//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^  (Read 94486 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline nayrexus

  • Teman
  • **
  • Posts: 79
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • Nyalakan lilin kebahagiaan orang di sekitar Anda.

Pertama2, sy kenalkan diri saya dulu ya.. hehe
Nama saya Ryan, dr Tangerang.
Saya dulu tidak pernah terpikir untuk menjadi seorang vegetarian.. Mungkin itu semua karena "mindset" yang dibentuk dari sejak saya kecil bahwa manusia harus makan 4 sehat 5 sempurna, manusia adalah omnivora, pemakan daging dan tumbuhan. Kalau tidak makan daging maka bisa berbahaya bagi kesehatan karena kurang gizi. Mindset yang dibentuk sejak saya Sd. Dan saya akui daging rasanya enak.. mana mungkin saya akan melepasnya?

Seiring berjalannya waktu, mungkin sekitar SMP saya ikut mama saya pergi ke pasar, ke tempat daging. Di sana ada daging ikan, ayam, sapi. Tentu saja disana baunya menjijikan. Di tempat daging ayam saya melihat ada yg menjual ayam dalam keadaan hidup..
Bila ada yang mau beli, pembeli tersebut akan menunjuk ayam yang mana. Setelah itu penjual itu menggorok leher ayam yang dipilih dan dibiarkan sebentar. Selang berapa lama, ayam yang sudah sekarat atau mati dimasukan ke dalam air mendidih. Kemudian diangkat dan dicabuti bulu2nya barulah dipotong. Sungguh kasihan sekali melihat binatang tadinya masih hidup lalu dibunuh.
Setelah kejadian itu saya tetap belum menjadi vegetarian tp saya bertekad saya tidak akan makan daging apapun apabila saya melihat hewan tersebut dibunuh dan saya juga mulai mengurangi makan daging yang masih dalam keadaan utuh (dari kepala sampai kaki masih tersambung).


meskipun saya sudah mengurangi makan daging,(krn di rumah memang jrg masak daging juga, biasanya tahu n tempe.hahaha) lalu membatasi daging2 yg ud tidak boleh dimakan, misalnya ud pantang tdk makan cumi, udang, kerang.tp sy belum menemukan alasan yang baik untuk benar2 melepas. (Karena masih terikat oleh rasa enak)

Saat SMA akhir saya mengenal dan bergabung dgn sebuah yayasan bernama Tzu Chi bersama kakak saya, saya awalnya ikut2 kakak saya aja..hehe
Tzu Chi merupakan yayasan sosial kemanusiaan yang merupakan lintas suku, agama, budaya, negara. Misi2nya:
-Amal (membantu korban bencana alam, kunjungan ke panti asuhan,dll)
-Kesehatan (pengobatan bg kluarga tdk mampu)
-Pendidikan (pembiayaan sekolah bagi anak tdk mampu yg pny smangat bljr & pndai)
-budaya humanis (bntuk konkretny Daai tv:utk menjernihkan hati dan pikiran manusia, Menginspirasi yg berkecukupan utk menolong yg kurang mampu, mengembangkan Bodhicita tiap makhluk,dll)
dan 4 misi pndukung lainny.

Yang membuat saya sangat salut, relawan di Tzu Chi berasal dari beraneka suku, agama. Mereka semua tidak menjadikan suku, agama sebagai pembeda tetapi malah bersatu hati untuk menolong orang lain & mengembangkan diri bersama2. (Klo fanatik dgn sesuatu, manusia cenderung mengkotak2an diri dan sulit utk maju.)

 :backtotopic:
Di yayasan ini saya belajar juga mengenai vegetarian. Tentu saja saya tidak instan langsung vegetarian.
Setiap kegiatan sudah pasti saya harus vegetarian. Dan saya bertekad sedikit misalnya akan vegetarian selama 100 hari.Saat mengikuti sosialisasi dan training2, semakin byk pengetahuan yg sy dapat mengapa kita sebaiknya bervegetarian. Vegetarian sudah bukan lagi urusan agama tertentu tetapi sudah sepatutnya menjadi lifestyle.

akhirnya semenjak akhir  Tahun 2011, sktar smstr 5 saya bervegetarian. Alasan saya bervegetarian:
1. Mengurangi penderitaan, pembunuhan makhluk hidup & pelanggaran sila.

