//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?  (Read 11655 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #15 on: 10 July 2008, 11:01:53 AM »
Insert Quote
Kalo ukuran bukan jd patokan, maka si amrozi dan imam samudra, membuat bom bali, yg menyebbkan 200 org tewas, artinya bisa sama ringannya dngan membunuh nyamuk 200 ekor? ? ?

Ga segampang itu kali patokannya, prinsip kamma itu terjadi dari perbuatan,pikiran dan ucapan.....apapun elemen ini berasal, tetep menimbulkan gesekan kamma. mukul nyamuk 200ekor tentu berbeda pemikiran dengan membunuh 200 orang,proporsi nya tidak di set ini begini dan itu begitu secara konkrit,namun ada pendalaman kasus baru bisa menentukan proporsi kamma itu.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #16 on: 10 July 2008, 11:04:40 AM »
Bro Jhonson, kenapa tidak belajar dari thread sebelumnya ?

Sudah banyak debat antara vege dan non-vege.. hasilnya sudah bisa dipastikan tidak ada titik temu, yang ada hanyalah toleransi antara vege ke non vege dan non vege ke vege.

So.. saya harap Anda bisa melihat thread vegetarian sebelumnya lagi.. dan lebih fokus ke pembahasan lain yang lebih berguna..
 


Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #17 on: 10 July 2008, 11:16:02 AM »
Oh iya bro kang hedi, saya blum mliat. Sory bro.
CMIIW.FMIIW.

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #18 on: 10 July 2008, 12:48:04 PM »
Bro jhonson yang baik,
Jika amrozi dkk membomb suatu wilayah,apakah mereka bisa menebak dengan pasti berapa orang yang akan mereka bunuh?Tidak mungkin bukan?Mungkin saja wilayah yang mereka bomb bisa membunuh 1rb orang,1jt orang,bahkan mungkin cm 20orang atau 1orang saja...Dan kematian itu bukan ada ditangan pembunuhnya sepenuhnya,masih ada kamma masing2 yang dibawa oleh masing2 orang yang mempengaruhinya....Lihatlah banyak kasus gempa atau lainnya yang sering terjadi.Ada orang yang terkubur hidup2 karena gempa selama beberapa hari toh tetap hidup,ada juga yang waktu tsunami di Aceh terombang ambing dilautan selama 1minggu toh tetap hidup,lantas apakah anda bisa menjelaskan bagaimana hal ini terjadi secara terperinci?Jawabannya hanya 1 itu karena kammanya yang menjadi pelindung dirinya sendiri(Tapi jawaban ini tidak terperinci karena kita tidak tahu bagaimana cara kerja HUKUM KAMMA,apakah anda tahu?)....Jika yang mati dibomb oleh amrozi dkk,anggap saja amrozi dkk sedang menanam kamma baru dan yang meninggal/luka2 sedang menuai kamma masa lalunya...Kenapa anda harus repot2 memperdebatkannya sampai panjang lebar?Kenapa anda harus memperdebatkan "sesuatu" yang bahkan anda sendiri belum tahu,apakah anda tahu cara kerja Hukum Kamma?Daripada anda sia2 membuang2 waktu anda yang sangat berharga ini,lebih bijaksana jika anda menyelami batin anda sendiri....Sang Buddha lebih mengharapkan kita untuk merealisasikan NIBBANA,daripada berkomat kamit tentang sesuatu yang bahkan kita sendiri TIDAK PERNAH MENGALAMINYA/TIDAK MENGETAHUI SECARA PASTI.

