulan gak bisa buka di china....
kok sepi amat ya...

ayo diramaikan lagi

Offline deph

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 27
  • Reputasi: 1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #156 on: 01 May 2012, 12:11:28 PM »
Hi semua... seru ya infonya saya jadi tau banyak info terutama d Uni sun Yat Sen, GZ..hehee..
sekalian berbagi info juga , saya juga baru habis sekolah bahasa di China, pindah 3 kali. di semester pertama di CNU (Capital Normal University), Beijing.pas summer saya mau cobain rasanya tinggal di Shanghai jadi saya ambil short summer course 2 minggu rencanya mau 1 bulan tapi karena masalah visa akhirnya cuman bisa 2 minggu :( , saya ambil di Fudan University, Shanghai. Short summer course ini apply sendiri, pilih sendiri, urus sendiri yang sebenernya saya gak sangka ternyata Fudan ini uni pemerintah no 1 di Shanghai.  Terus yang terakhir semester kedua saya ke BNU (Beijing Normal University), Beijing.

Dari pengalaman saya, waktu dulu sih rencana cuma 6 bulan aja mau belajar Mandarin soalnya saya dari dulu susah bener belajar mandarin cepat menguap alias lupa. tapi setelah di Beijing 3 bulan merasa ketinggalan banget dibanding orang2 bule , europe, middle east yang jagooo banget mandarinnya dan 1 semester sangat2 gak cukup deh kemampuan mandarinnya. Pertama kali d CNU saya masuk kelas Intensive, belajarnya sama seperti basic cuma jam pelajarannya sampe sore , biasa reguler 4 jam tapi di kelas ini 6 jam per hari, pelajaran juga lebih cepat dari anak2 reguler dan hasil keluarannya emang berbeda sama anak reguler lebih cepet bisanya (bukanya memuji diri sendiri tapi dari angkatan atas yang ikut intensive juga bilang begitu)..karena saya daftar cuma buat 1 semester maka F visa saya juga cuma terbatas ,terus kepengen akal-akalin makanya saya lanjut summer course aja , gak kepengen pulang Indo juga.

Saya kira gampang tapi ternyata sampai di Fudan mereka gak bisa bantu saya perpanjang visanya,katanya udah keburu telat dan mepet. Sebel banget pengennya suasana mau senang2 jadi runyam mau urusin visa bolak balik, soalnya saya takut di deportasi atau denda dari China kan gawaat. Alhasil, saya bolak balik ke Shanghai Bureau urus visa saya dan saya putusin summer course 2 minggu aja buat persiapan urusin visa lagi di Beijing. Bener2 menghabiskan tenaga, waktu, uang belum lagi ngomel2 dengan pihak sekolah bikin keki. Sebenernya urus visa sendiri di kantor China sana gampang, asal surat2nya semua ada dan biayanya juga standar. gak ada pake calo atau apa. Sampe sekarang kalau disuruh2 pindah2 sekolah kalau gak ngerti soal visa dan gak ada yg bantuin bisa bikin trauma.

Pas masuk summer course ini saya ambil kelas yang menengah lumaan kalang kabut juga pusing, soalnya temen2 sekelas anak2 Jepang , Amrik udah pada jago2 rata2 udah pernah belajar bahasa China 1-1.5 tahun, apalagi orang Amrik pinternyaa, bacanya cepet , nada nya pas..nah saya kalo di kelas cepet2 buka kamus kalo ada huruf yang gak bisa trus berhara2 jangan sampe dipanggil baca  ^:)^ soalnya soal baca huruf2 kurang banget. tapi ada untung juga kalo kit masuk di kelas yang 1 level lebih tinggi jadinya mau gak mau terpaksa mengejar ketinggalan. Hasilnya kemampuan mandarinnya bisa dipacu, jadi placement test di BNU , dari hasil summer course bisa bikin saya lompat ke kelas bahasa tahun kedua.  Placement test d BNU juga gak main2 , gak kayak pas d CNU. di BNU ada 90 pertanyaan pilihan ganda yang masih2 dibagi2 untuk listening, grammar, reading, dan mengisi jawaban dengan grammar. waktu yang diberikan 90 menit, terus sambung ke tes selanjutnya reading dan speaking sama 2 orang guru.

di BNU mereka bedain anak bahasa dan undergraduate kalau dulu di mix.
Anak2 bahasa ini belajarnya bahasa tok kayak sastra mandarin pelajarannya bedanya keluarnya sertifikat doank, tapi level pelajaranny sama dengan anak kelas undergradute, ada sampai tahun ke empat. kelas 100- untuk level mandarin yang bener2 nol , lalu kelas 101, 102 asumsi saya ini buat level beginner , anak kuliah tahun pertama dibagi dua. kelas 201, 202 untuk anak tahun kedua, setara intermediate kali ya, kelas 301 dan 302 untuk thun ketiga, dan 401,402 untuk tahun keempat di tahun ini tahun terakhir dan buat anak2 degree bikin skripsi,level bahasa mereka juga udah advance harusnya.