Bila kita mengkonsumsi daging tentu permintaan akan daging semakin banyak dan tentu pembantaian kepada hewan2 semakin banyak. Bila jari anda pernah terpotong sedikit dengan pisau apakah sakit? Hewan juga punya perasaan sakit dan rasa sakitnya di rumah pembantaian mungkin jutaan kali dari rasa sakit luka terpotong pisau Anda. Sejak dari hidup, hewan2 itu sudah sangat menderita karena kandangnya hanya seukuran tubuh mereka, lebih buruk daripada dipenjara. Mungkin video berikut dapat lebih jelas daripada sekedar kata2:



Lalu mengapa saya cantumkan pelanggaran sila? karena dgn semakin banyaknya makhluk yang dipotong pasti ada orang yang menjagal yang mana dia melakukan perbuatan buruk yang akan mengakibatkan dia terlahir berulang2 di alam Apaya (4 alam rendah). Makhluk yang pernah dia bunuh pasti merasa benci dengan dia. Putaran karma akan terus terjadi. Maka dari itu apabila kita bertemu dengan orang baru yang langsung tidak suka dengan kita jangan heran. memang sudah karmanya demikian. Saya tidak bilang apakah makan daging itu dosa atau bukan, meskipun itu tidak dosa sebaiknya kita pikirkan akibat yang akan ditimbulkan bagi makhluk lain. Sharing dr sahabat dan guru saya yang mempunyai idhi, beliau bilang binatang2 yang dibunuh, meskipun sudah mati tetapi masih merasakan sakit bahkan sampai saat kita mengunyahnya. mengapa? karena masih melekat akan badan jasmaninya.
Budha dan Bodhisatva adalah Vegetarian. Mungkin apabila Anda ingin menjadi Budha tentu harus belajar vegetarian.^^

2. Yang ke dua menyayangi bumi,

Pemanasan global tentu sudah menjadi topik yang HOT era belakangan ini.. Penyebab utamanya adalah Ketamakan manusia. Manusia skg lebih byk berpikir yang penting menguntungkan diri sendiri daripada orang lain dan lingkungan. Hutan2 yang seharusnya menjadi penahan gas2 efek rumah kaca malah semakin hari semakin berkurang demi Ketamakan manusia. Dan apa hubungannya Global Warming dgn Vegetarian?
Sangat berkaitan, sumberny dari penelitian2 yg saya baca..
Untuk membuka peternakan dibutuhkan lahan yang sangat besar untuk hewan merumput, lahan untuk menanam makanan ternak, (FYI:penebangan hutan amazon paling byk digunakan utk membuka lahan peternakan), untuk menghasilkan 1 kg daging dibutuhkan sgt byk pakan ternak & air. (sy lupa detailny ttg ini.hehe). lalu gas metana dan nitrogen yg keluar melalui kentut, sendawa, kotoran hewan ternak. ch4/ metana=21x co2, n2o/nitrogen=300x co2. dan masih byk lainny gas rmh kaca yg dihasilkan peternakan. menurut penelitian, gas rumah kaca terbanyak mmg berasal dari industri peternakan maka itu dengan bervegetarian adalah upaya paling ampuh untuk menyelamatkan bumi kita dari global warming & akibat2nya.


3. Kesehatan.
Sebenarnya ini bukan alasan saya tetapi karena saya merasakan efeknya makanya saya tulis.hehe
Banyak yg bilang kalau bervegetarian itu akan kurang gizi. dulu saya rasa juga betul, ternyata itu salah krn saya ud buktikan sendiri. org yg kurang gizi mgkn krn tdk tahu kandungan2 ap aj yg terdapat dalam mkanan & efek trhdp mkanan setelah diolah. misalnya ud tw bs mndpat protein yg baik dari kacang kedelai, tp mengoreng tempeny sampai terlampau garing. padahal akan banyak protein yg hilang apbila memasak tempe terlalu matang.
sama juga utk org2 yg mengkonsumsi daging, jd bkn krn vegetarian mka kkurangan gizi trtentu ttpi krena ketidaktahuan gizi yg bs diperoleh dr makanan.
Dgn vegetarian bs mencegah berbagai macam penyakit sperti kanker,tumor, flu burung yg rata2 disebabkan krn konsumsi daging.
Untuk  manfaat vegetarian bgi kesehatan & info mkan yg seimbang bgi vegetarian Anda bisa dpt byk di internet, jadi jgn takut bagi yang mau mulai bervegetarian.^^


Oke, Sekian sharing saya.. Mohon maaf bila ada kesalahan2. Semoga dapat diterima saudara/i semua dengan rendah hati.

Thanks. _/\_
Jangan Berbuat Jahat,
Banyaklah Berbuat Baik,
Sucikan Hati dan Pikiran,
Inilah Ajaran Para Budha.

