//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Pengalaman selama mencoba bervegetarian  (Read 9221 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline lim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 113
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #15 on: 15 October 2007, 08:47:13 PM »
sukses selalu bro  [at] Edward update trus perkembangannya.. sapa tau gw jd berminat  ;D

 _/\_

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #16 on: 17 October 2007, 12:21:34 AM »
Maap nih telat update mengenai perkembangannya...
Sbnrnya udh slesai bervege ria sejak tgl 1 lunar kmrn...
Mugkin dari hasil kaul yg selama 1 bln gw jalanin, ada beberapa pemikiran yg gw dapt yg mungkin sudah diketahui sama tmn2 yg laen...

Bervegetarian tidak akan menjadikan kita suci.

Karena tujuan awal bervege gw scr pribadi adalah untuk lebiih menahan napsu diri sendiri dan lebih memikirkan makhluk hidup lain, itulah yg gw dapt..Bervege ini lebih sebagai salah satu sarana agar dapt lebih memahami hal2 tersebut, walaupun msh bnyk sarana lain yg dapt digunakan...

Karena selama bervege, gw jadi masih diliputi sikap malas, jadi makanan tidak teratur dan sulit untuk mempertahankan faktor nutrisi yg diperoleh tubuh, yg akan berakibat buruk bagi kesehatan badan gw, gw akhinya memutuskan untuk menyudahi bervege ini untuk sementara...Gw berusaha untuk lebih mendisiplinkan diri, agar bervege ini tidak jadi melenceng k arah yang extrim, karena sang buddha sendiri melarang perbuatan yg extrim yg menyiksa diri sendiri...

Tetapi, bervege akan tetap gw jalankan minimal 2 kali sebulan menggunakan tanggalan lunar (che it n cap go)..
Alasannya??
KArena menurut gw, bervege tetaplah suatu sarana yg baik dalam melatih diri, asal dpt ttp mempertahankan nutrisi tubuh..Nah, jadi misalkan gw pas lagi vege kaga isa mempertahankan nutrisi,kan kaga bakal bedampak buruk bagi bdan.. 8)Dan mungkin akan digabung dgn athasila(klo mampu)  ;D...

Dan yg pasti,walaupun jujur, semangat n mental gw yg masih labil ini membuat pelatihan diri jadi suka malas2an, I'm still learning n I won't stop learning...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #17 on: 17 October 2007, 06:22:01 AM »
sip :>- semoga menginspirasi teman2x lain untuk bersemangat melatih diri
There is no place like 127.0.0.1

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #18 on: 17 October 2007, 10:38:15 AM »
gw seh gk akan vegie kecuali dah terlahir sebagai Herbivora... :whistle:

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #19 on: 12 December 2007, 05:48:32 PM »
Kalau bisa sambung atthasila juga :>-

Ngomong2 atthasila, itu juga bagus loh utk kesehatan juga. Saya punya sakit maag sembuh. Nah khusus yg sakit maag kalo latihan atthasila, minum madu utk nahan lapernya. Lama2 terbiasa.

Salam metta _/\_
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Ginny

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 485
  • Reputasi: 10
  • Gender: Female
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #20 on: 15 December 2007, 04:59:22 AM »
Sol sepatu. Kenapa lu terlalu mau memperdulikan orang yang mau coba bervege? (seandainya el sol anti vege. Coba hormati orang lain dong) Itu kan yang menurut mereka benar. Ya biarin dong mereka mejalanin hak mereka. Mungkin elsol bercanda. Tapi coba untuk berkata lebih lembut. Ada saat serius, ada juga saat bercanda.
Thx ya elsol

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #21 on: 15 December 2007, 05:20:45 PM »
Kalau bisa sambung atthasila juga :>-
Ngomong2 atthasila, itu juga bagus loh utk kesehatan juga. Saya punya sakit maag sembuh. Nah khusus yg sakit maag kalo latihan atthasila, minum madu utk nahan lapernya. Lama2 terbiasa.

