//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^  (Read 98079 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline siswahardy

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 615
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #240 on: 12 March 2013, 07:27:06 PM »
permasalahannya bukan terletak pada sulit atau mudah, namun bermanfaat atau tidak
contohnya: bagi sebagian anak belajar (pendidikan reguler) adalah hal yg sulit, tapi bukankah itu bermanfaat

Offline Sunya

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 876
  • Reputasi: -16
  • Nothing, but your perception ONLY
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #241 on: 13 March 2013, 06:40:51 PM »
adalah tidak fair bahwa menuduh orang yg tidak vegetarian, makan dengan niat memuaskan lidah.
kecuali jika orang tsb memang memiliki kesaktian utk melihat setiap niat dibalik tindakan orang lain.

memang tidak jarang dalam kehidupan sehari2 kita menilai orang lain berniat baik / buruk itu dari "tindakan" apa yg ia lakukan,
namun apa niat yg mendasari orang tsb kita tidak pernah tau (lagi2 kecuali Anda sakti). perlu disadari bahwa karena keterbatasan kita utk melihat niat dibalik tindakan itu lebih banyak membawa malapetaka (mis: dijauhi oleh kalyanamitta), sering niat baik tetapi diterima buruk oleh orang lain.

ketika seseorang makan daging, sama sekali tidak bisa dikatakan ia serakah akan daging,
sama halnya ketika seseorang minum air, sama sekali tidak tepat dikatakan ia serakah (lobha) thd air

justru menurut saya sangat pada topiknya,
thread ini dan vegetarian2 sebelumnya adalah bukti bahwa kemelekatan thd suatu bentuk pemikiran lebih banyak menyebabkan perpecahan drpd perdamaian. di mana selalu muncul gejala bahwa pandangan dirinya lebih baik dari orang lain, mis: ber-vegetarian lebih baik drpd tidak. dan kemudian muncul tindakan2 lain yang mendorong dunia agar berubah sesuai dengan pandangannya. padahal permasalahannya sangat sederhana dan lebih mudah merubah diri sendiri daripada orang lain. penderitaan hadir karena kita selalu menolak kenyataan yg memilukan (seperti kenapa orang lain tidak bisa melihat bervegetarian lebih baik?), kebebasan dari penderitaan dimulai dg melihat kenyataan apa adanya, bahwa hidup adalah dukkha. mau diputar balikkan bagaimanapun, mau menjadi vegetarian, mau mencukur rambut, melakukan ratusan sila, tetap saja hidup adalah dukkha. hidup Anda, hidup saya, hidup mahkluk lain, tidak pernah akan memuaskan dan selalu adalah penderitaan.

jika Anda berniat vegetarian dan berpikir itu baik, lakukanlah...

berusaha merubah orang lain agar sepaham dg Anda itulah masalah di thread ini (dan thread vege sebelumnya).
Orang lain tidak ingin menjadi vegetarian, melihat bahwa menjadi vegetarian menyelamatkan bumi adalah ide yang konyol,
manusia omnivora, utk apa bervegetarian? masih banyak jalan menyelamatkan bumi, mengurangi polusi spt mengurangi pemakaian energi, plastik, air bersih.

bahkan ide mengurangi polusi jg tidak bisa dianggap benar, ultimate-nya, suatu saat semua mahkluk akan mati, semua kondisi di dunia ini selalu berubah. alam akan otomatis menyeleksinya, jika kita tidak lolos seleksi, manusia punah juga sesuatu yg tidak terhindarkan. lebih baik selalu sadar, bahwa hidup adalah dukkha. bagaimanapun...

Rekan Tesla, adakah tulisan saya yang Anda kutip tersebut menuduh orang yang tidak vegetarian makan dengan niat memuaskan lidah? Jujur saya tidak mengerti, beberapa kawan Anda malah memberi ucapan terima kasih atas tulisan Anda. Inikah bentuk kotak-kotak diskriminasi di forum ini? :)

Seseorang makan apapun (analogi Anda tentang minum air) tidak bisa dikatakan lobha ataupun tidak, semua tergantung pada individu yang menjalani.