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #1 on: 07 March 2013, 04:36:39 PM »
Tergantung cara aliran mana Buddha vegetarian atau tidak,,,,

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #2 on: 07 March 2013, 04:39:50 PM »
Bagi yang sudah melepaskan duniawi jenis makanan sudah tidak relevan, seperti Buddha dan para bhikku yang harus melakukan pindapatta untuk mengumpulkan makanan dan mereka tidak boleh memilih makanan yang diberikan, selama tidak mencurigai bahwa daging yang dipersembahkan sengaja disembelih untuk mereka....
« Last Edit: 07 March 2013, 04:43:23 PM by william_phang »

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #3 on: 07 March 2013, 04:48:14 PM »
Quote
Sharing dr sahabat dan guru saya yang mempunyai idhi, beliau bilang binatang2 yang dibunuh, meskipun sudah mati tetapi masih merasakan sakit bahkan sampai saat kita mengunyahnya. mengapa? karena masih melekat akan badan jasmaninya.

Setelah kesadaran meninggalkan jasmani. Bagaimana masih bisa merasakan jasmani yg ditinggalkan ya???...
« Last Edit: 07 March 2013, 04:50:28 PM by william_phang »

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #4 on: 07 March 2013, 04:49:50 PM »
bro nayrexus..

jika anda membaca postingan2 lama di forum dc ini, sudah banyak dibahas manfaat vegetarian beserta pro dan kontra nya..

saya bahas dari sisi kesehatan saja. Tidak ada korelasi bahwa vegetarian pasti menyehatkan. Itu pandangan yang jelas keliru. Saya ambil contoh. Makanlah nasi porsi besar. Nasi berasal dari beras, dan katakanlah tidak ada pembunuhan di sana. Namun konsumsi nasi yang berlebihan bisa menyebabkan diabetes, dan diabetes bisa menyebabkan penyakit yang lain juga..

Dan tidak ada jaminan bahwa dengan bervegetarian pasti bebas tumor, cancer, segala macam. Sekali lagi pandangan itu jelas keliru. Dunia kedokteran saat ini saja belum bisa menemukan mengapa seseorang bisa menderita kanker secara tiba2.

Intinya apa, yang perlu disadari bukanlah vegetariannya, namun adalah menjaga pola hidup sehat. Dan menjaga pola hidup sehat sama sekali tidak ada hubungan dengan vegetarian. Kaum non vegetarian bisa hidup sehat juga walau konsumsi daging.

Di sisi lain, vegetarian yang menggunakan daging palsu justru tidak menyehatkan, karena sudah berupa hasil olahan. Saat ini terus terang saya juga sedang mencoba membatasi asupan kalori, dan saya mencoba vegetarian walau tidak full selama 1 bulan. Namun saya membatasi diri hanya mengkonsumsi sayuran, dan tidak daging2 palsu karena kaya akan gluten.

Mengenai gluten, silakan browsing apa efek nya dll, tidak akan saya bahas di sini..

Saya sengaja posting ini bukan untuk memojokkan anda, namun sudah terlalu banyak yang mengagung2kan vegetarian di forum ini dan endingnya berakhir dengan debat kusir..

Saran saya : jika anda rasa vegetarian memang bermanfaat, lakukanlah dengan bijak tanpa harus terlalu membandingkannya dengan non vegetarian :)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline nayrexus

  • Teman
  • **
  • Posts: 79
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • Nyalakan lilin kebahagiaan orang di sekitar Anda.
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #5 on: 07 March 2013, 05:00:56 PM »
Bagi yang sudah melepaskan duniawi jenis makanan sudah tidak relevan, seperti Buddha dan para bhikku yang harus melakukan pindapatta untuk mengumpulkan makanan dan mereka tidak boleh memilih makanan yang diberikan, selama tidak mencurigai bahwa daging yang dipersembahkan sengaja disembelih untuk mereka....


Betul bro William,:), tetapi alangkah baiknya bila kt sudah tau byk kebajikan yg dapat kita lakukan apabila kita bervegetarian. 1. mengurangi pembunuhan makhluk hidup, 2. menjaga kelestarian alam. bila alam tdk selaras tentu akan banyak bencana yg muncul. apabila kita merawat alam bahkan dalam hal terkecil ( membuang sampah pada tempatnya), berkahny sungguh besar. Kita perlu menanam akar kebajikan mendalam agar di tiap kehidupan dapat semakin berkembang & akhirnya mencapai KeBudha-an.
Jangan Berbuat Jahat,
Banyaklah Berbuat Baik,
Sucikan Hati dan Pikiran,
Inilah Ajaran Para Budha.

