//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^  (Read 102602 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #255 on: 14 March 2013, 10:54:19 AM »
apa memungkinkan di dunia maya untuk membedakan orang berguna dgn tidak berguna; berprilaku baik dgn buruk; dan jujur dgn munafik?
soalnya di dunia nyata saja saya kesulitan

sorry, pertanyaannya OOT. mau dijawab boleh, ngak mau juga ngak apa2.
Dalam konteks forum ini, tentu dilihat dari postingnya. Mungkin saja orang itu dianggap 'tidak berguna' dalam masyarakat, tapi selama ia posting hal-hal yang bisa membantu orang lain, memberi informasi, memberi pengertian, maka dalam forum ini ia akan dianggap orang berguna. Sama juga untuk berperilaku baik dan jujur. Jadi di sini memang kita kenali pribadi sebatas tulisannya saja.

Untuk mengenalinya karakter orang juga tidak instant, biasa setelah beberapa lama berkomunikasi, berdiskusi, dan berdebat, baru bisa dikenali. Forum ini menurut saya rata-rata masih cukup bersahabat. Walaupun orang hanya numpang lewat, nge-junk, iseng, tidak akan dipermasalahkan selama perilakunya baik. Kalau postingnya bermanfaat tapi perilakunya buruk, biasanya paling-paling dicuekin, tidak ada yang mau ladeni. Kalau sudah tidak berguna, perilakunya buruk, bahkan munafik, itu biasa yang sering 'ditimpuk bata'. Dan sesuai dengan tabiatnya yang buruk, orang seperti ini tidak akan bercermin namun menunjuk dan menyalahkan orang lain.


Offline Mokau Kaucu

  • Sebelumnya: dtgvajra
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.293
  • Reputasi: 81
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #256 on: 14 March 2013, 06:07:01 PM »
Halo, rekan Mokau.

Saya kurang paham bagaimana cara Anda memahami kalimat. Tapi disana sudah jelas saya tulis dan bahkan Anda kutip: Begini bukan berarti saya menyatakan bervegetarian itu minim lobha (nafsu/keserakahan). Ini bagi saya sudah jelas bahwa vegetarian pun bisa mengandung lobha, makan daging pun juga bisa. Bagaimana Anda bisa mengartikannya dengan asosiasi bahwa makan daging berarti lobha?

Saya menerima makna keseluruhan pada lobha, jika itu yang mungkin Anda permasalahkan dan masih bingung dengan pendapat saya. Namun pada klarifikasi saya sebelumnya, yang Anda kutip di atas. saya sedang menjelaskan bahwa lobha yang saya maksud adalah lobha yang terkait dengan lidah. Itu saja, saya kira ini cukup mudah dipahami. Anda menjelaskan lobha secara umum, dan saya katakan di postingan saya bahwa yang saya soroti adalah lobha pada lidah (saya pun menerima makna lobha secara umum).

Masa begitu mau diperpanjang? :) Bahas yang substansial saja (inti), jangan berputar di kulit (bahasa). :)

Tentang gado-gado, jika alasannya mengurangi lobha dengan meniadakan bumbu (itu yang saya tangkap) maka Anda bisa menulis dengan lebih esensial, bahwa garam, gula, dsb harus dihilangkan untuk mengurangi lobha sebab di bumbu itu yang dominan adalah rasa yang bisa ditangkap lidah dengan bantuan media udara (lewat nafas). Jika ini poin Anda, bhikkhu pun harus makan dengan tanpa bumbu (garam, gula, terasi, dsb), sebab alasannya mengurangi lobha?

Bagi saya itu adalah kelucuan. :)

Ingat Jalan Tengah. Itu saja komentar singkat saya tentang kemelekatan pada bumbu yang Anda tulis di atas. :)

Bervegetarian adalah salah satu jalan menyelamatkan bumi, dan itu bisa diperdebatkan secara ilmiah dan logis. Saya bukan murni vegetarian, tapi jika dilihat dari presentasi mereka yang berdasarkan data ilmiah dan hasil survey, saya kira kita harus lebih obyektif sedikit dalam menilai, tidak terkungkung pandangan (subyektif) bahwa saya Buddhis Theravada (Theravadin) dan Buddha junjungan saya tidak mengajarkan (menganjurkan) vegetarian. Saya kira ini justru kemelekatan pandangan. Bagaimana menurut Anda? :)

Bila diskusi mau diperlebar pada kemelekatan pandangan, silakan. Saya ikuti alur saja (selalu begitu dari thread ke thread). :)

Silakan, jika mau melempar bata lagi juga tidak masalah. Bagi saya ini persoalan tukar pemikiran, bukan sentimentil perasaan dan emosional (usia saya sudah lewat untuk hal seperti itu).

