//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Jurnal Chen Hui Ling  (Read 95286 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline juanpedro

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 949
  • Reputasi: 48
  • Gender: Male
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #180 on: 02 January 2013, 09:02:59 AM »
ga pernah bilang kok kalo itu toko ku ::) ::)
makanya saya tanya ;D

Offline Chen Hui Ling

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.654
  • Reputasi: 65
  • Gender: Female
Hi Teacher!
« Reply #181 on: 12 January 2013, 08:15:37 PM »
Well, mulai besok rabu gw ngajar di salah satu sekolah SMA sampe besok April... Belum jadi guru sebenernya sih, gw sama 2 temen yang lain bakal ngajar dlm satu kelas untuk ekstrakurikuler bahasa Inggris... Dan ga tau ini untung atau malang, di sekolah yang gw pilih ini ternyata gw jadi main teacher nya (ada yang jadi main teacher, ada sekolah yang kita cuman jadi asistennya). Hmm.. yang gw masih bingung sih, gimana untuk hari pertama nya yah? Ngajarnya cuman 1 jam, gw pengen berusaha ngasi first impression yang bagus untuk anak2 (kelas 1 dan 2 SMA) jadi untuk hari2 selanjutnya akan lebih gampang untuk ngajar jika mereka suka sama kita..
Karena besok rabu langsung ngajar dan kita jadi main teachernya, kita ga tau juga bahan belajar mereka apa aja.. Masi ga pede deh kalo dikasi bahan nya mendadak..

Mohon sarannya dong 1 jam itu selain perkenalan enaknya diisi dengan kegiatan apa.. Dan mohon masukannya juga bagaimana cara perkenalan yang bisa mengesankan mereka? :)
Don't trust too much, Don't hope too much, Don't love too much, because that too much can hurt you so much

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #182 on: 12 January 2013, 09:06:04 PM »
yang pertama dan yang paling penting itu penampilan cc... ;D
setelah itu baru perhatikan gaya bicaranya...
biasanya murid suka dengan guru yang orangnya humoris, santai, dan bawaannya ga tegang...
coba sebelum ngajar cari joke2 buat jadi bahan sewaktu ngajar nanti.. ;D
dan yang paling penting, jangan langsung masuk ke pelajaran, apalagi ini masi awal-awal tahun pelajaran, anak-anak bawaannya masih santai, masih malas belajar (kayak aye =)) ) kalo bisa kasih pertanyaan yang unik2, untuk memunculkan rasa penasaran sama murid, setelah muridnya tertarik, baru dijelaskan.... ;D

[spoiler]
Rule utama kalau ingin jadi guru yang disenangi: jangan galak-galak.. :))
*tapi jangan terlalu cincai juga yah, ntar bisa (maaf) diinjak-injak sama muridnya*
« Last Edit: 12 January 2013, 09:08:04 PM by will_i_am »
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline pengelana_abadi

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 653
  • Reputasi: 14
  • Gender: Male
  • walking on the path of Dhamma
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #183 on: 12 January 2013, 09:09:23 PM »
pastikan penampilannya menarik di kelas.
kalau jelek, kan muridnya ilfil duluan  :))

^o^**May All living beings be always happy and kind**^o^

Offline DeNova

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.067
  • Reputasi: 106
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #184 on: 12 January 2013, 09:22:46 PM »
Bener kata will tuh... Pokoknya perkenalan hari pertama santai dulu aja kalau pingin agak seru yah diminta perkenalan pake bahasa inggris satu2 muridnya ntar kan seru... Kalau ada yang rada salah2 benerin trus kasih tebak2an bahasa inggris baru terakhir penutup sampaikan bahan yang kira2 mau dipelajarin pertemuan selanjutnya... :whistle: ;D

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #185 on: 12 January 2013, 09:48:15 PM »
-       Keep it simple. A huge part of the job of job for Native Speaking English Teachers (NSETs) is to provide students with an opportunity to become more comfortable using conversational English, rather than imparting our knowledge of the English language.  Instead of overwhelming your students with vocab lists and complex themes, try to keep the core of your lesson as basic as possible.  If you’re teaching a lesson on giving advice, teach them the phrases What should I do?, If I were you, I would…, and If I were in your shoes… and leave the rest to them.  Inventive language is generally more natural than learning rigid sentence structures anyway.

