//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tanya tentang Vegetarian  (Read 34065 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline lillo

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 4
  • Reputasi: 0
Tanya tentang Vegetarian
« on: 17 May 2008, 09:45:49 AM »
 _/\_ , Saya mau tanya tentang beberapa syarat vegetarian.., dan informasi yang sudah saya dapatkan adalah Sbb :

1. Klo vegetarian tidak diperbolehkan memakan bawang merah atau bawang putih, apakah benar ?
2. Tidak diperbolehkan memakan buah semangka.., dengan alasan buah semangka itu dipergunakan untuk dipecahkan pada saat orang meninggal (mungkin ada yang pernah liat), apakah benar ?
3. Tidak diperbolehkan memakan terasi, apakah benar ?
4. Apakah dalam konteks vegetarian hanya tidak boleh memakan daging-dagingan ?, dan menurut pengalaman saya jika orang yang sedang vegetarian ingin membeli gado-gado misalnya, maka orang yang vegetarian tersebut meminta pada si penjual gado" untuk membersihkan terlebih dahulu alat" yang dipakai untuk membuat gado"..(ketika saya tanyakan dia menjawab dengan alasan biar bersih gt katanya)

pertanyaan untuk semua umat buddhis, dan saya tidak tahu bagaimana kebenarannya, mohon pencerahannya

5. jika tidak vegetarian.., Umat buddhis tidak diperbolehkan memakan daging sapi, apakah benar ?

mungkin pada bisa bantu saya pertanyaan di atas.., Thx  _/\_

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #1 on: 17 May 2008, 05:02:57 PM »
1. Klo vegetarian tidak diperbolehkan memakan bawang merah atau bawang putih, apakah benar ?

Banyak macam vegetarian. Ada yg nggak makan daging aja sd nggak makan bawang. Tergantung organisasi / aliran.

2. Tidak diperbolehkan memakan buah semangka.., dengan alasan buah semangka itu dipergunakan untuk dipecahkan pada saat orang meninggal (mungkin ada yang pernah liat), apakah benar ?

Baru dengar soal begini..... Mungkin tradisi.
Tapi sangat tidak masuk logika. Kalau memang karena dipecahkan saat meninggal, berarti kita nggak boleh makan ayam / babi / kueh2 dong, karena digunakan untuk upacara meninggal juga.

3. Tidak diperbolehkan memakan terasi, apakah benar ?

Wah... baru dengar juga... pasti vegan tradisi / organisasi

4. Apakah dalam konteks vegetarian hanya tidak boleh memakan daging-dagingan ?, dan menurut pengalaman saya jika orang yang sedang vegetarian ingin membeli gado-gado misalnya, maka orang yang vegetarian tersebut meminta pada si penjual gado" untuk membersihkan terlebih dahulu alat" yang dipakai untuk membuat gado"..(ketika saya tanyakan dia menjawab dengan alasan biar bersih gt katanya)

Ini sebagai contoh menjadi vegetarian malah menjauh dari inti ajaran Buddhism.
Alih2 menjadi suci dan penuh kasih sayang, yg timbul adalah dosa (penolakan) yg kuat terhadap situasi. Tidak ada lagi ketenangan batin, yg timbul malahan rasa was2.

---

Bro Lillo dan rekan2 yg lain,

Apa yg diajarkan dalam Buddhism adalah "Jalan menuju Akhir Penderitaan".
Jadi segala yg kita lakukan diharap mengacu ke tujuan tsb.
Jika ingin ber vegetarian dengan tujuan agar tidak banyak binatang yg jadi korban, ingin hidup sehat, maka ber vegetarian lah dengan sewajarnya dan jangan malah menimbulkan sikap yg berlebihan dan menambah penderitaan dalam bathin.

Bervegetarian asal dilakukan dengan pengertian yg baik adalah bagus, jangan sampai "Meninggalkan isi demi kulit"

::

Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #2 on: 24 May 2008, 09:01:38 PM »

Bervegetarian asal dilakukan dengan pengertian yg baik adalah bagus, jangan sampai "Meninggalkan isi demi kulit"

::

Bahasa Zen neh.. :))
Tapi benar se.. Vegetarian + Praktek Dhamma baru Ok..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #3 on: 24 May 2008, 11:37:13 PM »
2. Tidak diperbolehkan memakan buah semangka.., dengan alasan buah semangka itu dipergunakan untuk dipecahkan pada saat orang meninggal (mungkin ada yang pernah liat), apakah benar ?