Salam bahagia untuk Anda, dan saya terima juga bata Anda dengan senang hati (bila dilempar). Ingat, saya tetap sayang Anda walau diberi apapun.

Saya sayang semua... semoga semua berbahagia.  _/\_

Anda tidak memahami cara saya memahami kalimat.
Saya juga tidak memahami cara anda memahami kalimat

Score 1 - 1
 
Dari pada diperpanjang, ngopi aja dah   ~o)~o)

Semoga anda selalu bahagia dan segera mendapat pencerahan.

 _/\_
~Life is suffering, why should we make it more?~

Offline Sunya

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 876
  • Reputasi: -16
  • Nothing, but your perception ONLY
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #257 on: 16 March 2013, 08:04:08 PM »
sama seperti dalam pikiran anda yg menghina LSY & Maitreya merasa lebih suci dari yg lain?
jadi dengan begini Anda mengakui vegetarian pelakunya jelas merasa lebih suci dari yg lain?

saya terbuka untuk disangkal ;D
silahkan sangkal "hidup adalah dukkha"
setiap logis saya juga bebas untuk disangkal,
saya ga merasa paling benar kok.

perbedaannya begini,
jika Anda memaparkan kebenaran, orang lain akan melihat, dan jika Anda benar, segala counter opinion dapat ditangkis.
nah sekarang ketika vegetarian mulai memberi argumennya, bahkan sampai2 memutarbalikkan fakta spt pelanggaran sila, mengikis lobha, dan disangkal itu semua tidak valid, malah mulai merengek, BRP lah, thank you lah...

soal post saya ingin mempengaruhi orang lain... ah itu tidak benar...
awalnya saya cuma kasih BRP dan kurang niat (tenaga) utk reply
ternyata yg di-BRP merengek... saya jadi terhanyut ingin menambah penderitaanya & memang diskusi ini jadi ajang debat saja
walau semua argumen saya, saya rasa paling benar, tapi semua itu juga pointless, niat awal saya emg utk debat

kalimat ini menjelaskan Anda tidak mengerti apa yg saya bicarakan ketika saya katakan itu ide yang konyol.
sama-sama
_/\_

Saya tidak mengatakan praktisi vegetarian merasa lebih suci dari yang lain, itu sangkaan Anda sendiri. Yang saya sebut, konsep-konsep keagamaan lainnya, selalu membuat orang merasa lebih baik dari lainnya. Contohnya adalah aliran yang saling serang dan merasa lebih benar dan suci.
Mengenai vegetarian, tentu ada sisi tertentu yang lebih baik dan diakui (secara ilmiah). Tentang efek negatifnya, jika ada juga silakan dikupas lebih dalam.

Saya mengingat 2 pernyataan Anda tentang dukkha, dan dari kedua kalimat tersebut tidak ada indikasi memberi peluang untuk disangkal.
- mau diputar balikkan bagaimanapun, mau menjadi vegetarian, mau mencukur rambut, melakukan ratusan sila, tetap saja hidup adalah dukkha. hidup Anda, hidup saya, hidup mahkluk lain, tidak pernah akan memuaskan dan selalu adalah penderitaan.
- manusia punah juga sesuatu yg tidak terhindarkan. lebih baik selalu sadar, bahwa hidup adalah dukkha.


Kedua kutipan kalimat di atas adalah cenderung bentuk keimanan, bukan sebuah pernyataan yang mengundang untuk didiskusikan. Jika Anda jujur bahwa Anda sedang mengungkapkan keimanan Anda, dan mencoba mempengaruhi orang dengan pemikiran tersebut, baru saya bersedia memberi sangkalan (memulai diskusi tentang benar-tidaknya pernyataan Anda).