Kayaknya panjang banget nih posting haha...sekian dulu deh, moga2 infonya berguna..^^ Namo Buddhaya.


Offline Chen Hui Ling

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.654
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Re: Kuliah Di China...
« Reply #157 on: 13 May 2012, 08:38:05 PM »
 [at] deph

Wahhh.. BNU bagian dari BLCU juga bukan yah? Biayanya hidupnya gimana kalo di Beijing
Saya ada rencana abis lulus S1 disini, pengen ngambil S1 lagi juga untuk mandarin kalo jadi hehe..
Sementara pilihan saya BLCU dan Sun Yat Sen. apakah sulit bagi pemula jika belajar di Beijing? Soalnya denger2 kan kalo logatnya Beijing lebih susah tuh karena akhirannya banyak "rrr" nya  ;D

Summer course itu umumnya berapa lama studinya? Dengan kelas bahasa biasa apa saja perbedaannya dan lebih efektif yang mana?
Bisa tolong jelasin lagi yang soal bisa loncat2 kelas itu kah? ;D hehe
Apakah di Cina ada gelar seperti diploma (D1 atau D3 gitu)?

Sekian dulu pertanyaan saya, mohon masukkannya _/\_
Don't trust too much, Don't hope too much, Don't love too much, because that too much can hurt you so much

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #158 on: 10 June 2012, 11:59:58 PM »
kalo mo enak ya....coba ambil kelas bahasa dulu di guangzhou dulu lalu semester depan baru di beijing... kalo jadi bisa coba 2 tempat dulu...entar baru pas undergraduate tentuin mo di guangzhou or di beijing...soalnya undergraduate itu bisa langsung loncat ke tahun kedua kalo misalnya udah 1 tahun di china dan nilai HSKnya udah lumayan misalnya 4 HSK baru n nilai kelasnya lumayan.....jadinya gw bilang sih mending jadi anak bahasa dulu hehehe...
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline clover_lover

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 19
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #159 on: 20 July 2012, 07:20:11 PM »
kalo mo enak ya....coba ambil kelas bahasa dulu di guangzhou dulu lalu semester depan baru di beijing... kalo jadi bisa coba 2 tempat dulu...entar baru pas undergraduate tentuin mo di guangzhou or di beijing...soalnya undergraduate itu bisa langsung loncat ke tahun kedua kalo misalnya udah 1 tahun di china dan nilai HSKnya udah lumayan misalnya 4 HSK baru n nilai kelasnya lumayan.....jadinya gw bilang sih mending jadi anak bahasa dulu hehehe...

Yang bener sist bisa langsung k tahun k 2?
Jurusan apapun?

Soalnya aku pengen ambil bahasa bisnis..
Bulan Maret kemarin barusan ikut HSK 4 dan uda lulus..
Tapi denger" info,ada yang bilang lulus HSK 6 baru bisa k tahun k 2..

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #160 on: 08 August 2012, 02:16:58 PM »
 [at] clover_lover: sori baru balas sekarang hehehe ;D soalnya susah banget gw buka inet untuk web2 indo... :'(
ini bisa langsung loncat tahun kedua cuma untuk jurusan kayak gw ya...bahasa bisnis or bahasa pengajaran....
syarat2nya itu gak cuma punya nilai HSK aja tp jg harus ada nilai 1 tahun selama sekolah di china...lalu nilai HSK 4 itu hsk yg baru ato lama? soalnya HSK 4 yg baru itu setara dengan HSK 5 or 6 yg lama...
pada intinya selama lu udah pernah belajar di china selama 1 th n ada nilainya lu bisa langsung loncat tahun kedua, kedua setengah, or ketiga (ini tergantung nilai HSK dan nilai2 belajar dari sekolah china terdahulu)
peraturan ini berlaku untuk hampir semua universitas yg menyediakan jurusan khusus orang luar (international).
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline calon_arahat

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 392
  • Reputasi: 26
  • Gender: Female
  • On the journey of life..
Re: Kuliah Di China...
« Reply #161 on: 05 September 2012, 06:10:58 PM »
gw mau nanya nih.. klo gw pernah belajar mandarin di indo dan udah ambil hsk 4 yang baru, dpt nilai 275 dari full score 300, klo gw pingin belajar bahasa di china apa harus dari tahun pertama? males kan klo mulai belajar dari level paling dasar soalnya udah mayan bisa.. apa bs mulai dari level intermediate paling ngga? thx
The health of my patients will be my first consideration..

