//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian -> Susu ?  (Read 17712 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Aryo

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 14
  • Reputasi: 1
Vegetarian -> Susu ?
« on: 10 July 2007, 04:43:25 PM »
Kalau susu boleh minum nga? susu khan tidak dihasilkan dari pembunuhan binatang..

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Vegetarian -> Susu ?
« Reply #1 on: 10 July 2007, 04:48:22 PM »
vegetarian ada banyak jenisnya, ini contohnya beberapa penerapannya
1. Hanya sayuran (bawang dan makanan perangsang nafsu makan pun tidak boleh)
2. Sayuran saja (no telur and milk)
3. Sayuran + telur (yg tidak dibuahi) dan susu

There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #2 on: 10 July 2007, 05:13:10 PM »
Quote from: Jenis-Jenis vegetarian
Aliran vegetarian dapat dibagi-bagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan tingkat kekuatannya meninggalkan konsumsi produk hewani. Kelompok yang paling ekstrim tidak hanya meninggalkan produk hewani, tetapi hanya mau makan bagian tanaman yang dipanen tanpa merusak tanaman pokoknya, sehingga menolak makan kentang atau bayam karena cara memanennya harus mencabut seluruh tanamannya. Bahkan kelompok ini juga tidak mau menggunakan bahan asal hewan dalam bentuk apapun dalam kehidupan sehari-harinya. Sedangkan kelompok yang paling longgar, tapi masih dikategorikan vegetarian adalah yang masih mau mengkonsumsi jenis daging tertentu dan meninggalkan daging merah.

Beberapa contoh kelompok vegetarian yang umum ditemui adalah sebabagi berikut :

* Pesco/pollo Vegetarian (semi-vegetarian) adalah kelompok yang masih mengkonsumsi produk daging tertentu misalnya daging ayam dan ikan tapi meninggalkan kelompok daging merah.

* Lacto-ovo Vegetarian adalah kelompok yang masih mengkonsumsi telur dan produk susu dan menghindari segala jenis daging termasuk ikan. Kelompok yang mengkonsumsi susu tapi tidak mengkonsumsi telur disebut lacto-vegetarian, sedangkan yang mengkonsumsi telur tapi tidak mengkonsumsi susu disebut ovo-vegetarian.

* Vegan adalah kelompok yang meninggalkan sama sekali produk hewani dan turunannya, termasuk gelatin, keju, yogurt dan juga menghindari madu, royal-jeli dan produk turunan serangga. Sebagian penganut vegan menghindari penggunaan produk hewani seperti kulit hewan ataupun kosmetik yang mengandung produk hewani.

Menurut Wikipedia (2006) vegetarian di India sebagian besar terdiri dari kelompok lacto-vegetarian yang merupakan 70 persen dari populasi vegetarian dunia. Sedangkan di Barat vegetarianisme biasanya merupakan kelompok lacto-ovo vegetarian, meskipun kelompok vegan pun berkembang dengan cukup pesat.

Source :
http://www.halalguide.info/content/view/438/38/

Semoga bermanfaat
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #3 on: 11 July 2007, 11:19:09 AM »
Kan ada vegetarian yang makan telur yang tidak dibuahi.
Tahu dari mana ya?
Apa kata pedagang atau yang lainnya.
Secara pribadi kita bisa tau gak telur itu dibuahi atau tidak?

regards.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #4 on: 11 July 2007, 11:23:40 AM »
Biasanya sih kalau telur ayam negri tidak dibuahi. Ayamnya sibuk produksi telur masal, dikandang nga ada pejantannya.

Kalau ayam kampung tidak tahu sih. Mungkin juga sudah pakai model petelur ayam negri.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #5 on: 11 July 2007, 12:22:20 PM »
Oo. Begitu terima kasih Saudara Sumedho.

Apa semua telur yang djual adalah jenis yang tidak dibuahi?
Kalau Sebagai konsumen ada gak cara untuk membedakannya?

regards.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #6 on: 11 July 2007, 12:39:11 PM »
Setahu saya, telur ayam kampung biasanya telah dibuahi ya.
Beda dengan telur ayam ras.

Cara membedakannya mungkin kalau umur telur itu sudah agak tua baru jelas..
Yaitu ketika dipecahkan, ada titik darah untuk telur ayam kampung..
tapi itu juga sudah termasuk pelanggaran kan ? karena telah menghambat pertumbuhan telur
ayam kampung

Lebih safetynya mungkin beli saja telur ayam ras d.

