//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas  (Read 78432 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #30 on: 11 December 2007, 09:42:44 AM »
^kemungkinan besar terlahir di alam yg menderita, tapi tetap ada kemungkinan kecil terlahir di alam yg lebih baik...
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.437
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #31 on: 11 December 2007, 03:15:43 PM »
Sudah tahu kemungkinan untuk terlahir di alam bahagia itu kecil, kok masih nekad.. ^-^

Ini ibarat beli lotere 8 digit dan sangat berharap untuk menang..
Yang selalu menang ya si bandar lotere.. :P

Semakin OOT.. :hammer:
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #32 on: 12 December 2007, 05:27:48 PM »
ya, udah OOT :hammer:

so intinya jangan berharap kalau membunuh itu berbuat baik (membantu mahkluk yg dibunuh ke alam yg lebih baik)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #33 on: 05 May 2008, 05:58:29 PM »
Btw, ajaran Kr****n bila ditelaah lebih dalam lagi, ternyata mengajarkan vegetarian lo.

Tuhan mereka menciptakan tumbuhan sebagai makanan manusia, bukan hewan sebagai makan manusia.
Ada di buku apa ya, g lupa judulny (bukunya buku Agama kr****n).

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #34 on: 05 May 2008, 08:20:13 PM »
Btw, ajaran Kr****n bila ditelaah lebih dalam lagi, ternyata mengajarkan vegetarian lo.

Tuhan mereka menciptakan tumbuhan sebagai makanan manusia, bukan hewan sebagai makan manusia.
Ada di buku apa ya, g lupa judulny (bukunya buku Agama kr****n).
dia orang bilang vege menyiksa diri sendiri...
gw bilang makanlah biar byk nanti kena stroke sekalian :))

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #35 on: 06 May 2008, 08:08:25 AM »
Btw, ajaran Kr****n bila ditelaah lebih dalam lagi, ternyata mengajarkan vegetarian lo.

Tuhan mereka menciptakan tumbuhan sebagai makanan manusia, bukan hewan sebagai makan manusia.
Ada di buku apa ya, g lupa judulny (bukunya buku Agama kr****n).


Semua binatang berkaki empat atau dua,makanlah kecuali meja  ^-^. Ada tercatat dalam kitab Injil kok,dibagian mana gw lupa soal kaki empat itu,hohohoho.....mudah2an tak salah  ^:)^
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #36 on: 06 May 2008, 01:26:23 PM »
Btw, ajaran Kr****n bila ditelaah lebih dalam lagi, ternyata mengajarkan vegetarian lo.

Tuhan mereka menciptakan tumbuhan sebagai makanan manusia, bukan hewan sebagai makan manusia.
Ada di buku apa ya, g lupa judulny (bukunya buku Agama kr****n).

Itu ada di alkitab, perjanjian lama kitab kejadian.
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #37 on: 06 May 2008, 11:31:05 PM »
Kebetulan td sedikit disinggung mengenai alasan vege d aliran Mahayana pas tanya jwb slesai kelas meditasi, pas yg ngajar itu bhikkuni yang belajar d Taiwan..
Klo ga slh beliau ngomong, dalam aliran Mahayana, semua makhluk itu hati nurani yang dimiliki oleh Sang Buddha juga, dan semua makhluk adalah calon Buddha, bahkan sampe semut jg.
Krn lg bahas ttng meditasi, kaga tanya lanjut deh, ntar OOT isa d :hammer: sama panitia n umat laen lg... :P
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #38 on: 07 May 2008, 09:09:18 AM »
sedikit pengen bertanya, jika semua makluk memiliki watak Bodhi bisa mencapai Buddha, um pernahkah terdengar anjing,kuda,sapi,hantu,semua mencapai Ke Buddhaan? sepertinya KeBuddhaaan hanya dapat terealisasi di alam manussa. Adakah rekan2 disini yang ingin menjelaskan? Silahkan  _/\_
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #39 on: 07 May 2008, 10:24:22 PM »
Wah saya sendiri sih masih kurang ngerti ttng makna itu yah...
Soalnya mo nanya, tpi krn kmrn lg ngebahas ttng meditasi, takut OOT...

Ow iya, kalimat itu diucapkan oleh bhikkuni Mahayana, jd mungkin pengertian tsb cma da d aliran Mahayana?