Salam metta _/\_
saya jg 'latihan' athasila (cuma latihan hehee). tetap makan tapi porsi saya kurangin semampunya. hasilnya badan jadi lebih ringan & segar. terasa perbedaan kalau kita makan kenyang itu jadi ngantuk, ga bersemangat, malas bergerak :)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline GiNong

  • Sebelumnya X-aeons
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 177
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • wkwkwk
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #22 on: 15 December 2007, 08:12:42 PM »
Kalau bisa sambung atthasila juga :>-
Ngomong2 atthasila, itu juga bagus loh utk kesehatan juga. Saya punya sakit maag sembuh. Nah khusus yg sakit maag kalo latihan atthasila, minum madu utk nahan lapernya. Lama2 terbiasa.

Salam metta _/\_
saya jg 'latihan' athasila (cuma latihan hehee). tetap makan tapi porsi saya kurangin semampunya. hasilnya badan jadi lebih ringan & segar. terasa perbedaan kalau kita makan kenyang itu jadi ngantuk, ga bersemangat, malas bergerak :)

wew kalo wa pernah coba t
tapi setelah wa coba malah sakit jadinya
kwkwkwkwk
masuk angin 3 hri ampe dikerokin
kwkwkkwkwk
gimana ya cara na biar ngga masuk angin ??
ada yang mau kasi saran ??
jangan bilang kalo ngga usah makan angin ya...
wkkwkwkw
 :)) :))
 _/\_
ginong




kwkwkwkwkkwkwk

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #23 on: 15 December 2007, 10:18:17 PM »
^jangan dipaksa langsung drastis... coba setahap demi setahap. kalau biasa makan enak seringnya kita ga sadar kalau udah cukup... sebenarnya udah cukup, tapi kita sikat terus, akhirnya kekenyangan dan ngantuk lantaran pencernaan kita bekerja bersusah payah (overload).

kalau sekarang saya makan sampe rasa lapar hilang, trus langsung stop... sebisa mungkin tahan godaan rasa enak di lidah.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #24 on: 05 October 2008, 10:16:14 PM »
Pernah ikut semacam retreat tapi atthasila, kayaknya gak berasa atthasila tuh... walaupun cuma makan 2 kali, gak ada laper2nya... :))

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #25 on: 25 November 2008, 01:32:25 AM »
ikutan share ya, baru semingguan ini gw coba vege, blm full sih, masih coba buat adaptasi, gw coba vege untuk melatih pengendalian diri, jadi daging sintesis juga gak termasuk dalam menu, krn walaupun itu gak terbuat dari daging ttp aja jd mirip daging kan ;D

gak makan daging sih gak sulit, yg sulit cari makanan tanpa dagingnya, pa lagi ini daerah kos-kosan mahasiswa, bnykan menu daging dari pada sayurnya, ada sayur pun campur daging jg, lebih parah lagi kalo "terpaksa" makan daging kalo gak ada menu sayur, kyk kl kebetulan ketempat makan bareng tmn yg gak ada menu sayurnya, dan kalo ke pesta gt, nyaris semua daging... T.T
« Last Edit: 25 November 2008, 01:36:04 AM by Reenzia »

Offline kafedaun

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
Re: Pengalaman selama mencoba bervegetarian
« Reply #26 on: 30 December 2008, 10:01:06 AM »
Selamat Bro Edward, teruskan Anda bervegetarian. Apalgi sekarang isu tentang global warming. Vegetarian sangat membantu mengurangi global warming (menurut PBB). Saya berawal dari pencinta daging dan sekarang sudah 15 tahun bervegetarian bersih. Banyak teman-teman saya mengalami masa-masa sulit dalam memulai, tapi itu akan segera berlalu. Pesan saya jangan lupa untuk memperhatikan makanan yang Anda makan, jangan hanya makan sayur tertentu saja, variasilah. Supaya kandungan gizi dan vitamin yang dibutuhkan tercukupi, Anda sudah mau bervegetarian berarti mau hidup sehat, jadi makankanlah makanan yang bergizi, hindari rokok dan alkohol, narkoba tentunya.

Salam

Go Veggie  _/\_
www.kafedaun.com : Gudangnya Informasi Vegetarian

 

anything