-       Make it relevant. Admittedly, this is a hard balance to strike, as NSETs are partially there to expose students to foreign cultures, while giving providing them with the resources necessary to discuss their person life in their home country.  While it can be frustrating to find that students only want to talk abut their favorite movies, actors, and musicians, it’s important to give them English that is relevant to their interests.  If you are doing a lesson on landmarks in New York City for your students in Beijing, talk about Chinatown.  Show them pictures of what impact their country has overseas, and why it matters in the global scheme of things.  If you’re doing a lesson on travel, give them an English map of their city ask them to recommend places to tourists.  It is much easier to become motivated in a subject if you see opportunities to use it.

-       Be encouraging. It doesn’t take a rocket scientist to figure out that supportive teachers lead to successful students.  Be consciousness about how you correct mistakes, and try to smile as frequently as possible.  When you’re the only foreigner in a school, you’re a novelty, and therefore constantly watched by students, staff, and parents.  Use this to your advantage by appearing approachable, which will in tern make students feel comfortable holding a conversation with you in or out of the classroom.

-       Share successful lessons with others. The best way to try and make sure that your lesson will go over well with your students is to trade past lessons with friends and fellow teachers.  If you’re a PowerPoint whiz, then post your latest Jeopardy template online for others to download.  The best lesson I ever did was a ‘How to Survive a Zombie Attack’ group activity that I got from another NSET in Seoul.  If your students are going crazy for it, spread the love with others.  For teachers in Korea, you can use the website Waygook to upload and download games, worksheets, and PowerPoints, as well as brainstorming ways to improve your own teaching methods.

-       Have fun. Obviously, this pointer should not require much of an explanation.  If you make your classes fun, the subject of English becomes fun, and doable to even lower level students.  Teaching a language doesn’t always mean that you have to hammer down grammatical concepts, but it can be as simple as experiencing new things in a foreign language.  When I was a middle schooler, I loved playing the card game Spoons, so I taught it to my students at the end of our intensive program.  In listening to my explanation, not only will they learn new words like deck, dealer and pass, but they can improve their listening comprehension.  Once the game got started, it was good to see lower level students having an equal chance to succeed as my advanced students, because unlike with most activities, their English fluency was not the focus of the lesson.  Students would praise each other in English, show off their success in English, and mock slow-reacting friends in English, which is an amazing achievement for any teacher struggling to get a class to speak.  Thing back to what you liked when you were the age of your students, and have them do the same things.  If you liked making Valentines for friends as a kid, then grab some construction paper, lace, and glitter and have your students go to town.  If you are an expert origami maker, teach your students how to make peace cranes in the front of the class.  If you then find that a student knows a pattern you don’t, ask them to teach you, which will not only make them the expert of a new concept, but give them a great opportunity to practice English commands.
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #186 on: 12 January 2013, 11:21:09 PM »
ahh org indo suka yg gratis....

kasih pertanyaan...

jawaban bener dpt chocolate,... candy.... upps ice cream gak bisa... ...
voucher mcD....

wahhh ini pasti jadi guru favorite....


utk guru ya... preparation... body language,  vocal variety....
plus gaul (topik yg mereka suka),... great comunicator dehhh...

tapi kalau guru nya ini... pronunciation nya udah LARI...ahhhh parah dehhh  :'( :'(
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #187 on: 13 January 2013, 10:18:55 PM »
gurunya udah tidur ?  :P :P
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #188 on: 13 January 2013, 10:21:48 PM »
Bener kata will tuh... Pokoknya perkenalan hari pertama santai dulu aja kalau pingin agak seru yah diminta perkenalan pake bahasa inggris satu2 muridnya ntar kan seru... Kalau ada yang rada salah2 benerin trus kasih tebak2an bahasa inggris baru terakhir penutup sampaikan bahan yang kira2 mau dipelajarin pertemuan selanjutnya... :whistle: ;D

ini namanya INTERACTION...
dpt digunakan dlm dunia hiburan, seminar, maupun sekolah minggu,, dst.. :P
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #189 on: 14 January 2013, 10:41:48 AM »
Salah satu dosen favku wkt kul dosen b. inggris krn sistem ngajarnya pake kuis/games jadi yang bisa jawab dapat poin... seru banget jadi merasa tertantang untuk memecahkan jawaban" hehe.... kdg perorangan kdg dibagi 1 kelompok 2 orang, jadi bisa berdiskusi... poinnya tar nambah nilai kita nantinya... Kalau salah ga mengurangi nilai kok... jadi mahasiswa jadi lebih proaktif....  ;D

