//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas  (Read 78515 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #105 on: 31 December 2008, 02:33:10 PM »
waduh....pembodohan nih....
gembar-gembor vege biar sehat tapi dikasi gituan malah makin parah....:hammer:
mending sayur yang beneran sayur deh..

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #106 on: 31 December 2008, 02:38:00 PM »
apakah berbahaya?
tergantung bahan apa yang dipakai..
saya tidak tahu apakah makanan vegetarian yang dijual sudah mendapat registrasi MD / ML dari BPOM. Dan jika menggunakan pewarna / perasa / stabilizer idealnya harus food grade, dan ada MSDS yang menyatakan aman dikonsumsi serta jika diperlukan dan kalau perlu ada hasil pengujian praklinis yang menyatakan bahan tersebut juga tidak menimbulkan efek karsinogenik pada hewan percobaan (sayang data2 ini hanya industri yang tahu). Jadi kita hanya bisa bertanya pada BPOM.

Jujur saja, sekarang di negara2 berkembang saja, sudah mulai keras dalam hal aturan makanan, bahkan makanan yang hasil rekayasa genetika pun ada beberapa negara yang tidak mengizinkan. Terbukti ada persyaratan Non GMO pada beberapa produk makanan. Mereka inginkan produk yang benar2 pure yang tumbuh dari hasil perawatan yang telaten tanpa pestisida dan rekayasa apa pun. Intinya semakin terpapar zat asing, makin berkurang tingkat puritasnya dan itu berarti tidak sehat. Contoh simpel, bandingkan saja harga sayur organik dengan sayur biasa, itu salah satu sampel simpel mulai diperhatikannya mengenai GMO dan Non GMO
 

 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #107 on: 31 December 2008, 02:43:13 PM »
bila dibandingkan, paling baik berarti makan yang pure organik?
bila sayur biasa dengan daging olahan, secara umum saja, yang mana lebih disarankan untuk dikonsumsi?

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #108 on: 31 December 2008, 02:46:13 PM »
Yup.. makanan yang pure organik.. yang ditumbuhkan secara alami tanpa ada menggunakan pestisida dll.. itu yang paling baik.. dan juga paling mahal.. :)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #109 on: 31 December 2008, 02:52:30 PM »
bukankah lebih baik menggunakan metode hidroponik, kemungkinan terserang hama lebih kecil, jadi tidak perlu menggunakan pestisida

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #110 on: 31 December 2008, 02:55:12 PM »
at nyana

serius ? seram sekali bacanya

silahkan tanya kepada ahlinya bahwa mereka menggunakan bahan apa sudah mirip dengan aroma daging.lagian tepung tidak mengandung zat apapun kecuali karbo hidrat selain bikin cepet gendut ssekalian bikin cepet sakit,di taiwan sendiri,penggunaan ini sudah diperkecil karena kasus kanker pada sejumlah pemakan vege.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #111 on: 31 December 2008, 03:11:38 PM »
bukankah lebih baik menggunakan metode hidroponik, kemungkinan terserang hama lebih kecil, jadi tidak perlu menggunakan pestisida
reenz.. kalau mau bahas ini.. buka topik baru aja.. :D biar gak OOT seh..
Tapi supaya tidak penasaran, metoda hidroponik itu memiliki kelemahan juga, yaitu tidak bisa untuk semua tumbuhan, dan setiap tumbuhan yang ditumbuhkan dengan metoda ini biasanya akan memiliki akar yang lemah.. karena tidak memiliki kebiasaan "mencengkeram" tanah.. :)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #112 on: 31 December 2008, 03:13:29 PM »
 [at] ko hedi

cm sekilas lewat saja...hehe....