Kejujuran itu penting. Jika memang punya keimanan silakan nyatakan dengan jujur, jangan berdalih dengan, "Saya tidak merasa paling benar kok." Padahal di hati memang merasa sangat benar dengan keyakinan yang dianut, toh? Bukan begitu? :)

Kalau niatnya untuk debat (mungkin maksudnya debat kusir?), saya kira tidak bermanfaat lagi diteruskan (menurut saya). Jika ini diskusi dharma yang konstruktif (saling membangun dan mengkoreksi), saya masih bersedia mengikuti.

Tentang pernyataan Anda mengenai vegetarian adalah ide konyol, silakan berikan penjelasan daripada menyatakan bahwa saya tidak mengerti apa yang Anda maksud.

Demikian. Terima kasih untuk pendapat dan pemikirannya. Salam bahagia dan sukses selalu.  _/\_

Offline Sunya

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 876
  • Reputasi: -16
  • Nothing, but your perception ONLY
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #258 on: 16 March 2013, 08:17:45 PM »
lho analogi mOkau Kachu biar mengerti hal yg sama pada vegetarian
amazing... kalau soal gado2 mengerti jalan tengah, tapi kok soal makan daging tidak :(

Apa yang Anda pahami tentang jalan tengah? Kompromi pada hal yang wajar, dalam hal ini bumbu makanan, tapi bukan pada hal yang jelas-jelas bisa dihindari (mengurangi sampai meniadakan daging hewan dalam menu santapan sehari-hari). Anda tidak bisa makan tanpa rasa manis, asin, asam dan pedas, tapi Anda bisa makan sayur dan buah dengan lezat tanpa membuat makhluk lain dibunuh secara sengaja. Benar?

Jujur katakan pada semua, berapa orang yang makan daging karena lobha... alih-alih beralasan mengikuti ajaran Gautama (tentang non-vegetarianisme maupun jalan tengah).

Jujur saja, semua disini makan daging karena suka, bukan karena ajaran. :)

Salam jujur dari hati.  _/\_

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #259 on: 16 March 2013, 08:29:37 PM »
akhirnya saya menemukan jawaban anda.

ternyata anda bukan murni vegetarian, bisa dijelaskan sebukan-murni apa anda itu?

apakah makan nasi + kangkung + babi, bisa dikatakan bukan-murni vegetarian? kalau benar begitu, maka semua manusia memang bukan-murni vegetarian.

Logic banget.  :)) :))

Pasti bukan murni vege nya (ada bahan dari hewan) juga didasari bukan murni lobha. :hammer: :whistle:
« Last Edit: 16 March 2013, 08:37:21 PM by sanjiva »
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline Sunya

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 876
  • Reputasi: -16
  • Nothing, but your perception ONLY
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #260 on: 16 March 2013, 08:35:00 PM »
Anda tidak memahami cara saya memahami kalimat.
Saya juga tidak memahami cara anda memahami kalimat

Score 1 - 1
 
Dari pada diperpanjang, ngopi aja dah   ~o)~o)

Semoga anda selalu bahagia dan segera mendapat pencerahan.

 _/\_

Terima kasih. Cuma, maaf, saya tidak berminat dengan yang Anda sebut pencerahan.

Bagi saya pencerahan yang didengung-dengungkan semua orang itu bukan disini dan sekarang, tapi disana dan nanti. Ini bagi saya seperti angan-angan belaka.

Nirwana (nirvana/nibbana), bagi saya disini dan sekarang, bukan disana dan nanti. Siapa yang mampu merealisasikannya, dia berbahagia senantiasa (setiap saat dan setiap detiknya). Dukkha ada bagi yang masih terikat. Dukkha tiada bagi yang terbebaskan.

Sama-sama menapak bumi, sama-sama menghirup polusi, ternyata bisa berbeda pencerapan setiap batinnya.

