//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Me, myself and S...  (Read 48993 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
lessons...
« Reply #45 on: 05 May 2012, 03:03:57 PM »
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Me, myself and S...
« Reply #46 on: 09 May 2012, 08:53:43 PM »
we fight for others people's fight but we forget our own fights
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: My life begins [at]
« Reply #47 on: 26 May 2012, 02:02:56 PM »
om tidar, tanya dong... comfort zone yang dimaksud itu seperti apa?
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: My life begins [at]
« Reply #48 on: 26 May 2012, 04:45:53 PM »

kurang ngerti yang isi pertanyaannya, bisa diperjelas ?


om tidar, tanya dong... comfort zone yang dimaksud itu seperti apa?
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: My life begins [at]
« Reply #49 on: 27 May 2012, 05:06:12 PM »
kurang ngerti yang isi pertanyaannya, bisa diperjelas ?
itu om, yang gambar diatas, "life begins at the end of your comfort zone"
nah, comfort zone yang dimaksud itu yang bagaimana om?
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: My life begins [at]
« Reply #50 on: 27 May 2012, 06:40:07 PM »
tiap2 individu memiliki sisi kenyamanan yang berbeda2, mis:
- anak sekolah (SMU, SMP, SD) dalam lingkungan sekolah selama beberapa tahun telah merasa nyaman dengan lingkungannya.
tp pada saat naik kelas, pasti adanya "tantangan" dalam diri untuk merasa nyaman pada lingkungan kelas yang baru, pelajaran yang baru (semakin berat dll)

- baru aja masuk kuliah, pasti akan merasa beda sekali dibandingkan dengan lingkungan SMU yang lebih banyak bimbingan dr guru2 ataupun teman sebangku, kanan kiri depan belakang dll. Tp pada saat kuliah, semua dibiarkan lbh bebas olh dosen. Dosen hanya memberikan kisi2 berdasarkan acuan kuliah selebihnya tergantung pada adaptasi masing2 individu unt menguasai bidang mata kuliah tsb. Dibanyak kasus 1 mata kuliah tertentu hanya bertatap muka 1x/2x saja dalam 1 minggu dan pada tatap muka tsb kemungkinan bisa merangkum 2 atau 3 bab buku acuan (bikin puyeng kepala :)):)):)):)):)))

- dari lulus kuliah ke lingkungan kerja, yang lbh individualistik akan terlihat perbedaan adaptasinya dibanding tantangan yang berada dilingkungan akademis. Masalah "tantangan" didalam dunia kerja belum tentu ada dibuku2 sekolah baik itu SD, SMP, SMP ataupun univ tp lebih bersifat karier yang dibagun dari latar belakang tsb. Sering kali ada jargon: "ini sekolah yang paling mahal", yi: bgmn mengatasi berbagai masalah kehidupan.
Tp jalur akademis adalah peletak dasar terbawah.
1 atau 2 hari briefing, 1 minggu s/d 1 bulan sdh masuk ke projek dengan tenggat waktu dead line (garis mati =)))

- pindah kerjaan, buat usaha sendiri dll
- melepas keduniawian  _/\_

setiap masalah pasti memilik tantangan untuk diatasi/ditaklukkan/dikuasai, tergantung pada masing2 individu unt menyelesaikan masalah tsb:
- dg cara/solusi yang sama, yang sudah ada dari dulu/turun temurun, atau
- dg cara/solusi yang berbeda, sudut pandang yang berbeda (inilah batas daerah "nyaman" Anda dilampaui) untuk meraih tujuan yang sama ataupun berbeda.
Tentu saja liat sikon yah ...


tulisan diatas "idealis" banget tp praktek dilapangan blm tentu juga,
- ada yang mampu melangkah ke garis nyaman yang baru
- ada yang butuh waktu untuk adaptasi
- ada yang tidak mampu melewati garis nyaman yang sudah dimiliki (merasa takut, tdk kuat, ini saja sdh cukup dll)

kira2 sperti itu lah...
« Last Edit: 27 May 2012, 06:44:02 PM by Mas Tidar »
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Me, myself and S...
« Reply #51 on: 29 May 2012, 07:47:25 AM »
ehmmm... jadi intinya adalah jangan terikat dengan kebiasaan lama, coba lakukan terobosan baru.. ;D
iya yah, kalo terus menolak hal2 yang baru, bisa jadi tidak akan berkembang.
yang paling fatal kadang itu udah berpikir g bisa duluan, takut duluan om, bahkan sebelum mulai mencoba. ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Me, myself and S...
« Reply #52 on: 01 June 2012, 08:17:31 PM »

yah kira2 sperti itu ...

