//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Boleh gak makan pecel lele?  (Read 6413 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Boleh gak makan pecel lele?
« on: 16 March 2008, 06:09:45 PM »
menurut Agama Buddha kan dibilang bahwa kita boleh makan hewan tapi ada 3 syarat yg harus dipenuhi :
1. Kita tidak melihat sewaktu hewan itu dibunuh.
2. Kita tidak mendengar sewaktu hewan itu dibunuh.
3. Hewan itu tidak dengan sengaja dibunuh untuk kita makan.

Jadi kalau kita makan lele di tukang pecel lele atau makan ikan mas, gurame, sepat, dll di Lembur Kuring, Sari Kuring, dan restoran sejenis apakah diperbolehkan atau tidak? Sekarang restoran2 memajang lobster hidup dan bila kita mau makan, lobster itu baru dibunuh.
Gimana menurut teman2.

Mohon petunjuk buat saya yang masih awam dan lugu :)
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #1 on: 16 March 2008, 06:48:32 PM »
3 peraturan tersebut mengenai daging yang boleh dimakan, yaitu binatang yang sudah mati, bukan memesan pembunuhan daging.

Dan peraturan tersebut berlaku untuk Sangha, yaitu Bhikkhu dan Bhikkhuni. Untuk umat awam mengenai 3 peraturan tersebut tidak diatur, tetapi menurut saya kalau mau dilakukan bagus juga.

Kalau kita memesan yang masih hidup, berarti kita yang memesan di bunuh = membunuh. Kalau kita memesan daging yang sudah mati, sih gak ada urusan, kecuali kalau mau mengikuti tiga aturan tersebut.
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #2 on: 16 March 2008, 06:54:30 PM »
3 peraturan tersebut mengenai daging yang boleh dimakan, yaitu binatang yang sudah mati, bukan memesan pembunuhan daging.

Dan peraturan tersebut berlaku untuk Sangha, yaitu Bhikkhu dan Bhikkhuni. Untuk umat awam mengenai 3 peraturan tersebut tidak diatur, tetapi menurut saya kalau mau dilakukan bagus juga.

Kalau kita memesan yang masih hidup, berarti kita yang memesan di bunuh = membunuh. Kalau kita memesan daging yang sudah mati, sih gak ada urusan, kecuali kalau mau mengikuti tiga aturan tersebut.
good2 this could be the answer for all questions regarding to vegetarian in buddhism...

for me, i don't have the appetite...  ^-^ ^-^

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.118
  • Reputasi: 128
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #3 on: 16 March 2008, 07:59:30 PM »
Gak.
trus seingat saya yg point 3 itu bukannya, ttg daging2 yang di curigai?? ada 10 jenis daging yg tidak boleh atau di curigai..
Samma Vayama

Offline Sunkmanitu Tanka Ob'waci

  • Sebelumnya: Karuna, Wolverine, gachapin
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.807
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
  • 会いたい。
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #4 on: 17 March 2008, 08:16:04 AM »
Yup, no 3. daging yang diketahui sengaja dibunuh untuk dimakan.

Saya cuma baca no.  1 dan 2  ;D

Mengenai daging yang tidak boleh dimakan: daging atau ikan mentah, daging manusia (alasannya jelas), gajah, kuda (binatang kerajaan), ular, singa, harimau, macan tutul, hyena, beruang, dan   macan kumbang (karena Bhikkhu sering di hutan, dan binatang2 tersebut bisa tahu temannya dimakan).
HANYA MENERIMA UCAPAN TERIMA KASIH DALAM BENTUK GRP
Fake friends are like shadows never around on your darkest days

