//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Perjalanan Menuju Padam  (Read 64090 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #30 on: 28 March 2012, 08:18:40 PM »
Ga ragu2 lagi. Biar jadi salah satu semangat melepas.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline seniya

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.467
  • Reputasi: 169
  • Gender: Male
  • Om muni muni mahamuni sakyamuni svaha
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #31 on: 28 March 2012, 08:33:17 PM »
[at] ariyakumara

Saya melihat patticasamuppada berbeda dgn teori buddhisme. Jadi kalau dibahas nanti saya malah dicap sesat. Patticasamuppada menurut saya sangat sederhana. Tidak serumit melihat 3 kehidupan, lalu, sekarang, dan depan. Semua rantai patticasamuppada terjadi setiap saat.

Mata dhammacitta melihat semua yg muncul akan

Mata dhamma, melihat semua yg muncul akan lenyap kembali. Nilainya memiliki itu sottapana? Em,saya ga setuju... semua buddhist yg tekun tau kok anicca secara teoritis. Ga sottapana kan? Atau mungkin semua minimal sottapana?

Kalau menurut aku sih yg penting kamu mau melepas dunia tidak? Kalau kamu melepas kamu akan bebas. Huaaaah. Berbeda sekali. Kalau kamu melekat kamu terbelenggu. Gitu aja.

Bukan, mengetahui secara teoritis, kalo itu semua siswa Buddhis juga hapal luar kepala... ;D

Tetapi benar2 melihat timbulnya suatu fenomena yg kemudian bertahan sebentar selama sebab dan kondisi yg mendukungnya masih ada lalu lenyapnya ketika sebab dan kondisi tsb lenyap. Ini seperti yg dialami Upatissa saat mencapai Sotapanna shg ia mengucapkan syair:

Apa pun yang muncul karena suatu sebab.
Di dalamnya terdapat sebab yang membuatnya musnah kembali.

Ini yg disebut benar2 melihat Paticcasamuppada dengan mata Dhamma (Dhammacakkhu), bukan sekedar tahu secara teori....
"Holmes once said not to allow your judgement to be biased by personal qualities, and emotional qualities are antagonistic to clear reasoning."
~ Shinichi Kudo a.k.a Conan Edogawa

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #32 on: 28 March 2012, 08:39:24 PM »
 [at] tesla,
gimana kabarnya ko?
mau tanya,masih maen trading ko?
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #33 on: 28 March 2012, 09:54:54 PM »
Bukan, mengetahui secara teoritis, kalo itu semua siswa Buddhis juga hapal luar kepala... ;D

Tetapi benar2 melihat timbulnya suatu fenomena yg kemudian bertahan sebentar selama sebab dan kondisi yg mendukungnya masih ada lalu lenyapnya ketika sebab dan kondisi tsb lenyap. Ini seperti yg dialami Upatissa saat mencapai Sotapanna shg ia mengucapkan syair:

Apa pun yang muncul karena suatu sebab.
Di dalamnya terdapat sebab yang membuatnya musnah kembali.

Ini yg disebut benar2 melihat Paticcasamuppada dengan mata Dhamma (Dhammacakkhu), bukan sekedar tahu secara teori....

yah sama aja kan.
dan bahkan non Buddhist pun bisa melihat dunia ini fana kok.
menurutku semua benar2 tau kok, tapi sudah tau fana (anicca), mau tidak melepas?
rata2 yah tidak mau melepas, terutama utk mengakui bahwa yg dikenal sbg diri ini sendiri pun anicca.
menurutku jadinya terjadi pembohongan diri, bahwa tar ada hidup kekal di surga / neraka.
atau akan ada inti diri, atau akan kekal di nibbana, atau ada benih buddha dst...

[at] tesla,
gimana kabarnya ko?
mau tanya,masih maen trading ko?

baik, masih trading :)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.107
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #34 on: 28 March 2012, 10:34:09 PM »
yang namanya keinginan itu tidak ada batasnya...
tingkat pemasukan selalu satu langkah di belakang tingkat keinginan.
pelepasan itu tidak perlu menunggu sesuatu apapun, melainkan sekarang.

yang aku lihat di toko ada beberapa orang pelanggan yang mempunyai tingkat kesejahteraan cukup dan sangat tinggi gaya hidup mereka ini boleh dibilang berbeda dengan orang yang kebetulan hidup nya pas pasan meskipun dia cukup boleh di bilang berada juga.

Cara cara mereka memperlakukan orang jadi berbeda dari tiap tingkat kesejahteraan perorang tersebut kepada orang yang lain.

pada beberapa pelanggan semakin tinggi tingkat kesejahteraan nya semakin tidak menyolok dan lebih bersahaja juga; prilaku terhadap lingkungan orang orang jauh lebih ramah tamah bahkan pada pegawai kecil.

yang menarik dari fonemena tempat ku bekerja cukup banyak pelanggan yang tingkat kesejahteraan kurang baik justru lebih banyak tingkah dan bergaya dari mereka yang tingkat kesejahteraan nya lebih tinggi.
« Last Edit: 28 March 2012, 10:41:42 PM by daimond »

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #35 on: 28 March 2012, 10:41:03 PM »
Sebenarnya saya udh "jijik" dg "kotoran" yg saya bawa, tetapi ada satu "kotoran" lagi yg belum saya cicipi dan mungkin tdk akan melepaskan "kotoran" yg lain seb yg satu itu dpt dirasakan.... ;D

kawin kawin kawin :P
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #36 on: 28 March 2012, 10:45:13 PM »
yang aku lihat di toko ada beberapa orang pelanggan yang mempunyai tingkat kesejahteraan cukup dan sangat tinggi gaya hidup mereka ini boleh dibilang berbeda dengan orang yang kebetulan hidup nya pas pasan meskipun dia cukup boleh di bilang berada juga.

