//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tanya tentang Vegetarian  (Read 34079 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #15 on: 10 June 2008, 10:45:03 PM »
Quote
Lagian kenapa tidak mengatakan kebenaran saja?Sudah absolute bukan agama Buddha tidak pernah mengajarkan makan vegetarian....Kenapa harus menjadi suatu kemelekatan/keharusan makan vegetarian tsb?Menurut hemat saya,hampir "tidak bermanfaat" selain menambah "aku" disana...

Jadi polemik karena ada diajarkan bervegetarian di Sutra Mahayana, Lankavatara Sutra.

Mungkin anda tidak setuju karena anda tidak tahu bahwa ada anjuran vegetarian di Sutra Mahayana, tetapi ada baiknya tetap menghargai rekan yang lain.

Bahwa Sang Buddha makan daging, bisa dihubungkan dengan Trikaya kalau Beliau sebenarnya tidak makan daging.

Hal ini adalah salah satu alasan mengapa saya lebih senang menempatkan pada tempatnya, Theravada pada Theravada, Mahayana pada Mahayana, dll, tidak menggeneralisir Buddha berkata demikian atau tidak.

Saya rasa hal ini adalah hal yang baik, atau upaya yang lebih "cerdik".
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #16 on: 10 June 2008, 11:00:07 PM »
btw utk bhiksu mahayana, mereka tidak makan daging karena sutra2x tertentu ato ada larangan di vinaya ?
There is no place like 127.0.0.1

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.437
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #17 on: 10 June 2008, 11:39:36 PM »
2. Tidak diperbolehkan memakan buah semangka.., dengan alasan buah semangka itu dipergunakan untuk dipecahkan pada saat orang meninggal (mungkin ada yang pernah liat), apakah benar ?

sekedar share menurut ceritanya..
pada suatu hari (saya lupa namanya) katakanlah si A
A ini meninggal.. dan dia turun ke neraka...
A pun mengantri dengan sabar.. sebelum di interograsi oleh petugas neraka..
sampai lah penginterogasian oleh pejabat neraka.
ketika ditanya siapa nama anda? ia pun menjawab..
saya A. setelah dicari2 nampaknya tidak ada nama A dalam daftar orang kematian.
nampaknya ia belum saat nya untuk meninggal.
terjadilah perbincangan antara A dan pejabat neraka...
sampailah pada suatu akhir, sebelum ia kembali lagi ke dunia...
pejabat neraka berpesan, nanti anda mati pada hari ini, tanggal sekian jam sekian.
sebelum anda meninggal tolong bawakan saya buah semangka.

nah itulah mengapa sampai saat ini sebelum jenasah di bawa dari rumah duka selalu dipecahkan buah semangka.

cerita tersebut hanyalah sebuah mitos dari daratan cina...
namun ada pula yg berpendapat , semangka hanyalah simbol..
bahwa tubuh ini telah musnah, hancur...
dan semoga dengan pecahnya semangka ini perjalanan almarhumah menjadi lancar..

 ;D

Kalau cerita yang pernah saya dengar itu beda lagi..

Konon katanya, neraka itu panas..
Nah, kalo bisa makan semangka kan jadi adem.
Jadi semangka dipakai buat "menyogok" petugas akhirat yang ada di neraka.. ;D

Terus, kenapa dibanting sampe pecah?
Itu untuk mengguncang bumi (bukan ala TDW lho :P).
Ceritanya.. Pas semangka dibanting, bumi berguncang sedikit.
Fungsinya untuk menarik perhatian petugas akhirat.
Pas mereka sibuk makan semangka, mereka lupa tugasnya untuk menginterogasi "roh" yang lewat.
Jadinya, "perjalanan" bisa lancar deh.. 8)
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #18 on: 11 June 2008, 02:39:33 AM »
DAri cerita yang pernah dengar, kalau dalam Mahayana ada yang disebut 'sumpah Bodhisatva' , nah katanya sih bervegetarian itu termasuk salah satu isi dari sumpah tersebut...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #19 on: 11 June 2008, 02:50:37 AM »
Quote
Sama aja "membodohkan" mereka,banyak yg merasa dirinya setelah makan vege udah suci dll...
COntohnya cici saya...Sulit dijelaskan ma dia...
Tape deh....
Seperti yang udah dijelasin sebelumnya, pola vegetarian itu netral.Jangan mempersalahkan objek karena subjek yang salah...

