//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: me my mine  (Read 122205 times)

0 Members and 2 Guests are viewing this topic.

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
me my mine
« on: 05 June 2011, 11:14:14 PM »
 _/\_ MAlam ini, ijinkanlah saya membuka sebuah  jurnal pribadi, yang semoga isinya masih berhubungan dengan topik buddhisme..  :)
Saya akan memulai dengan sebuah kutipan yang saya dapat dari www.karaniya.blogspot.com, yang isinya cukup menyentuh saya.

Ada hal untuk dikejar...
Ada hal untuk ditinggalkan.

Mengapa kita harus mengejar dan meninggalkan?
Untuk maju ke depan.

Bagaimana jika kita mengejar yang harus dikejar dan yang harus ditinggalkan?
Kita akan tetap berada di tempat kita sekarang.

Bagaimana jika kita tidak mengejar keduanya?
Kita akan tetap berada di tempat kita sekarang.

Bagaimana jika kita mengejar yang harus ditinggalkan?
Kita akan mundur ke belakang.


Ada hal untuk dikejar dan ada hal untuk ditinggalkan, ketahuilah kedua hal itu dan perlakukanlah sebagaimana seharusnya mereka diperlakukan.
Kejarlah yang patut dikejar
Dan
Tinggalkanlah yang mestinya ditinggalkan..

Sangat mudah menulis kalimat itu, namun saya pribadi terkadang sulit melaksanakannya.
Meninggalkan yang patut dikejar dan mengejar yang semestinya ditinggalkan adalah hal yang sering terjadi dalam kehidupan saya.  :-[
Lagi dan lagi, masih harus terus belajar..  :)
« Last Edit: 05 June 2011, 11:33:28 PM by hemayanti »
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: me my mine
« Reply #1 on: 05 June 2011, 11:28:33 PM »
Satu lagi, kutipan yang saya dapatkan di Facebook Gautam Buddha, yang setelah saya baca dan meminta om google untuk mengartikannya, ternyata adalah juga hal yang sering saya alami.

If one stays too long with friends
They will soon tire of him;
Living in such closeness leads to dislike and hate.
It is but human to expect and demand too much
When one dwells too long in companionship.


Rasa jenuh akan selalu menyertai sesuatu yang telah lama bersama dengan kita.
Membuat kita menjadi tidak menyukai ataupun membenci sesuatu itu.
Ini karena kita mengharapkan dan menuntut terlalu banyak.

Seiring hubungan yang dekat dan akrab, gesekan sering lebih mudah terjadi, apalagi jika disertai dengan rasa jenuh.
Persahabatan dan hubungan yang sangat akrab yang berlangsung dalam waktu yang lama, sering menghasilkan gesekan yang cukup kuat dibandingkan hubungan yang biasa2 saja.
Saya pernah mengalami ini 10tahun yang lalu, hubungan yang sangat dekat dan akrab dengan seorang teman akhirnya harus berakhir tak harmonis, dan sampai saat ini sepertinya masih tidak terlalu baik.  :(
Hal ini membuat saya sering takut dan trauma ketika suatu hubungan (persahabatan) telah tampak sangat dekat dan akrab, dan biasanya akan segera membuat sedikit pemisah untuk mencegah hal2 yang tidak saya inginkan.  :|
« Last Edit: 05 June 2011, 11:35:30 PM by hemayanti »
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline Sunyata

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.082
  • Reputasi: 52
Re: me my mine
« Reply #2 on: 06 June 2011, 12:23:28 AM »
bagus sih ceritanya :)
tapi kok artikelnya bajakan :-w
« Last Edit: 06 June 2011, 12:28:12 AM by Sunyata »

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: me my mine
« Reply #3 on: 06 June 2011, 12:36:04 AM »
Satu lagi, kutipan yang saya dapatkan di Facebook Gautam Buddha, yang setelah saya baca dan meminta om google untuk mengartikannya, ternyata adalah juga hal yang sering saya alami.

If one stays too long with friends
They will soon tire of him;
Living in such closeness leads to dislike and hate.
It is but human to expect and demand too much
When one dwells too long in companionship.


Rasa jenuh akan selalu menyertai sesuatu yang telah lama bersama dengan kita.
Membuat kita menjadi tidak menyukai ataupun membenci sesuatu itu.
Ini karena kita mengharapkan dan menuntut terlalu banyak.