Btw.. ada yang tahu bagaimana dengan telur bebek / itik.
Apakah telah dibuahi / belum ?


Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #7 on: 11 July 2007, 12:47:38 PM »
Pelanggaran karena sudah melakukan pembunuhan. Kan ketika sudah dibuahi dan ada kesadaran penerus maka sudah jadi mahluk hidup. Yah asumsi telur itu sudah sukses jadi mahluk (ada sperma, ada ovarium dan ada kesadaran penerus)

Bebek/itik sepertinya mirip ayam kampung deh.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #8 on: 11 July 2007, 01:00:31 PM »
Thanks atas informasinya Sdr. Sumedho.. :D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #9 on: 12 July 2007, 07:35:54 AM »
Yup Thanks atas informasi nya ..  :)

regards.

Offline Fei Lun Hai

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 687
  • Reputasi: 24
  • Gender: Female
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #10 on: 15 January 2008, 12:26:12 PM »
Jadi ada kelompok yg masih boleh minum susu?  :-? Apakah Bhiksu/Bhiksuni termasuk kelompok ini ataukah hanya umat awam? Thanks  _/\_
your life simple or complex is depend on yourself

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.116
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #11 on: 07 September 2008, 08:04:57 PM »
kalo kayakjaman dulu sapi nya di lepas boleh lah kan tidak menganiyaya binatang tapi sapi sekarang 24 jam di kandang mana kandang sempit susah buat duduk tuh sapi.

Offline kiman

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 348
  • Reputasi: 13
  • Gender: Female
  • HUM !
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #12 on: 23 September 2008, 11:25:52 AM »
ya namanya jg hua nang...
U CAN GET DHARMA WITHOUT MONEY

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.116
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #13 on: 11 November 2008, 07:44:44 PM »
kalo youghurt gimana yah kan sengaja di biakan tuh bakterinya(hmm bakteri termasuk tumbuhan kan)

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #14 on: 16 November 2008, 09:25:15 PM »
kalo youghurt gimana yah kan sengaja di biakan tuh bakterinya(hmm bakteri termasuk tumbuhan kan)
bukan hewan ya?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #15 on: 16 November 2008, 09:53:06 PM »
kalo youghurt gimana yah kan sengaja di biakan tuh bakterinya(hmm bakteri termasuk tumbuhan kan)
bukan hewan ya?


Seingat gw aja ya.. berhubung ini mata pelajaran favorit aye

Bakteri sebenarnya masih simpang siur dimasukkan ke dalam kelompok hewan (animalia) atau dimasukkan ke kelompok tumbuhan (plantae). Karena ada ciri2 tumbuhan dan ciri2 hewan pada bakteri tertentu..

Contohnya yang saya ingat waktu saya belajar Biologi SMA,
Euglena viridis memiliki ciri berupa flagel, maka pada kingdom Animalia akan dimasukkan ke protozoa / Flagellata(Mastigofora).
Sedangkan di pihak lain Euglena viridis ini memiliki pigmen klorofil yang dapat memungkinan organisme ini berfotosintesis, dan sehingga pada kingdom Plantae termasuk dalam Algae (Ganggang) dengan nama Ganggang Hijau Biru (Cyanophyta / Cyanophyceae).

Nah membingungkan bukan ? Makanya saya prefer memasukkan mengikuti literatur baru yang mengacu ke kingdom Protista (kingdom baru yang isinya buat yang gak jelas2), dan saya ketahui.. protozoa dan algae yang awal dimasukkan dalam hewan dan tumbuhan.. mulai 'dilempar' ke protista.

Semoga bermanfaat


Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #16 on: 17 November 2008, 09:43:05 AM »
Buddhisme sudah dengan jelas mengkategorikan mana yang disebut makhluk hidup(yang memiliki pikiran) dengan makhluk hidup(yang sekedar hidup tapi tidak memiliki pikiran)
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #17 on: 25 November 2008, 01:15:53 AM »
berarti itu gak termasuk mahluk hidup yg tidak memiliki pikiran ya...


Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #18 on: 01 December 2008, 04:57:04 PM »
setahuku susu itu boleh2 aja,karenakan bukan berasal dari hasil pembunuhan

dan ingatkah kalian bahwa Sang Buddha juga pernah meminum susu ketika dia dalam pertapaan 6 tahunnya,selama 6 tahun tidak makan,kemudian seorang penggembara memberikan susu kepadaNya.
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline VolumE

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 1
  • Reputasi: 0
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #19 on: 26 December 2008, 10:34:13 PM »
kk, kl vegetarian itu boleh makan snack yg pake perasa daging tidak?

Offline PohonAsem

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 6
  • Reputasi: 0
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #20 on: 26 December 2008, 10:50:37 PM »
gua rasa tidak pp, soalnya kan cuma perasa sj... ya gakk? :))

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #21 on: 26 December 2008, 11:07:54 PM »
kk, kl vegetarian itu boleh makan snack yg pake perasa daging tidak?

boleh larh
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #22 on: 27 December 2008, 11:05:40 AM »
Kalau susu boleh minum nga? susu khan tidak dihasilkan dari pembunuhan binatang..

Kalau benar-benar ingin menjalani kehidupan bervegetarian (sesuai ideologi agama), seharusnya susu juga tidak diminum. Susu memang bukan makhluk hidup, dan (mungkin) tidak ada pembunuhan terhadap makhluk hidup sebelum, selama dan sampai proses pengambilan susu dari makhluk yang bersangkutan. Namun susu didapat dari hasil penganiayaan.

Susu yang paling sering dikonsumsi dan diolah oleh manusia adalah berasal dari sapi perah. Dalam mengembangbiakkan dan beternak sapi, berbagai penganiayaan tentu sudah pasti dilakukan terhadap sapi-sapi tersebut. Itu juga termasuk pada langkah-langkah pengambilan susu dengan cara memerahnya. Seolah sapi-sapi itu hidup hanya untuk memproduksi susu, dan ini sudah jelas satu tindak perbudakan. Bila sapi memiliki tingkat intelegensial yang cukup tinggi, tentu mereka tidak akan rela hidup untu diperas seperti itu.

Kalau Anda bisa menghindari mengkonsumsi makanan yang didapat dari hasil pembunuhan, lebih baik juga Anda bisa menghindari makanan yang didapat dari hasil penganiayaan...




Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #23 on: 27 December 2008, 11:11:37 AM »
Buddhisme sudah dengan jelas mengkategorikan mana yang disebut makhluk hidup(yang memiliki pikiran) dengan makhluk hidup(yang sekedar hidup tapi tidak memiliki pikiran)

Sang Buddha juga mengatakan bahwa jumlah kehidupan dalam dunia ini dan dunia lainnya adalah tidak terbatas. Beliau menunjuk sebuah cawan berisi air dan mengatakan bahwa ada kehidupan di dalam cawan tersebut yang tak terbatas jumlahnya. Dewasa ini, para ilmuwan tidak bisa menyangkal kemungkinan adanya kehidupan di planet lain. Di bawah mikroskop, secawan air terbukti mengandung jutaan jasad renik. Lebih dari 2.500 tahun yang lalu, tanpa mikroskop, Sang Buddha telah mampu mengungkapkan kebenaran semacam itu. Sungguh mengagumkan.

~Dikutip dari http://viharagirinaga.blogspot.com/2008_01_01_archive.html~


Lalu bagaimana dengan pernyataan Sang Buddha yang menyatakan makhluk hidup (bakteri dan atau ganggang) yang ada dan hidup di dalam sebuah cawan berisi air itu?

Apakah Sang Buddha menyatakan makhluk hidup (bakteri dan atau ganggang) itu benar-benar makhluk hidup (yang memiliki pikiran)?
« Last Edit: 27 December 2008, 11:13:15 AM by upasaka »

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #24 on: 27 December 2008, 04:09:15 PM »
Kalau susu boleh minum nga? susu khan tidak dihasilkan dari pembunuhan binatang..

Kalau benar-benar ingin menjalani kehidupan bervegetarian (sesuai ideologi agama), seharusnya susu juga tidak diminum. Susu memang bukan makhluk hidup, dan (mungkin) tidak ada pembunuhan terhadap makhluk hidup sebelum, selama dan sampai proses pengambilan susu dari makhluk yang bersangkutan. Namun susu didapat dari hasil penganiayaan.