Offline cherry_lin

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #162 on: 18 September 2012, 04:41:42 PM »
saya berencana mau kuliah bahasa di dr sun yat sen university... perbedaan antara chinese as a foreign language sama training course tuh apa yah? susah ga sih kalo daftarnya sendiri tanpa konsultasi? perlu siapin apa aja?
thankyou  ;D

Offline 4nch1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 152
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • Semoga semua mahluk hidup berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #163 on: 30 September 2012, 02:40:46 AM »
sudah lama tak ke forum ini bagi yg nanya2 sori ya baru balas.... :)
 [at] calon arahat
gw mau nanya nih.. klo gw pernah belajar mandarin di indo dan udah ambil hsk 4 yang baru, dpt nilai 275 dari full score 300, klo gw pingin belajar bahasa di china apa harus dari tahun pertama? males kan klo mulai belajar dari level paling dasar soalnya udah mayan bisa.. apa bs mulai dari level intermediate paling ngga? thx
Belajar bahasa di china maksudnya ambil kelas bahasa alias gak dapet gelar or ambil gelar sarjana bahasa?
soalnya kalo ambil kelas bahasa aja itu mah pas pendaftaraan ada tes masuk lg...buat nentuin tingkatan kelas...dia gak terlalu liat nilai HSK sih...
kalo ambil gelar sarjana bahasa nilai HSK 4 itu bisa jadi pertimbangan tp kalo lu gak mau belajar dari tahun pertama mo loncat langsung tahun kedua gw rasa sih susah...biasanya sekolah2 pada minta transkip nilai 1 tahun selama lu sekolah di china n ada ujian lompat kelasnya gitu...  paling biasanya bisa loncat 1 semester alias setengah tahun...

 [at] cherry lin
saya berencana mau kuliah bahasa di dr sun yat sen university... perbedaan antara chinese as a foreign language sama training course tuh apa yah? susah ga sih kalo daftarnya sendiri tanpa konsultasi? perlu siapin apa aja?
thankyou  ;D

training course itu artinya kelas bahasa yg gak dapet gelar... kalo chinese as a foreign language itu kelas bahasa penjurusan yg dapet gelar sarjana. pendaftaran sendiri pertama2 harus apply lewat internet... lalu lebih baik sering2 telepon aja ke office kan ada paket murah buat telepon ke china cuma 500 rupiah / menit seinget gw...ato 5000/jam gitu?  pada intinya sih pas pendaftaran via internet harus isi yg jelas. lalu telepon ke office bilang ama dia udah daftar via internet tolong di cek sekalian ingetin kalo lu itu telepon international jadi mending pake inggris aja ngomongnya biar dia langsung ngerti kalo lu orang luar.  knp harus telepon ke office??? soalnya
1. office disini itu lelet n gak mau tau gitu ( makan gaji buta tuh!!!) jadinya kalo dia gak ngurus entar JW202 nona cherry gak keluar dan nona cherry kemungkinan besar gak bisa urus visa student disini.... kan repot ya. :'(
2. kalo isi formnya ada yg salah... orang office itu males ngelapor balik ke nona cherry jadinya dia gak urusin. hal ini yg bakal berpengaruh ke JW202 nona cherry seperti yg diatas tadi.  :))
oh iya itu pendaftaran buat sarjana ama kelas training itu ada batas waktunya loh.... seingat saya kelas sarjana pendaftarannya tutup lebih cepet... biasanya 2 or 3 bulan sebelum awal sekolah udah tutup jadinya kalo mo ambil sarjana mending cepet2 urus deh.

oh for all kalo belum cukup 18 tahun sebaiknya jgn daftar di sun yat sen...kecuali ada penjamin orang lokal ( orang china asli)  di guangzhou. soalnya ada peraturan kalo belum cukup 18 tahun gak boleh sekolah di sun yat sen.

kalo ada kurang jelas boleh nanya2  ;D cuma mungkin saya balasnya agak lama  :( soalnya buka website dhammacitta agak susah dichina :'(
belajar dari masa lalu untuk menempuh masa depan...

Offline yogi nurohman

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Kuliah Di China...
« Reply #164 on: 30 September 2012, 07:49:20 PM »
 :) mau tanya nih,, mau blajar di universitas guangzhow,, ada batasan usia ga,, ge mna di university lain,, :|

 

anything