Offline William_phang

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.101
  • Reputasi: 62
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #6 on: 07 March 2013, 05:07:06 PM »

Betul bro William,:), tetapi alangkah baiknya bila kt sudah tau byk kebajikan yg dapat kita lakukan apabila kita bervegetarian. 1. mengurangi pembunuhan makhluk hidup, 2. menjaga kelestarian alam. bila alam tdk selaras tentu akan banyak bencana yg muncul. apabila kita merawat alam bahkan dalam hal terkecil ( membuang sampah pada tempatnya), berkahny sungguh besar. Kita perlu menanam akar kebajikan mendalam agar di tiap kehidupan dapat semakin berkembang & akhirnya mencapai KeBudha-an.

kalo menurut saya dalam mencapai pencerahan bukan dengan cara bervegetarian, tetapi melaksanakan latihan SIla, sammadhi, dan panna secara bertahap....

Kalo yang anda maksud adalah sebagai seorang Bodhisatta mgkn lain cerita,,,,tetapi kalo dari rujukan untuk berikrar menjadi seorang Bodhisatta harus didepan seorang sammasambuddha, dan saat ini sammasambuddha sudah parinibbana....

Offline nayrexus

  • Teman
  • **
  • Posts: 79
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • Nyalakan lilin kebahagiaan orang di sekitar Anda.
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #7 on: 07 March 2013, 05:14:26 PM »
bro nayrexus..

jika anda membaca postingan2 lama di forum dc ini, sudah banyak dibahas manfaat vegetarian beserta pro dan kontra nya..

saya bahas dari sisi kesehatan saja. Tidak ada korelasi bahwa vegetarian pasti menyehatkan. Itu pandangan yang jelas keliru. Saya ambil contoh. Makanlah nasi porsi besar. Nasi berasal dari beras, dan katakanlah tidak ada pembunuhan di sana. Namun konsumsi nasi yang berlebihan bisa menyebabkan diabetes, dan diabetes bisa menyebabkan penyakit yang lain juga..

Dan tidak ada jaminan bahwa dengan bervegetarian pasti bebas tumor, cancer, segala macam. Sekali lagi pandangan itu jelas keliru. Dunia kedokteran saat ini saja belum bisa menemukan mengapa seseorang bisa menderita kanker secara tiba2.

Intinya apa, yang perlu disadari bukanlah vegetariannya, namun adalah menjaga pola hidup sehat. Dan menjaga pola hidup sehat sama sekali tidak ada hubungan dengan vegetarian. Kaum non vegetarian bisa hidup sehat juga walau konsumsi daging.

Di sisi lain, vegetarian yang menggunakan daging palsu justru tidak menyehatkan, karena sudah berupa hasil olahan. Saat ini terus terang saya juga sedang mencoba membatasi asupan kalori, dan saya mencoba vegetarian walau tidak full selama 1 bulan. Namun saya membatasi diri hanya mengkonsumsi sayuran, dan tidak daging2 palsu karena kaya akan gluten.

Mengenai gluten, silakan browsing apa efek nya dll, tidak akan saya bahas di sini..

Saya sengaja posting ini bukan untuk memojokkan anda, namun sudah terlalu banyak yang mengagung2kan vegetarian di forum ini dan endingnya berakhir dengan debat kusir..

Saran saya : jika anda rasa vegetarian memang bermanfaat, lakukanlah dengan bijak tanpa harus terlalu membandingkannya dengan non vegetarian :)


Thx tuk masukanny Bro Forte. saya disini hanya sharing saja, siapa tw bs menginspirasi. boleh diterima, boleh tidak..
Karena tdk smua hal bs dipaksakan utk stiap org.
betul skali daging2an vegetarian berbahaya bila dikonsumsi berlebihan karena gluten & kimia yg digunakan tdk baik utk tubuh. maka itu yg vege jangan sering2 y.hehe
soal pnyakit dan kesehatan tentu saja vege & non vege tetap bisa terkena kanker, dll tetapi dgn vege bs mengurangi resikonya.^^

Yg sy harapkan para pembaca dapat mengambil positifnya dari bervegetarian. _/\_
Jangan Berbuat Jahat,
Banyaklah Berbuat Baik,
Sucikan Hati dan Pikiran,
Inilah Ajaran Para Budha.

Offline nayrexus

  • Teman
  • **
  • Posts: 79
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • Nyalakan lilin kebahagiaan orang di sekitar Anda.
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #8 on: 07 March 2013, 05:20:17 PM »
kalo menurut saya dalam mencapai pencerahan bukan dengan cara bervegetarian, tetapi melaksanakan latihan SIla, sammadhi, dan panna secara bertahap....

Kalo yang anda maksud adalah sebagai seorang Bodhisatta mgkn lain cerita,,,,tetapi kalo dari rujukan untuk berikrar menjadi seorang Bodhisatta harus didepan seorang sammasambuddha, dan saat ini sammasambuddha sudah parinibbana....

