//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK]Tumimbal Lahir?  (Read 18623 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline lim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 113
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
[ASK]Tumimbal Lahir?
« on: 07 July 2007, 03:03:37 PM »
Namo Buddhaya.

Bro n Sis ada yg bisa bantuh jelasin masalah Tumimbal Lahir?
Dalam proses tumimbal lahir itu yg berpindah apanya sih? Roh atau Jiwanya?




Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #1 on: 07 July 2007, 03:17:46 PM »
Namo Buddhaya.

Kalau tumimbal lahir itu bukan seperti reinkarnasi yang ada perpindahan entity atau inti/roh. Didalam Buddhisme memang tidak ada roh.

Dalam proses tumimbal lahir, itu seperti mengalir. Jadi dari kematian dan kelahiran itu kesadaran yang terus berubah-ubah itu berpindah.
Seperti api dari lilin yang dipindahkan ke lilin yang lain (bedanya lilin yg memindahkan itu tidak padam, kesadaran yg berpindah itu padam setelah berpindah). Api itu bukan api yang sama, juga bukan api yang berbeda. Api selalu berubah-ubah tapi api yang baru bukan berbeda karena merupakan aliran dari api yang sebelumnya.


Mohon bantuan rekan-rekan lain untuk menambahkan.
« Last Edit: 07 July 2007, 03:20:23 PM by Sumedho »
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #2 on: 07 July 2007, 04:52:05 PM »
Namo Buddhaya

Untuk lebih jelasnya, dapat dibaca di Good Question Good Answer, pengarang : S. Dhammika
Untuk belinya, coba lihat di Gramedia, jika sudah tidak ada, bila beli secara online di karaniya
http://www.karaniya.com

Sebagai sedikit bocoran, saya kutip dari bukunya :

Quote from: Good Question Good Answer hal. 54-55
Ajaran Buddha menawarkan penjelasan yang paling memuaskan mengenai pertanyaan di atas.
Ketika kita mati, kesadaran dengan seluruh kecenderungan, kemampuan dan karakteristiknya yang telah berkembang  dan terkondisi dalam kehidupan ini akan bertumimbal lahir dengan sendirinya ke dalam sel telur yang telah terbuahi.
Suatu individu terlahir kembali, tumbuh dan berkembang sebagai pribadi yang terkondisi oleh karakter mental bawaan dan oleh lingkungan fisik yang baru....

Bagaimana proses berpindahnya pikiran dari satu tubuh ke tubuh lainnya ?
Ibarat gelombang radio. Gelombang radio yang tidak terdiri dari kata-kata dan musik, merupakan energi dengan frekuensi yang berbeda2, yang dipancarkan menjalar melalui ruang,tertarik dan tertangkap olej mesin radio (penerima) yang kemudian diwujudkan kembali dalam bentuk siaran kata-kata dan musik.
Demikian pula halnya dengan pikiran, setelah kematian fisik, energi mental menjalar melalui ruang, tertarik dan tertangkap oleh sel telur yang terbuahi. Bersama tumbuhnya embrio, pikiran terpusat di otak dan akhirnya menyiarkan dirinya sebagai pribadi yang baru


Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline langitbiru

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 547
  • Reputasi: 23
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #3 on: 07 July 2007, 06:34:26 PM »
wah.. pas bener, di forum tetangga ada yg nanya soal tumimbal lahir :D

ngutip lagi dr samaggi-phala :
T : Jika tidak ada obyek batin yg kekal maka apakah yg dilahirkan pada paticca samupada? Kenapa org2 tertentu dapat melihat kelahiran yg lampau baik diri sendiri dan org lain? Padahal obyek inti batin itu lenyap tidak kekal.

J : Lahir batin suatu mahluk memang tidaklah kekal. Lahir batin selalu berubah SETIAP SAAT. Badan akan selalu bertambah usianya; perasaan, pikiran, ingatan dan kesadaran juga selalu berubah, berproses. Seseorang menjadi orang yang sama sekaligus berbeda dengan dirinya beberapa tahun sebelumnya. Ia memiliki kesamaan nama dan beberapa ciri lainnya, namun ia juga mempunyai perbedaan usia maupun cara berpikirnya. Ia telah berproses.
Hal ini dapat disamakan dengan sungai yang mengalir. Sungai itu walaupun masih bernama sama untuk waktu yang sangat lama, namun sungai itu selalu berubah setiap saat, air yang mengalir selalu berganti sepanjang waktu.
Ketika seseorang terlahirkan kembali, maka sesungguhnya ia bukan sama persis dengan dirinya di kehidupan yang sebelumnya, namun ia juga bukan orang yang berbeda sama sekali. Ia telah berproses. Kematian telah menjadikan fisik suatu mahluk di kehidupan yang sebelumnya menjadi rusak dan hancur, akan tetapi batin yang masih belum mencapai kesucian akan terkondisi untuk lahir kembali. Apabila batin tersebut telah terbebas dari ketamakan, kebencian dan kegelapan batin, maka ia sudah tidak akan terlahirkan kembali. Inilah salah satu bukti bahwa badan dan batin suatu mahluk tidaklah kekal.
Kemampuan seseorang untuk melihat kehidupan yang lampau baik untuk diri sendiri maupun orang lain bukanlah menjadi suatu tanda adanya kekekalan. Hal ini sama dengan orang yang memiliki kemampuan untuk mengingat beberapa kejadian pada dirinya dan keluarganya selama beberapa hari yang lalu. Ia mampu mengingat, namun ia sudah tidak akan mampu lagi untuk kembali ke waktu yang lalu. Ia juga bukan orang yang sama dengan ia yang waktu itu. Ia telah bertambah usianya. Ia telah berubah cara berpikirnya dan berbagai kualitas diri lainnya. Ia telah berproses, bukan menjadi orang yang sama persis, namun juga bukan menjadi orang yang berbeda total. Apabila kemampuan mengingat kejadian diwaktu yang kemarin itu dapat terus dikembangkan, maka ia akan memiliki kemampuan untuk mengingat kehidupan lampau. Akan tetapi, semuanya hanya terbatas pada ingatan, kenangan, bukan pada kenyataan. Padahal, ingatan juga bisa berubah, karena sekarang ingat, belum tentu pada di kemudian hari, ia masih ingat hal itu. Ia akan selalu berproses.
oni... kao titi bobo... gigi...

