//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pengalaman selama mencoba bervegetarian  (Read 9123 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« on: 04 October 2007, 01:27:59 PM »
Tmn2, mo berbgai sedikit nih...
Awal mula pengen mencoba untuk bervegetarian ialah karena tertarik untuk melatih hawa napsu diri sendiri.
Selain itu pada saat membaca link di internet ttng pembabaran maha karuna dharani.D situ dibahas seikit ttgn bervege.

Nah,selama minggu pertama dan kedua cukup berat jg, karena terbiasa dengan makanan daging yg selalu disediakan d rmh..Makan pun terkadang jd kaga napsu.Cma makan tempe goreng ato tahu atau telur..
Apalgi bnyk acara undangan makan yg notabene smuanya mengandung daging, tapi karen udh bertekad hati untuk menyelesaikan selama 1 bulan, akhirny isa bertahan juga sampai skrng di minggu ke3...

Minggu pertama dan kedua cukup sukses menahan godaan makanan enak yg disediakan..
Memasukin minggu k tiga, mulai jadi bosan bgt dengan variasi makanan non daging yg itu2 aj...Sempet juga mo lepas,tapi inget lagi dengan kaul d awal mulai...Temen2 yg non buddhis sempet bertanya2,koq gw yg biasa rakus makanny ini isa tahan dengan makanan yg itu2 doank...sampe ad jg tmn yg bilang klo badan gw jadi tmbh kurus bgt,pdhl udh di cek d timbangan cma turun 2 kilo doank...

Skrng sih, lagi menjalani minggu ketiga,tetapi akirny gw sendiri memiliki pemikiran sebagai berikut:
  • Dengan bervege, gw jadi merubah dasar dari keinginan makan itu sendiri.Biasanya, gw makan bukan karena lapar, tapi karna napsu hal lain yg merupakan pelampiasan emosi.Contohnya, klo stres,pasti bwaannya mo makan mulu.Liat makanan enak,walaupun msh kenyang pasti makan juga..
  • Dengan bervege, tidak akan membuat kita menjadi suci, tetapi dengan bervege membuat gw lebih menghargai makhluk hidup.Makan secukupny, tak perlu berlebihan...
  • Dengan bervege, bagaikan pelatihan akan kesadaran diri sendiri.Gw menjadi lebih aware n mindfull.
  • Gw jg jadi tidak terlalu pilih2 makanan untuk selalu makan yg enak..

Sampai skrng, gw msh dalam minggu ketiga mencoba makan vege, ga tau setelah lewat masa 1 bulan ini akan melanjutkan ato kaga...

Bagaimana menurut teman2?
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline cowcool

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 132
  • Reputasi: 7
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #1 on: 04 October 2007, 02:24:32 PM »
Vegetarian itu pola makan yg bagus tapi mesti empat sehat 5 sempurna ... telur, susu , keju kraft, kacang2an, buah sayur jangan lupa.

ShoeDistro.com
Depotkantor.com

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #2 on: 04 October 2007, 07:28:09 PM »
aye omnivora...

tunggu terlahir sebagai Herbivora..baru gw mulai vegie... :))

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #3 on: 04 October 2007, 08:34:06 PM »
Quote
Cma makan tempe goreng ato tahu atau telur..
wah ini makanan andalan gw nech... ;D

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #4 on: 07 October 2007, 05:24:05 AM »
CIIIAAA YOOO, Edward !  =D>

Kamu Pasti Bisa !!!  8)

Edward, Kalau kamu merasa nyaman dengan vege di lanjutkan saja terus.
Untuk usiamu saat ini yang masih muda dan seger nih, hehehe... Setelah sebulan vege lewat dan mau melanjutkan lagi ambil saja tanggal 1 dan 15 penanggalan cina atau bisa juga 1 minggu.

OK !