Iy, kt jalankan sila, samadhi & panna sebaik2nya. :)
Sammasambuddha melampaui ada dan tiada.^^
Jangan Berbuat Jahat,
Banyaklah Berbuat Baik,
Sucikan Hati dan Pikiran,
Inilah Ajaran Para Budha.

Offline Top1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 429
  • Reputasi: 10
  • Hanya Sebuah Fenomena
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #9 on: 07 March 2013, 05:21:08 PM »
 [at] nayrexus

Saya juga seorang vegetarian tapi saya sarankan anda jangan kait2kan vegetarian dengan buddhism di forum ini, anda capek sendiri nanti :)

Saya dulu seorang pemakan daging, ketika saya dioperasi saat smp saya diberikan daging, sup burung, ikan dll. Ketika rasa sakit itu datang karena habis dioperasi saya merenung betapa sakit-nya hewan2 yang dipotong itu, tapi saya tidak lantas bervegetarian.

Kemudian suatu hari setahun kemudian, mama saya pernah membeli seekor ayam dan dipelihara beberapa hari. Saya sore2 memberinya makan, suatu hari pulang sekolah saya mendapati ayam itu sudah hilang dan di meja makan diberi makan daging semur ayam. Saya waktu itu sangat tidak selera memakan-nya, ketika menggigit daging-nya saya merasa sedih. Namun saya juga belum bervegetarian. Namun saya semakin merenung kenapa saya harus makan daging.

Kemudian beberapa tahun semasa saya kuliah saya ikutin kegiatan agama Buddha (Keluarga Mahasiswa Buddhist) di kampus. Kemudian di kampus saya sering ikuti ceramah dari bhante2 yang didatangkan salah satu aliran. Ketika bhikku ditanya soal daging jawabannya tidak memuaskan saya, karena pengalaman masa lalu saya melalui perenungan.

Seiring bertambahnya kesadaran saya sering merenung ketika makan daging, bagaimana jika saya yang lahir menjadi hewan dan dipotong untuk diambil daging-nya?

Kemudian secara spiritual saya mulai memutuskan belajar bervegetarian semasa kuliah. Ketika saya melihat bagaimana hewan disembelih untuk diambil dagingnya, saya memutuskan bervegetarian secara total. (Bukan karena kesucian).

Offline nayrexus

  • Teman
  • **
  • Posts: 79
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
  • Nyalakan lilin kebahagiaan orang di sekitar Anda.
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #10 on: 07 March 2013, 05:35:52 PM »
[at] nayrexus

Saya juga seorang vegetarian tapi saya sarankan anda jangan kait2kan vegetarian dengan buddhism di forum ini, anda capek sendiri nanti :)

Saya dulu seorang pemakan daging, ketika saya dioperasi saat smp saya diberikan daging, sup burung, ikan dll. Ketika rasa sakit itu datang karena habis dioperasi saya merenung betapa sakit-nya hewan2 yang dipotong itu, tapi saya tidak lantas bervegetarian.

Kemudian suatu hari setahun kemudian, mama saya pernah membeli seekor ayam dan dipelihara beberapa hari. Saya sore2 memberinya makan, suatu hari pulang sekolah saya mendapati ayam itu sudah hilang dan di meja makan diberi makan daging semur ayam. Saya waktu itu sangat tidak selera memakan-nya, ketika menggigit daging-nya saya merasa sedih. Namun saya juga belum bervegetarian. Namun saya semakin merenung kenapa saya harus makan daging.

Kemudian beberapa tahun semasa saya kuliah saya ikutin kegiatan agama Buddha (Keluarga Mahasiswa Buddhist) di kampus. Kemudian di kampus saya sering ikuti ceramah dari bhante2 yang didatangkan salah satu aliran. Ketika bhikku ditanya soal daging jawabannya tidak memuaskan saya, karena pengalaman masa lalu saya melalui perenungan.

Seiring bertambahnya kesadaran saya sering merenung ketika makan daging, bagaimana jika saya yang lahir menjadi hewan dan dipotong untuk diambil daging-nya?

Kemudian secara spiritual saya mulai memutuskan belajar bervegetarian semasa kuliah. Ketika saya melihat bagaimana hewan disembelih untuk diambil dagingnya, saya memutuskan bervegetarian secara total. (Bukan karena kesucian).