sekedar share menurut ceritanya..
pada suatu hari (saya lupa namanya) katakanlah si A
A ini meninggal.. dan dia turun ke neraka...
A pun mengantri dengan sabar.. sebelum di interograsi oleh petugas neraka..
sampai lah penginterogasian oleh pejabat neraka.
ketika ditanya siapa nama anda? ia pun menjawab..
saya A. setelah dicari2 nampaknya tidak ada nama A dalam daftar orang kematian.
nampaknya ia belum saat nya untuk meninggal.
terjadilah perbincangan antara A dan pejabat neraka...
sampailah pada suatu akhir, sebelum ia kembali lagi ke dunia...
pejabat neraka berpesan, nanti anda mati pada hari ini, tanggal sekian jam sekian.
sebelum anda meninggal tolong bawakan saya buah semangka.

nah itulah mengapa sampai saat ini sebelum jenasah di bawa dari rumah duka selalu dipecahkan buah semangka.

cerita tersebut hanyalah sebuah mitos dari daratan cina...
namun ada pula yg berpendapat , semangka hanyalah simbol..
bahwa tubuh ini telah musnah, hancur...
dan semoga dengan pecahnya semangka ini perjalanan almarhumah menjadi lancar..

 ;D
Samma Vayama

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #4 on: 25 May 2008, 06:15:40 AM »
 [at]  Andry. Thanks atas infonya.. saya juga baru tahu..
Padahal semangka bagus lho.. apalagi buat cowok :D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #5 on: 26 May 2008, 04:20:19 PM »
vegetarian jangan dicampur dengan pengetahuan mistis yang anda rasa ga masuk di akal, soal bawang kalo ga salah itu adalah wujud bangau tertancap di atas kuburan yah jadi ga boleh dimakan,ini kan ga masuk diakal,bawang = bangau?

so Sang Buddha say makan dengan wajar,menjaga tubuh ini tetap hidup berpraktek Dhamma. mau makan sayur ya monggo ga perlu banyak pikiran.heheh
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #6 on: 26 May 2008, 04:25:47 PM »
kalo soal bawang sih....
yg 'putih' nggak boleh dimakan, namun 'bawang merah' boleh, karena:

~ bawang putih dulunya seorang anak yg baik, janganlah memakan anak yg baik
~ bawang merah adalah anak yg jahat, karena jahat, boleh dimakan

Jadi, begitulah ceritanya....

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #7 on: 26 May 2008, 04:30:08 PM »
hooh itu kan cerita di Jowo atuh....hohohoho....tapi lucu juga baru kepikiran...hahahahha thanks willi
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline DesyWaty

  • Sebelumnya: DesyBenny
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 225
  • Reputasi: 10
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #8 on: 10 June 2008, 02:29:30 PM »
Orang yang vegetarian boleh tidak makan keju?

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.870
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #9 on: 10 June 2008, 02:59:20 PM »
Orang yang vegetarian boleh tidak makan keju?

Tergantung vegetariannya.

Ada vegetarian karena alasan:
~ perintah agama
~ Sayang binatang
~ Tidak bisa mencium bau daging
~ Karena alasan kesehatan
~ dll

Dan masing2 alasanpun mempunyai pandangan yg berbeda2 mengenai apa yg boleh dimakan dan apa yg tidak boleh....

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline DesyWaty

  • Sebelumnya: DesyBenny
  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 225
  • Reputasi: 10
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #10 on: 10 June 2008, 04:53:22 PM »
kalau seorang bhikkhu boleh tidak makan keju?

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #11 on: 10 June 2008, 06:23:21 PM »
boleh koq.
There is no place like 127.0.0.1

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #12 on: 10 June 2008, 07:06:53 PM »
Para ahli Dhamma kok tidak langsung saja bilang,"Sang Buddha tidak mengajarkan untuk bervegetarian,Sang Buddha sendiri makan daging."
Kenapa repot2 menjelaskan tentang sesuatu yg menurut hemat saya bisa membutakan orang yg menanya(maaf Jika salah)
_/\_

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #13 on: 10 June 2008, 08:28:52 PM »
Yang bervegie gak salah, yang tidak vegie jg gak salah. Maka ambil jalan tengah, ada yang vegie maka bervegie lah dgn kebijaksanaan, yang tdk vegie juga sama. Sehingga jangan sampai mengikat dan malah menambah kemelekatan.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline Riky_dave

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.237
  • Reputasi: -14
  • Gender: Male
Re: Tanya tentang Vegetarian
« Reply #14 on: 10 June 2008, 08:32:05 PM »
[at]ryu...
Sama aja "membodohkan" mereka,banyak yg merasa dirinya setelah makan vege udah suci dll...
COntohnya cici saya...Sulit dijelaskan ma dia...
Tape deh....
^^
Lagian kenapa tidak mengatakan kebenaran saja?Sudah absolute bukan agama Buddha tidak pernah mengajarkan makan vegetarian....Kenapa harus menjadi suatu kemelekatan/keharusan makan vegetarian tsb?Menurut hemat saya,hampir "tidak bermanfaat" selain menambah "aku" disana...
_/\_

Salam,
Riky
Langkah pertama adalah langkah yg terakhir...