 _/\_



Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #5 on: 07 October 2007, 05:45:26 AM »
Kalau bisa sambung atthasila juga :>-
There is no place like 127.0.0.1

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #6 on: 07 October 2007, 10:42:26 PM »
gw bingung..kenapa orang Vegie malah digalakkan..><"

bisa kurang gizi tuh anak...

lama2 pertumbuhanne gk normal..

trus nanti gk bisa defend diri sendiri waktu diserang...

trus yg palink penting itu gk bisa protect orang yg disayangi...

trus...

jadi jelek...

banyak Buddhist yg body posturenya kurang sreg kalo dibandingkan sama agama tetangga yg majority umat2nye keren2..in terms of cloth and body postures...><"

emank Buddha ngajarin Anatta...tapi khan kita masih di Samsara..live the way of Samsara lar..kecuali kalo emank dah/mao jadi Bhikkhu...
wong tuh anak masi mao pnya anak dan istri...nanti kalo pertumbuhannya terhambat..jadi jelek..sapa tanggung? ><" haha
*my opinion only*
« Last Edit: 07 October 2007, 10:44:18 PM by El Sol »

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #7 on: 08 October 2007, 12:23:07 AM »
Thx untuk semangatnya dari bro Felix...
Prnh pengen coba athasila sih, cma blom prnh isa tahan aj... :P
Mungkin niat untuk athasila itu yg kurang....

 [at]  El sol
Quote
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #6 on: Yesterday at 10:42:26 PM » Quote 

--------------------------------------------------------------------------------
gw bingung..kenapa orang Vegie malah digalakkan..><"

bisa kurang gizi tuh anak...

lama2 pertumbuhanne gk normal..

trus nanti gk bisa defend diri sendiri waktu diserang...

trus yg palink penting itu gk bisa protect orang yg disayangi...

trus...

jadi jelek...

banyak Buddhist yg body posturenya kurang sreg kalo dibandingkan sama agama tetangga yg majority umat2nye keren2..in terms of cloth and body postures...><"


Sapa bilang jadi lemah n kurang gizi?kan msh bnyk pilihan makanan pengganti bwt makanan yg bernyawa tanpa mengurangi slogan 4 sehat 5 sempurna.
Kita makan sayur mayur n buah-buahan.Klo untuk asupan protein itu isa didapet dari telur,kacang2-an seperti kacang ijo, kedelai , tahu, tempe dll..N ditambah susu tentunya...

klo soal body posture??
Kykny ga da masalah dgn body posture dgn vege, yg emank gemuk mah gemuk aj, n yg kurus mah kurus aj...N klo emank mo ngbentuk bdan tinggal work out dech...

 ;D
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #8 on: 08 October 2007, 12:51:37 AM »
Quote
banyak Buddhist yg body posturenya kurang sreg kalo dibandingkan sama agama tetangga yg majority umat2nye keren2..in terms of cloth and body postures...><"
kebetulan aja u liat yg body nya kgk mantep... klo liat gw bs naksir loe uppss... kgk ah ms normal gw

Offline Kokuzo

  • Sebelumnya 7th
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.090
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • ... running in karma ...
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #9 on: 08 October 2007, 01:00:04 AM »
Gw setojo ma sol sepatu, cuci mata di gereja ma di mall sekarang hampir ga da bedanya...  ;D

Kalo ke vihara? wew, gw mending mandangin patung avalokitasvara dah...

Offline Hikoza83

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.296
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
  • panda is so cute... ^-^
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #10 on: 08 October 2007, 02:44:06 AM »
Gw setojo ma sol sepatu, cuci mata di gereja ma di mall sekarang hampir ga da bedanya...  ;D

Kalo ke vihara? wew, gw mending mandangin patung avalokitasvara dah...
makanya kalo mau nyuci pake rinso, sodara ke-7. :))


By : Zen
Aku akan melaksanakannya dengan tubuhku,
Karena apa gunanya hanya membaca kata-kata belaka?
Apakah mempelajari obat-obatan saja
Dapat menyembuhkan yang sakit?
[Bodhicaryavatara, Bodhisattva Shantideva]

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #11 on: 08 October 2007, 09:25:22 AM »
 [at] Edward
protein gitu dikit mo workout sampe tua jg badan loe tetep ajah bungkuk dan jelek...bah...apalage yg cewe...><" kayak "airport" <--majority yg Vegie...

 [at] 7th
setoejoeeeeee.....tapi gw liatin Buddha Gotama(ke Vihara Thera)  ;D

 [at] Hendra
muka bajai badan jijay...Bencispun lari liat loe... ;D :P

 [at] Hikoza
udah gk zaman pake rinso, skarang pake "Attack"!

