//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Poll

Apakah anda seorang vegetarian?

Yup,saya vegetarian sejak kecil..
4 (8.7%)
Tentu,cma baru mulai beberapa waktu yang lalu
5 (10.9%)
Kadang2 klo hari2 tertentu doank sih...
12 (26.1%)
Pengen sih, cma blom aja...
9 (19.6%)
Ah, ga niat sih...
16 (34.8%)

Total Members Voted: 46

Author Topic: Are you a vegetarian??  (Read 30982 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Huiono

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 492
  • Reputasi: 32
  • Gender: Male
  • Hmm...
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #60 on: 28 February 2008, 11:30:36 AM »
Yup..
Setuju deh dengan pendapat bro2 n sis2 yang mengatakan vege tidak membawa pada kesucian...

Kalo benaran bisa, kambing, kerbau dkk lebih suci donk dari kita... ;D ;D ;D
(ini juga salah satu pertanyaan buat para penganut 'Maitreya' yang mengagung-agungkan bahwa vegetarian adalah segala-galanya)
"During times of universal deceit, telling the truth becomes a revolutionary act"
                                                                                                   -George Orwell

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #61 on: 01 March 2008, 10:27:39 PM »
Yup.. :D
Setuju deh dengan pendapat bro2 n sis2 yang mengatakan vege tidak membawa pada kesucian...

kabarnya, kalau manusia vege, membawa ke kesehatan
bukan kesucian :P
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #62 on: 01 March 2008, 10:52:24 PM »
Yup.. :D
Setuju deh dengan pendapat bro2 n sis2 yang mengatakan vege tidak membawa pada kesucian...

kabarnya, kalau manusia vege, membawa ke kesehatan
bukan kesucian :P

Yup agree vege bisa lebih sehat  :)
Smile Forever :)

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #63 on: 02 March 2008, 10:43:58 AM »
yg bilang kesucian itu sapa??? klo yg kgk doyan dari kecil gimane???

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #64 on: 02 March 2008, 11:13:01 AM »
ber vg tarian tidak menjamin kesucian....
tidak juga melakukan kamma baik....
tapi yang pasti tidak ber vg kita telah manghambat salah satu kesempatan kita untuk mengembangkan metta...dan kesempatan menjalankan sila..."aku bertekad akan melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup"

ada yang bilang sang buddha engak vg...
la sang buddha itu sudah terlepas dari yang namanya ikatan kamma
makan bukan karna ingin...makan bukan karna rasa...makan karna apa adanya...

kita umat awam...kalau kondisi kita memungkinkan kita vg...
kenapa kita tetap mau memilih menu yang daging...
kita engak perlu pinda pata seperti bhante kan...

jadi menurutku kita jangan menghambat kesempatan kita untuk mengembangkan metta dalam diri kita...
jangan makan karna ingin...nafsu...makan lah dengan apa adanya(kebutuhan jasmani)....
kita ini udah di permainkan terus oleh pikiran kita...keinginan kita...saatnya kita sadar...
« Last Edit: 02 March 2008, 11:21:42 AM by EVO »

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #65 on: 02 March 2008, 11:38:18 AM »
Quote
ber vg tarian tidak menjamin kesucian....
tidak juga melakukan kamma baik....
tapi yang pasti tidak ber vg kita telah manghambat salah satu kesempatan kita untuk mengembangkan metta...dan kesempatan menjalankan sila..."aku bertekad akan melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup"
cetuju...

Quote
ada yang bilang sang buddha engak vg...
la sang buddha itu sudah terlepas dari yang namanya ikatan kamma
makan bukan karna ingin...makan bukan karna rasa...makan karna apa adanya...
bagi yg bilang sang buddha aja gak ngelarang kita vg, jd kita ngapain vg
makan yang uda mati jd gak terlibat secara lgsg pembunuhan <== klo tukang ayam gak siapin loe pade ngapain die dagang ayam jd kt uda menyiapkan kondisi membunuh secara halus... dengan kata lain kita adalah pembunuh (ingat hukum proses menuju terjadinya perbuatan)
« Last Edit: 02 March 2008, 11:45:19 AM by Hendra Susanto »

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #66 on: 02 March 2008, 11:38:45 AM »
tapi yang pasti tidak ber vg kita telah manghambat salah satu kesempatan kita untuk mengembangkan metta...dan kesempatan menjalankan sila..."aku bertekad akan melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup"
tidak bervege jg tetap bisa menjalankan sila kok.

Quote
ada yang bilang sang buddha engak vg...
la sang buddha itu sudah terlepas dari yang namanya ikatan kamma
makan bukan karna ingin...makan bukan karna rasa...makan karna apa adanya...
selama masih memiliki tubuh (sebelum parinibbana), Sang Buddha tetap perlu makan.