Vegetarian, konsep-konsep keagamaan lainnya, selalu membuat orang merasa lebih baik dari lainnya. Saya kira agak naif jika ini hanya difokuskan pada vegetarian. Pada faktanya, di forum ini saja ada yang merasa diri lebih benar dan pantas menghujat aliran lain. Saya tidak perlu merahasiakan ini lagi, saya kira penghinaan dan pelecehannya sudah jelas: Aliran True Buddha School (Master Lu) dan aliran Maitreya jadi bahan tertawaan dan bulan-bulanan penghinaan disini. Pelakunya jelas: Merasa diri lebih suci dari yang lain.

Anda juga sedang mengkhotbahkan "Hidup adalah Dukkha" 'kan? Dari berbagai aspek Anda mencoba menjelaskan seberapa logis konsep yang Anda yakini, dan Anda ingin orang ter-influence (terpengaruh). Apa bedanya dengan orang yang berkampanye vegetarian? :)

Rekan Tesla... jika saja kita mau bijak sedikit melihat kehidupan (kenyataan), maka kita akan lihat bahwa di dunia ini semua saling pengaruh-mempengaruhi; dari aspek agama, politik, idelogi kehidupan (falsafah), kesehatan, dsb.

Sangat naif menurut saya jika hanya melihat konsep vegetarian yang mempengaruhi orang banyak. Sedikit saja kita lihat; Anda mengobrol dengan teman Anda bicara tentang warung yang lebih enak. Anda bicara dengan saudara Anda memperkenalkan dokter yang lebih baik. Presiden A bertemu presiden B, berbicara masalah ideologi politik yang mereka anut, dan secara tidak langsung mempromosikan apa yang mereka yakini lebih baik.

Itu semua normal.

Dunia ini saling pengaruh-mempengaruhi, semua pemikiran adalah magnet bagi pemikiran lainnya.

Demikian. Dan sejujurnya, saya bukan vegetarian, tadi baru makan sate babi. Keliru jika menempatkan posisi thread ini sebagai perpecahan antar penganut vegetarian dan non-vegetarian. Saya kira diskusi itu sebuah hal positif, asal dikemukakan dengan santun dan saling menghargai.

Demikian.

Perkara Anda memvonis vegetarian adalah ide yang konyol, terkait penyelamatan bumi, mungkin bisa kita bahas secara lebih ilmiah jika Anda berkenan. Amat pragmatis sekali bagi saya jika argumen hanya didasari keyakinan, bukan data-data survey dan ilmiah yang valid.

Baik, terima kasih atas perhatian dan waktunya.

Salam bahagia dan salam keterbukaan pemikiran.  _/\_

Offline Sunya

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 876
  • Reputasi: -16
  • Nothing, but your perception ONLY
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #242 on: 13 March 2013, 06:46:48 PM »
bisa dijelaskan dulu karena saya khawatir tidak dapat memahami bahsa anda yg terlalu tinggi buat saya, ketika saya dengan sengaja tidak menjawab suatu pertanyaan, maka itu lebih sering karena saya memang tidak mampu menjawabnya, saya bukan seorang yg maha tahu segala hal seperti halnya seseorang di sini. apakah yg dimaksud dengan lobha? terlepas dari apa maksud lobha ini, di atas saya sudah menjelaskan bahwa ketika saya memilih maka saya memilih berdasarkan apa yg saya inginkan dan apa yg telah saya putuskan sebelum saya memasuki restoran itu, suatu keputusan yg telah diperhitungkan, terutama agar tidak mengalami spt yg dikatakan salah satu member di sini, yaitu menghindari tagihan 50jt utk seporsi makanan. silakan anda yg lebih bijaksana mengkategorikan keputusan saya itu.

sekarang apakah sudah memuaskan anda sehingga anda sudi menjawab pertanyaan saya itu?

dan jika anda sudi, sekalian tolong dijawab, apakah anda juga praktisi vegetarian?

Jika cara Anda menjawab masih seperti ini, saya tidak layani lagi di thread ini.

Saya masih berkenan melayani postingan Anda, maka cobalah dengan lebih baik.