Thanks tuk sharing & nasihatny.^^
Sy jg berpikir seperti itu.. kehidupan sbg manusia sangat sulit didapat, kita ud berputar2 di 31 alam dari waktu tak berawal. Sebagian besar kt habiskan di alam2 apaya seperti neraka, binatang, setan (kelaparan), asura. sedangkan di alam manusia , dewa, brahma sangat jarang sekali.
jadi kehidupan kt sekarang sangat sangat sangat sangat beruntung krn terlahir jd manusia, berkecukupan, mengenal Dhamma. Kt harus manfaatkan sebaik2nya kesempatan ini untuk berjuang. klo umat awam sperti kita bisa mencoba lakukan segala upaya untuk membahagiakan sesama (cinta kasih dan welas asih), klo tdk bisa cukup jangan menyusahkan orang lain..^^
Jangan Berbuat Jahat,
Banyaklah Berbuat Baik,
Sucikan Hati dan Pikiran,
Inilah Ajaran Para Budha.

Offline K.K.

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 8.850
  • Reputasi: 268
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #11 on: 07 March 2013, 06:53:42 PM »
Dalam MN 12, Mahāsīhanādasutta, Buddha Gotama menjelaskan tentang praktik pertapaan kerasnya dulu sewaktu masih menjadi Bodhisatta yang mencari pencerahan, yang mengikuti pandangan beberapa petapa & brahmana "āhārena suddhī" (pemurnian melalui makanan), yang membawanya hanya makan dari jenis makanan tertentu (wijen, kacang, nasi) dalam jumlah sangat sedikit (1 butir per hari), namun ternyata pandangan itu tidak membawanya pada pencerahan. Pantang makanan = kebijaksanaan, entah pandangan dari mana ini.

Buddha mengajarkan jangan melekat pada kenikmatan indriah (lidah), terlepas apapun
objeknya (daging, vege, atau apapun).


-----
Penggusuran hutan untuk membuka ladang dan sawah ataupun perkebunan juga sama sekali tidak kalah. Hanya menyoroti pembukaan lahan untuk peternakan adalah informasi tidak seimbang. Kok tidak bahas real-estate atau pembangunan jalan? Juga, bagaimana air menggenangi tanah menjadi lahan penimbunan metan di dalam tanah tidak pernah dibahas oleh para vegextremist.

Ini salah satu contoh makanan tidak membuat orang bijaksana. Pantang makanan tertentu tidak menyebabkan sikap penipu seseorang memudar. Dari nafsu pada daging beralih pada nafsu pada pandangan vegetarianisme, seperti lepas dari penjara satu, masuk ke penjara lainnya.


Offline Top1

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 429
  • Reputasi: 10
  • Hanya Sebuah Fenomena
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #12 on: 07 March 2013, 07:37:17 PM »
Dalam MN 12, Mahāsīhanādasutta, Buddha Gotama menjelaskan tentang praktik pertapaan kerasnya dulu sewaktu masih menjadi Bodhisatta yang mencari pencerahan, yang mengikuti pandangan beberapa petapa & brahmana "āhārena suddhī" (pemurnian melalui makanan), yang membawanya hanya makan dari jenis makanan tertentu (wijen, kacang, nasi) dalam jumlah sangat sedikit (1 butir per hari), namun ternyata pandangan itu tidak membawanya pada pencerahan. Pantang makanan = kebijaksanaan, entah pandangan dari mana ini.

Buddha mengajarkan jangan melekat pada kenikmatan indriah (lidah), terlepas apapun
objeknya (daging, vege, atau apapun).


-----
Penggusuran hutan untuk membuka ladang dan sawah ataupun perkebunan juga sama sekali tidak kalah. Hanya menyoroti pembukaan lahan untuk peternakan adalah informasi tidak seimbang. Kok tidak bahas real-estate atau pembangunan jalan? Juga, bagaimana air menggenangi tanah menjadi lahan penimbunan metan di dalam tanah tidak pernah dibahas oleh para vegextremist.

Ini salah satu contoh makanan tidak membuat orang bijaksana. Pantang makanan tertentu tidak menyebabkan sikap penipu seseorang memudar. Dari nafsu pada daging beralih pada nafsu pada pandangan vegetarianisme, seperti lepas dari penjara satu, masuk ke penjara lainnya.

Jangan lupa lahan pertanian dibuka juga untuk menghasilkan pakan ternak.
Ada fakta yang mengatakan bahwa gurun pasir tercipta karena dulunya tempat itu telah digunakan untuk memelihara ternak; karena di mana pun sapi dipelihara, tanahnya sering kali tidak dapat dipakai untuk bercocok tanam lagi. Konsumsi rumput yang berlebihan oleh lembu, domba, kambing, dan ternak lainnya telah mengubah hutan menjadi padang rumput atau lahan pertanian, lalu lahan tersebut pada akhirnya berubah menjadi gurun, atau tanah yang gersang dan semi gersang dapat berubah menjadi gurun.

