//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??  (Read 18117 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #15 on: 18 July 2012, 08:47:22 PM »
atau pelihara hewan vegan aja, sapi, kambing :))
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #16 on: 18 July 2012, 11:47:19 PM »
dogfood?
Samma Vayama

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #17 on: 19 July 2012, 02:07:27 AM »
I'm sorry too, mungkin tulisan gw bisa dikesankan I've been offended.  Padahal gw hanya tidak ingin diskusi berulang untuk masalah yg sama yg sudah sering dibahas dan threadnya banyak.  Anda boleh coba search DC dengan keyword 'vegetarian' pasti hasilnya bejibun.

Gw juga baru joint resmi tidak begitu lama, sebelumnya cukup lama hanya sebagai pembaca pasif tanpa menjadi member.  Banyak topik yang bisa kita simak terlebih dahulu karena pembahasan tema2 yg populer biasanya sering berulang dan cukup panjang.

Mungkin karena itu jawaban gw kayak cenderung final, padahal anda baru gabung di sini.  Anyway senang berdiskusi dengan anda, jangan diambil hati bila ada yg kurang berkenan tapi reply balik aja biar bisa sama2 kita tanggapi.  :>- 

 _/\_

senang bisa berdiskusi dengan anda juga.

tambahan sedikit langsung tentang topiknya. yang gw tau ada vegan dan ada vegetarian. Vegetarian itu berkaitan dengan diet/makan seseorang yang menghindari unsur hewan. jenisnya pun bermacam macam, ada yang membolehkan telur, ada yang membolehkan susu, dan bahkan ada yang membolehkan ikan atau ayam untuk dikonsumsi, atau ada yang sama sekali tidak membolehkan unsur hewani dalam makanannya. Biasanya alasan seseorang menjadi vegetarian adalah alasan kesehatan. Sedangkan seorang vegan menolak semua makanan dari unsur hewani, dan bukan hanya itu tapi juga bahkan menolak untuk memakai produk semisal kulit/leather dsb yang melibatkan pembantaian hewan. yang lebih dipermasalahkan oleh para vegan ini adalah hak hidup hewan2 tersebut. jadi menyikapi hal ini saya menempatkan diri pada sudut pandang itu. Dan dari yang saya baca dari berbagai sumber, ada kesimpulan yang ditarik bahwa kebanyakan berpendapat bahwa sebaiknya para vegan memang tidak memelihara hewan karnivora, kalau mau pelihara hewan yang herbivora saja seperti kambing dll. tapi inipun ada yang tidak setuju, katanya memelihara hewan sendiri sudah melanggar hak hewan tersebut karena seharusnya dia hidup bebas. Ada juga yang menyanggah hal ini dengan alasan memelihara itu tidak sama dengan memiliki, mereka menggunakan istilah mengadopsi daripada memiliki.

saya tidak tahu apakah info ini sudah basi atau tidak, sejauh yang saya cari di forum ini belum ada yang membahas hal ini makanya saya memberanikan untuk mengangkat topik ini. Jika dikalangan intern ini bukan hal yang baru dan terlalu sering berulang saya mohon maaf.  jika memang hal ini sudah tidak layak didiskusikan lagi mohon admin/moderator close atau delete saja thread ini. walaupun sejauh ini saya belum melihat ada thread tentang peliharaan karnivora di bagian vegetarian ini. Kalau dirasa masih ada hal baru disini ditunggu komentarnya. terima kasih.
« Last Edit: 19 July 2012, 02:25:27 AM by wongfok »
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #18 on: 19 July 2012, 02:28:11 AM »
dogfood?

dogfood biasanya masih berbahan daging. Konon ada dogfood yang berbahan veggie, tapi si anjing harus tetap mandapat suplemen suplemen tertentu untuk tetap sehat, dan konon jatuhnya jadi mahal.
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #19 on: 19 July 2012, 02:29:41 AM »
atau pelihara hewan vegan aja, sapi, kambing :))

banyak yang menganjurkan begitu. cuma kayaknya kalau untuk jadi pet sapi dan kambing gak jadi pilihan yang populer. mungkin kelinci atau guinea pig kali ya.
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #20 on: 19 July 2012, 07:23:40 AM »
banyak yang menganjurkan begitu. cuma kayaknya kalau untuk jadi pet sapi dan kambing gak jadi pilihan yang populer. mungkin kelinci atau guinea pig kali ya.
fyi, kelinci itu juga gak herbivore 100% lho,
gw pernah diajarkan pas kasus teratologi, kelinci itu memiliki kecenderungan kanibalisme jika mendapati anaknya lahir cacat
jadi jika ada lahir cacat, atau pun bisa juga kalau kelinci yang pasca melahirkan sedang stress / kondisi pakan yang buruk, bisa kalap mata memangsa anaknya sendiri(padahal anaknya masih belum bisa melihat ;D)
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #21 on: 19 July 2012, 08:55:38 AM »
fyi, kelinci itu juga gak herbivore 100% lho,
gw pernah diajarkan pas kasus teratologi, kelinci itu memiliki kecenderungan kanibalisme jika mendapati anaknya lahir cacat
jadi jika ada lahir cacat, atau pun bisa juga kalau kelinci yang pasca melahirkan sedang stress / kondisi pakan yang buruk, bisa kalap mata memangsa anaknya sendiri(padahal anaknya masih belum bisa melihat ;D)
Wah, Forte jurusan biologi kah?