Pertanyaan Anda di baris terakhir sudah saya jawab di postingan untuk rekan Tesla di atas. Jika Anda masih belum bersedia menjawab pertanyaan yang sudah lalu (memilih dengan lobha), saya kira ini sudah tidak perlu diteruskan (karena minim kejujuran dan keterbukaan dalam berdiskusi, juga seperti saya tulis: Mengedepankan aspirasi sendiri, tapi tidak melihat dan menjawab pertanyaan dari rekan diskusi).

Demikian. Salam. _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #243 on: 13 March 2013, 06:57:14 PM »
Jika cara Anda menjawab masih seperti ini, saya tidak layani lagi di thread ini.

Saya masih berkenan melayani postingan Anda, maka cobalah dengan lebih baik.

bukan begitu, mungkin anda belum tahu dengan siapa anda berhadapan, seharusnya saya yg berkata begitu pada anda, dan anda sungguh sangat beruntung karena saya masih sudi melayani anda. mengenai anda tidak melayani saya, hal itu tidak perlu dianggap serius, karena bukankah anda memilik watak mengatakan sesuatu yg tidak anda lakukan? misalnya, bukankah anda pernah mengatakan sbb?

...
Di luar topik:
Saya agak heran dengan subyektivitas pengguna forum ini. Yang saya tulis dan Anda tulis senada, namun ucapan terima kasih dan reputasi plus cenderung dialamatkan pada teman sendiri. Rupanya sudah ada golongan dan mungkin kebencian disini?
Saya menulis begini, nanti akan memicu perdebatan lagi, "Katanya tidak mempermasalahkan reputasi, katanya minta reputasi minus, dsb."
Ini thread terakhir saya aktif, alasan saya sederhana: Tidak bermanfaat membahas sesuatu yang sudah dilihat pada siapa yang membahas, bukan apa yang dibahas. Dalam forum ini mungkin ada golongan-golongan yang tidak terlihat, atas dasar sekte dan juga hubungan tertentu.
Bila ada yang kurang paham alasan saya undur diri, dapat dilihat pada beberapa thread terakhir saya aktif. Terima kasih.


Quote
Pertanyaan Anda di baris terakhir sudah saya jawab di postingan untuk rekan Tesla di atas. Jika Anda masih belum bersedia menjawab pertanyaan yang sudah lalu (memilih dengan lobha), saya kira ini sudah tidak perlu diteruskan (karena minim kejujuran dan keterbukaan dalam berdiskusi, juga seperti saya tulis: Mengedepankan aspirasi sendiri, tapi tidak melihat dan menjawab pertanyaan dari rekan diskusi).

Demikian. Salam. _/\_

saya tidak melihat jawaban anda sebelumnya, jika seseorang mempertanyakan sesuatu yg sudah pernah anda jawab, maka anda setidaknya memberikan petunjuk di mana jawaban anda itu, lebih baik dalam bentuk link. tapi saya pikir jawaban "YA"/"TIDAK" akan jauh lebih mudah daripada menuliskan #reply atau link.

Salam Demikian _/\_

Offline Sunya

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 876
  • Reputasi: -16
  • Nothing, but your perception ONLY
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #244 on: 13 March 2013, 07:08:25 PM »
Rekan Sunya, saya berharap anda lebih fair dalam berargumen.

Yang menyatakan bahwa dengan bervegetarian bisa mengikis sifat lobha, adalah anda sendiri.

Pada waktu saya menjelaskan lobha tidak hanya pada kenikmatan lidah, anda mengatakan hanya menggunakan terminologi yang sempit yang berkaitan dengan pokok bahasan.
Jika anda mau menggunakan terminologi lobha, tentunya anda harus menerima makna keseluruhan dari lobha.

Lain halnya kalau anda menyebutkan bahwa dengan bervegetarian, akan bisa mengurangi keterikatan pada kenikmatan rasa daging.

Demikian juga, jika seorang vegetarian membuat gado gado, bukankah dia menambahkan bumbu yang digiling/diulek berupa kacang, bawang, gula, garam dll yang diukur dengan takaran tertentu atau dicicipi agar rasanya pas; ataukah anda membuat gado gado mencampurkan semua bahan tersebut dengan sayuran tanpa menggiling bumbunya terlebih dahulu?