Indahnya hidup, ini disebut dukkha, bagi yang masih mengalaminya.  _/\_

Saya bukan kaya, bukan berkedudukan, bukan tampan atau cantik, juga bukan sehat walafiat 100%. Saya memiliki kekurangan serta problematika yang dimiliki setiap makhluk pada umumnya. Beda kondisi batin, beda yang ditangkap (dipersepsi) oleh keenam indera kita. :)

Salam bahagia selalu. Kini Anda tahu kenapa saya selalu sering menuliskannya.  _/\_

Offline Sunya

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 876
  • Reputasi: -16
  • Nothing, but your perception ONLY
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #261 on: 16 March 2013, 08:46:36 PM »
Logic banget.  :)) :))

Pasti bukan murni vege nya (ada bahan dari hewan) juga didasari bukan murni lobha. :hammer: :whistle:

Apapun yang dianggap logis, jalankanlah... selama bukan dianggap logis karena diucapkan oleh orang suci, atau juga hormat kepada orang tersebut. Teliti sesuatu dengan akal dan pikiran yang jernih, dan bisa membawa manfaat bagi diri sendiri dan makhluk lain. Jika ini patokannya, bagi saya Anda sudah Buddhis sejati (pengikut Buddha yang baik).

 _/\_

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #262 on: 16 March 2013, 09:42:25 PM »
Saya mengingat 2 pernyataan Anda tentang dukkha, dan dari kedua kalimat tersebut tidak ada indikasi memberi peluang untuk disangkal.
- mau diputar balikkan bagaimanapun, mau menjadi vegetarian, mau mencukur rambut, melakukan ratusan sila, tetap saja hidup adalah dukkha. hidup Anda, hidup saya, hidup mahkluk lain, tidak pernah akan memuaskan dan selalu adalah penderitaan.
- manusia punah juga sesuatu yg tidak terhindarkan. lebih baik selalu sadar, bahwa hidup adalah dukkha.


Kedua kutipan kalimat di atas adalah cenderung bentuk keimanan, bukan sebuah pernyataan yang mengundang untuk didiskusikan. Jika Anda jujur bahwa Anda sedang mengungkapkan keimanan Anda, dan mencoba mempengaruhi orang dengan pemikiran tersebut, baru saya bersedia memberi sangkalan (memulai diskusi tentang benar-tidaknya pernyataan Anda).
keimanan? apa pula hubungannya?
dan tidak relevan sekali mengatakan pandangan orang lain itu berlandaskan keimanan saja lantas tidak bisa dibahas.
justru kalau keimanannya salah bisa banget dibahas.
alasan saja...

Quote
Kejujuran itu penting. Jika memang punya keimanan silakan nyatakan dengan jujur, jangan berdalih dengan, "Saya tidak merasa paling benar kok." Padahal di hati memang merasa sangat benar dengan keyakinan yang dianut, toh? Bukan begitu? :)

oh picik bgt ya... jadi saya tidak jujur... main tuduh2 saja... ;D
bahwa anda mendefinisikan sbg keimanan itu jg anda yg "mendefinisikan", saya sendiri ga pernah memikirkan hal tsb.
saya kira "keimanan" itu soal percaya thd Tuhan yah? kalau iya, berarti salah alamat.
cmiiw, saya ga tau definisi kata keimanan itu apa hehe...

keyakinan? keyakinan thd agama Buddha begitu?
jika anda track post2 saya sebelumnya, pasti bisa menemukan saya ga begitu yakin dg agama Buddha.

tapi mengenai pandangan saya sendiri, tentu saja paling benar menurut saya, pandangan saya sendiri kok, tentu saja yg paling saya percayai, saya sendiri yg mengalami, membentuk, dan menggengam pandangan ini, hehehe...

Quote
Kalau niatnya untuk debat (mungkin maksudnya debat kusir?), saya kira tidak bermanfaat lagi diteruskan (menurut saya). Jika ini diskusi dharma yang konstruktif (saling membangun dan mengkoreksi), saya masih bersedia mengikuti.

Tentang pernyataan Anda mengenai vegetarian adalah ide konyol, silakan berikan penjelasan daripada menyatakan bahwa saya tidak mengerti apa yang Anda maksud.

Demikian. Terima kasih untuk pendapat dan pemikirannya. Salam bahagia dan sukses selalu.  _/\_

yah, ide konyol karena alasannya sudah kamu quote lagi tadi...
capek ah diulang2 gitu. coba di baca2 ulang aja post2 sebelumnya.
jika tidak mengerti ya sudah... frekuensi tidak sama, ga nyambung. percuma
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #263 on: 16 March 2013, 09:56:51 PM »
Apa yang Anda pahami tentang jalan tengah?

bagi saya, kamu ga lebih paham drpd saya, begitu sebaliknya... lucu sekali Anda suka sekali menilai, padahal kenal saya saja tidak....