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #113 on: 31 December 2008, 03:44:29 PM »
[at] lokkhi

dengan catatan yang dimakan itu beneran sayur,
karena makanan vege yg dibuat-buat itu malah jauh lebih mahal dari pada daging beneran
bahkan dengan banyak menambahkan bahan yang malah dapat merusak kesehatan

ironis sekali bila berkata ingin menghentikan pembunuhan
tapi makan daging buatan, bukankah sama saja dengan membohongi diri sendiri


memang ironis tuh... ;D
menurutku siklus pembunuhan tetap akan berjalan walaupun kita sudah vegetarian tapi menurutku dengan bervegetarian sudah dapat mewujudkan cinta kasih kita pada suatu makhluk, kita sudah tidak campur tangan secara langsung...
bukan krn nafsu, makan daging buatannya tapi krn biasa aja gitu... ;D
misalnya krn dalam makanan vg yg kita beli sudah ada dagingnya gitu...
jadi kalau misalnya kita gak makan daging buatannya kita berarti sudah melekat juga dong...

Tapi jangan salah persepsi juga lho... [-X
kalau kita vegetarian kadang jadi bisa terikat juga...(maksudnya melekat juga sama makanannya)
sebaiknya makan aja apa adanya... ;D
jangan terlalu terikat dengan vegetarian itu, ntar jadi melekat deh gara2 makan vegetarian...
karena kemelekatan itu jadi menderita deh...

Tapi menurutku vegetarian merupakan wujud cinta kasih pada suatu makhlukkkk
bagiku sudah mengurangi pembunuhan yg terjadiii

berkat akunya gak mau makan daging nenekku juga sudah jarang beli daging ;D
jadi bagiku hal itu sudah mengurangi pembunuhan yang terjadi...
yaa.. walaupun masih banyak pembunuhan yang terjadi setidaknya... setidaknya sudah mewujudkan cinta kasih kita pada makhluk makhluk tersebuttt...

klo daging buatan menurutku baik juga lho walaupun terdengar munafik... ;D
bagaimana kalau semua orang yang suka makan daging, bervegetarian, diganti dengan daging buatan? :D :D :D :D
jadinya sudah mengurangi pembunuhan sadis bukan? Para penjagal juga mungkin akan beralih jabatan...
 ;D ;D ;D ;D ;D

klo ada yg salah mohon dimaafkan... ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^



May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #114 on: 31 December 2008, 03:46:02 PM »
GRP buat Citta Devi
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #115 on: 31 December 2008, 03:52:29 PM »
 [at] encim kepo

bukannya dengan menentukan seorang adalah vege, apa lagi vegenya sampe sebegitunyaaaa...
yg ampe kalo gak ada sayur gak akan makan sama sekali itu juga kemelekatan?

bukankah lebih baik tak melekat pada keduanya? kalo makan ya makan aja

mengurangi pembunuhan sadis ya iya, tapi tetap ada rasa ingin memakan hasil dari pembunuhan sadis itu kan?
kalo emank niat banget mau jadi vege kenapa gak mampu buat menghindari daging olahan doank?
ibarat makan daging olahan seperti 'pelampiasan' saja
kok kesannya niat setengah-setengah doank?
ini dari sisi moral si pelaku vege aja deh ya, kalo dari real sih emank iya bener ngurangi dikiiiiiiiittt :))


« Last Edit: 31 December 2008, 03:54:22 PM by Reenzia »

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #116 on: 31 December 2008, 04:00:36 PM »
GRP buat Citta Devi

muakasihhh buanyakkkkkkkkk yoo cek nyanaaaaaa \<^0^>/ ;D
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #117 on: 03 January 2009, 05:17:09 AM »
[at] encim kepo<< (hiks napa harus enpo... :( ) Citta Devi

bukannya dengan menentukan seorang adalah vege, apa lagi vegenya sampe sebegitunyaaaa...
yg ampe kalo gak ada sayur gak akan makan sama sekali itu juga kemelekatan?
iya tante wnya masih melekat...:P (wnya tau kali masih melekat sama yg gituan tan... :P jadinya menderita lho tan... ) tapi wnya juga bukan vege lho... ;D (wnya gak mau makan daging pokoknya... T_T) kalau ke pesta ya makan sayur hiasnya aja akunya... :)) :P toh juga bisa dimakan sayur hiasnya... :P