Pada waktu saya menjelaskan mengenai kemelekatan pada pandangan, anda menyatakan itu terlalu jauh; padahal bukankan masih bagian dari lobha.
Atau anda membuat definisi baru dari terminologi lobha?

Sebaliknya anda tidak menganggap pandangan bahwa dengan bervegetarian bisa menyelamatkan bumi masih relevan dengan topik vegetarian.

Tidak heran jika cara anda berargumen mengundang bata beterbangan. ;D

 _/\_

Halo, rekan Mokau.

Saya kurang paham bagaimana cara Anda memahami kalimat. Tapi disana sudah jelas saya tulis dan bahkan Anda kutip: Begini bukan berarti saya menyatakan bervegetarian itu minim lobha (nafsu/keserakahan). Ini bagi saya sudah jelas bahwa vegetarian pun bisa mengandung lobha, makan daging pun juga bisa. Bagaimana Anda bisa mengartikannya dengan asosiasi bahwa makan daging berarti lobha?

Saya menerima makna keseluruhan pada lobha, jika itu yang mungkin Anda permasalahkan dan masih bingung dengan pendapat saya. Namun pada klarifikasi saya sebelumnya, yang Anda kutip di atas. saya sedang menjelaskan bahwa lobha yang saya maksud adalah lobha yang terkait dengan lidah. Itu saja, saya kira ini cukup mudah dipahami. Anda menjelaskan lobha secara umum, dan saya katakan di postingan saya bahwa yang saya soroti adalah lobha pada lidah (saya pun menerima makna lobha secara umum).

Masa begitu mau diperpanjang? :) Bahas yang substansial saja (inti), jangan berputar di kulit (bahasa). :)

Tentang gado-gado, jika alasannya mengurangi lobha dengan meniadakan bumbu (itu yang saya tangkap) maka Anda bisa menulis dengan lebih esensial, bahwa garam, gula, dsb harus dihilangkan untuk mengurangi lobha sebab di bumbu itu yang dominan adalah rasa yang bisa ditangkap lidah dengan bantuan media udara (lewat nafas). Jika ini poin Anda, bhikkhu pun harus makan dengan tanpa bumbu (garam, gula, terasi, dsb), sebab alasannya mengurangi lobha?

Bagi saya itu adalah kelucuan. :)

Ingat Jalan Tengah. Itu saja komentar singkat saya tentang kemelekatan pada bumbu yang Anda tulis di atas. :)

Bervegetarian adalah salah satu jalan menyelamatkan bumi, dan itu bisa diperdebatkan secara ilmiah dan logis. Saya bukan murni vegetarian, tapi jika dilihat dari presentasi mereka yang berdasarkan data ilmiah dan hasil survey, saya kira kita harus lebih obyektif sedikit dalam menilai, tidak terkungkung pandangan (subyektif) bahwa saya Buddhis Theravada (Theravadin) dan Buddha junjungan saya tidak mengajarkan (menganjurkan) vegetarian. Saya kira ini justru kemelekatan pandangan. Bagaimana menurut Anda? :)

Bila diskusi mau diperlebar pada kemelekatan pandangan, silakan. Saya ikuti alur saja (selalu begitu dari thread ke thread). :)

Silakan, jika mau melempar bata lagi juga tidak masalah. Bagi saya ini persoalan tukar pemikiran, bukan sentimentil perasaan dan emosional (usia saya sudah lewat untuk hal seperti itu).

Salam bahagia untuk Anda, dan saya terima juga bata Anda dengan senang hati (bila dilempar). Ingat, saya tetap sayang Anda walau diberi apapun.

