//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas  (Read 78616 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #75 on: 19 May 2008, 09:37:26 AM »
nafsu oh nafsu..........
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline no_el

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #76 on: 30 July 2008, 11:53:14 AM »
Quote
seperti yang di alkitab bilang
yesus bilang dikitab matius
"Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang."Mat. 15:11
Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban?Mat. 15:17
15:18 Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.
15:19 Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.
15:20 Itulah yang menajiskan orang. Tetapi makan dengan tangan yang tidak dibasuh tidak menajiskan orang."

Kalau Minum minuman keras? kalo minum doang ga najis ya??
Kalau udah mabok trus Muntah baru Najis ya???
 :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :)) :))

haloo..salam kenal.....smua

aku tertarik dengan pertanyaan kamu mengenai minuman alkohol....tapi kamu gak begitu tau mengenai maksud alkitab itu jadi menrutku kamu jangan terlalu dangkal menyikapi hal itu....
bagi kr****n(protestan dan ka****k) bikan alkoholnya yang dilarang tetapi "buah"nya dari minum alkohol apakah dengan alkohol akan berakibat merusak(karena mabok akhirnya menhjadi pemarah, pencuri dsb) tapi kalo sebatas untuk mengahngatkan badan kayak orang di iklim Subtropis itu bukan masalah JADI YANG PERLU KAMU TAHU ADALAH KONTEKSTUALNYA ya........ _/\_

Offline no_el

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 2
  • Reputasi: 0
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #77 on: 30 July 2008, 12:00:37 PM »
Btw, ajaran Kr****n bila ditelaah lebih dalam lagi, ternyata mengajarkan vegetarian lo.

Tuhan mereka menciptakan tumbuhan sebagai makanan manusia, bukan hewan sebagai makan manusia.
Ada di buku apa ya, g lupa judulny (bukunya buku Agama kr****n).


Semua binatang berkaki empat atau dua,makanlah kecuali meja  ^-^. Ada tercatat dalam kitab Injil kok,dibagian mana gw lupa soal kaki empat itu,hohohoho.....mudah2an tak salah  ^:)^

Ah itu cuma alibi orang vegy aj....aku juga vegy ya tapi ak gak setuju kalo Tuhan di kait2kan dengan vegy yang penting menurt ak vegi itu sebuah POLA HIDUP dan BUKAN GAYA HIDUP...
harus adanya keseimbangan antara makan daging dan tumbuhan.....akan tetapi dalam konteks saat ini memang kita harus banyak mengkonsumsi tumbuhan karena konsumsi manusia akan daging sudah diambang batas kewajaran dan melahirkan KAPITALISME.....

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #78 on: 31 July 2008, 08:24:06 AM »
Di Kejadian 1:23 (kalo ga salah) dijelaskan jenis makanan untuk manusia, tetapi tidak ada daging di sana. Di Kejadian 9, diulang lagi, kalau tidak salah tentang daging tidak boleh dimakan. Tetapi ada yang aneh karena di kitab lain (Imamat, lagi2 kalo tidak salah ingat), dijelaskan tentang daging hewan2 yang haram dan halal untuk dimakan (=boleh makan daging, tapi yang halal). Dalam surat2 Paulus, ada juga ditulis "...alangkah baiknya untuk tidak makan daging...".

Offline Peaceful mind

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 41
  • Reputasi: 0
  • metta
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #79 on: 17 August 2008, 04:08:17 PM »
Hubungan vegetarian dengan cinta kasih? Tidak ada Hubungannya sama sekali Teman teman
Karena apa?
Bagi anda yang vegetarian ketika anda Makan apakah dilandasi dengan pikiran cinta kasih kepada binatang atau kepada semua mahluk hidup? atau sudah merasa mempunyai cinta kasih ketika memakan sayur?
lalu Bagi yang non vegetarian ketika anda makan bisakah anda makan dengan pikiran yang di penuhi dengan cinta kasih?

Kedua Jawaban diatas adalah bisa

Jadi cinta kasih bisa di kembangkan bukan berdasarkan apa yang kamu makan tetapi apa yang ada di dalam fikiran anda. :)
 _/\_ _/\_ _/\_ _/\_
Peace for all, all for Peace

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.351
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #80 on: 17 August 2008, 04:27:06 PM »
Intinya : yang mau vegetarian silakan, dan yang tidak ingin silakan. So Simple and easy!
Smile Forever :)

Offline hadisentosa

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 16
  • Reputasi: 3
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #81 on: 02 December 2008, 04:37:32 PM »
saya ada ngebahas " Kenapa orang2 mau jadi veggie " , di signature saya. ( video ). Kalau yg penasaran