Susu yang paling sering dikonsumsi dan diolah oleh manusia adalah berasal dari sapi perah. Dalam mengembangbiakkan dan beternak sapi, berbagai penganiayaan tentu sudah pasti dilakukan terhadap sapi-sapi tersebut. Itu juga termasuk pada langkah-langkah pengambilan susu dengan cara memerahnya. Seolah sapi-sapi itu hidup hanya untuk memproduksi susu, dan ini sudah jelas satu tindak perbudakan. Bila sapi memiliki tingkat intelegensial yang cukup tinggi, tentu mereka tidak akan rela hidup untu diperas seperti itu.

Kalau Anda bisa menghindari mengkonsumsi makanan yang didapat dari hasil pembunuhan, lebih baik juga Anda bisa menghindari makanan yang didapat dari hasil penganiayaan...





Sang Buddha sendiri kan juga pernah meminum susu,sesudah 6 tahun Beliau melakukan pertapaan.bagaimana dengan hal ini?

trims
_/\_
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline laskar pelangi

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 28
  • Reputasi: -6
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #25 on: 29 December 2008, 01:32:24 PM »
vegetarian ha..ha..ha...ha..... :)) :)) :)) :)) :)) :)) ???

vegetarian berarti tdk boleh memakan makanan yang mengandung nyawa ???

dosa untuk suatu komunitas agama ??

tapi ingat,lebih dosakah kamu menjadi manusia yang tdk sempurna dalam menjalani hidup ???

atau lebih dosa anda tidak komsumsi vegetarian ???

siddaharta gautama bersabda

wahai umatku ikutilah ajaran ku untuk mencapai kesempurnaan
bukan mencapai kata mufakat boleh atau tdk boleh dalam vegetarian

saya bukan untuk di sembah umat,saya mengajarkan bagaimana menjalankan dharma hidup ini ???

lebih gampang membunuh dari pada mengucapkan satu kalimat BUNUH
HIDUP DENGAN CINTA ADALAH KEBAHAGIAAN,HIDUP DEMI CINTA ADALAH KEBODOHAN.

ORANG YANG MENGORBANKAN SEMUANYA DEMI CINTA ADALAH BODOH,KARENA PENGORBANANNYA BELUM TENTU MEMBUAHKAN HASIL.

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #26 on: 29 December 2008, 04:47:32 PM »
vegetarian ha..ha..ha...ha..... :)) :)) :)) :)) :)) :)) ???

vegetarian berarti tdk boleh memakan makanan yang mengandung nyawa ???

dosa untuk suatu komunitas agama ??

tapi ingat,lebih dosakah kamu menjadi manusia yang tdk sempurna dalam menjalani hidup ???

atau lebih dosa anda tidak komsumsi vegetarian ???

siddaharta gautama bersabda

wahai umatku ikutilah ajaran ku untuk mencapai kesempurnaan
bukan mencapai kata mufakat boleh atau tdk boleh dalam vegetarian

saya bukan untuk di sembah umat,saya mengajarkan bagaimana menjalankan dharma hidup ini ???

lebih gampang membunuh dari pada mengucapkan satu kalimat BUNUH



Numpang nanya, itu kutipan dari sutta mana ya?
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #27 on: 29 December 2008, 10:06:11 PM »
Kalau susu boleh minum nga? susu khan tidak dihasilkan dari pembunuhan binatang..

Kalau benar-benar ingin menjalani kehidupan bervegetarian (sesuai ideologi agama), seharusnya susu juga tidak diminum. Susu memang bukan makhluk hidup, dan (mungkin) tidak ada pembunuhan terhadap makhluk hidup sebelum, selama dan sampai proses pengambilan susu dari makhluk yang bersangkutan. Namun susu didapat dari hasil penganiayaan.

Susu yang paling sering dikonsumsi dan diolah oleh manusia adalah berasal dari sapi perah. Dalam mengembangbiakkan dan beternak sapi, berbagai penganiayaan tentu sudah pasti dilakukan terhadap sapi-sapi tersebut. Itu juga termasuk pada langkah-langkah pengambilan susu dengan cara memerahnya. Seolah sapi-sapi itu hidup hanya untuk memproduksi susu, dan ini sudah jelas satu tindak perbudakan. Bila sapi memiliki tingkat intelegensial yang cukup tinggi, tentu mereka tidak akan rela hidup untu diperas seperti itu.