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Dhamma Sukkha

  • Sebelumnya: Citta Devi
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.607
  • Reputasi: 115
  • kilesaa... .... T__T""" :) _/\_
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #19 on: 03 January 2009, 04:29:04 AM »
maksudnya buka mata itu, jangan lihat setengah2x.

baju -> kain -> benang -> kapas -> perkebunan kapas -> pestisida -> membunuh binatang

dst. seperti kata oom indra :)

ini keknya sudah ada di thread lain deh. hayo
:backtotopic:

kurangi dulu apa yang dapt kita lakukan..
bila dengan vegetarian akan mengurangi pembunuhan..
maka lakukan itu dulu, baru pikir yang tidak dapat dilakukan.
kalau setiap hari, ada 100 ribu hewan BESAR-BESAR yang dibunuh untuk dikonsumsi karena lidah manusia(yang bisa digantikan dengan tumbuhan), dan setiap hari ada 100 ribu hewan yang kecil untuk kebutuhan yang tidak bisa dielakkan.


maka, lakukanlah vegetarian, maka hwan-hewan BESAR yang mati ditangan manusia secara langsung akan berkurang.
tinggal sisanya hewan kecil seperti belalang, cacing, hama, yang mengganggu tanaman..
maka karmanya tinggal separuh...dari biasanya.

apakah menurut kalian, karma pembunuhan belalang sama besarnya dibanding membunuh sapi dan babi.
apakah mnurut kalian, karma pembunuhan seekor burung sama besarnya dibanding membunuh seorang manusia??


[/quote]
gampang banget ngomong kammanya cek buyut johs...
yang namanya membunuh tetap aja membunuh cek buyutttt....
besar kecilnya kamma kok dilihat dari besar kecilnya makhluk cek....T_T itu semua tergantung andanya sendiri cek... T_T

pandangan salah salah salah salahhhhh Y_Y

kasih sayang sama makhluk kok pilih2 cek buyut...Y_Y
Hendaknya jangan dibeda-bedain suatu makhluk itu cek... Y_Y
kalau misalnya acek terlahir sebagai semut, lalu krn acek lebih makhluk yang tak dihiraukan gitu manusia tak peduli sama acek, Bagaimana perasaan acek? :D :D :D :D pasti sedih kan? :D :D :D Y_Y
diremehin sama makhluk lainnya... Y_Y
kalau mau vegetarian jangan tanggung2 cek... emangnya Tujuan acek vegetarian itu apa?

kalau mau mengasihi suatu makhluk jangan setengah2 cek Y_Y bisa sedih makhluk yang lainnya cek...


Kayaknya kata kataku ada yang salah deh... ;D
perasaan akunya ada yang salah kata kataku... ;D
mohon dimaafkan ya kalau memang ada yang salahhhhh ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^

sori ya cek buyut dah ngomongin acek johsun acek buyut... :P ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^ (gak tau napa wnya mo panggil acek kek gitu... :P )
sori ya... super duper hiper sori deh cek... ;D Kalau ada yang salah lhooo...
kalau nggak ada yang salah, gak jadi sori lho... :P

akunya juga manusia yang ada kesilapan lhoo... jadi kalau ada yang salah dimaafkan aja ya... :D :D




May All being Happy in the Dhamma ^^ _/\_

Karena Metta merupakan kebahagiaan akan org lain yg tulus \;D/

"Vinayo ayusasanam"
sasana/ajaran Buddha akan bertahan lama karena vinaya yg terjaga... _/\_ \;D/

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #20 on: 03 January 2009, 05:22:53 AM »
sama seperti sekeping koin
mempunyai dua muka.
ya menurut yang satu
dan tidak menurut yang satu.
jika kedua penglihat mau bertukar tempat, maka akan terlihat kedua-duanya..

bukannya udah pernah di bahas d thread yang lampau...??
yah ini semua permaslaahan ego,
saya senang jika afirmasi saya diterima, dan saya senang jika pendapat saya dapat di-iyakan!!
dan saya senang jika.....
Samma Vayama

Offline kafedaun

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 11
  • Reputasi: 0
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #21 on: 04 January 2009, 09:05:24 PM »
hukum karma menurut saya sih simpel. hutang 1 bayar 1. hutang 1 tamparan bayar 1 tamparan. hutang 1 paha bayar 1 paha. hutang 1 nyawa bayar 1 nyawa. bunuh 200 orang bayar 200 nyawa..... itu baru adil, ya gak ??? :whistle:
www.kafedaun.com : Gudangnya Informasi Vegetarian