Gw jg blom tau seh, bsk klo dateng n ketemu sama Bhikkuni yg bersangkutan gw cba tanyain lg deh....
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline SandalJepit

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 425
  • Reputasi: 3
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #40 on: 08 May 2008, 12:31:49 AM »
toh nyatanya orang yang bervegetarian
mengaku gak makan daging
tetapi buktinya makanan merkea
berbentuk daging.
dan ada BEEF STEAK!!!!
WUAHAHAHHAHAHHAHA
saya pikir, kalo karena ada vegetaris yg suka makan daging palsu, bukan berarti seluruh praktek dan praktisi vegetarian itu munafik...

demikian pula karena ada orang korea yg makan cumi hidup2 (
), bukan berarti semua pemakan daging itu sadis atau barbar...

menggeneralisasi itu gak bagus...

saya mengerti ada praktisi vegetarian yg munafik dan sok suci sehingga anda sebal sama vegetarian, tapi bukan berarti seluruh praktek vegetarian itu perlu dikecam...

ps: saya tidak vegetarian...


video yang ini bener-bener sadisss... gw mau muntah rasanya.. :(

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #41 on: 08 May 2008, 08:47:30 AM »
sedikit pengen bertanya, jika semua makluk memiliki watak Bodhi bisa mencapai Buddha, um pernahkah terdengar anjing,kuda,sapi,hantu,semua mencapai Ke Buddhaan? sepertinya KeBuddhaaan hanya dapat terealisasi di alam manussa. Adakah rekan2 disini yang ingin menjelaskan? Silahkan  _/\_

kuda, anjing dll.. menjalani kamma biar jd orang  ^-^ ^-^

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #42 on: 08 May 2008, 11:16:28 PM »
Berkaitan dgn pertanyaan Bro Nyana,
gw sih blom sempet nanya k bhikkui yg bersangkutan...
Tp sempet mikirin jg, akhirnya gw mendapat kesimpulan versi gw...

Mnrt gw, dikatakan bahwa semua makhluk itu memiliki watak bodhi krn semua makhluk itu punya kesempatan untuk menjadi seorang Buddha..Kesempatan itu mungkin saja tidak dpt secara langsung diperoleh dlm satu kali masa kehidupan, tpi berupa kehidupan berikutnya...
Jadi, secara dasar, mungkin maksdunya itu manusia, peta, binatang, asura, dewa itu sebenarnya "sama"....
Sama2 dlm samsara, sama2 calon Buddha...
Trus, krn dasar merasa sama itulha mengapa jadi dorongan untuk bervege...
Jadi, mungkin dlm Mahayana, makan daging hewan itu berasa kyk makan daging manusia juga...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #43 on: 08 May 2008, 11:49:10 PM »
Ow iya, tambahan jg...
Gw bukan pemeluk aliran mahayana, juga aliran theravada...
Skrng sih malah lg bljr kedua aliran...
Gw suka baca ta pei cou, tpi gw jg suka k kebaktian minggu yg versi theravada...
Tpi, pas baca mantra gw justru lebih suka yg versi pali...
Gw baru bljr meditasi vipassana, tpi kdng dlm kondisi tertentu (klo lg pengen melatih konsen, dll) suka meditasi samantha...
Gw kadang suka nanya k suhu, kdng suka tanya k bhante... Tpi yg gw ketemuin, justru kadang2 pas nanyain ttng kasus yg sama, suka malah keder sendiri sama jawaban kedua-nya, soalnya kdng2 suka berbeda sih...Tidak berlawanan,cma beda sudut pandang.Tpi, kdng2 pas gw nanya kasus yg sama lagi k anggota sangha yg 1 aliran, tetep suka keder sendiri, soalnya tetep aj jawabannya berbeda berdasarkan pengalaman pribadi yg beda pula...

Kelihatan bgt yah gw masih pemula... :|

Tpi maksud gw ceritain gtu ialah, jawaban gw ttng pertanyaan nyana ialah berdasarkan pemahaman pribadi gw yg masih "terombang-ambing" ini...So, mohon dikoreksi yah...
« Last Edit: 08 May 2008, 11:51:01 PM by Edward »
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #44 on: 09 May 2008, 08:12:33 AM »
 _/\_ jalanin apa yang menurut kamu logis , bisa diterima akal sehat, tidak mengandung unsur pembodohan pikiran dengan memasukkan cerita yang sama sekali tidak bisa dicerna akal sehat, dan juga kunjungi petapa(guru Dhamma) pada saat yang tepat adalah berkah utama.
Kalau menurut kamu ajaran ini tidak sesuai ,leave it,kalo menurut kamu sesuai , ambil dan praktekan tanpa perlu membingungkan diri sendiri dan juga orang lain.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.