Saya sayang semua... semoga semua berbahagia.  _/\_

Offline Sunya

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 876
  • Reputasi: -16
  • Nothing, but your perception ONLY
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #245 on: 13 March 2013, 07:12:42 PM »
bukan begitu, mungkin anda belum tahu dengan siapa anda berhadapan, seharusnya saya yg berkata begitu pada anda, dan anda sungguh sangat beruntung karena saya masih sudi melayani anda. mengenai anda tidak melayani saya, hal itu tidak perlu dianggap serius, karena bukankah anda memilik watak mengatakan sesuatu yg tidak anda lakukan? misalnya, bukankah anda pernah mengatakan sbb?

saya tidak melihat jawaban anda sebelumnya, jika seseorang mempertanyakan sesuatu yg sudah pernah anda jawab, maka anda setidaknya memberikan petunjuk di mana jawaban anda itu, lebih baik dalam bentuk link. tapi saya pikir jawaban "YA"/"TIDAK" akan jauh lebih mudah daripada menuliskan #reply atau link.

Salam Demikian _/\_

Memangnya dengan siapa saya berhadapan? Indra yang perkasa? :) Ya, saya mungkin dulu juga seperti itu, saya mungkin paham.  _/\_

Baik, jika Anda tidak melihat, saya bantu kutip (tidak perlu terima kasih seperti biasa).

Demikian. Dan sejujurnya, saya bukan vegetarian, tadi baru makan sate babi.

Demikian. Jika Anda belum jawab juga, ini balasan terakhir untuk Anda.

Salam.  _/\_

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #246 on: 13 March 2013, 07:18:26 PM »
Quote from: Sunya link=topic=23925.msg438476#msg438476 date=13
Bervegetarian adalah salah satu jalan menyelamatkan bumi, dan itu bisa diperdebatkan secara ilmiah dan logis. [b
Saya bukan murni vegetarian[/b], tapi jika dilihat dari presentasi mereka yang berdasarkan data ilmiah dan hasil survey, saya kira kita harus lebih obyektif sedikit dalam menilai, tidak terkungkung pandangan (subyektif) bahwa saya Buddhis Theravada (Theravadin) dan Buddha junjungan saya tidak mengajarkan (menganjurkan) vegetarian. Saya kira ini justru kemelekatan pandangan. Bagaimana menurut Anda? :)


akhirnya saya menemukan jawaban anda.

ternyata anda bukan murni vegetarian, bisa dijelaskan sebukan-murni apa anda itu?

apakah makan nasi + kangkung + babi, bisa dikatakan bukan-murni vegetarian? kalau benar begitu, maka semua manusia memang bukan-murni vegetarian.
« Last Edit: 13 March 2013, 07:25:21 PM by Indra »

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #247 on: 13 March 2013, 07:26:27 PM »
Memangnya dengan siapa saya berhadapan? Indra yang perkasa? :) Ya, saya mungkin dulu juga seperti itu, saya mungkin paham.  _/\_


wah jadi anda dulu pernah jadi indra yang perkasa? anda memang penuh kejutan =))

Quote
Baik, jika Anda tidak melihat, saya bantu kutip (tidak perlu terima kasih seperti biasa).
terlambat, saya sudah menemukan

Quote
Demikian. Jika Anda belum jawab juga, ini balasan terakhir untuk Anda.

Salam.  _/\_

coba kita lihat apakah sang penjilat ludah berhasil mempertahankan konsistensinya kali ini.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #248 on: 13 March 2013, 09:33:03 PM »
Memangnya dengan siapa saya berhadapan? Indra yang perkasa? :) Ya, saya mungkin dulu juga seperti itu, saya mungkin paham.  _/\_

Baik, jika Anda tidak melihat, saya bantu kutip (tidak perlu terima kasih seperti biasa).

Demikian. Jika Anda belum jawab juga, ini balasan terakhir untuk Anda.

Salam.  _/\_

terbukti, katanya balasan terakhir pada 07:12:42 PM, tapi ternyata masih ada lagi balasan terakhir yg terakhir pada 07:15:33 PM.