Offline nyanadhana

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.903
  • Reputasi: 77
  • Gender: Male
  • Kebenaran melampaui batas persepsi agama...
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #5 on: 17 March 2008, 09:02:22 AM »
 _/\_ saya pernah ke restoran yang sedia seafood yang tinggal tunjuk ikannya trus langsung dibawa dari akuarium di belek dan jadi deh masakan seafood.
Ketika kita menunjuk hewan itu berarti kita mengkehendaki kematiannya,saya balikkan lagi jika hengki yang ada di akuarium :P dan saya menunjuk hengki untuk digoreng dan saya makan.Apakah anda akan dendam kesumat pada saya,toh hengki ga ada salah sama saya kenapa hengki harus digoreng untuk makanan saya??
Kedua,mengenai pecel lele....Lele termasuk dalam keluarga ular,(corect me if i'm wrong).Anda tahu ular punya berapa besar rasa dendam? kata orang kalau anda menyakiti ular sekalipun jangan harap bisa masuk ke hutan,anda akan disambit ama ular.sama seperti anda yang makan daging biawak,buaya,mungkin asu juga,karena mereka punya sense anda adalah musuhnya.
Well,berjalanlah tanpa cela,tanpa benci dan permusuhan.toh tidak ada makhluk siapapun yang suka dipajang di etalase,ditunjuk-tunjuk dan nyawanya melayang.  _/\_
Sadhana is nothing but where a disciplined one, the love, talks to one’s own soul. It is nothing but where one cleans his own mind.

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #6 on: 17 March 2008, 10:13:15 PM »
sekarang di daerah mangga besar banyak loh yang jual ular  hidup buat diminum darahnya atau dimakan dagingnya katanya buat obat kuat  :o
sadis benar manusia sekarang ini....pantas aja makin banyak aja bencana.

Memang benar katanya kalau orang yang pernah makan daging ular, maka kemungkinan besar bisa dipatuk oleh ular lain karena ular itu bisa tahu bahwa orang itu pernah makan daging ular. Emang beneran yah  ????
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline F.T

  • Sebelumnya: Felix Thioris, MarFel, Ocean Heart
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.135
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • • Save the Children & Join with - Kasih Dharma Peduli • We Care About Their Future • There Are Our Next Generation.
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #7 on: 17 March 2008, 11:02:26 PM »
Rakyat afrika biasanya makan ular, monyet, rusa, dan lain2 sebagainya ... malah di afrika selatan sangat terkenal rusa bakarnya di nikmati dengan segelas wine ...

Di china terkenal jenis makanan seperti sirip ikan hiu, penyu, bahkan binatang jenis serangga2 pun dapat di nikmati di kota beijing ...

Setiap negara punya ciri khas makanan masing2, yang unik2 tentunya ... kalau di indo uniknya justru mengekspor binatang2 tersebut ke negara2 lain untuk di jual dan kadang di jadikan makanan/ obat di negara tersebut, terutama china  ... :))

Mau tanya2 nih, jadi kalau binatang tersebut telah jadi "mayat" baru dapat di santap yah ? .. kalau di etalase restoran sea food terdapat hewan2 yang di lindungi oleh negara tapi sudah jadi "mayat" apa layak di santap juga ?? terkadang kita juga kurang mengetahui jenis hewan apa saja yang di lindungi ... :-?


« Last Edit: 17 March 2008, 11:05:39 PM by Felix Thioris »


Save the Children & Join With :
Kasih Dharma Peduli ~ Anak Asuh
May all Beings Be Happy


Contact Info : Kasihdharmapeduli [at] yahoo.com

Offline Lex Chan

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.437
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
  • Love everybody, not every body...
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #8 on: 18 March 2008, 03:23:32 AM »
sekarang di daerah mangga besar banyak loh yang jual ular  hidup buat diminum darahnya atau dimakan dagingnya katanya buat obat kuat  :o
sadis benar manusia sekarang ini....pantas aja makin banyak aja bencana.

Memang benar katanya kalau orang yang pernah makan daging ular, maka kemungkinan besar bisa dipatuk oleh ular lain karena ular itu bisa tahu bahwa orang itu pernah makan daging ular. Emang beneran yah  ????

Bukan sulap, bukan sihir. Logika yang bisa diterima adalah daging ular yang dimakan akan meninggalkan bau tertentu kepada si pemakan. Dan bau ini bisa dicium oleh ular lainnya. Nah kalau si ular mencium bau itu, mungkin dia bisa ngamuk..