Quote
Lagian kenapa tidak mengatakan kebenaran saja?Sudah absolute bukan agama Buddha tidak pernah mengajarkan makan vegetarian....Kenapa harus menjadi suatu kemelekatan/keharusan makan vegetarian tsb?Menurut hemat saya,hampir "tidak bermanfaat" selain menambah "aku" disana...

"Agama Buddha" bukan hanya paham Theravada, masih banyak aliran lain lho...
Kembali k 'pikiran adalah pelopor', niat awal dari bervege apa?Kalau niatnya baik, hasilnya jg baik donk...Kalau niat bervegetarian untuk jadi suci, nah yang salah adalah niat-nya itu...

“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #20 on: 11 June 2008, 08:20:58 AM »
Karena orang memiliki jalan praktik pencerahan yang berbeda-beda , bagi dia itu jalannya dan itu bagus kan dia mengembangkan pikiran metta karuna terhadap hewan. so buat cie2 yang bervegetarian let it be, asal jangan kekurangan gizi yang akhirnya lemas dikarenakan tidak mengerti keseimbangan gizi makanan.
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #21 on: 11 June 2008, 02:30:55 PM »
Ya.Saya rasa kembali ke pemahaman masing2..Saya tidak mungkin memaksakan "pemahaman" saya kepada "siapapun"...
Yang jelas mungkin lebih baik diklarifikasikan SB tidak pernah mengajarkan bervegetarian...SB sendiri makan daging...
Seperti kata bro karunaBahwa Sang Buddha makan daging, bisa dihubungkan dengan Trikaya kalau Beliau sebenarnya tidak makan daging
Ya pasti, karena SB tidak ada lagi "aku" makan apa aja bagi SB itu "kosong" karena tidak ada "rasa enak" dan "tidak enak" lagi..Sedangkan kita??

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Umat Awam

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 773
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #22 on: 11 June 2008, 06:59:38 PM »
[at]ryu...
Sama aja "membodohkan" mereka,banyak yg merasa dirinya setelah makan vege udah suci dll...
COntohnya cici saya...Sulit dijelaskan ma dia...
Tape deh....
^^
Lagian kenapa tidak mengatakan kebenaran saja?Sudah absolute bukan agama Buddha tidak pernah mengajarkan makan vegetarian....Kenapa harus menjadi suatu kemelekatan/keharusan makan vegetarian tsb?Menurut hemat saya,hampir "tidak bermanfaat" selain menambah "aku" disana...
_/\_

Salam,
Riky

Ckckckckck..... ^-^

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #23 on: 11 June 2008, 07:44:16 PM »
[at]ryu...
Sama aja "membodohkan" mereka,banyak yg merasa dirinya setelah makan vege udah suci dll...
COntohnya cici saya...Sulit dijelaskan ma dia...
Tape deh....
^^
Lagian kenapa tidak mengatakan kebenaran saja?Sudah absolute bukan agama Buddha tidak pernah mengajarkan makan vegetarian....Kenapa harus menjadi suatu kemelekatan/keharusan makan vegetarian tsb?Menurut hemat saya,hampir "tidak bermanfaat" selain menambah "aku" disana...
_/\_

Salam,
Riky

hmm jadi kek sol lage nih
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #24 on: 11 June 2008, 07:59:52 PM »
Waw...Sekali ngomong langsung dihujat...^^
Hidup hidup...

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline Mangkok

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 123
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
  • Mangkok
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #25 on: 12 June 2008, 12:29:07 AM »
Quote
DAri cerita yang pernah dengar, kalau dalam Mahayana ada yang disebut 'sumpah Bodhisatva' , nah katanya sih bervegetarian itu termasuk salah satu isi dari sumpah tersebut...

Setahu saya sumpah bodhisattva tidak ada tentang vegetarian, tapi mungkin sumber dari bro edward beda. Boleh minta sumber ttg sumpah bodhisattva yang ada ttg vegetarian? Makasi.

Ohya, ttg sumpah bodhisattva ada webside di bwh bagi yang berminat:

http://www.berzinarchives.com/web/en/archives/practice_material/vows/bodhisattva/root_bodhisattva_pledges.html?query=bodhisattva+vow
(Tentang Sila utama)

http://www.berzinarchives.com/web/en/archives/practice_material/vows/bodhisattva/secondary_bodhisattva_pledges.html?query=bodhisattva+vow
 (tentang sila sekunder)

Semoga bermanfaat  :|
Semoga kebijaksanaan dan kebaikan hati tumbuh dan berkembang dalam batin semua makhluk

Offline Edward

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.968
  • Reputasi: 85
  • Gender: Male
  • Akulah yang memulai penderitaan ini.....
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #26 on: 12 June 2008, 12:57:53 AM »
Maaf saya hanya mendengar cerita dari bhiksuni Taiwan yang waktu itu mengatakan seperti itu...Ntar cba saya tanyakan lagi secara lebih jelas kepada yang bersangkutan dulu....Kalau referensi tulisan, jujur aja kaga ada referensi, hanya berdasarkan ingatan doank...
“Hanya dengan kesabaran aku dapat menyelamatkan mereka....."