Kasihan... lebih suka debat kusir daripada berdiskusi substantif. Mencari kesalahan dalam tulisan orang lain? :)

Salam bahagia untuk Anda, rekan Indra.  _/\_

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #249 on: 13 March 2013, 10:06:43 PM »
Rekan Tesla, adakah tulisan saya yang Anda kutip tersebut menuduh orang yang tidak vegetarian makan dengan niat memuaskan lidah? Jujur saya tidak mengerti, beberapa kawan Anda malah memberi ucapan terima kasih atas tulisan Anda. Inikah bentuk kotak-kotak diskriminasi di forum ini? :)

Seseorang makan apapun (analogi Anda tentang minum air) tidak bisa dikatakan lobha ataupun tidak, semua tergantung pada individu yang menjalani.

Vegetarian, konsep-konsep keagamaan lainnya, selalu membuat orang merasa lebih baik dari lainnya. Saya kira agak naif jika ini hanya difokuskan pada vegetarian. Pada faktanya, di forum ini saja ada yang merasa diri lebih benar dan pantas menghujat aliran lain. Saya tidak perlu merahasiakan ini lagi, saya kira penghinaan dan pelecehannya sudah jelas: Aliran True Buddha School (Master Lu) dan aliran Maitreya jadi bahan tertawaan dan bulan-bulanan penghinaan disini. Pelakunya jelas: Merasa diri lebih suci dari yang lain.

sama seperti dalam pikiran anda yg menghina LSY & Maitreya merasa lebih suci dari yg lain?
jadi dengan begini Anda mengakui vegetarian pelakunya jelas merasa lebih suci dari yg lain?

Quote
Anda juga sedang mengkhotbahkan "Hidup adalah Dukkha" 'kan? Dari berbagai aspek Anda mencoba menjelaskan seberapa logis konsep yang Anda yakini, dan Anda ingin orang ter-influence (terpengaruh). Apa bedanya dengan orang yang berkampanye vegetarian? :)

saya terbuka untuk disangkal ;D
silahkan sangkal "hidup adalah dukkha"
setiap logis saya juga bebas untuk disangkal,
saya ga merasa paling benar kok.

Quote
Rekan Tesla... jika saja kita mau bijak sedikit melihat kehidupan (kenyataan), maka kita akan lihat bahwa di dunia ini semua saling pengaruh-mempengaruhi; dari aspek agama, politik, idelogi kehidupan (falsafah), kesehatan, dsb.

Sangat naif menurut saya jika hanya melihat konsep vegetarian yang mempengaruhi orang banyak. Sedikit saja kita lihat; Anda mengobrol dengan teman Anda bicara tentang warung yang lebih enak. Anda bicara dengan saudara Anda memperkenalkan dokter yang lebih baik. Presiden A bertemu presiden B, berbicara masalah ideologi politik yang mereka anut, dan secara tidak langsung mempromosikan apa yang mereka yakini lebih baik.

Itu semua normal.

Dunia ini saling pengaruh-mempengaruhi, semua pemikiran adalah magnet bagi pemikiran lainnya.

Demikian. Dan sejujurnya, saya bukan vegetarian, tadi baru makan sate babi. Keliru jika menempatkan posisi thread ini sebagai perpecahan antar penganut vegetarian dan non-vegetarian. Saya kira diskusi itu sebuah hal positif, asal dikemukakan dengan santun dan saling menghargai.

Demikian.

perbedaannya begini,
jika Anda memaparkan kebenaran, orang lain akan melihat, dan jika Anda benar, segala counter opinion dapat ditangkis.
nah sekarang ketika vegetarian mulai memberi argumennya, bahkan sampai2 memutarbalikkan fakta spt pelanggaran sila, mengikis lobha, dan disangkal itu semua tidak valid, malah mulai merengek, BRP lah, thank you lah...

soal post saya ingin mempengaruhi orang lain... ah itu tidak benar...
awalnya saya cuma kasih BRP dan kurang niat (tenaga) utk reply
ternyata yg di-BRP merengek... saya jadi terhanyut ingin menambah penderitaanya & memang diskusi ini jadi ajang debat saja
walau semua argumen saya, saya rasa paling benar, tapi semua itu juga pointless, niat awal saya emg utk debat

Quote
Perkara Anda memvonis vegetarian adalah ide yang konyol, terkait penyelamatan bumi, mungkin bisa kita bahas secara lebih ilmiah jika Anda berkenan. Amat pragmatis sekali bagi saya jika argumen hanya didasari keyakinan, bukan data-data survey dan ilmiah yang valid.

kalimat ini menjelaskan Anda tidak mengerti apa yg saya bicarakan ketika saya katakan itu ide yang konyol.

