kemarin ada ceramah dhamma pembicara adalah Luangpor Jumnean dan penerjemah nya Bhante Dhammavijayo.
dalam 4 kesunyataan mulia di babarkan mengenai
1.dukkha ( tidak perlu sy jelaskan apa itu dukkha saya rasa semua sudah tahu
2.penyebab dukkha
3.akhir dukkha ( tidak sy jelaskan )
4.jalan melenyep dukkha ( di jelaskan setelah penyebab dukkha )
seperti yg kita tahu menurut Buddha ada 2 tanha yang menyebabkan dukkha itu
2.bhava tanha
3.vibhava tanha...
kamma tanha adalah pintu bagi bhava tanha dan vibhva tanha melalui 6 landasan...
-pikiran,penciuman,penglihatan,pendengaran,sentuhan,dan rasa.
apakah bhava tanha itu? bhava tanha adalah sebuah ketertarikan kita yg muncul setelah adanya kontak dengan 6 landasan indra..
sedangkan apakan itu vibhava tanha?
vibhava tanha adalah sebuah ketidaksukaan akan sesuatu yg muncul setelah kontak dengan 6 landasan.
prosesnya di uraikan singkat seperti
vibhava tanha ---- anitarom ( pigliking/digpleasure ) ----- patigha ( irritation) ---
-------------\\\\--------- kodha ( anger jealousy / vengepulness ) ---- DOSA ( rage/hatred )
sedangkan
kamma tanha ( craving sensual pleasure) --- bhavatanha ( craving becoming) ---- itarom ( liking )--
-------------\\\\\-------- lobha ( greed)
penjelasan nya
vibhava tanha akan menyebabkan kita tidak menyukai akan suatu hal...dan apabila tidak kita sadari lebih cepat tentu saja marah bahkan kebencian timbul...akibat nya dari itu ada pembunuhan,dsb-nya.
sedangkan bhava tanha akan menyebabkan kita menyukai akan suatu hal..dan apabila tidak kita sadar tentu akan menimbulkan ketertarikan bahkan keinginan keinginan rendah pun muncul...biasa kita sebut keserakahan...
seorang Sothapatti batin nya hanya akan sampai pada proses patigha(irritation) dan itarom ( liking )
maka karena itu sothapatti tidak dapat jatuh ke alam alam rendah...
karena apabila kita sudah sampai pada proses kodha,dosa/lobha maka kita bisa jatuh ke alam alam rendah seperti peta, neraka..
bagaimana dengan moha?
moha dikatakan adalah sumber nya...tentu saja yakni ketidak tahuan akan proses ini karena moha lah yang menghalangi...
JALAN TENGAH PEMBEBASAN....
bayangkan adanya jalan yang lurus kemudian di samping kiri kanan nya itu ada pagar pembatas jalan.
apabila kita menabrak pagar sebelah kiri dan TEMBUS maka kita akan jatuh ke jurang pada lobha..
apabila kita menabrak pagar sebelah kanan dan TEMBUS, maka kita akan jatuh ke jurang dosa.
pagar tersebut adalah 6 indra kita...
kita harus melakukan 8 jalan utama secara terus menerus agar kita mengendarai mobil kita tidak oleng kiri tidak oleng ke kanan....
dan berusaha terus jalan ke tengah.....yg pada akhirnya mencapai nibbana...
beliau berkata selalu ada kontak maka ada perasaan....
menurut beliau apabila seseorang telah menembus dhamma, kalaupun orang itu tidak tahu apa-apa bahkan tidak pernah membaca kitab suci, orang itu jadi bakalan tahu sendiri...bahkan di tanyakan apapun juga, bisa di jawab dengan mantap.BAGAIMANA KAH cara PENEBUSAN AKAN DHAMMA?
menurut Luangpor mencapai penebusan akan dhamma(tingkat kesucian) bukan berarti dengan mempratekkan 8 jalan maka saat itu juga langsung mencapai...
melainkan harus mempratekkan terus menerus dan berharap juga pada PARAMI anda.
bukti nya beliau katakan bahwa banyak meici meici di vihara beliau yang sudah 30 tahun belum juga mencapai tingkat sothapatti...
melainkan justru meici meici yg baru ngikut sekitar 3 bulan dengan motivasi bosan akan kehidupan duniawi justru lebih cepat mencapai proses penebusan.
ini disebabkan biasanya sudah lama menjalani latihan malah bosan, dan timbul keserahkahan ingin memperbaiki kuti atau bahkan menambah alat alat dalam kuti...
kalau ingin arahat yah butuh 7 hari saja kalau memang luar biasa serius...seperti satipatthana sutta
jadi dalam penebusan akan dhamma, dimana seberapa kuat batin ini bisa menekan vibhava tanha dan bhava tanha ini yg pada akhirnya dapat mencapai...kalau sedang sedang yah bisa 7 bulan..
menurut luangpor kalau semua bikkhu bikkhu ternama di thailand yg pernah beliau lihat sendiri semua rata-rata cuma butuh sekitar 2 jam setelah latihan ber tahun tahun...
luangpo sendiri berlatih dari umur 26 tahun(kalau ga salah dgr) dan mencoba berbagai macam teknik meditasi..tp pada akhirnya 9 tahun lalu mampu menembus anatta....dan proses nya cuma sekitar 2 jam...