Offline kafedaun

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #82 on: 30 December 2008, 09:53:46 AM »
Makanan vegetarian yang menyerupai atau mirip atau memakai nama daging, itu digunakan dengan alasan untuk masa transisi. Tidak mudah orang yang sebelumnya makan daging tiba2 tidak makan daging. Butuh penyesuaian. Juga untuk membuat supaya orang -orang yang tidak vegetarian kehilangan selera makannya begitu melihat hanya sayur aja.....
Lalu hubungannya dengan cinta kasih. Hewan-hewan itu hingga sampai di meja makan dan piring kita, itu mengalami perjalanan yang sangat menyakitkan dan menakutkan bagi mereka (hewan). Dari dilahirkan sampai akhirnya putus nafas di pisau jagal sungguh menderita. Saya pernah melihat video tentang rumah jagal hewan, sungguh mengerikan. Hewan-hewan itu berakhir hidupnya dengan penuh penderitaan, masih tegakah kita menyatapnya? Demi 10 cm panjang lidah kita? Hanya untuk memuaskan nafsu makan kita? Bagaimana bisa " Semoga Semua Makhluk Berbahagia" jika kita masih memakan Makhluk ? Makhluk disini adalah makhluk yang memiliki kesadaran, makhluk yang bisa merasakan sakit. Ada yang bilang selama daging itu tidak dibunuh karena saya, gak apa-apa. Daging itu dibunuh untuk dijual karena permintaan "konsumen", nah kalo orang yang masih makan daging kan berarti masuk dalam "konsumen".

Salam, semoga bermanfaat


Go Veggie
www.kafedaun.com : Gudangnya Informasi Vegetarian

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #83 on: 30 December 2008, 10:05:19 AM »
apakah itu berarti makan daging berarti telah tak mencintai mahluk lain? nope!
SB pernah makan daging dan minum susu, apa itu berarti dy tak mencintai mahluk lain? nope!

seperti yang telah sering dikatakan,
yg penting bukan apa yang masuk ke mulut
tapi apa yang keluar dari mulut

Quote
Daging itu dibunuh untuk dijual karena permintaan "konsumen", nah kalo orang yang masih makan daging kan berarti masuk dalam "konsumen".

bayangkan jika 50% umat manusia saja yang menjadi vege, brp banyak orang yang kehilangan pekerjaannya?
kehidupan ini roda samsara, bagaikan memakan buah simalakama, terlalu ke kanan salah, terlalu ke kiri juga salah

tapi bukan berarti dengan jadi vege itu gak baik, itu juga baik tapi dg takaran tertentu
sesuatu yang extreme tak pernah akan menjadi baik
sebaiknya kembali ke jalan tengah

_/\_
« Last Edit: 30 December 2008, 10:07:30 AM by Reenzia »

Offline kafedaun

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #84 on: 30 December 2008, 10:30:30 AM »
Seperti kata Dewi Lestari, kenapa kita harus berandai-andai bagaimana jika seluruh dunia menjadi vegetarian.
Ok, seandainya 50% bervegetarian, apakah yg 50% itu tidak makan? Mereka bisa bekerja untuk menghasilkan produk2 makanan yang 50% bervegetarian itukan?
Vegetarian bukan extreme, tapi inilah kenyataan. Vegetarian sangat sejalan dengan hati nurani. Industri daging penyumbang terbesar bagi global warming, baik PBB maupun Presiden terpilih Obama juga menyampaikan hal yang serupa. Tidak bisa menguraikan manfaat vegetarian di forum ini, karena terlalu panjang, banyak sisi kita melihat manfaat vegetarian. Anda bisa kunjungi website www.kafedaun.com

Salam


www.kafedaun.com : Gudangnya Informasi Vegetarian

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #85 on: 30 December 2008, 10:35:57 AM »
paling gak dengan 50% jadi vege, kasarnya....
50% peternak jadi petani atau membuka perkebunan
buka lahan baru [perkebunan membutuhkan lebih banyak luas tanah dari pada peternakan]

kalo semua orang berpikir untuk menjadi vege gimana donk?
ekosistem terganggu, gak ada keseimbangan, populasi hewan ternak bisa meledak besar-besaran

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #86 on: 30 December 2008, 10:41:51 AM »
at kafedaun

itu mungkin bisa dijadikan sebagai slogan bisnis juga untuk pengusaha bidang makanan veg
sehingga mereka begitu gencar memasyarakatkan veg

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #87 on: 30 December 2008, 12:25:21 PM »
kayaknya thread ini dan thread untuk apa hewan kalau gak dimakan.. berbunyi sama..

http://dhammacitta.org/forum/index.php?topic=596.msg129925#msg129925
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #88 on: 30 December 2008, 01:10:55 PM »
kafe daun itu warung makan vg di yogya ;D

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #89 on: 30 December 2008, 01:15:56 PM »
bukannya disamping STIE Trisakti?
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

 

anything