Kalau Anda bisa menghindari mengkonsumsi makanan yang didapat dari hasil pembunuhan, lebih baik juga Anda bisa menghindari makanan yang didapat dari hasil penganiayaan...





Sang Buddha sendiri kan juga pernah meminum susu,sesudah 6 tahun Beliau melakukan pertapaan.bagaimana dengan hal ini?

trims
_/\_

Sang Buddha memang tidak menjalani hidup bervegetarian. Mengkonsumsi susu ataupun daging pun adalah 'halal' bagi Beliau. Namun Sang Buddha mengkonsumsi daging dengan syarat :
1) tidak mengetahui daging itu dipersiapkan untuk-Nya
2) tidak melihat penyembelihan hewan itu
3) tidak mendengar suara selama proses penyembelihan itu

Harap dibedakan antara mengkonsumsi daging dengan melakukan pembunuhan (dan atau penganiayaan) terhadap hewan. Lagipula kesucian seseorang bukanlah terlihat dari apa yang masuk ke dalam mulutnya, namun apa yang dikeluarkan dari mulutnya...

Yang saya maksudkan dari kalimat brcetak biru di atas, adalah statement pribadi saya untuk orang-orang yang menjalani hidup bervegetarian atas dasar pertimbangan agama (kasihan kepada makhluk lain / hewan).  :)
« Last Edit: 29 December 2008, 10:07:58 PM by upasaka »

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #28 on: 30 December 2008, 12:58:32 AM »
 [at] upasaka
trims atas penjelasannya
_/\_

Quote
Harap dibedakan antara mengkonsumsi daging dengan melakukan pembunuhan (dan atau penganiayaan) terhadap hewan. Lagipula kesucian seseorang bukanlah terlihat dari apa yang masuk ke dalam mulutnya, namun apa yang dikeluarkan dari mulutnya...

yang dikeluarkan dari mulut maksudnya perkataan yach?
trims
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #29 on: 30 December 2008, 02:16:41 AM »
Dari forum tetangga, dipostkan oleh teman :)


sebenarnya produksi susu sapi itu tidak melanggar sila pembunuhan
karena untuk memperoleh susu kita kn ga perlu membunuh sapinya, cukup diperah saja..

tetapi di industrial farming, sapi2 itu biasany diperlakukan layaknya mesin penghasil susu..
peternak2 modern kini sudah menggunakan mesin penyedot untuk memerah susu sapi..
secara biologis, sapi itu kn menghasilkan susu dengan tujuan yang sama dengan manusia, yaitu memberi makan anaknya..
tetapi dengan kemajuan teknologi, manusia bisa melakukan rekayasa genetik utk meningkatkan produksi susu sapi tsb..
tetapi, seperti biasa, industri memanfaatkan teknologi modern untuk mencari keuntungan sebanyak2nya, tanpa memperhatikan aspek moral dalam proses produksiny..
sapi2 yang diperah berlebihan katanya bisa mengeluarkan nanah yang tercampur dalam susunya.. hoek..
bahkan ada peternak yang memotong 2 puting sapi, karena alasan yang konyol, karena corong d mesin penyedot cuma ada 4 sedangkan putingny ada 6..
konyol ga sih?..
dan mungkin guru2 gak kepikiran bahwa setelah tidak produktif lagi, dairy cow yg item putih n imut2 itu akhirnya diekspor untuk dimasukan ke rumah jagal..
kondisi saat pengiriman juga tidak manusiawi banget, sapi2nya dimasukin berdesak2an ke container  tanpa makanan cukup apalagi sarana kebersihan yg memadai..
akibatnya banyak sapi yg sakit2an dan tidak memiliki tenaga lagi untuk berjalan setelah sampai di rumah jagal..
tapi tetap saja manusia menganggap hewan2 itu daging yang dapat mendatangkan uang bagi mereka..
malahan ada bangkai penyakitan yg digiling utuh2 untuk dijadikan makanan olahan.. hooeeekkkkk!
jadi dairy cow hidup di dunia ini hanya untuk diperas susunya oleh manusia, lalu akhir2ny masuk jg dah ke rumah jagal..
memang, manusia seringkali menyalahgunakan kemampuannya dalam mengolah alam..