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #12 on: 08 October 2007, 10:07:55 PM »
Quote
muka bajai badan jijay...Bencispun lari liat loe...
ohh.. ya tuhan  [-o< ampunilah org ini karena dia tdk tau apa yg dia perbuat  :))  ^-^

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #13 on: 09 October 2007, 01:44:12 AM »
Quote
muka bajai badan jijay...Bencispun lari liat loe...
ohh.. ya tuhan  [-o< ampunilah org ini karena dia tdk tau apa yg dia perbuat  :))  ^-^
_/\_ bercanda doank Bung...^^ jangan masukin ke ati... :))

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #14 on: 09 October 2007, 09:48:11 PM »
Quote
   
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #13 on: Today at 01:44:12 AM »
   Reply with quoteQuote
Quote from: Hendra Susanto on Yesterday at 10:07:55 PM
Quote
muka bajai badan jijay...Bencispun lari liat loe...
ohh.. ya tuhan  Pray ampunilah org ini karena dia tdk tau apa yg dia perbuat  laugh  chuckle
Namaste bercanda doank Bung...^^ jangan masukin ke ati... laugh
Jgn ke hati, ckup k jantung aj, biar lebih tung tung cep...   ^-^Wakakaka
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline lim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 113
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #15 on: 15 October 2007, 08:47:13 PM »
sukses selalu bro  [at] Edward update trus perkembangannya.. sapa tau gw jd berminat  ;D

 _/\_

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #16 on: 17 October 2007, 12:21:34 AM »
Maap nih telat update mengenai perkembangannya...
Sbnrnya udh slesai bervege ria sejak tgl 1 lunar kmrn...
Mugkin dari hasil kaul yg selama 1 bln gw jalanin, ada beberapa pemikiran yg gw dapt yg mungkin sudah diketahui sama tmn2 yg laen...

Bervegetarian tidak akan menjadikan kita suci.

Karena tujuan awal bervege gw scr pribadi adalah untuk lebiih menahan napsu diri sendiri dan lebih memikirkan makhluk hidup lain, itulah yg gw dapt..Bervege ini lebih sebagai salah satu sarana agar dapt lebih memahami hal2 tersebut, walaupun msh bnyk sarana lain yg dapt digunakan...

Karena selama bervege, gw jadi masih diliputi sikap malas, jadi makanan tidak teratur dan sulit untuk mempertahankan faktor nutrisi yg diperoleh tubuh, yg akan berakibat buruk bagi kesehatan badan gw, gw akhinya memutuskan untuk menyudahi bervege ini untuk sementara...Gw berusaha untuk lebih mendisiplinkan diri, agar bervege ini tidak jadi melenceng k arah yang extrim, karena sang buddha sendiri melarang perbuatan yg extrim yg menyiksa diri sendiri...

Tetapi, bervege akan tetap gw jalankan minimal 2 kali sebulan menggunakan tanggalan lunar (che it n cap go)..
Alasannya??
KArena menurut gw, bervege tetaplah suatu sarana yg baik dalam melatih diri, asal dpt ttp mempertahankan nutrisi tubuh..Nah, jadi misalkan gw pas lagi vege kaga isa mempertahankan nutrisi,kan kaga bakal bedampak buruk bagi bdan.. 8)Dan mungkin akan digabung dgn athasila(klo mampu)  ;D...

Dan yg pasti,walaupun jujur, semangat n mental gw yg masih labil ini membuat pelatihan diri jadi suka malas2an, I'm still learning n I won't stop learning...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #17 on: 17 October 2007, 06:22:01 AM »
sip :>- semoga menginspirasi teman2x lain untuk bersemangat melatih diri
There is no place like 127.0.0.1

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #18 on: 17 October 2007, 10:38:15 AM »
gw seh gk akan vegie kecuali dah terlahir sebagai Herbivora... :whistle:

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #19 on: 12 December 2007, 05:48:32 PM »
Kalau bisa sambung atthasila juga :>-

Ngomong2 atthasila, itu juga bagus loh utk kesehatan juga. Saya punya sakit maag sembuh. Nah khusus yg sakit maag kalo latihan atthasila, minum madu utk nahan lapernya. Lama2 terbiasa.

Salam metta _/\_
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Ginny

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 485
  • Reputasi: 10
  • Gender: Female
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #20 on: 15 December 2007, 04:59:22 AM »
Sol sepatu. Kenapa lu terlalu mau memperdulikan orang yang mau coba bervege? (seandainya el sol anti vege. Coba hormati orang lain dong) Itu kan yang menurut mereka benar. Ya biarin dong mereka mejalanin hak mereka. Mungkin elsol bercanda. Tapi coba untuk berkata lebih lembut. Ada saat serius, ada juga saat bercanda.
Thx ya elsol

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #21 on: 15 December 2007, 05:20:45 PM »
Kalau bisa sambung atthasila juga :>-
Ngomong2 atthasila, itu juga bagus loh utk kesehatan juga. Saya punya sakit maag sembuh. Nah khusus yg sakit maag kalo latihan atthasila, minum madu utk nahan lapernya. Lama2 terbiasa.