Lapisan vegetasi alami tanah akan hilang dan membuat tanah menjadi rentan akan erosi oleh angin dan hujan. Sebagai akibatnya, air membawa lapisan atas tanah yang banyak mengandung unsur hara sehingga membuat lahan menjadi tidak subur dan tidak bisa ditanami lagi.

Dengan berjalannya waktu, hewan-hewan ini secara kolektif menghancurkan lapisan pelindung vegetasi alami tanah dan membuat tanah menjadi rentan akan erosi oleh air hujan. Angin kencang juga ikut membawa tanah yang telah terekspos ini menjadi daerah gurun. Dengan kondisi ini, jutaan ton lapisan atas tanah mungkin terkikis dalam sehari. Hal inilah yang membuat penduduk di daerah sekitar tanah itu terkena badai debu dan wilayah itu lambat laun berubah menjadi gurun.

Faktanya :
1. Inggris mengimpor gandum yang setara dengan £46.000.000 dari negara-negara dunia ketiga sebagai pakan untuk ternak
2. 80% tanah yang ditanami di Inggris dipakai untuk menanam makanan ternak ( 14.732.000 ha )
3. Dibutuhkan 8 kg protein kedelai untuk menghasilkan 0,5 kg daging

4. Sesuai dengan Laporan PBB, 33% dari daerah subur yang bisa ditanami di Bumi kita ini digunakan untuk memproduksi pakan hewan. Peternakan mengambil alih 70% dari ladang pertanian dan itu merupakan 30% dari total permukaan darat planet ini.

5. Tanah seluas 4000 m2 hanya dapat menghasilkan 75  kg daging sapi, tetapi sebaliknya jika ditanam kentang maka dapat menghasilkan 9080 kg kentang. 1 kg daging yang dihasilkan dengan mengorbankan hasil panen, telah mengakibatkan 17 kg humus terkikis. 20 orang yang bervegetarian dapat hidup dari hasil lahan yang setara dengan lahan yang digunakan 1 orang pemakan daging saja.

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #13 on: 07 March 2013, 07:43:03 PM »
Jangan lupa lahan pertanian dibuka juga untuk menghasilkan pakan ternak.
Ada fakta yang mengatakan bahwa gurun pasir tercipta karena dulunya tempat itu telah digunakan untuk memelihara ternak; karena di mana pun sapi dipelihara, tanahnya sering kali tidak dapat dipakai untuk bercocok tanam lagi. Konsumsi rumput yang berlebihan oleh lembu, domba, kambing, dan ternak lainnya telah mengubah hutan menjadi padang rumput atau lahan pertanian, lalu lahan tersebut pada akhirnya berubah menjadi gurun, atau tanah yang gersang dan semi gersang dapat berubah menjadi gurun.

Lapisan vegetasi alami tanah akan hilang dan membuat tanah menjadi rentan akan erosi oleh angin dan hujan. Sebagai akibatnya, air membawa lapisan atas tanah yang banyak mengandung unsur hara sehingga membuat lahan menjadi tidak subur dan tidak bisa ditanami lagi.

Dengan berjalannya waktu, hewan-hewan ini secara kolektif menghancurkan lapisan pelindung vegetasi alami tanah dan membuat tanah menjadi rentan akan erosi oleh air hujan. Angin kencang juga ikut membawa tanah yang telah terekspos ini menjadi daerah gurun. Dengan kondisi ini, jutaan ton lapisan atas tanah mungkin terkikis dalam sehari. Hal inilah yang membuat penduduk di daerah sekitar tanah itu terkena badai debu dan wilayah itu lambat laun berubah menjadi gurun.

Faktanya :
1. Inggris mengimpor gandum yang setara dengan £46.000.000 dari negara-negara dunia ketiga sebagai pakan untuk ternak
2. 80% tanah yang ditanami di Inggris dipakai untuk menanam makanan ternak ( 14.732.000 ha )
3. Dibutuhkan 8 kg protein kedelai untuk menghasilkan 0,5 kg daging

4. Sesuai dengan Laporan PBB, 33% dari daerah subur yang bisa ditanami di Bumi kita ini digunakan untuk memproduksi pakan hewan. Peternakan mengambil alih 70% dari ladang pertanian dan itu merupakan 30% dari total permukaan darat planet ini.