makanya saia akhir2 ini mengurangi minum susu sapi, pdhl dulu saia suka banget
walopun produksi susu d indonesia mungkin tidak sekejam sprti d industrial farming d AS sana..
dengan mengurangi demand thdp susu dan bahan makanan hewani lainny, kita setidaknya turut berperan dalam mengurangi penderitaan dairy cow yg lucu2 ituw..
tetapi ingat, untuk pengganti nutrisi yg kira dapat dari susu, tentuny kt harus banyak makan sayuran dan buah2an yang banyak mengandung kalsium seperti yg terkandung dalam susu sapi..

nie ada video ttg kehidupan dairy cows
http://www.petatv.com/tvpopup/Prefs.asp?video=dairy_cows_veal
maap klo rada disturbing..



karunacittena
_/\_
appamadena sampadetha

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #30 on: 30 December 2008, 09:11:51 AM »
[at] vathena

Ya, kata-kata atau perkataan..

[at] xuvie

Tuh kan betul...   :D

Offline kafedaun

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #31 on: 30 December 2008, 09:25:34 AM »
Susu  bisa keluar karena si penghasil susu (induk sapi) jika hamil sama seperti manusia. Jadi industri penghasil susu sapi akan membuat si sapi betina untuk hamil terus sepanjang hidupnya. Hamil bukanlah sesuatu yang mudah dan ringan. Selain itu untuk memerah susunya sudah banyak yang memakai mesin, itu akan menyebabkan rasa nyeri yang amat sangat pada induk sapi.
Dan susu dari hewan, menurut hasil penelitian menyebabkan osteoporosis malah.
Info lengkapnya bisa dibaca di www.kafedaun.com bagian nutrisi.
Semoga bermanfaat
www.kafedaun.com : Gudangnya Informasi Vegetarian

Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #32 on: 12 February 2009, 06:56:49 PM »
kalo madu atw sarang walet gimana ... boleh nggak ..?
thanks Buddha...

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #33 on: 13 February 2009, 05:15:46 PM »
kalau bayi gimana? Setelah tidak diberi ASI oleh ibunya, kan dia harus minum susu sapi? Jadi gimana donk solusinya?
Thanks
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #34 on: 15 February 2009, 03:55:35 PM »
kalau bayi gimana? Setelah tidak diberi ASI oleh ibunya, kan dia harus minum susu sapi? Jadi gimana donk solusinya?
Thanks

susu formula kan dari kedele, bukan dari sapi
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #35 on: 10 March 2009, 07:42:15 PM »
mau nanya nich,
kalau susu ngak boleh karena itu didapatkan dari hasil sapi yang "disiksa" (maksudnya sapinya jadi menderita),bagaimana dengan padi dan tumbuh2an yang hama termasuk tikus "dibunuh" petani agar padi tidak rusak?

trims.
_/\_
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #36 on: 27 March 2009, 02:25:49 PM »
ya kalo dipikirkan seperti itu maka tak perlu makan apa2 lagi.

semua proses bergerak dalam lingkaran kamma.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline vathena

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 910
  • Reputasi: 41
  • Gender: Female
  • where there is a hatred , let us sow love
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #37 on: 27 March 2009, 03:22:00 PM »
tapikan yang lagi dibicarakan ini tentang susu yang tidak boleh dikonsumsi karena merupakan hasil "penyiksaan" jika kita akan memperoleh susunya , nah jadi aye tanya bagaimana dengan padi/nasi yang dianggap vege , karena dalam prosesnya petani juga membunuh hama ataupun tikus2 yang akan merusak panen mereka .
Keep the torch of Dhamma alight! Let it shine brightly in your daily life. Always remember, Dhamma is not an escape. It is an art of living , living in peace and harmony with oneself and also with all others. Hence, try to live a Dhamma life.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Vegetarian -> Susu ?
« Reply #38 on: 27 March 2009, 03:46:56 PM »
tapikan yang lagi dibicarakan ini tentang susu yang tidak boleh dikonsumsi karena merupakan hasil "penyiksaan" jika kita akan memperoleh susunya , nah jadi aye tanya bagaimana dengan padi/nasi yang dianggap vege , karena dalam prosesnya petani juga membunuh hama ataupun tikus2 yang akan merusak panen mereka .

ya makanya jadinya kita tak bisa makan apa2 karena di dalam hidup siklus manusia pasti ada kematian maka bisa menghidupi yang hidup. it's a principal of nature balancing. dan apa yang kita makan nantinya tetap kita sendiri yang akan pertanggungjawabkan.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

 

anything