Seiring hubungan yang dekat dan akrab, gesekan sering lebih mudah terjadi, apalagi jika disertai dengan rasa jenuh.
Persahabatan dan hubungan yang sangat akrab yang berlangsung dalam waktu yang lama, sering menghasilkan gesekan yang cukup kuat dibandingkan hubungan yang biasa2 saja.
Saya pernah mengalami ini 10tahun yang lalu, hubungan yang sangat dekat dan akrab dengan seorang teman akhirnya harus berakhir tak harmonis, dan sampai saat ini sepertinya masih tidak terlalu baik.  :(
Hal ini membuat saya sering takut dan trauma ketika suatu hubungan (persahabatan) telah tampak sangat dekat dan akrab, dan biasanya akan segera membuat sedikit pemisah untuk mencegah hal2 yang tidak saya inginkan.  :|

Cari sahabat dekat sebanyak-banyaknya. Jangan fokus pada satu-dua sahabat atau satu-dua komunitas saja. Ini caranya untuk meminimalisir resiko kehilangan sahabat karena terlalu dekat dengannya. ;)

Offline M14ka

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.821
  • Reputasi: 94
  • Gender: Female
  • Live your best life!! ^^
Re: me my mine
« Reply #4 on: 06 June 2011, 08:24:03 AM »
*Tag as favourite* ;)

Offline rooney

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.750
  • Reputasi: 47
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia...
Re: me my mine
« Reply #5 on: 06 June 2011, 08:32:17 AM »
Seiring hubungan yang dekat dan akrab, gesekan sering lebih mudah terjadi, apalagi jika disertai dengan rasa jenuh.
Persahabatan dan hubungan yang sangat akrab yang berlangsung dalam waktu yang lama, sering menghasilkan gesekan yang cukup kuat dibandingkan hubungan yang biasa2 saja.
Saya pernah mengalami ini 10tahun yang lalu, hubungan yang sangat dekat dan akrab dengan seorang teman akhirnya harus berakhir tak harmonis, dan sampai saat ini sepertinya masih tidak terlalu baik.  :(
Hal ini membuat saya sering takut dan trauma ketika suatu hubungan (persahabatan) telah tampak sangat dekat dan akrab, dan biasanya akan segera membuat sedikit pemisah untuk mencegah hal2 yang tidak saya inginkan.  :|

Ada masalah apa memangnya sampai berakhir dengan kurang baik ?  Cerita dong...  ;D

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: me my mine
« Reply #6 on: 06 June 2011, 08:35:12 AM »
"Perbuatan baik itu,.menjadi bermanfaat ketika berbuat baik,..menimbulkan kegembiraan, dan membuat kebahagiaan bagi yang menerima,..yang berbuat  baik juga bisa merasakan dan merasa puas, dan tampa ada rasa penyesalan apapun yang kita lakukan" sebaliknya perbuatan baik kurang bermanfaat jika kita melakukan perbuatan baik dan membuat kita merasa terbebani dan menimbulkan penyesalan, misalnya kita baksos dihari libur nasional tp bos kita menyuruh kita masuk, trus marah2 dg kita dan mau memecat kita karena membangkang perintah, sehingga kita berbuat baik menjadi penyesalan,..dan kepikiran, tapi pikiran org baik berpikiran sebaliknya, mungkin karma ikatan kerja dg si bos sdh habis, dan berterimakasih atas waktunya dan waktunya berbuat kebaikan utk orang lain menjadi lebih banyak, dan tetap semangat mencari pekerjaan yang baru/ penghasilan yang baru ^_^!!! dan ditempat yang baru ia akan selalu menjaga sikapnya seperti ini. :))
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline Wijayananda

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 532
  • Reputasi: 69
  • Gender: Male
  • Semua akan berlalu...
Re: me my mine
« Reply #7 on: 06 June 2011, 09:30:41 AM »
Me my mine→ ceritain dong ttg pandangan hdpnya atau kisah2 menarik dlm hidupnya :)

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: me my mine
« Reply #8 on: 06 June 2011, 12:01:12 PM »
bagus sih ceritanya :)
tapi kok artikelnya bajakan :-w
hehehhe...
wah, itukan tulisan yang menginspirasi saya om sunyata..
yang merah2 itu emang bajakan, tapi yang lainnya original kok..  ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: me my mine
« Reply #9 on: 06 June 2011, 12:02:24 PM »
Cari sahabat dekat sebanyak-banyaknya. Jangan fokus pada satu-dua sahabat atau satu-dua komunitas saja. Ini caranya untuk meminimalisir resiko kehilangan sahabat karena terlalu dekat dengannya. ;)
:jempol:
 _/\_ makasih om upasaka..  :D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: me my mine
« Reply #10 on: 06 June 2011, 12:05:41 PM »
*Tag as favourite* ;)
_/\_ makasih cc..  ;D