Salam metta _/\_
saya jg 'latihan' athasila (cuma latihan hehee). tetap makan tapi porsi saya kurangin semampunya. hasilnya badan jadi lebih ringan & segar. terasa perbedaan kalau kita makan kenyang itu jadi ngantuk, ga bersemangat, malas bergerak :)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline GiNong

  • Sebelumnya X-aeons
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 177
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • wkwkwk
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #22 on: 15 December 2007, 08:12:42 PM »
Kalau bisa sambung atthasila juga :>-
Ngomong2 atthasila, itu juga bagus loh utk kesehatan juga. Saya punya sakit maag sembuh. Nah khusus yg sakit maag kalo latihan atthasila, minum madu utk nahan lapernya. Lama2 terbiasa.

Salam metta _/\_
saya jg 'latihan' athasila (cuma latihan hehee). tetap makan tapi porsi saya kurangin semampunya. hasilnya badan jadi lebih ringan & segar. terasa perbedaan kalau kita makan kenyang itu jadi ngantuk, ga bersemangat, malas bergerak :)

wew kalo wa pernah coba t
tapi setelah wa coba malah sakit jadinya
kwkwkwkwk
masuk angin 3 hri ampe dikerokin
kwkwkkwkwk
gimana ya cara na biar ngga masuk angin ??
ada yang mau kasi saran ??
jangan bilang kalo ngga usah makan angin ya...
wkkwkwkw
 :)) :))
 _/\_
ginong




kwkwkwkwkkwkwk

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #23 on: 15 December 2007, 10:18:17 PM »
^jangan dipaksa langsung drastis... coba setahap demi setahap. kalau biasa makan enak seringnya kita ga sadar kalau udah cukup... sebenarnya udah cukup, tapi kita sikat terus, akhirnya kekenyangan dan ngantuk lantaran pencernaan kita bekerja bersusah payah (overload).

kalau sekarang saya makan sampe rasa lapar hilang, trus langsung stop... sebisa mungkin tahan godaan rasa enak di lidah.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #24 on: 05 October 2008, 10:16:14 PM »
Pernah ikut semacam retreat tapi atthasila, kayaknya gak berasa atthasila tuh... walaupun cuma makan 2 kali, gak ada laper2nya... :))

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #25 on: 25 November 2008, 01:32:25 AM »
ikutan share ya, baru semingguan ini gw coba vege, blm full sih, masih coba buat adaptasi, gw coba vege untuk melatih pengendalian diri, jadi daging sintesis juga gak termasuk dalam menu, krn walaupun itu gak terbuat dari daging ttp aja jd mirip daging kan ;D

gak makan daging sih gak sulit, yg sulit cari makanan tanpa dagingnya, pa lagi ini daerah kos-kosan mahasiswa, bnykan menu daging dari pada sayurnya, ada sayur pun campur daging jg, lebih parah lagi kalo "terpaksa" makan daging kalo gak ada menu sayur, kyk kl kebetulan ketempat makan bareng tmn yg gak ada menu sayurnya, dan kalo ke pesta gt, nyaris semua daging... T.T
« Last Edit: 25 November 2008, 01:36:04 AM by Reenzia »

Offline kafedaun

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #26 on: 30 December 2008, 10:01:06 AM »
Selamat Bro Edward, teruskan Anda bervegetarian. Apalgi sekarang isu tentang global warming. Vegetarian sangat membantu mengurangi global warming (menurut PBB). Saya berawal dari pencinta daging dan sekarang sudah 15 tahun bervegetarian bersih. Banyak teman-teman saya mengalami masa-masa sulit dalam memulai, tapi itu akan segera berlalu. Pesan saya jangan lupa untuk memperhatikan makanan yang Anda makan, jangan hanya makan sayur tertentu saja, variasilah. Supaya kandungan gizi dan vitamin yang dibutuhkan tercukupi, Anda sudah mau bervegetarian berarti mau hidup sehat, jadi makankanlah makanan yang bergizi, hindari rokok dan alkohol, narkoba tentunya.

Salam

Go Veggie  _/\_
www.kafedaun.com : Gudangnya Informasi Vegetarian

 

anything