Gw juga pernah baca kasus demikian.  Kelinci yg kelihatan imut, lucu, ramah ternyata juga bisa sadis bahkan kanibal.  Terjadi di kasus2 tertentu misalnya bila populasi terlalu padat di suatu daerah / penangkaran.
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #22 on: 19 July 2012, 09:02:47 AM »
.... bahwa sebaiknya para vegan memang tidak memelihara hewan karnivora, kalau mau pelihara hewan yang herbivora saja seperti kambing dll. tapi inipun ada yang tidak setuju, katanya memelihara hewan sendiri sudah melanggar hak hewan tersebut karena seharusnya dia hidup bebas. Ada juga yang menyanggah hal ini dengan alasan memelihara itu tidak sama dengan memiliki, mereka menggunakan istilah mengadopsi daripada memiliki.
Setujukah anda dengan pendapat :
Para vegan juga seharusnya tidak menggunakan barang2 yg terbuat dari binatang seperti sepatu kulit, ikat pinggang kulit,  sofa kulit,  baju / jubah sutera, tali jam tangan kulit,  dsb ?

Juga tidak meminum madu (ada anak2 lebah yg terbunuh di genangan madu yg diproses dan sewaktu diambil dari sarangnya),  tidak menggunakan obat2an modern yang biasanya dalam proses penciptaannya ditest dulu ke binatang seperti monyet, tikus, dan kelinci ?
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.563
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #23 on: 19 July 2012, 09:30:30 AM »
Setujukah anda dengan pendapat :
Para vegan juga seharusnya tidak menggunakan barang2 yg terbuat dari binatang seperti sepatu kulit, ikat pinggang kulit,  sofa kulit,  baju / jubah sutera, tali jam tangan kulit,  dsb ?

Juga tidak meminum madu (ada anak2 lebah yg terbunuh di genangan madu yg diproses dan sewaktu diambil dari sarangnya),  tidak menggunakan obat2an modern yang biasanya dalam proses penciptaannya ditest dulu ke binatang seperti monyet, tikus, dan kelinci ?

juga tidak boleh makan nasi, sayur, roti, dll. karena proses pengadaan nasi, dll itu juga banyak mengakibatkan pembunuhan. mungkin juga termasuk tidak boleh bernafas.

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #24 on: 19 July 2012, 09:37:57 AM »
Wah, Forte jurusan biologi kah?

Gw juga pernah baca kasus demikian.  Kelinci yg kelihatan imut, lucu, ramah ternyata juga bisa sadis bahkan kanibal.  Terjadi di kasus2 tertentu misalnya bila populasi terlalu padat di suatu daerah / penangkaran.
farmasi ;D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #25 on: 19 July 2012, 10:14:31 AM »
farmasi ;D
Wah sekarang pasti sudah jadi apoteker yah...  :)

Waktu kuliah dulu :
-  Pernah ngetest binatang percobaan kah?
-  Pernah bunuh binatang eksperimen ?   ::)
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #26 on: 19 July 2012, 10:28:12 AM »
Wah sekarang pasti sudah jadi apoteker yah...  :)

Waktu kuliah dulu :
-  Pernah ngetest binatang percobaan kah?
-  Pernah bunuh binatang eksperimen ?   ::)
pernah.. :'(
soalnya kan cowok, dan biasanya cowok yang diberi tugas jadi tukang eksekusi kematian..
kalau mencit dan tikus, biasanya di-dislokasi leher..
tapi pengalaman dari teman sih buddhist juga, dia ambil penelitian farmakologi, dia cerita mungkin hampir 150 mencit dibunuh..
dan pas eksekusi, dia cerita, harus memotong leher mencit pake cutter, dan darahnya ditampung untuk diuji, dan mencit2 itu mengencingi tangannya sampai mati lemes kehabisan darah..

makanya pas penelitian, pilih skripsi bikin aplikasi komputer yang jarang orang bikin..
jadi selain dapat nilai tinggi karena dosen juga gak kuasai komputer.. juga gak pake bunuh2an.. ;D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #27 on: 19 July 2012, 10:49:52 AM »
pernah.. :'(
soalnya kan cowok, dan biasanya cowok yang diberi tugas jadi tukang eksekusi kematian..
kalau mencit dan tikus, biasanya di-dislokasi leher..
tapi pengalaman dari teman sih buddhist juga, dia ambil penelitian farmakologi, dia cerita mungkin hampir 150 mencit dibunuh..
dan pas eksekusi, dia cerita, harus memotong leher mencit pake cutter, dan darahnya ditampung untuk diuji, dan mencit2 itu mengencingi tangannya sampai mati lemes kehabisan darah..

makanya pas penelitian, pilih skripsi bikin aplikasi komputer yang jarang orang bikin..
jadi selain dapat nilai tinggi karena dosen juga gak kuasai komputer.. juga gak pake bunuh2an.. ;D
:o   lebih ngeri dari yg gw bayangkan...

Ada yg dipatahin lehernya, ada yg dipotong urat nadi lehernya   :'(

Ingat dulu pas SMA praktikum pake kodok gw milih melihat saja, sementara pelaku eksekusi dan bedah kodoknya teman yg beragama lain  :whistle:
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #28 on: 19 July 2012, 10:51:58 AM »
:o   lebih ngeri dari yg gw bayangkan...

Ada yg dipatahin lehernya, ada yg dipotong urat nadi lehernya   :'(

Ingat dulu pas SMA praktikum pake kodok gw milih melihat saja, sementara pelaku eksekusi dan bedah kodoknya teman yg beragama lain  :whistle:
ya memang sadis sih..
kalau kodok dulu pernah ditusuk jantung pake paper clip diikatkan ke benang yang disambungkan ke alat sederhana yang mirip dengan cardiogram..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline khiong

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 478
  • Reputasi: 29
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegan sebaiknya tidak pelihara anjing dan kucing??
« Reply #29 on: 19 July 2012, 01:08:42 PM »
seperti ekstrim tapi masuk akal..... ;D
:)) :)) :)) :)) :))