//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas  (Read 78970 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #45 on: 14 May 2008, 05:16:23 PM »
Berkaitan dgn pertanyaan Bro Nyana,
gw sih blom sempet nanya k bhikkui yg bersangkutan...
Tp sempet mikirin jg, akhirnya gw mendapat kesimpulan versi gw...

Mnrt gw, dikatakan bahwa semua makhluk itu memiliki watak bodhi krn semua makhluk itu punya kesempatan untuk menjadi seorang Buddha..Kesempatan itu mungkin saja tidak dpt secara langsung diperoleh dlm satu kali masa kehidupan, tpi berupa kehidupan berikutnya...
Jadi, secara dasar, mungkin maksdunya itu manusia, peta, binatang, asura, dewa itu sebenarnya "sama"....
Sama2 dlm samsara, sama2 calon Buddha...
Trus, krn dasar merasa sama itulha mengapa jadi dorongan untuk bervege...
Jadi, mungkin dlm Mahayana, makan daging hewan itu berasa kyk makan daging manusia juga...


dear bro Edward,

saya rasa, yang dimaksud adalah memiliki benih/bibit kebuddhaan........

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #46 on: 16 May 2008, 05:18:28 PM »
Yup, thx sudah bantu menambahkan, maklum, gw orangnya gampapng lupa klo soal istilah sih...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #47 on: 16 May 2008, 05:22:07 PM »
"bibit kebuddhaan" ini apa maksudnya? Kok seperti pandangan "atta/atman" yah?!
Berputar2 di dalam samsara, tetapi tetap ada dalam mahluk ;D 

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #48 on: 17 May 2008, 12:06:17 AM »
Silahkan teman2 yag lebih kompeten memberi penjelasan...

Bukan maksud seperti ada roh dalam diri, tp lebih k pemahaman klo semua makhluk itu isa menjadi buddha.... Itu doank yg gw ngarti >,<
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #49 on: 17 May 2008, 08:05:20 AM »
Bibibt keBuddhaan?

pemahaman saya sih, ambil namanya saja, yakni: BIBIT.
artinya kalo bibit duren disiram, dipupuk dan kena cahaya matahari maka pohon duren akan tumbuh.

BIBIT KEBUDDHAAN artinya: setiap orang kalau mendapat ajaran yg tepat, latihan yg tepat dan kondisi yg tepat, maka akan bisa menjadi Buddha. Bibitnya sudah ada pada kita semua, tinggal bagaimana cara memolesnya.

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #50 on: 17 May 2008, 08:26:37 AM »
willibordus,

Ya, kalo pemahaman seperti itu, menurut saya lebih mirip pada konsep "atta". Sudah ada "atta Buddha" di dalam diri, tinggal bagaimana kita mengasahnya saja. Jika dikatakan setiap mahluk ada "bibit (= atta) Buddha" terlepas dari kondisi Nama dan Rupa, maka seperti paham "tanpa perbuatan" yang menyebutkan "atta tidak dipengaruhi oleh perbuatan baik dan buruk". Kemudian jika semua "bibit (=atta) Buddha" ini tinggal dikembangkan, maka juga mirip dengan ajaran "penyucian melalui samsara" di mana ada "atta" yang akhirnya akan menjadi 'bebas' jika prosesnya dalam samsara sudah cukup. Kemudian bagaimana kisahnya tiba2 ada 'bibit kebudhaan' dalam setiap mahluk? ;D 

Ini hanya pendapat pribadi saja, karena saya tidak setuju penggunaan istilah yang 'membingungkan' itu.



Buat Moderator, kalo udah OOT, boleh dipindah. Thanx!

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #51 on: 17 May 2008, 08:50:04 AM »
willibordus,

Ya, kalo pemahaman seperti itu, menurut saya lebih mirip pada konsep "atta". Sudah ada "atta Buddha" di dalam diri, tinggal bagaimana kita mengasahnya saja. Jika dikatakan setiap mahluk ada "bibit (= atta) Buddha" terlepas dari kondisi Nama dan Rupa, maka seperti paham "tanpa perbuatan" yang menyebutkan "atta tidak dipengaruhi oleh perbuatan baik dan buruk". Kemudian jika semua "bibit (=atta) Buddha" ini tinggal dikembangkan, maka juga mirip dengan ajaran "penyucian melalui samsara" di mana ada "atta" yang akhirnya akan menjadi 'bebas' jika prosesnya dalam samsara sudah cukup. Kemudian bagaimana kisahnya tiba2 ada 'bibit kebudhaan' dalam setiap mahluk? ;D 

Ini hanya pendapat pribadi saja, karena saya tidak setuju penggunaan istilah yang 'membingungkan' itu.

Buat Moderator, kalo udah OOT, boleh dipindah. Thanx!

Betul juga Bro Kainyn

Kalau dipikir2 kalimat 'Bibit Kebuddhaan' bisa saja menimbulkan salah paham bahwa seakan2 ada benih/cikal bakal Buddha dalam diri kita. Sehingga malah mengkondisikan timbulnya paham 'jiwa yg kekal / atta'.

