//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian -> Susu ?  (Read 17900 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Aryo

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 14
  • Reputasi: 1
Vegetarian -> Susu ?
« on: 10 July 2007, 04:43:25 PM »
Kalau susu boleh minum nga? susu khan tidak dihasilkan dari pembunuhan binatang..

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Vegetarian -> Susu ?
« Reply #1 on: 10 July 2007, 04:48:22 PM »
vegetarian ada banyak jenisnya, ini contohnya beberapa penerapannya
1. Hanya sayuran (bawang dan makanan perangsang nafsu makan pun tidak boleh)
2. Sayuran saja (no telur and milk)
3. Sayuran + telur (yg tidak dibuahi) dan susu

There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #2 on: 10 July 2007, 05:13:10 PM »
Quote from: Jenis-Jenis vegetarian
Aliran vegetarian dapat dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan tingkat kekuatannya meninggalkan konsumsi produk hewani. Kelompok yang paling ekstrim tidak hanya meninggalkan produk hewani, tetapi hanya mau makan bagian tanaman yang dipanen tanpa merusak tanaman pokoknya, sehingga menolak makan kentang atau bayam karena cara memanennya harus mencabut seluruh tanamannya. Bahkan kelompok ini juga tidak mau menggunakan bahan asal hewan dalam bentuk apapun dalam kehidupan sehari-harinya. Sedangkan kelompok yang paling longgar, tapi masih dikategorikan vegetarian adalah yang masih mau mengkonsumsi jenis daging tertentu dan meninggalkan daging merah.

Beberapa contoh kelompok vegetarian yang umum ditemui adalah sebabagi berikut :

* Pesco/pollo Vegetarian (semi-vegetarian) adalah kelompok yang masih mengkonsumsi produk daging tertentu misalnya daging ayam dan ikan tapi meninggalkan kelompok daging merah.

* Lacto-ovo Vegetarian adalah kelompok yang masih mengkonsumsi telur dan produk susu dan menghindari segala jenis daging termasuk ikan. Kelompok yang mengkonsumsi susu tapi tidak mengkonsumsi telur disebut lacto-vegetarian, sedangkan yang mengkonsumsi telur tapi tidak mengkonsumsi susu disebut ovo-vegetarian.

* Vegan adalah kelompok yang meninggalkan sama sekali produk hewani dan turunannya, termasuk gelatin, keju, yogurt dan juga menghindari madu, royal-jeli dan produk turunan serangga. Sebagian penganut vegan menghindari penggunaan produk hewani seperti kulit hewan ataupun kosmetik yang mengandung produk hewani.

Menurut Wikipedia (2006) vegetarian di India sebagian besar terdiri dari kelompok lacto-vegetarian yang merupakan 70 persen dari populasi vegetarian dunia. Sedangkan di Barat vegetarianisme biasanya merupakan kelompok lacto-ovo vegetarian, meskipun kelompok vegan pun berkembang dengan cukup pesat.

Source :
http://www.halalguide.info/content/view/438/38/

Semoga bermanfaat
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #3 on: 11 July 2007, 11:19:09 AM »
Kan ada vegetarian yang makan telur yang tidak dibuahi.
Tahu dari mana ya?
Apa kata pedagang atau yang lainnya.
Secara pribadi kita bisa tau gak telur itu dibuahi atau tidak?

regards.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #4 on: 11 July 2007, 11:23:40 AM »
Biasanya sih kalau telur ayam negri tidak dibuahi. Ayamnya sibuk produksi telur masal, dikandang nga ada pejantannya.

Kalau ayam kampung tidak tahu sih. Mungkin juga sudah pakai model petelur ayam negri.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #5 on: 11 July 2007, 12:22:20 PM »
Oo. Begitu terima kasih Saudara Sumedho.

Apa semua telur yang djual adalah jenis yang tidak dibuahi?
Kalau Sebagai konsumen ada gak cara untuk membedakannya?

regards.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #6 on: 11 July 2007, 12:39:11 PM »
Setahu saya, telur ayam kampung biasanya telah dibuahi ya.
Beda dengan telur ayam ras.

Cara membedakannya mungkin kalau umur telur itu sudah agak tua baru jelas..
Yaitu ketika dipecahkan, ada titik darah untuk telur ayam kampung..
tapi itu juga sudah termasuk pelanggaran kan ? karena telah menghambat pertumbuhan telur
ayam kampung

Lebih safetynya mungkin beli saja telur ayam ras d.

Btw.. ada yang tahu bagaimana dengan telur bebek / itik.
Apakah telah dibuahi / belum ?


Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #7 on: 11 July 2007, 12:47:38 PM »
Pelanggaran karena sudah melakukan pembunuhan. Kan ketika sudah dibuahi dan ada kesadaran penerus maka sudah jadi mahluk hidup. Yah asumsi telur itu sudah sukses jadi mahluk (ada sperma, ada ovarium dan ada kesadaran penerus)

Bebek/itik sepertinya mirip ayam kampung deh.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #8 on: 11 July 2007, 01:00:31 PM »
Thanks atas informasinya Sdr. Sumedho.. :D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #9 on: 12 July 2007, 07:35:54 AM »
Yup Thanks atas informasi nya ..  :)

regards.

Offline Fei Lun Hai

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 687
  • Reputasi: 24
  • Gender: Female
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #10 on: 15 January 2008, 12:26:12 PM »
Jadi ada kelompok yg masih boleh minum susu?  :-? Apakah Bhiksu/Bhiksuni termasuk kelompok ini ataukah hanya umat awam? Thanks  _/\_
your life simple or complex is depend on yourself

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.117
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #11 on: 07 September 2008, 08:04:57 PM »
kalo kayakjaman dulu sapi nya di lepas boleh lah kan tidak menganiyaya binatang tapi sapi sekarang 24 jam di kandang mana kandang sempit susah buat duduk tuh sapi.

Offline kiman

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 348
  • Reputasi: 13
  • Gender: Female
  • HUM !
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #12 on: 23 September 2008, 11:25:52 AM »
ya namanya jg hua nang...
U CAN GET DHARMA WITHOUT MONEY

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.117
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #13 on: 11 November 2008, 07:44:44 PM »
kalo youghurt gimana yah kan sengaja di biakan tuh bakterinya(hmm bakteri termasuk tumbuhan kan)

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #14 on: 16 November 2008, 09:25:15 PM »
kalo youghurt gimana yah kan sengaja di biakan tuh bakterinya(hmm bakteri termasuk tumbuhan kan)
bukan hewan ya?

 

anything