5. Tanah seluas 4000 m2 hanya dapat menghasilkan 75  kg daging sapi, tetapi sebaliknya jika ditanam kentang maka dapat menghasilkan 9080 kg kentang. 1 kg daging yang dihasilkan dengan mengorbankan hasil panen, telah mengakibatkan 17 kg humus terkikis. 20 orang yang bervegetarian dapat hidup dari hasil lahan yang setara dengan lahan yang digunakan 1 orang pemakan daging saja.

menurut anda, banyak hutan di sumatera dan kalimantan yg dibakar untuk pembukaan lahan yg dijadikan perkebunan kelapa sawit, itu untuk apakah?

Offline Mokau Kaucu

  • Sebelumnya: dtgvajra
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.293
  • Reputasi: 81
Re: Sharing saya tentang berVegetarian untuk Anda orang bijak..^^
« Reply #14 on: 07 March 2013, 07:55:42 PM »

-----
Penggusuran hutan untuk membuka ladang dan sawah ataupun perkebunan juga sama sekali tidak kalah. Hanya menyoroti pembukaan lahan untuk peternakan adalah informasi tidak seimbang. Kok tidak bahas real-estate atau pembangunan jalan? Juga, bagaimana air menggenangi tanah menjadi lahan penimbunan metan di dalam tanah tidak pernah dibahas oleh para vegextremist.

Ini salah satu contoh makanan tidak membuat orang bijaksana. Pantang makanan tertentu tidak menyebabkan sikap penipu seseorang memudar. Dari nafsu pada daging beralih pada nafsu pada pandangan vegetarianisme, seperti lepas dari penjara satu, masuk ke penjara lainnya.


Ikut menambahkan.
Pada saat membuka hutan untuk perluasan sawah dan perkebunan, tidak terhingga banyaknya mahluk hidup yang mati dan terusir dari tempat tinggalnya.
Jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan matinya kambing, sapi , domba dan ayam peliharaan yang bisa dihitung jumlahnya.

Pola hidup vegetarian juga belum tentu cocok pada semua orang, apalagi jika diet kecukupan asupan protein dan mineral kurang diperhatikan.
Coba amati pada teman teman yang vegetarian, persentase yang buncit atau gendut lebih banyak, dibandingkan pada teman teman yang omnivora.

Jika seorang India yang vegetarian sejak kecil, bertukar diet dengan orang Eskimo yang Carnivora sejati.
Cukup 3 minggu, dua duanya harus dirawat di rumah sakit; ini jawaban dari Prof Xaviere Leverve ahli Nutrisi untuk sel tubuh, untuk pertanyaan saya mana yang lebih sehat makan vegetarian atau makan daging.

Beliau mengatakan pola makan seseorang sangat tergantung dari kebiasaan leluhur mereka, yang diwariskan dalam DNA, dan kebiasaan dari leluhur kita yang baru 1000 tahun lalu berubah, tidak berarti telah dengan cepat  mengubah DNA mereka yang terwarisi dari leluhurnya ribuan tahun sebelumnya.

Beliau memberi contoh :  Keturunan Galia (Jerman selatan) yang tahun 1000 Masehi masih tinggal digua dan hidup dari berburu hewan, kalau sekarang mereka menjadi vegetarian, mereka cenderung menjadi tidak sehat. Orang Mongol yang makanan utamanya adalah daging, kalau menjadi vegetarian, akan menimbulkan berbagai penyakit seperti Diabetes.
Nah, untuk saya yang etnis Tionghoa dari Fujian, dia mengatakan kalau leluhur saya dari jaman dahulu dan sedikit  yang kawin dengan keturunan Mongol, maka makanan yang di dominasi biji bijian seperti beras dan gandum, adalah yang lebih cocok, karena sejak 10000 tahun yg lalu nenek moyang saya makanan utamanya ya nasi atau bakpao, dengan sedikit daging dari ayam dan ikan.

Suku Khe/Hakka, (entah benar atau tidak) katanya berasal dari Utara Tiongkok, bisa saja dari Mongolia, atau Manchuria; yang bermigrasi ke Selatan, (mungkin karena terpukau oleh kecantikan gadis gadis Kanglam di Hangzhou dan Suzhou  ;D), sebagian masih membawa pola makan leluhur mereka yang didominasi oleh daging dan terus menerus diwariskan dari keluarga ke keluarga anak cucu mereka.
Maka pola makan yang cocok ya yang masih pakai daging.
Metabolisme sel mereka terbiasa memproses asam amino lebih baik.
Demikianlah cerita beliau kepada saya, yang dibangunkan tengah malam karena dia kena jetlag dari Eropa ke Bali beberapa tahun lalu saat ada seminar Nutrisi di Bali.
« Last Edit: 07 March 2013, 07:57:57 PM by Mokau Kaucu »
~Life is suffering, why should we make it more?~

 

anything