Yah, sebenarnya tetua2 dulu hanya berusaha menjelaskan fenomena alami kehidupan kedalam kata2, berusaha merumuskan suatu konsep. Mungkin pemilihan kata2 yg kurang pas / sulit menemukan kalimat yg tepat untuk menjelaskan ajaran2 ini.

Sebenarnya 'benih kebuddhaan' tepatnya ditulis bagaimana ya?
Apakah mungkin: "setiap gabungan nama dan rupa sebenarnya berpotensi merealisasi nibbana"
atau "setiap citta sebenarnya bisa merealisasi nibbana"

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #52 on: 17 May 2008, 09:07:42 AM »
willibordus,

Ya, saya setuju, memang mungkin sebetulnya hanya masalah kata2 saja. Mungkin juga itu sering dipakai supaya kita lebih mengasihi mahluk lain yang pada hakekatnya sama dengan kita. Kalau saya memilih untuk tidak memakai istilah itu. Bagaimanapun mahluk itu, apakah ada atau tidak ada 'bibit Buddha'-nya, harus kita kasihi juga. 

setiap citta/mahluk sebenarnya bisa merealisasi nibbana
-> Kalo ini saya setuju, supaya memberikan pengertian bahwa kita bisa sehingga membangkitkan semangat dalam berusaha ;D

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #53 on: 17 May 2008, 09:21:46 AM »
Quote
setiap citta/mahluk sebenarnya bisa merealisasi nibbana
paling nggak di kehidupan ini ada yang tidak bisa...
mungkin di kehidupan berikutnya
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #54 on: 17 May 2008, 10:06:46 AM »
karuna_murti,

Masalah 'bisa' ini memang blom ngomong2 "kapan" dan "jenis pencapaian"-nya, tetapi emang hanya untuk menghapus pandangan bahwa mereka yang bisa jadi Arahat itu adalah mahluk2 khusus/terpilih/istimewa.




Lalu kembali ke masalah vegetarian, kalo menurut saya, tidak ada hubungan antara vegetarian dengan mengasihi mahluk. Kalo memesan atau menyebabkan hewan untuk dibantai, itu jelas berhubungan dengan mengasihi mahluk lain. Tetapi kalo urusan makan-memakan, itu urusan pengendalian diri terhadap kerakusan dan pemuasan indra pengecap, bukan masalah mengasihi makanan yang adalah 'benda mati'.

Kalo mau dipaksa-hubungkan, maka sebetulnya makan sayuran pun adalah kejam. Tidak terhitung mahluk tanah yang mati ketika lahan dibuka dan sawah dibajak. Tidak terhitung juga serangga yang mati kena pestisida supaya kita bisa makan sayur. Lalu berapa mahluk yang kehilangan jatah makanan ketika kita budidaya buah2-an EKSLUSIF untuk manusia? Maka tidak ada habis2nya.


Offline Mangkok

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 123
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
  • Mangkok
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #55 on: 17 May 2008, 10:11:36 AM »
Istilah benih kebuddhaan klo boleh saya sarankan adalah potensi kebuddhaan. Istilah sanskritnya sendiri klo ga salah tathagatha garbha. Konsep ini mungkin lebih banyak dibahas di mahayana. Hal ini berkaitan terutama dengan kesunyataan batin kita. Secara sederhana, kita katakan bahwa batin kita saat ini terhalang (seperti langit yang tertutup awan), namun halangan ini bukan bagian dari batin kita, dan oleh karenanya dapat dihilangkan. Penghalangnya klo di mahayana (Tibetan) ada 2, yaitu penghalang yang berupa kilesa dan penghalang kemahatahuan. Pada saat kedua penghalang itu dihilangkan, di mahayana (Tibetan), dikatakan kita mencapai Kebuddhaan. Karena batin semua makhluk sifatnya sama, maka semua makhluk punya potensi ini.


Terima kasih  :|
Semoga kebijaksanaan dan kebaikan hati tumbuh dan berkembang dalam batin semua makhluk

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #56 on: 17 May 2008, 10:23:03 AM »
Mangkok,

Ya, saya mengerti. Berarti tetap saja "ada Atta yang dihalangi". Seperti saya katakan bahwa itu seperti pandangan Atta di mana Atta seperti mutiara yang bersih, berkilau sempurna, tertutup oleh debu, kotoran dan lumpur. Tapi karena menurut anda itu adalah pandangan dari aliran tertentu, maka saya tidak akan bahas lebih jauh. Thanx buat infonya!  :)

Offline Mangkok

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 123
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
  • Mangkok
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #57 on: 17 May 2008, 11:09:33 AM »
Kainyn_Kutho,