BAGAIMANA METODE YG DIAJARKAN LUANGPOR?
motede beliau sederhana saja....yakni berusaha sadar dan tahu saja setiap gerak gerik yg ada tanpa campur tangan yg lain..
pertama tama kita di suruh berdiri dan merapatkan kaki,tangan rileks d samping saja...
sekitar 10 detik pasti badan kita sudah maju kedepan dikit oleng kiri oleng kanan dikit...
disitu lah kita harus tahu kalau kita tidak bisa mengendalikan badan kita 100% semau kita...
tubuh ini apa? hanya unsur padat,angin,cair dsb-nya...tidak ada "aku" di sana...
begitu pula dalam gerakan "mengapa harus ada aku" disana belajarlah gerak hanya gerak sadari saja...tidak perlu ada campur tangan yg lain
"SADAR DAN SADAR" saja..inilah yang dikatakan
Dhamma yang murni.beliau juga memperlihatkan tempat tempat citta...dimana citta paling dasar dimana keinginan paling rendah tepat berada daerah sekitar alat vital...
dari sana selalu muncul nafsu birahi akibat kontak maka ada perasaan.
citta berikut ada di atas alat vital kira kira daerah sekitar perut/usus....disitu dimana selalu ada keinginan keinginan rendah juga...( ada perbedaan nya dgn di kelamin tapi aku lupa
)
kemudian di sekitar ulu hati atau dekat jantung(disitu jg aku lupa penjelasan nya)
naik ke daerah leher ( disitu jg ada penjelasannya )
terus diantara alis mata naik dikit...( tepat di posisi biasanya patung kwan im ada bintik merah di dahi nya itu )
disitu lah pure knowing menurut luangpor....dari sanalah mata batin kita..
bagaimana cara mengetahui disitu letak nya?
Luangpor menyuruh kita menutup mata dan meletakkan jari di ubun ubun kepala dulu...dan mencoba merasakan "apakah disana?"
bahkan pindah ke kaki
setelah di lengan dan dimana saja sy coba....ternyata memang betul tempat kesadaran itu di sana..
jadi luangpor menyuruh memusatkan daerah sekitar sana untuk melihat semua itu tanpa anatta.
beliau menyarankan untuk tidak banyak duduk...karena kalau duduk gerak gerik sulit di sadari..
y
ang paling unik..beliau mengambil korek api dan menyalakan...
ketika ada kontak maka ada perasaan....maka api lobha,dosa akibat moha itu MUNCUL.
tetapi apabila kita memasukkan jari kita( di ibaratkan pikiran ) kedalam api itu,maka kita akan kesakitan...
makanya ketika api itu menyala(lobha,dosa alias nafsu nafsu itu muncul)...carilah ruang kosong dan masukkan pikiran anda di samping nya saja ,yg jelas tak masuk ke dalam api..( sadari saja tak perlu dicatat maksudnya atau jangan sampai lengah jatuh dan masuk ke api)
nanti pada sendirinya api itu berkurang dan hilang....fenomena fenomena itu nanti pada sendirinya hilang...
menurut beliau pada saat kita meditasi....apabila timbul warna nanti, cobalah konsentrasi pada warna putih saja, hingga terang tanpa ada bercak hitam maupun merah..atau warna lain.
soalnya yg saya dengar menurut beliau
warna hitam ( kekotoran batin )
warna merah ( nafsu )
warna ungu ( aku lupa )
yg lain nya lupa
tapi setiap warna adalah menggambarkan kondisi batin....batin arahat adalah murni terang benderang putih tanpa ada kekotoran lain..( mungkin ini disebabkan dalam dhammacakkapavatana suttam dsebutkan timbulah cahaya )
BAGAIMANA DENGAN MAHAYANA ?