Offline Mangkok

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 123
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
  • Mangkok
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #27 on: 12 June 2008, 01:01:52 AM »
Makasi  _/\_
Semoga kebijaksanaan dan kebaikan hati tumbuh dan berkembang dalam batin semua makhluk

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #28 on: 12 June 2008, 12:57:09 PM »
_/\_
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline sala45

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 112
  • Reputasi: -9
  • ******* sela7N1*******
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #29 on: 17 June 2017, 04:38:57 AM »
Bro Lillo dan rekan2 yg lain,

Apa yg diajarkan dalam Buddhism adalah "Jalan menuju Akhir Penderitaan".
Jadi segala yg kita lakukan diharap mengacu ke tujuan tsb.

------------------

Banyak orang vege, tapi tdk tertarik dgn dukkha ariya sacca.
kebanyakan tujuannya memupuk kebaikan, menolong orang, lahir di comot Dewata sbg mantu disana.

--------------

Jika ingin ber vegetarian dengan tujuan agar tidak banyak binatang yg jadi korban, ingin hidup sehat, maka ber vegetarian lah dengan sewajarnya dan jangan malah menimbulkan sikap yg berlebihan dan menambah penderitaan dalam bathin.

-----------------------

Vegetarian yg ketat mesti sungguh sungguh. Jikabeli diluar mesti teliti dan tdk mau makan kalau ada yg dilarang
masuk dimakanan. sebagian dari mereka , janji diucapkan didepan altar, krn itu jika melanggar harus mengulang janjinya
didepan altar yg sama.
Hal ini melatih kesungguhan dalam bersikap setelah memutuskan.mereka yg bolak balik mengulang mengucapkan janji adalah kualitas yg gagal, tidak serius.

jika tidak kuat jgn kritik orang lain berlebih.

-------------------


Bervegetarian asal dilakukan dengan pengertian yg baik adalah bagus, jangan sampai "Meninggalkan isi demi kulit"

--------------------------

Justru isinya terletak pada kesunguhan, teliti dan lebih baik maem nasi putih sj sama krupuk jika itu yg tersisa.yg lain masakan non vege.

--------------------

::


[quoe author=williamhalim link=topic=2754.msg40255#msg40255 date=1211018577]
1. Klo vegetarian tidak diperbolehkan memakan bawang merah atau bawang putih, apakah benar ?

Banyak macam vegetarian. Ada yg nggak makan daging aja sd nggak makan bawang. Tergantung organisasi / aliran.

2. Tidak diperbolehkan memakan buah semangka.., dengan alasan buah semangka itu dipergunakan untuk dipecahkan pada saat orang meninggal (mungkin ada yang pernah liat), apakah benar ?

Baru dengar soal begini..... Mungkin tradisi.
Tapi sangat tidak masuk logika. Kalau memang karena dipecahkan saat meninggal, berarti kita nggak boleh makan ayam / babi / kueh2 dong, karena digunakan untuk upacara meninggal juga.

3. Tidak diperbolehkan memakan terasi, apakah benar ?

Wah... baru dengar juga... pasti vegan tradisi / organisasi

4. Apakah dalam konteks vegetarian hanya tidak boleh memakan daging-dagingan ?, dan menurut pengalaman saya jika orang yang sedang vegetarian ingin membeli gado-gado misalnya, maka orang yang vegetarian tersebut meminta pada si penjual gado" untuk membersihkan terlebih dahulu alat" yang dipakai untuk membuat gado"..(ketika saya tanyakan dia menjawab dengan alasan biar bersih gt katanya)

Ini sebagai contoh menjadi vegetarian malah menjauh dari inti ajaran Buddhism.
Alih2 menjadi suci dan penuh kasih sayang, yg timbul adalah dosa (penolakan) yg kuat terhadap situasi. Tidak ada lagi ketenangan batin, yg timbul malahan rasa was2.

--------------------
Harus ada was2.itu tanda hati hati .menunjukkan kesungguhan.
Kenapa takut was2 u latihan yg benar
------------------

---

uote]
« Last Edit: 17 June 2017, 04:40:49 AM by sala45 »