Pertama2 terima kasih telah memberikan analisa yang bagus sekali. Klo menurut saya sih kita tidak bisa bahas hanya dari satu sisi saja. Contoh dalam kasus ini, di sana dikatakan kesunyataan batin. Artinya di sini kita juga perlu mengetahui batin kita itu seperti apa. Salah satunya, misalnya kita perlu tahu bahwa batin/persepsi kita tidak muncul begitu aja. Batin/persepsi kita muncul karena ada sebab dan kondisi. Karena tidak bisa muncul dari dirinya sendiri, maka kita sebut batin adalah sunya. Dari batin dan faktor mental kita juga tahu, bahwa untuk munculnya satu persepsi diperlukan batin utama/kesadaran utama dan faktor mental. Batin utama kita sifatnya adalah jernih dan mengetahui. Sedangkan faktor mental yang menemani ada berbagai macam, ada yang bajik, ada yang non bajik, dan ada yang netral. Nah, klo kita mengaitkan dengan dengan anatta, ini juga perlu pembahasan tersendiri. Kita tentu saja juga perlu tahu apa yang dimaksud anatta dalam Buddhisme. Dan sekedar gambaran, dari k-4 falsafah/filosofis utama Buddhis, penjelasan tentang tidak adanya sang "aku" ini tidak semua sama. Satu hal lain yang perlu diketahui tentang sunyata adalah bahwa sunyata bukan berarti kosong sama sekali, namun lebih ke arti bahwa segala sesuatu tidak bisa berdiri sendiri/muncul dari dirinya sendiri. Simplenya, karena sunyatalah produk bisa muncul, dan karena produk tidak bisa muncul dari dirinya sendirilah maka produk adalah sunya. Di luar semua itu, istilah apapun yang digunakan, menurutku yang penting adalah pemahaman tentang istilah yang bersangkutan. Sekedar info, istilah Buddhis dalam bahasa Inggris pun belum tentu seragam, demikian juga dalam bahasa Indonesia, jadi daripada kita terjebak dengan istilah, jauh lebih baik kita memahami esensinya.


Sori, OOT, mungkin perlu dipindah klo mau dibahas lebih lanjut.


Terima kasih  :|
« Last Edit: 17 May 2008, 11:17:45 AM by Mangkok »
Semoga kebijaksanaan dan kebaikan hati tumbuh dan berkembang dalam batin semua makhluk

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #58 on: 17 May 2008, 11:51:04 AM »
Mangkok,

Ini beneran bisa OOT jauh nih  ;D

Quote
Batin utama kita sifatnya adalah jernih dan mengetahui.
Berarti batin sebagai "atta" yang sifatnya jernih dan mengetahui 'kan?!  ;D Saya lebih cenderung pada Avijja sebagai penopang Sankhara yang merupakan penopang dari kesadaran, yang merupakan penopang dari bathin dan jasmani. Jikapun ada Bathin dan jasmani tanpa 'kebodohan', itu hanyalah 'sisa' dari bathin dan jasmani 'dengan kebodohan', bukanlah 'inti sejati'.

Quote
karena sunyatalah produk bisa muncul
Berarti sunyata adalah sebab dari produk? Saya lebih cenderung pada 'sunyata' bukanlah sebab, bukan juga akibat.


Quote
karena produk tidak bisa muncul dari dirinya sendirilah maka produk adalah sunya
Kalo yang ini, saya setuju  :)

Offline Saddha_vinita05

  • Teman
  • **
  • Posts: 62
  • Reputasi: 5
  • Gender: Female
  • KeEp sMILe EvEnToUgH MAnY PEOPLe WhO HuRtS YoU....
Re: Vegetarian maksudnya apa? apa bener cinta kasih? yuk kita bahas
« Reply #59 on: 17 May 2008, 02:06:27 PM »
mengenai vegetarian???? ini cma sebagai simbol dari penerapan cinta kasih kpada smua mhkluk hdup!!!! vegetarian dapat menghindari diri dari yg namanya pembunuhn terhadap hewan2,, bahkan manusia!!! jadi blum tentu org yg bervegetarian tuch suci.. klo smua mahkluk yg gx mkan daging suci. sma donks sama Mbeeee.... sapi... kuda yg memang mengkonsumsi rumput atau daun2an berarti mereka suci donks.. jadi vegetarian tuch bagaimana cara seseorang meredam hawa nafsu untuk menyakiti mahkluk lain khususnya hewan!!! ini memang pola penerapan cinta kasih.. bagaimana kita dpat memberi kesempatan bagi mahlkuk hidup untuk stay alive!!!! memberikan cinta kita untuk mereka yg hidup di alam menderita.. walaw sebenarnya kita sebagai manusia jga menderita!!! :| _/\_ _/\_
mohon maav klo da yg salah yach nie cma pendapat ja kox...
ThE HAppiEST oF PEoPLe dOn't NEcessARily HAve tHE  BeST oF Every ThiNg, TheY juSt MAke tHe MosT Of EVeRY ThiNG tHAt Comes aLOng TheIr Way

 

anything