Luangpor berkata sudah melihat bahwa para biksu mahayana dan tibet yg berlatih sungguh sungguh pada waktu nian cing itu memusatkan pikiran pada gerakan....disitu juga tanpa "aku"
tetapi bedanya para biksu berusaha kadang untuk menjadi boddhistava,
tetapi kalau mereka mau mereka jg bisa nibbana pada saat itu jugamirip dengan tingkat pertapa sumedha yang bisa arahat seketika itu juga ( RAPB )
BAGAIMANAKAN SAMMASAMADHI DALAM 8 JALAN UTAMA?
maaf sy kurang mengerti...tetapi inti nya beliau berkata bahwa samadhi yg benar adalah memiliki kesadaran yg kuat tak tergoncangkan sadar seutuhnya...
sammasamadhi ini banyak teknik meditasi menuju kesana...
tapi salah satu anjuran beliau segala
gerak gerik cukup disadari saja....tak perlu di catat di memori jadi bener bener "tanpa aku"
NIBBANA?
dari yg saya tangkap penjelasan beliau mengenai nibbana adalah sunyata ( kekosongan ) yakni terbebas nya "aku"...tidak ada lagi "aku" dsitu...karena tidak ada "aku" batin nya pun terbebaskan.
apabila seseorang yg telah parinibbana akan masuk ke dalam keadaan sunyata.
mungkin bisa dikatakan "batin nya mampu memperhatikan dunia dan alam semesta, tetapi tidak ada penderitaan disana,karena tidak ada aku, tanpa aku maka tak ada kelahiran dan kematian"
jadi disebut hilang sama sekali atau musnah tanpa sisa juga tak benar...
disebutkan ada, juga tak benar...
( hal ini tidak saya tanyakan sebab mungkin jadi bahan tertawaan, melainkan sy tarik kesimpulan dari berbagai macam pengalaman yg diceritakan yg tak bisa saya katakan disini )
mungkin itulah sebabnya Acharn Mun mampu di kunjungi oleh Buddha.
----------------------------------
sisi lain dari beliau...
beliau memasang banyak benda benda di pinggangnya seperti dari arloji,senter,ada juga amulet,hingga buddha rupang kecil..yg beratnya dulu dengan badan sekitar 200kg.
sekarang cuma 40-30 kg...
beliau menerapkan latihan seperti itu 44 tahun lalu...
untuk merasakan langsung ANATTA...jadi apabila batin ini masih merasa "aku cape, aduh berat banget sih ini"
itu artinya belum melenyapkan anatta sesungguh nya...jadi
jangan pintar di teori saja...sebab banyak orang pintar luar biasa dalam menjelaskan anatta tetapi batin nya sendiri tidak dapat mengikuti apa yg dikatakan nya sendiri...dulu beliau pernah berhadapan dengan para komunisme...di sana para komunisme berusaha membunuh beliau....bahkan sudah di tetapkan DPO.
sbelum beliau berusaha untuk dibunuh sudah 3 bikkhu ternama yg jago ceramah mati dibunuh.
mengapa bisa 3 bikkhu itu mati? menurut beliau 3 bikkhu itu tidak mempratekkan metta..
jadi pada saat komunisme ingin membunuh luangpor, luangpor mendatangi mereka "dari pada anda susah susah mencari saya, sy lah yg datang sekarang "
akhirnya dengan kekuatan metta yg luar biasa, para komunisme itu berhenti dan bertobat..
dulu beliau wkt muda pernah mau menjadi murid Ajahnchah..tp pada waktu itu ajahn mengatakan bahwa kamu ngurusin komunisme saja dulu disana...Ajahn bahkan menyebutkan nama nama para komunisme itu dan tempat serta kejadiannya...
beliau berkata salah satu kemampuan AjahnChah itu dapat meramalkan dengan pasti kejadian masa lampau dan masa akan datang...
guru beliau ( sy tidak tahu namanya soalnya gambarnya bahasa thailand )
adalah guru yg hebat katanya...dari guru dialah mengajarkan bagaimana cara memasukkan energi pada benda benda...gurunya beliau juga yg mengajarkan utnuk memancarkan metta dengan sungguh sungguh...makanya beliau bisa lolos dari kematian.
beliau bercerita kalau dulu gurunya pernah di kunjungi oleh keluarga raja thailand( kalau bukan raja atau pangeran ,gambarnya bahasa thai sih
terlihat kalau orang itu lagi hormat tunduk )
orang itu memberi gelas kosong dan meminta air berkah...akhirnya gurunya menutup tangan nya di atas gelas dan air nya tiba tiba terisi.
mengapa bisa beliau cerita sampai sini...?
hehehe, pertama gambarnya karena slide show...awalnya foto foto kunjungan beliau di medan di taiwan dsb-nya....tapi tiba2 mungkin bikkhu nya salah pencet jadi gambar ajahnchah pun kelihatan hingga lain lain.
di taiwan ada 2 orang mencapai sotapatthi( ada fotonya loh )
bahkan ada perempuan mencapai PITI luar biasa hingga tidak tidur selama 5 hari, karena penjelasan mengenai inti dhamma beliau...
beliau berkata
"inilah sebabnya mengapa Sangbuddha membabarkan Dhammacakkapavatana suttam" pertama kali...bukan sutta lain.
karena inilah inti dari sebab dukkha dan padam nya dukkha.
sy sendiri merasakan perkembangan yg luar biasa dalam memahami dhamma...
may u be happy.