Cara cara mereka memperlakukan orang jadi berbeda dari tiap tingkat kesejahteraan perorang tersebut kepada orang yang lain.

pada beberapa pelanggan semakin tinggi tingkat kesejahteraan nya semakin tidak menyolok dan lebih bersahaja juga; prilaku terhadap lingkungan orang orang jauh lebih ramah tamah bahkan pada pegawai kecil.

yang menarik dari fonemena tempat ku bekerja banyak yang tingkat kesejahteraan kurang baik justru lebih banyak tingkah dan bergaya dari mereka yang tingkat kesejahteraan nya lebih tinggi.

cara ceknya,
apakah mereka bersedih ketika apa yg mereka miliki berpisah dg mereka?

kalau tiba2 jatuh miskin, tetapi tetap damai, yah berarti debu di matanya emg dah tipis atau bahkan dah ga ada :)


kalau sebaliknya maka yah melekat dg kesejahteraan yg dia miliki dan terbukti kan, hidup adalah penderitaan krn "pasti" kita akan berpisah dg semua yg kita miliki.
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Landy Chua

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 678
  • Reputasi: 29
  • Gender: Female
  • Berkelana untuk belajar Dhamma ^^
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #37 on: 28 March 2012, 11:13:14 PM »
kawin kawin kawin :P

 :)) :)) :)) :)) pas banget..`~

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #38 on: 29 March 2012, 08:16:44 AM »
Aku suka berhub seks. Ga tau kenapa dorongan ini sangat sulit utk ditahan. Dan gara2 nafsu ini aku menderita sekali.

Hub dg istri udah dingin banget. Kamu udah pisah ranjang dalam waktu sekitar 4 t!uhn. Untung saja sampai detik ini aku belum ada berbuat selingkuh, tapi kalau melalui pikiran ada sih.

Hidup adalah dukkha :-)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline morpheus

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.750
  • Reputasi: 110
  • Ragu pangkal cerah!
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #39 on: 29 March 2012, 08:56:36 AM »
yang aku lihat di toko ada beberapa orang pelanggan yang mempunyai tingkat kesejahteraan cukup dan sangat tinggi gaya hidup mereka ini boleh dibilang berbeda dengan orang yang kebetulan hidup nya pas pasan meskipun dia cukup boleh di bilang berada juga.

Cara cara mereka memperlakukan orang jadi berbeda dari tiap tingkat kesejahteraan perorang tersebut kepada orang yang lain.

pada beberapa pelanggan semakin tinggi tingkat kesejahteraan nya semakin tidak menyolok dan lebih bersahaja juga; prilaku terhadap lingkungan orang orang jauh lebih ramah tamah bahkan pada pegawai kecil.

yang menarik dari fonemena tempat ku bekerja cukup banyak pelanggan yang tingkat kesejahteraan kurang baik justru lebih banyak tingkah dan bergaya dari mereka yang tingkat kesejahteraan nya lebih tinggi.
kalo itu mah gak ada hubungannya dengan tingkat keinginan atau kekotoran batin.

perilaku ini berhubungan dengan perilaku sosial, pendidikan dan cultural, akibat dari tingkat ekonomi.
walau ditutupi dengan polesan pendidikan dan budaya, kekotoran batin tetap ada dan sama banyaknya dengan yg gak dipoles.
* I'm trying to free your mind, Neo. But I can only show you the door. You're the one that has to walk through it
* Neo, sooner or later you're going to realize just as I did that there's a difference between knowing the path and walking the path

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #40 on: 29 March 2012, 10:03:19 AM »
pilih silicon sexy doll aja... gak ada selingkuh.. malah bisa disewakan utk dpt $$$
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #41 on: 29 March 2012, 11:05:58 AM »
ga doyan wkwkwk...
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Wijayananda

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 532
  • Reputasi: 69
  • Gender: Male
  • Semua akan berlalu...
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #42 on: 29 March 2012, 11:42:38 AM »
Aku suka berhub seks. Ga tau kenapa dorongan ini sangat sulit utk ditahan. Dan gara2 nafsu ini aku menderita sekali.

Hub dg istri udah dingin banget. Kamu udah pisah ranjang dalam waktu sekitar 4 t!uhn. Untung saja sampai detik ini aku belum ada berbuat selingkuh, tapi kalau melalui pikiran ada sih.

Hidup adalah dukkha :-)


jadi gmn cara menghadapinya?

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #43 on: 29 March 2012, 12:35:09 PM »
lepaskan keserakahan akan kesenangan :)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Mr.Jhonz

  • Sebelumnya: Chikennn
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.164
  • Reputasi: 148
  • Gender: Male
  • simple life
Re: Perjalanan Menuju Padam
« Reply #44 on: 29 March 2012, 12:44:26 PM »
Aku suka berhub seks. Ga tau kenapa dorongan ini sangat sulit utk ditahan. Dan gara2 nafsu ini aku menderita sekali.

Hub dg istri udah dingin banget. Kamu udah pisah ranjang dalam waktu sekitar 4 t!uhn. Untung saja sampai detik ini aku belum ada berbuat selingkuh, tapi kalau melalui pikiran ada sih.

Hidup adalah dukkha :-)
Keknya statement ini yg bakal banyak qoute nya.wkwkwkwkw

 [at] tesla,
Banyak untung atau rugi tradingnya?
buddha; "berjuanglah dengan tekun dan perhatian murni"

 

anything