//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tanya nih  (Read 5272 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Tanya nih
« on: 07 July 2008, 02:41:53 PM »
rekan-rekan,
Kalau kita fang shen, entah burung, ikan, dll....kadang2 suka ada hewan yang mati sebelum atau setelah dilepas.
menurut kalian, apakah itu termasuk karma buruk walaupun kita gak sengaja membunuhnya?
Terima kasih sebelumnya
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Tanya nih
« Reply #1 on: 07 July 2008, 02:47:35 PM »
 _/\_ Makanya kalo mau fang shen itu ga usah ngomong panjang lebar,baca parita ini itu,pidato ini itu,udah keburu keblinger hewan2 yang mau di fangshen, begitu dapat,lepasin langsung.. begitu kata Bhante Bodhi dulu pas muncul pertanyaan kek gitu.

Memang tidak termasuk pembunuhan tapi kegiatan ini termasuk tidak bijaksana, disamping setelah dilepas dan kemudian ditangkap lagi dan dijual lagi ,dibeli,dilepas, sama saja toh dengan jual daging di pasar.

dan aku pikir fang shen lebih dimotori oleh sikap ego sendiri. maaf kalo saya to the point. karena dengan ada fang shen ini , hewan2 bukan merasa bahagia,ia kemudian ditangkap , dikurung, dan dikail kembali setelah dilepas, sama aja,dukkha tiada berhenti.
« Last Edit: 07 July 2008, 02:51:46 PM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Re: Tanya nih
« Reply #2 on: 07 July 2008, 02:54:39 PM »
bukannya ikan yg dijual di pasar kalau tidak kita lepas itu 100 % pasti nyawanya akan melayang karena dibunuh untuk konsumsi manusia, tapi kalau kita lepas kan ada kemungkinan dia akan hidup bebas walaupun bisa saja dia ditangkap lagi oleh manusia.
jadi masih lebih baik memberikan dia kesempatan untuk hidup daripada dia sama sekali pasti mati.
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Tanya nih
« Reply #3 on: 07 July 2008, 03:12:33 PM »
bukannya ikan yg dijual di pasar kalau tidak kita lepas itu 100 % pasti nyawanya akan melayang karena dibunuh untuk konsumsi manusia, tapi kalau kita lepas kan ada kemungkinan dia akan hidup bebas walaupun bisa saja dia ditangkap lagi oleh manusia.
jadi masih lebih baik memberikan dia kesempatan untuk hidup daripada dia sama sekali pasti mati.


Lebih baik lagi jika semua orang tidak makan ikan,ayam,telur,hasil peternakan, maka tidak akan ada kekejaman terhadap binatang lagi.

Ikan yang dijual di pasaran seberapa banyak anda mampu setiap hari untuk membeli dan melepas. ingat Sang Buddha mengajak kita tidak cuman ada cinta kasih tapi bijaksana, Cinta kasih yang bijak tidak membuat anda bokek. kan bagus kalo semua org ga makan lagi,sektor itu akan mati sendiri, tapi balik lagi anda mesti ingat, bila sektor itu mati,yang anda tolong nantinya bukan hewan,tapi orang yang banyak hilang pekerjaan dari sana.

Alam sudah menset semua lingkaran kamma, maka Sang Buddha mengharapkan kita belajar Dhamma dan membebaskan diri masing-masing. Jadilah rakit bagi dirimu sendiri.
« Last Edit: 07 July 2008, 03:14:45 PM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Re: Tanya nih
« Reply #4 on: 07 July 2008, 03:31:17 PM »
kalau mengharakan semua orang jadi vege, itu baru gak bijaksana karena gak mungkin :)
menurut saya kalau berbuat baik bukan diukur dari besar jumlahnya tapi dari ketulusan hati kita
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Tanya nih
« Reply #5 on: 07 July 2008, 03:38:36 PM »
kalau mengharakan semua orang jadi vege, itu baru gak bijaksana karena gak mungkin
menurut saya kalau berbuat baik bukan diukur dari besar jumlahnya tapi dari ketulusan hati kita



nah kalo ukuran melepas makhluk hidup yang anda utarakan,juga menggunakan analogi yang anda katakan sendiri,ingat Jalan Tengah,semua yang berlebihan akan melenceng dari jalur utamanya. saya hanya menjawab dari jawaban anda,dan anda sebenarnya sudah menemukan sendiri jawabannya.
« Last Edit: 07 July 2008, 03:41:00 PM by nyanadhana »
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Tanya nih
« Reply #6 on: 08 July 2008, 07:00:31 PM »
bro, vegetarian ada karma baiknya gak?
CMIIW.FMIIW.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Tanya nih
« Reply #7 on: 08 July 2008, 07:06:41 PM »
ada.. dan sudah dibahas di thread2 lain.. silakan dicari yak..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Johsun