Offline tula

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 482
  • Reputasi: 24
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #4 on: 07 July 2007, 10:14:37 PM »
hehehehe ternyata disini jg ada seperti di forum tempur tetangga ^^' ...
hmmmmm tp kliatanya masi menjurus ke roh penjelasannya ....

Offline vozman

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 6
  • Reputasi: 0
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #5 on: 08 July 2007, 12:31:52 PM »
alo,tula huehehe
vlasheroz ni :p

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #6 on: 09 July 2007, 10:56:50 AM »
Forum tetangga??
Kayak Republik mimpi saja ada negara tetangga ;D ;D ;D.

regards.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #7 on: 09 July 2007, 01:11:21 PM »
dear Lim

menyambung pembicaraan beberapa rekan diatas, sebenarnya kita sendiri mengalami mati dan hidup trilyunan kali dalam 1 detik

jika yang anda sebut dengan tumimbal lahir adalah "mati" dalam arti padamnya jasmani ini, mungkin nanti lebih baik jika dibahas mengenai proses kematian, bagaimana???

cuma untuk bahas itu secara mendetail, kayanya ga bisa secara tulisan karena dapat menyebabkan kerancuan.....

jika anda berada di jakarta, mungkin kapan2 bisa bertemu secara langsung.......

Offline El Sol

  • Sebelumnya: El Sol
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.753
  • Reputasi: 6
  • Gender: Male
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #8 on: 09 July 2007, 03:17:08 PM »
Quote
Namo Buddhaya.

Kalau tumimbal lahir itu bukan seperti reinkarnasi yang ada perpindahan entity atau inti/roh. Didalam Buddhisme memang tidak ada roh.

Dalam proses tumimbal lahir, itu seperti mengalir. Jadi dari kematian dan kelahiran itu kesadaran yang terus berubah-ubah itu berpindah.
Seperti api dari lilin yang dipindahkan ke lilin yang lain (bedanya lilin yg memindahkan itu tidak padam, kesadaran yg berpindah itu padam setelah berpindah). Api itu bukan api yang sama, juga bukan api yang berbeda. Api selalu berubah-ubah tapi api yang baru bukan berbeda karena merupakan aliran dari api yang sebelumnya.


Mohon bantuan rekan-rekan lain untuk menambahkan.
Bang Admin...beneran tuh dalam agama Buddha tiada Roh? I mean bukankah kesadaran=roh? mohon pencerahannya...><" gw juga bingung kalo dalam hal2 sesudah kematian...

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #9 on: 09 July 2007, 03:50:17 PM »
wah panggilannya jgn bang admin donk. Kayak ditentara saja pakai jabatan.

Memang didalam buddhisme itu tidak dikenal dengan roh, ini dijelaskan dalam Tilakhana (3 corak umum) -> Anatta (tanpa aku).

Di paham Hindu dan agama tetangga, mengenal adanya Roh atau Aku/diri. Sedangkan di Buddhisme itu justru berlawanan, tidak ada aku/roh.

Orang biasa bilang kesadaran itu adalah sih roh itu tetapi sang Buddha menjelaskan bahwa kesadaran itu sendiri berubah-ubah terus jadi tidak ada yang bisa dipegang sebagai roh/aku. Maka itu Anatta atau Anatman.

Katanya juga ini adalah kenyataan yang paling sudah dilihat (dibanding anicca dan dukkha)

Singkat kata demikian. Untuk teman2x lain, mungkin bisa bantu dalam kata-kata atau bahasa yang berbeda lagi.
« Last Edit: 09 July 2007, 03:52:24 PM by Sumedho »
There is no place like 127.0.0.1

Offline Kalyanadhammo

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 114
  • Reputasi: 2
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #10 on: 09 July 2007, 04:01:54 PM »
dan kalau tidak salah di agama hindu reinkarnasi cuma di keluarga saja. Jadi nanti leluhur bisa jadi keponakan atau anak.

regards.

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #11 on: 10 July 2007, 09:17:31 AM »
secara harafiah, anatta dalam pernyataan "sabbe dhamma anatta".... bahwa semua semua yang berkondisi maupun tidak berkondisi adalah bukan aku, bukan diriku, tidak bisa dimiliki dan tanpa inti

jadi tidak semata tidak ada ATMAN
« Last Edit: 10 July 2007, 09:23:19 AM by markosprawira »

Offline lim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 113
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #12 on: 10 July 2007, 11:25:58 AM »
 [at] all thank dah di jawab
bener² butuh pemahaman yg mendalam lagi.. masih dangkal nich..  ;D

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #13 on: 10 July 2007, 11:31:12 AM »
Jangan ragu-ragu yah disini Bro Lim. Dengan senang hati akan dibantu
There is no place like 127.0.0.1

Offline lim

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 113
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
Re: [ASK]Tumimbal Lahir?
« Reply #14 on: 10 July 2007, 11:55:17 AM »
Bro Sumedho Terima kasih sekali untuk memberikan waktunya.. begitu byk pencerahan yg saya dapat dari Bro.. :)