Ada masalah apa memangnya sampai berakhir dengan kurang baik ?  Cerita dong...  ;D
maap om rooney, saya tidak bisa menceritakan secara detail di forum ini..  :)
namun menurut saya itu hanyalah masalah sepele, yang seharusnya tidak berakhir tragis..  ;D
tapi itu juga salah saya kok..  :(
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: me my mine
« Reply #11 on: 06 June 2011, 12:26:42 PM »
"Perbuatan baik itu,.menjadi bermanfaat ketika berbuat baik,..menimbulkan kegembiraan, dan membuat kebahagiaan bagi yang menerima,..yang berbuat  baik juga bisa merasakan dan merasa puas, dan tampa ada rasa penyesalan apapun yang kita lakukan" sebaliknya perbuatan baik kurang bermanfaat jika kita melakukan perbuatan baik dan membuat kita merasa terbebani dan menimbulkan penyesalan, misalnya kita baksos dihari libur nasional tp bos kita menyuruh kita masuk, trus marah2 dg kita dan mau memecat kita karena membangkang perintah, sehingga kita berbuat baik menjadi penyesalan,..dan kepikiran, tapi pikiran org baik berpikiran sebaliknya, mungkin karma ikatan kerja dg si bos sdh habis, dan berterimakasih atas waktunya dan waktunya berbuat kebaikan utk orang lain menjadi lebih banyak, dan tetap semangat mencari pekerjaan yang baru/ penghasilan yang baru ^_^!!! dan ditempat yang baru ia akan selalu menjaga sikapnya seperti ini. :))
_/\_ makasih buat nasehatnya om kakao..  ;D


Me my mine→ ceritain dong ttg pandangan hdpnya atau kisah2 menarik dlm hidupnya :)
Pandangan hidup saya?
Apa ya om, sepertinya saya masih hidup dalam ketidakpastian dan belum menetapkan satu pandangan yang akan menjadi pedoman hingga akhir hidup saya.. hehhehe..  ;D
Tapi dimanapun dan kapanpun saya selalu menjunjung tinggi kejujuran, bagi saya tidak ada yang lebih penting selain berkata dan bersikap jujur.  :)
walaupun kejujuran tak selamanya berbuah manis, tapi itu jauh lebih baik bagi saya.  :D
Kisah2 menarik dalam hidup saya?
Apa yah om.. hehehehe.. saya bingung lagi..  ;D
Akan saya coba nanti..  _/\_
makasih om..
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: me my mine
« Reply #12 on: 06 June 2011, 12:30:32 PM »
Kisah2 menarik dalam hidup saya?
Apa yah om.. hehehehe.. saya bingung lagi..  ;D
Akan saya coba nanti..  _/\_
makasih om..

yang ditulis om wijaya kan pake 'atau' jadi ngak perlu diceritain juga ngakpapa nona hema :)).
tapi kalo mau cerita, saya juga pengen denger sih :P.

Offline kakao

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.197
  • Reputasi: 15
  • Gender: Male
  • life is never sure, but die is certain
Re: me my mine
« Reply #13 on: 06 June 2011, 12:32:03 PM »
menanti kisah  ;D :jempol: [-o<
"jika kau senang hati pegang jari, jika kau senang hati pegang jari dan masukan kehidungmu !!"
[img]http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/c/c3/Sailor_moon_ani.gif[img]

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: me my mine
« Reply #14 on: 06 June 2011, 01:38:48 PM »
Tulisan yang sederhana namun menginspirasi untuk terus maju dan berjuang di dalam rasa takut untuk mencapai sebuah impian dan akhirnya berkata "Aku Bisa".....
NOte yang posting oleh Mario Teguh (Kamis, 11 Maret 2010),, sory lupa judulnya..  ;D
Mengutip beberapa kalimat dalam note itu,, yang sangat berkesan dan membagikannya kepada orang lain dengan harapan mereka dapat mencapai apa yang mereka harapkan, untuk kehidupan yang lebih baik...
""" Seorang pemberani adalah juga jiwa yang penuh dengan ketakutan, tetapi yang memilih untuk melakukan yang harus dilakukannya.
Karena... dia yang disebut berani adalah pribadi yang justru melakukan yang ditakutinya.
Perhatikanlah... semua kehidupan yang biasa adalah kehidupan yang dibangun oleh orang-orang yang hanya bersedia melakukan sesuatu yang tidak membutuhkan keberanian, yang menghindari apapun yang menakutkan, dan yang memilih bagi diri mereka pekerjaan yang mudah-mudah saja.
Hanya orang yang tidak biasa, yang merasa gelisah di dalam kerata-rataan hidupnya.
Dan,, tidak ada orang hebat yang akan merasa damai dalam kehidupan yang kecil."""

Teruslah berjuang di dalam ketakutan,,, lihat dan hadapilah ia dengan berani...
Dan hiduplah lebih baik untuk diri sendiri dan orang lain..
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

 

anything