ehmmm... jadi intinya adalah jangan terikat dengan kebiasaan lama, coba lakukan terobosan baru.. ;D
iya yah, kalo terus menolak hal2 yang baru, bisa jadi tidak akan berkembang.
yang paling fatal kadang itu udah berpikir g bisa duluan, takut duluan om, bahkan sebelum mulai mencoba. ;D
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Me, myself and S...
« Reply #53 on: 14 July 2012, 01:25:38 PM »
Baru saja ditelp untuk menghadiri peresmian Sima diakhir bulan ini, 28 Juli.
sayang kesempatan belum bisa berkunjung ke Batam; p. Rempang, mudah2an kesempatan bisa terwujud dalam waktu y.a.d




 _/\_ sadhu 3x
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Me, myself and S...
« Reply #54 on: 29 August 2012, 01:27:35 AM »
beberapa waktu yang lalu, cek darah.
sudah lama ndak ditusuk jarum tubuh ini, mungkin ini sudah lebih dari 15 tahun,
apalagi ini cek darah berarti ini mengambil darah dilengan tangan, jarum bisa dilihat mata, barely eyed.

masuk ruang checkup, sambil nanya2 bayar berapa bayar dimana, hasilnya kapan jadi, kanan atau kiri, diambil berapa banyak (50 ml !!!) ;D.
Maksudnya sih buat ngulur waktu itu jarum masuk ke tubuhku :))
sebenernya bukan perasaan takut yang menghinggap ketika jarum itu masuk ke tubuh melainkan ujung jarum runcing itu yang bikin miris dan darah mengalir keluar ketabung-nya.

sempat dingin badan ini, "yah sudahlah, ini tidak akan lama dan segera berlalu", gumamku.
sambil melepas jaket dan melipatnya, sambil tanya lagi (untuk mengulur waktu): duduk dimana suster ? disini ?
setelah duduk dan lengan kami sandarkan pada sandaran tangan yang kurang landai.
Kami merasa sandaran terlalu tinggi dan sambil mencari posisi terbaik agar tangan tidak tertekuk, si suster sudah pamer ujung jarum yang runcing itu, hi.... miris.

setelah lengan bagian atas di-ikat, mulailah tragedi berdarah dimulai.
kupejamkan mata ini (ke-2-2-nya), rileks kan badan dari atas sampai bawah ~ scanning, rileks sampai benar2 rileks seperti orang sedang tidur.
setelah itu, hal yang dicari pertama kali adalah nafas, nafas, nafas. Anapana.
setelah menemukan nafas terletak disitu, inilah saatnya melihat nafas disitu, disitu, disitu. Karena benar2 rileks hanya sedikit rasa dari jarum itu masuk ke tubuh setelah itu tak terasa lagi dan kondisi yang mendominasi kondisi saat itu adalah nafas disitu, disitu, disitu.
Kondisi ini terjadi sampai selesai, saat perekat kapas direkatkan pada bekas luka ujung jarum.

setelah merasa ada suatu perekat direkatkan dan ikat lengan dilepas dalam kodisi mata masih tertutup, sebuah pertanyaan keluar: "sudah selesai yah sus ?"
dalam pikiranku: "koQ nggak kerasa yah ?" =)) "emang mau lagi ?" :))




 _/\_
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Me, myself and S...
« Reply #55 on: 29 August 2012, 09:47:16 AM »
tandanya harus sering2 donor darah.. ;D
gw kalau donor darah.. kadang terlalu nyaman.. bawaannya ngantuk pengen tidur :))
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: Me, myself and S...
« Reply #56 on: 29 August 2012, 02:35:15 PM »
tandanya harus sering2 donor darah.. ;D
gw kalau donor darah.. kadang terlalu nyaman.. bawaannya ngantuk pengen tidur :))
bukan tepar om? ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Me, myself and S...
« Reply #57 on: 29 August 2012, 03:34:00 PM »
bukan tepar om? ;D
nggak.. :)) karena udah sering donor..
pertama kali donor yang pusing banget pas di kampus.. disambut pula dengan ujian..
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline Rico Tsiau

  • Kebetulan terjoin ke DC
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.976
  • Reputasi: 117
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Me, myself and S...
« Reply #58 on: 29 August 2012, 03:36:42 PM »
nggak.. :)) karena udah sering donor..
pertama kali donor yang pusing banget pas di kampus.. disambut pula dengan ujian..

tau mau ujian malah donor darah, setelah habis ujian kek  :whistle:

Offline Mas Tidar

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.262
  • Reputasi: 82
  • Gender: Male
Re: Me, myself and S...
« Reply #59 on: 30 August 2012, 08:59:05 AM »

sudah lama kpengen donor darah tapi belum pernah kesampaian
bloodpressure rendah, 110/70 dan selalu menjadi pertimbangan ketika donor.

om Forte, normalnya blood pressure untuk donor darah berapa ?

tandanya harus sering2 donor darah.. ;D
gw kalau donor darah.. kadang terlalu nyaman.. bawaannya ngantuk pengen tidur :))
Saccena me samo natthi, Esa me saccaparamiti

"One who sees the Dhamma sees me. One who sees me sees the Dhamma." Buddha