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #190 on: 14 January 2013, 11:00:24 AM »
Salah satu dosen favku wkt kul dosen b. inggris krn sistem ngajarnya pake kuis/games jadi yang bisa jawab dapat poin... seru banget jadi merasa tertantang untuk memecahkan jawaban" hehe.... kdg perorangan kdg dibagi 1 kelompok 2 orang, jadi bisa berdiskusi... poinnya tar nambah nilai kita nantinya... Kalau salah ga mengurangi nilai kok... jadi mahasiswa jadi lebih proaktif....  ;D
lebih interaktif kalau ada chocolate yg TERBANG (bila jawaban bener) langsung sampai ke tangan murid...
dan udah tentu boleh makan seketika itu...ha ha ha....
« Last Edit: 14 January 2013, 11:03:45 AM by cumi polos »
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #191 on: 14 January 2013, 11:12:15 AM »
lebih interaktif kalau ada chocolate yg TERBANG (bila jawaban bener) langsung sampai ke tangan murid...
dan udah tentu boleh makan seketika itu...ha ha ha....

chocolatenya merk apa dulu.... kl dulu wkt les aritmatika juga seru lomba cepat, n wkt tu aku 3 besar dpt hadiah catur   :P

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #192 on: 14 January 2013, 05:16:56 PM »
chocolatenya merk apa dulu.... kl dulu wkt les aritmatika juga seru lomba cepat, n wkt tu aku 3 besar dpt hadiah catur   :P

atau cairkan chocolate BAR yg 1 KG, kemudian goreng mente (atau kacang lebih murah)...lengket ke batang kayu food grate... dan dicetak dlm bentuk bulat.... spt lolipop gitu... taburin dikit wijen....

semua tusuk ke streofoam block.... ya... yg benar dpt satu tusuk...

gimana ?  :P
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline cumi polos

  • Sebelumnya: Teko
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.130
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
  • mohon transparansinya
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #193 on: 14 January 2013, 05:19:32 PM »
Salah satu dosen favku wkt kul dosen b. inggris krn sistem ngajarnya pake kuis/games jadi yang bisa jawab dapat poin... seru banget jadi merasa tertantang untuk memecahkan jawaban" hehe.... kdg perorangan kdg dibagi 1 kelompok 2 orang, jadi bisa berdiskusi... poinnya tar nambah nilai kita nantinya... Kalau salah ga mengurangi nilai kok... jadi mahasiswa jadi lebih proaktif....  ;D

salah satu prof yg cukup menarik/teringat adalah berambut spt Einstein.... (sptnya jarang kramas dan tidak pernah sisir)...

kaus kakinya selalu berlainan warna.. tidak pernah pakai sepatu... agak dikit sinting2 pinter... tapi ya tetap orgnya baik.........ohh ini prof Math...
merryXmas n happyNewYYYY 2018

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Jurnal Chen Hui Ling
« Reply #194 on: 14 January 2013, 08:52:42 PM »
Salah satu dosen favku wkt kul dosen b. inggris krn sistem ngajarnya pake kuis/games jadi yang bisa jawab dapat poin... seru banget jadi merasa tertantang untuk memecahkan jawaban" hehe.... kdg perorangan kdg dibagi 1 kelompok 2 orang, jadi bisa berdiskusi... poinnya tar nambah nilai kita nantinya... Kalau salah ga mengurangi nilai kok... jadi mahasiswa jadi lebih proaktif....  ;D
:jempol:
ide bagus.... ;D

[spoiler]
kasih +1 dahh
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

 

anything