Quote
bukankah lebih baik tak melekat pada keduanya? kalo makan ya makan aja
yup... memang benar tan... ;D tak melekat pada keduanya lebih baik... lebih baik makan cincai cincai aja ;D wnya gak mau makan daging pokoknya tan... kalau wnya makan daging ntar nenek beli ayam yang besoknya akan ke rumah penjagal... :( :( :( (ayamnya gak tau apa apa lagi... :'( :'( :'( )ayam lugu... :( (karena di rumah gak ada yang makan, makanya nenekku jarang beli ayam lagi lhoooo \<^0^>/ waktu sembahyang laoma laokong juga gak pernah liat ayam mampir ke rumah w lagii \<^0^>/ (walaupun masih ada sajian ayamnya T_T tapi sudah jarang kali w liat ada gituan)
Quote
mengurangi pembunuhan sadis ya iya, tapi tetap ada rasa ingin memakan hasil dari pembunuhan sadis itu kan?
bukan rasa ingin tan... tapi gak bisa dielakkan, kalau gak makan nasi dkk gak bisa beraktivitas... ;D
Jadinya harus berterima kasih sama hewan2 yang terkorbankan itu lho...(waktu berdoa sesudah makan gitu... misalnya kek gini: .....berkahilah mereka yang telah menyediakan makanan, juga berkahilah mereka yang telah terkorbankan hingga makanan ini dapat tersedia.... gitu... :P
kalau perlu makanan yang kita makan digunakan untuk melakukan hal2 yang berguna...<walaupun kayaknya aqnya juga nggak kumanfaatin apa yang aqnya makan... :P > jadinya pengorbanan makhluk makhluk itu gak sia sia... gituu... ;D
Quote
kalo emank niat banget mau jadi vege kenapa gak mampu buat menghindari daging olahan doank?
daging olahan
ibarat makan daging olahan seperti 'pelampiasan' saja
kok kesannya niat setengah-setengah doank?
ini dari sisi moral si pelaku vege aja deh ya, kalo dari real sih emank iya bener ngurangi dikiiiiiiiittt :))



May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #118 on: 03 January 2009, 05:49:48 AM »
^tadi kepijit postnya gara2 mau dicopy takut ilang lagi tulisannya... -_-" (mo pijit copy jadi kepijit post juga... :P -_-")
w lanjut ya... ;D

kalo emank niat banget mau jadi vege kenapa gak mampu buat menghindari daging olahan doank?
tujuan ada daging olahan itu untuk orang yang masih makan daging yang beralih vegetarian lho tan...
supaya tukang jagal juga beralih tan...(ngomong2 mau gak ya tukang jagal beralih jabatan? :-?  kayaknya mau lha, ngapain juga tukang jagal bunuh hewan lagi kalau gak bawa untung sama dirinya...)
Quote
daging olahan
ibarat makan daging olahan seperti 'pelampiasan' saja
kok kesannya niat setengah-setengah doank?
ini dari sisi moral si pelaku vege aja deh ya, kalo dari real sih emank iya bener ngurangi dikiiiiiiiittt :))
ya kan sebagai pengganti daging buat org yg makan daging tan... bukan yg vg lho maksud wnya tan...

ngantuk banget nih.... -_-"'
sori ya tan, klo dah gak nyambung2 jawabannya tan.... ;D (atau memang gak nyambung lagi jawabannya... -_-)
udah ngantuk nihh... -_-"'
belum tidurrr :'( :'( :'( :'( :'(

sori lagi ya kalau ada kata kata yang salah lagi... ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^




May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #119 on: 03 January 2009, 05:57:56 AM »
merosot nih merosot aqnya... -_-"'
merosottt -_-"

sori ya OOT kayaknya... -_-"
soriiii ^:)^ ^:)^ ^:)^
May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/