Quote
kita umat awam...kalau kondisi kita memungkinkan kita vg...
kenapa kita tetap mau memilih menu yang daging...
kita engak perlu pinda pata seperti bhante kan...
kalau mau bervege boleh2 saja...
tapi jgn jadikan satu keterikatan, bahwa kita menghindari daging.
kalau ibu/istri kita hari ini hanya bisa menyiapkan daging, terimalah apa adanya.
kalau besok cuman sayur juga terimalah apa adanya.
tidak perlu menolak daging ataupun sayur.
apalagi kedua-duanya (jadi makan apa donk) =))

Quote
jadi menurutku kita jangan menghambat kesempatan kita untuk mengembangkan metta dalam diri kita...
jangan makan karna ingin...nafsu...makan lah dengan apa adanya(kebutuhan jasmani)....
kita ini udah di permainkan terus oleh pikiran kita...keinginan kita...saatnya kita sadar...
kalau bukan makan karena nafsu, artinya juga tidak ada nafsu utk ber-vege.
tapi makan utk menghilangkan penderitaan lapar saja.
tidak makan berlebihan (makanan lezat), juga tidak kekurangan (ingin memiliki tubuh sexy).

_/\_
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #67 on: 02 March 2008, 11:49:27 AM »
hahaha.........
hayo siapa lagi....

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #68 on: 02 March 2008, 12:03:21 PM »
"aku bertekad akan melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup" bagaimana kalian menanggapi maksud dari sila ini???

apakah "menghindari" ini maksudnya pembunuhan secara langsung yang kita lakukan? ingat lagi proses saling mengikat dan menunjang terjadinya tindakan makan ayam....


Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #69 on: 02 March 2008, 12:18:48 PM »
"aku bertekad akan melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup" bagaimana kalian menanggapi maksud dari sila ini???

apakah "menghindari" ini maksudnya pembunuhan secara langsung yang kita lakukan? ingat lagi proses saling mengikat dan menunjang terjadinya tindakan makan ayam....



berarti jika begitu maka, memasak air panas pun membunuh mahluk hidup? jika begitu maka minum obat cacing pun membunuh mhlk hidup?
Samma Vayama

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #70 on: 02 March 2008, 12:19:21 PM »
"aku bertekad akan melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup" bagaimana kalian menanggapi maksud dari sila ini???

apakah "menghindari" ini maksudnya pembunuhan secara langsung yang kita lakukan? ingat lagi proses saling mengikat dan menunjang terjadinya tindakan makan ayam....



kalau saya, melatih diri dari terlepasnya "niat pembunuhan".
kalau sudah ada bangkai ayam & itu yg kita punya utk makanan, makan aja... ga perlu menolaknya.

pembunuhan secara tidak langsung itu tidak terhindarkan lagi.
sejak kita terlahir sudah byk pembunuhan yg terjadi krn kelahiran kita.
tetapi karena tidak ada "niat" dari kita, jadi kita ga melanggar sila. CMIIW.
dari bedak & kosmetik, tempat tinggal, bahkan satu nafas kita sudah membunuh tak terhitung mahkluk hidup.

_/\_
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #71 on: 02 March 2008, 12:21:28 PM »
"aku bertekad akan melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup" bagaimana kalian menanggapi maksud dari sila ini???

apakah "menghindari" ini maksudnya pembunuhan secara langsung yang kita lakukan? ingat lagi proses saling mengikat dan menunjang terjadinya tindakan makan ayam....



berarti jika begitu maka, memasak air panas pun membunuh mahluk hidup? jika begitu maka minum obat cacing pun membunuh mhlk hidup?
bos ayam ama cacing/kuman bedanya apa?

Offline EVO

  • Sebelumnya Metta
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.369
  • Reputasi: 60
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #72 on: 02 March 2008, 12:24:30 PM »
hihihi mantap ni...

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #73 on: 02 March 2008, 12:30:42 PM »
Yup.. :D
Setuju deh dengan pendapat bro2 n sis2 yang mengatakan vege tidak membawa pada kesucian...

kabarnya, kalau manusia vege, membawa ke kesehatan
bukan kesucian :P

Yup agree vege bisa lebih sehat  :)

Tidak sepenuhnya benar, karena ada beberapa jenis gizi untuk tubuh yang hanya bisa di dapatkan dari daging dan tidak terdapat di sayuran atau buah ...


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: Are you a vegetarian??
« Reply #74 on: 02 March 2008, 12:32:16 PM »
"aku bertekad akan melatih diri menghindari pembunuhan makhluk hidup" bagaimana kalian menanggapi maksud dari sila ini???

apakah "menghindari" ini maksudnya pembunuhan secara langsung yang kita lakukan? ingat lagi proses saling mengikat dan menunjang terjadinya tindakan makan ayam....



berarti jika begitu maka, memasak air panas pun membunuh mahluk hidup? jika begitu maka minum obat cacing pun membunuh mhlk hidup?
bos ayam ama cacing/kuman bedanya apa?

alo ko hen, makan ayam= akan terjadi pembunuhan ayam (opinion anda).
minum obat cacing= akan membunuh cacing didalam perut saya.(opini saya)
masak air panas=akan membunuh kuman di perut saya(opini saya).

Jika opini anda tentang ayam dilaksanakan, maka seharusnya pula anda tidak makan obat cacing dan memasak air.. sebab pangkalnya akan terjadi pembunuhan. Gimana bro? koreksi aja kalau itdak sepaham.. _/\_
Samma Vayama