  • Sebelumnya Jhonson
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.503
  • Reputasi: -3
  • Gender: Male
  • ??
Re: Tanya nih
« Reply #8 on: 08 July 2008, 07:30:55 PM »
oke bro hedi thank u.
bro, gini aku sudah tidak memakan jenis unggas, babi, sapi, dsb.
cuma masih makan ikan dan jenis udang. bisa disebut vegetarian gak bro??
CMIIW.FMIIW.

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Tanya nih
« Reply #9 on: 08 July 2008, 08:11:07 PM »
oke bro hedi thank u.
bro, gini aku sudah tidak memakan jenis unggas, babi, sapi, dsb.
cuma masih makan ikan dan jenis udang. bisa disebut vegetarian gak bro??

gak sanggup yak vege??? :D gak usah vegelah

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Tanya nih
« Reply #10 on: 09 July 2008, 12:06:49 AM »
ikan, udang, kerang kan masih termasuk hewan bernyawa...
Ada yang beralasan, makhluk2 laut tidak merasakan sakit pada saat dipotong, yah itu ah hanya sekedar alasan deh...IMO, kalo soal vege, tetep balik ke niat dasar sih..Kalo vege demi dpt karma baik, sama aj kyk nyumbang k orang miskin, tapi mengharapkan sesuatu, artinya kaga "tanpa pamrih" donk...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Jayadharo Anton

  • Sebelumnya: Balaviro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.300
  • Reputasi: 19
  • Gender: Male
  • Namatthu Buddhassa
Re: Tanya nih
« Reply #11 on: 30 August 2008, 03:03:17 PM »
Fangshen,tuh urusan nanti mati sebelum ato udh dilepas nti di pikirin,jngan juga kita terlalu takut di jagain trus nanti mati,ya gak jadi fangshen dh,yg pasti waktu kita beli kita minta jangan dikasih yg sakit dan waktu mau lepasinya jgn terlalu lama dgn waktu beli n jangan bnyak2/lama2 baca paritta/ceramahnya
"Kesehatan adalah keuntungan yang paling besar,kepuasan adalah kekayaan yang paling berharga,kepercayaan adalah saudara paling baik,nibbana adalah kebahagiaan tertinggi" [DHAMMAPADA:204]

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Tanya nih
« Reply #12 on: 02 September 2008, 10:48:22 PM »
_/\_ Makanya kalo mau fang shen itu ga usah ngomong panjang lebar,baca parita ini itu,pidato ini itu,udah keburu keblinger hewan2 yang mau di fangshen, begitu dapat,lepasin langsung.. begitu kata Bhante Bodhi dulu pas muncul pertanyaan kek gitu.

Memang tidak termasuk pembunuhan tapi kegiatan ini termasuk tidak bijaksana, disamping setelah dilepas dan kemudian ditangkap lagi dan dijual lagi ,dibeli,dilepas, sama saja toh dengan jual daging di pasar.

dan aku pikir fang shen lebih dimotori oleh sikap ego sendiri. maaf kalo saya to the point. karena dengan ada fang shen ini , hewan2 bukan merasa bahagia,ia kemudian ditangkap , dikurung, dan dikail kembali setelah dilepas, sama aja,dukkha tiada berhenti.

Dengar2 di suatu daerah (bogor klo gak salah) ada kolam khusus untuk fangshen ikan, disono dijaga dan emank dijaga buat fangsehn :)

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Re: Tanya nih
« Reply #13 on: 05 September 2008, 02:48:21 PM »
Bisa tahu gak Wei di mana tepatnya biar kalau saya kebetulan ke daerah sana bisa fang shen di sana.
Bagus tuh kalau ada yg kaya gitu, jadi hewan2 yg dilepas tidak ditangkap orang lagi.
thanks infonya
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline Mr. Wei

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.074
  • Reputasi: 99
  • Gender: Male
Re: Tanya nih
« Reply #14 on: 05 September 2008, 10:55:53 PM »
Nanti saya tanyakan kepada teman saya dulu ya :)

 

anything