Quote
Kompromi pada hal yang wajar, dalam hal ini bumbu makanan, tapi bukan pada hal yang jelas-jelas bisa dihindari (mengurangi sampai meniadakan daging hewan dalam menu santapan sehari-hari). Anda tidak bisa makan tanpa rasa manis, asin, asam dan pedas, tapi Anda bisa makan sayur dan buah dengan lezat tanpa membuat makhluk lain dibunuh secara sengaja. Benar?

wajar tidak wajar itu sangat subjektif.

meniadakan makan daging, jika mau ditiadakan tentu saja bisa.
mau meniadakan rasa, jika mau ditiadakan tentu saja bisa.

bagi saya keduanya adalah praktik ekstremis.

manusia omnivora, disuruh jadi herbivora.
coba saja singa dikasih makan sayur, atau dibalik kelinci disuruh makan daging.
ya bisa2 aja. tapi praktik ektremis :)

hal sama berlaku utk,
mau hidup tanpa rumah, bisa
mau hidup tanpa pakaian, bisa
mau hidup tanpa ngomong, bisa
mau hidup tanpa mandi, bisa
hehehe...

wajar bagi Anda belum tentu wajar bagi orang lain, semoga Anda paham.
tapi toh Anda mengaku bukan vegetarian...

Quote
Jujur katakan pada semua, berapa orang yang makan daging karena lobha... alih-alih beralasan mengikuti ajaran Gautama (tentang non-vegetarianisme maupun jalan tengah).

Jujur saja, semua disini makan daging karena suka, bukan karena ajaran. :)

Salam jujur dari hati.  _/\_

hihihi...
jika tidak mau vegetarian, maka harus ngaku lobha. jika tidak maka berarti tidak jujur.
mantap...

apa yg kaum vegetarian tidak mengerti adalah: yg ditentang di sini adalah soal pandangannya yg meninggikan vegetarian shg merendahkan perbuatan makan daging. dan ini jelas2 berulang hingga pendukung vege sampe2 harus menuduh orang tidak vegetarian = serakah thd daging. jika tidak ngaku berarti tidak jujur.

mungkin satu hal yg tidak kamu (Sunya) pahami adalah,
ketika kamu berpikir bisa lepas dari lobha thd daging, kamu masuk ke lobha baru yg lebih halus, yg lebih susah dilepas.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 409
  • Reputasi: 33
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #264 on: 16 March 2013, 10:46:53 PM »

Jujur saja, semua disini makan daging karena suka, bukan karena ajaran. :)

Salam jujur dari hati.  _/\_

Jujur saja, saya sangat suka makan daging. Apalagi babi, slurp...
Jujur saja, saya juga sangat suka makan buah.
Jujur saja, saya juga sangat suka makan sayur2an tertentu.

Maksud anda apa sih? Orang aneh, aya aya wae...
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #265 on: 16 March 2013, 11:05:36 PM »
Jujur saja, saya sangat suka makan daging. Apalagi babi, slurp...
Jujur saja, saya juga sangat suka makan buah.
Jujur saja, saya juga sangat suka makan sayur2an tertentu.

Maksud anda apa sih? Orang aneh, aya aya wae...

berarti anda termasuk vegetarian tidak murni

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 409
  • Reputasi: 33
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #266 on: 17 March 2013, 07:12:07 AM »
berarti anda termasuk vegetarian tidak murni

Bisa juga karnivora tidak murni
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline Sunya

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 876
  • Reputasi: -16
  • Nothing, but your perception ONLY
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #267 on: 17 March 2013, 09:55:47 AM »
Saya kira diskusi ini sudah tidak bermanfaat diteruskan.

Salam bahagia untuk Anda, rekan Tesla.  _/\_

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #268 on: 17 March 2013, 10:26:35 AM »
Bisa juga karnivora tidak murni

Gelas setengah isi atau setengah kosong.  :whistle:
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline Mokau Kaucu

  • Sebelumnya: dtgvajra
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.293
  • Reputasi: 81
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #269 on: 17 March 2013, 10:42:29 AM »
Gelas setengah isi atau setengah kosong.  :whistle:

Buang gelasnya, maka tidak ada lagi perdebatan setengah isi atau setengah kosong.  :whistle: :whistle:
~Life is suffering, why should we make it more?~

 

anything