Dari wikipedia:
Snakes use smell to track their prey. It smells by using its forked tongue to collect airborne particles then passing them to the Jacobson's organ or the Vomeronasal organ in the mouth for examination. The fork in the tongue gives the snake a sort of directional sense of smell and taste simultaneously. The snake keeps its tongue constantly in motion, sampling particles from the air, ground, and water analyzing the chemicals found and determining the presence of prey or predators in its local environment.
“Give the world the best you have and you may get hurt. Give the world your best anyway”
-Mother Teresa-

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #9 on: 18 March 2008, 08:24:33 PM »
lix,
di Afrika yang suka makan hewan2 yg gak umum dikonsumsi manusia seperti monyet, ular, dsbnya, malah di sana pula awal munculnya penyakit2 yang mengerikan seperti AIDS, Ebola, dan penyakit2 lain yang mematikan.

Mengenai hewan2 yang dilindungi dan sudah jadi mayat apakah layak disantap? Kalau memang kita tahu bahwa hewan itu dilindungi maka sebaiknya tidak kita santap karena kalau kita santap maka si penjual akan merasa dagangannya laku dan akan memesan lebih banyak lagi hewan langka itu.
Untuk sekedar diketahui bahwa untuk mengambil sirip ikan hiu yang katanya enak itu  :), pemburu ikan hiu hanya memotong sirip ikan hiu itu saja dan setelah siripnya dipotong maka ikan hiu itu dibuang ke laut begitu saja. Jadi hanya sekedar mendapatkan siripnya saja. Apa kita masih punya keinginan untuk mencicipi sirip ikan hiu?

Semoga bermanfaat
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #10 on: 19 March 2008, 09:58:03 PM »
Cerita mengenai anjing. Saya ada satu pengalaman nyata. Teman saya cerita bahwa dia dulu suka bunuh anjing dan makan dagingnya. Waktu dia main ke tempat saya, anjing saya tidak berhenti menggonggong dia dari dia datang sampai dia pulang, sepertinya anjing itu marah atau dendam sama teman saya.

Juga ada teman mama saya yang buka restoran pi o atau labi2. Tiap hari dia potong pi o bisa puluhan ekor. Kalau dia main ke tempat saya, pasti anjing saya itu akan menggonggong dia dari dia datang sampai dia pulang. Sampai saya heran, apakah anjing itu lihat sesuatu sampai dia begitu marah sama teman mama saya.
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #11 on: 19 March 2008, 10:28:38 PM »
Cerita mengenai anjing. Saya ada satu pengalaman nyata. Teman saya cerita bahwa dia dulu suka bunuh anjing dan makan dagingnya. Waktu dia main ke tempat saya, anjing saya tidak berhenti menggonggong dia dari dia datang sampai dia pulang, sepertinya anjing itu marah atau dendam sama teman saya.

Juga ada teman mama saya yang buka restoran pi o atau labi2. Tiap hari dia potong pi o bisa puluhan ekor. Kalau dia main ke tempat saya, pasti anjing saya itu akan menggonggong dia dari dia datang sampai dia pulang. Sampai saya heran, apakah anjing itu lihat sesuatu sampai dia begitu marah sama teman mama saya.

ko hengki untung gw dateng ke tempat loe.. kagak digalakin ama anjing loe yak  ^-^ ^-^

Offline hengki

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 741
  • Reputasi: 49
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #12 on: 19 March 2008, 10:30:51 PM »
waktu ente datang, anjingnya udah gak ada makanya loe gak digonggongin  :))
Anjingnya udah mati
Berbuat Baik dan Melatih Diri sebaiknya dilakukan sedari muda. Jangan menunggu sudah bungkuk, pikun, mata rabun, jalan pakai tongkat baru mau Berbuat Baik dan Melatih Diri

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #13 on: 19 March 2008, 10:32:42 PM »
waktu ente datang, anjingnya udah gak ada makanya loe gak digonggongin  :))
Anjingnya udah mati
hahhahahahhaaa.... inalilahi

Offline Dhammapada

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 142
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • Semangat Dalam Dhamma
Re: Boleh gak makan pecel lele?
« Reply #14 on: 30 September 2008, 08:01:25 AM »
hendra...gaya kayak orang muslim
“Jikalau Tuhan adalah penyebab dari semua yang terjadi, apalah gunanya usaha keras/pengorbanan manusia?”

[Asvaghosa, Buddha-carita 9, 53]

 

anything