Offline Reenzia

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.199
  • Reputasi: 50
  • Gender: Female
  • The Wisdom ~
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #22 on: 04 January 2009, 09:18:05 PM »
 [at] citta devi

aduuh masa besarnya karma dilihat dari ukuran tubuh sih cimmm??
jadi bunuh bayi dan bunuh org dewasa kammanya lebih gede kl bunuh org dewasa gitu yaa?

inget kan kalo memilih jalan ekstrem itu gak pernah menjadi baik?
lebih baik berdiri ditengahnya

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #23 on: 04 January 2009, 09:40:17 PM »
Bukankah Johsun sudah tidak bervegetarian lagi?  :D

[at] kafedaun

Hukum Kamma jangan diartikan sebagai hukum balas-membalas. Anda akan sama saja dengan kaum di Timur Tengah yang menghukum potong tangan sebagai akibat mencuri... Lagi pula, akibat perbuatan (vipaka) tidaklah bisa dihitung secara matematis. Dan artinya ada beberapa buah perbuatan yang gugur alias tidak subur.

Apakah Anda mau sebanyak daging yang sudah Anda makan selama hidup ini, maka Anda harus menerima hukuman untuk dimakan sampai sebanyak itu pula?
Coba tanyalah pada Tuhan Semesta Yang Sungguh Besar untuk menunjukkan keadilan dunia ini...  _/\_

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #24 on: 04 January 2009, 09:48:55 PM »
Semua makhluk adalah sederajat.
Ini mungkin statement yang terlalu kontras. Namun begitulah faktanya. Karena semua kehidupan adalah berharga...

Yang membedakan kualitas makhluk adalah faktor struktur biologis dan komposisi batinnya.
Sebagai manusia, kita jelas mengungguli 2 hal itu daripada makhluk hewan. Bahkan sebenarnya hanya makhluk bernama manusia saja yang mampu mengembangkan kualitas batinnya untuk mencapai Pencerahan. Hanya manusia yang dapat mencapai tingkat kebuddhaan.

Melihat perbedaan kualitas ini, sudah jelas bahwa nyawa manusia memang lebih berharga daripada nyawa hewan. Terlebih bila kita melihat potensi manusia, bahwa dalam hidupnya manusia bisa melakukan banyak kebajikan. Suatu nilai plus lagi yang menujukkan keunggulannya daripada hewan.

Berangkat dari pemahaman sederhana ini, kualitas nyawa antar seekor semut dengan seekor sapi juga bisa kita simpulkan. Namun jelas sekali lagi saya tekankan untuk kedua kalinya, semua kehidupan adalah sama berharganya. Dan tidak ada pujian dari Para Bijaksana kepada mereka yang telah melenyapkan nyawa makhluk lain.

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #25 on: 04 January 2009, 09:59:46 PM »
Johsun pasti termasuk salah satu member yg telanjang (BUGIL)

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #26 on: 12 January 2009, 04:06:43 PM »
Maksudmu? ?

Sory sebenarnya sy tidak vegetarian krna mash makan sup ciken, ikan2, dn seafd lain.

dulu sempat mendukung misi vegetarian, but oleh karena skrang bukan lg pnganut alirn m*it**a, jd masalah vegetarian, i am no comment.
CMIIW.FMIIW.

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #27 on: 12 January 2009, 04:10:41 PM »
Daging babi itu haram.
CMIIW.FMIIW.

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #28 on: 12 January 2009, 04:13:29 PM »
[at] Johsun

Apakah mudah melewati masa transisi dari yang tadinya 'mengasihani makhluk hidup' dalam wujud bervegetarian, hingga akhirnya sekarang yang tidak lagi terikat dengan vegetarianisme?

Kenapa daging babi itu haram?
Apakah babi itu muncul di dunia ini dari dahak?

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: vegetarian -> mengurangi pembunuhan?
« Reply #29 on: 12 January 2009, 04:19:38 PM »
Hewan yg dipotong tidak dngan nama Allah, maka daging itu haram.
Daging dr hewan yang mati, dan menjadi bangkai trlbh dulu sblm dipotong, maka haram.
Daging dari hewan bertaring, haram, dll.


CMIIW.FMIIW.

 

anything