Quote
Baik, terima kasih atas perhatian dan waktunya.

Salam bahagia dan salam keterbukaan pemikiran.  _/\_
sama-sama
_/\_
« Last Edit: 13 March 2013, 10:09:45 PM by tesla »
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #250 on: 13 March 2013, 10:21:34 PM »
Tentang gado-gado, jika alasannya mengurangi lobha dengan meniadakan bumbu (itu yang saya tangkap) maka Anda bisa menulis dengan lebih esensial, bahwa garam, gula, dsb harus dihilangkan untuk mengurangi lobha sebab di bumbu itu yang dominan adalah rasa yang bisa ditangkap lidah dengan bantuan media udara (lewat nafas). Jika ini poin Anda, bhikkhu pun harus makan dengan tanpa bumbu (garam, gula, terasi, dsb), sebab alasannya mengurangi lobha?

Bagi saya itu adalah kelucuan. :)

Ingat Jalan Tengah. Itu saja komentar singkat saya tentang kemelekatan pada bumbu yang Anda tulis di atas. :)

lho analogi mOkau Kachu biar mengerti hal yg sama pada vegetarian
amazing... kalau soal gado2 mengerti jalan tengah, tapi kok soal makan daging tidak :(
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #251 on: 13 March 2013, 10:30:28 PM »
soal post saya ingin mempengaruhi orang lain... ah itu tidak benar...
awalnya saya cuma kasih BRP dan kurang niat (tenaga) utk reply

sedikit klarifikasi...
maksud saya kurang tenaga utk reply krn saya udah bertekad mengurangi "kecanduan" atas forum ini >:D
rasanya sudah setahunan saya udah ga gitu aktif terutama di topik yg berhub dengan "pandangan"
(krn topik ini biasanya yg paling "addictive" dan paling menguras tenaga dan waktu. )
maaf jg kalau saya ga reply atau lama sekali ga reply lagi di thread ini...
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #252 on: 14 March 2013, 09:10:04 AM »
Rekan Tesla, adakah tulisan saya yang Anda kutip tersebut menuduh orang yang tidak vegetarian makan dengan niat memuaskan lidah? Jujur saya tidak mengerti, beberapa kawan Anda malah memberi ucapan terima kasih atas tulisan Anda. Inikah bentuk kotak-kotak diskriminasi di forum ini? :)

Forum ini memang sangat diskriminatif terhadap orang berguna vs orang tidak berguna; orang berperilaku baik vs perilaku buruk; dan orang jujur apa adanya vs orang munafik.


Tapi sungguh tak terduga anda yang mengklaim sudah berbatin seimbang, nampaknya teriritasi sekali dengan 'thanks' yang disematkan pada lawan diskusi anda.  :))

Offline sl99

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 409
  • Reputasi: 33
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #253 on: 14 March 2013, 10:11:14 AM »
ts nya kemana ya? lempar udang, trus kabur sambil makan bakwan dia... hehehe
Vaya dhamma sankhara, appamadena sampadetha

Offline siswahardy

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 615
  • Reputasi: 10
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #254 on: 14 March 2013, 10:42:41 AM »
Forum ini memang sangat diskriminatif terhadap orang berguna vs orang tidak berguna; orang berperilaku baik vs perilaku buruk; dan orang jujur apa adanya vs orang munafik.


Tapi sungguh tak terduga anda yang mengklaim sudah berbatin seimbang, nampaknya teriritasi sekali dengan 'thanks' yang disematkan pada lawan diskusi anda.  :))

apa memungkinkan di dunia maya untuk membedakan orang berguna dgn tidak berguna; berprilaku baik dgn buruk; dan jujur dgn munafik?
soalnya di dunia nyata saja saya kesulitan

sorry, pertanyaannya OOT. mau dijawab boleh, ngak mau juga ngak apa2.

 

anything