//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian tidak disenangi orang ???  (Read 58508 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline WhoAmI

  • Teman
  • **
  • Posts: 72
  • Reputasi: -1
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #60 on: 13 August 2010, 09:27:54 AM »
ada alasan mengapa teman2 jarang kontak lagi sama kita yang vege; yang paling gampang adalah jika teman non vege ngajak kita pergi, pas mereka mau makan KFC, mereka jadi tdk enak hati sama kita yang vege, mereka jadi serba salah...
selain itu, yang vege sering bercerita pada yang non vege manfaat vege dan kerugian non vege; jadi teman2 non vege tentu merasa disalahkan pandangan hidupnya, akhirnya ya jadi menjauhlah mereka...

Offline Apui

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 41
  • Reputasi: 4
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #61 on: 14 August 2010, 01:32:38 AM »
 _/\_
 Bolehkah men copas dari website tetangga ttg vegetarian?
Kalo ga boleh ini websitenya:

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.117
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #62 on: 05 October 2010, 09:21:01 PM »
Jika dalam tradisi Theravada ( Aliran Buddhis Selatan) mengenal ada aturan yang melatih seseorang untuk  tidak makan lagi setelah Pukul 12.00 siang. Dalam aliran Mahayana ( Aliran Buddhis Utara) mengenal tata cara dan perenungan yang harus dilakukan saat makan.

sangat menarik (belum bisa mendengar(memutar) renungan  makan dari mahayana ini)

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #63 on: 16 July 2012, 07:04:55 PM »
Kenapa jadi vegetarian itu banyak tantangannya, salah satunya adalah tidak disenangi orang? banyak alasannya. Menjadi vegetarian itu sulit karena tidak boleh makan daging yang jelas jelas rasanya enak. Maka mayoritas orang tidak akan mau berpisah dengan kenikmatan ini. Memang sekarang banyak daging palsu yang tidak kalah enak. tapi masih mahal. Ada vegetarian yang terkesan terlalu 'memaksa' bahwa menjadi vegetarian itu jalan yang terbaik, orang orang yang tidak bersedia menjadi vegetarian tentunya akan merasa terintimidasi.

satu hal lagi, ketika kita menjadi vegetarian, dan pergi sama teman teman, masalah akan nambah yaitu ketika cari tempat makan teman teman kita secara otomatis dan sadar diri akan selalu memikirkan menu apa yang bisa kita makan, dan biasanya sangat terbatas. Nah ada beberapa vegetarian yang ketika diajak makan ke tempat2 tertentu langsung menolak karena memang menunya tidak sesuai, misalnya ke restoran junk food. kan tidak mungkin pesen burger tanpa mayo tanpa daging, apalagi yang ekstrim gak mau telur otomatis roti juga gak mau karena mengandung telur. cuma sayurannya aja. jadi salad dunk :p bukan hanya itu, ada yang rewel juga minyaknya gak mau bekas goreng daging, ini gak mungkin dilakukan di restoran cepat saji.  singkat kata ada vegetarian yang rese, sehingga orang orang malas hangout bareng karena tempat tempat yang bisa dikunjungi jadi sangat terbatas.

Yang berikutnya, banyak vegetarian yang berpropaganda bahwa menjadi vegetarian akan membuat seseorang lebih sabar dsb, tapi kenyataannya masih banyak juga vegetarian yang annoying, ini membuat banyak orang menjadi 'anti' sama vegetarian. Makanya jadi vegetarian itu susah, gak cuma gak makan hewan aja tapi lebih dari itu, gimana kita bisa tetap diterima di masyarakat. Pengorbanannya harus ekstra. Misal kalo temen temen mau makan di restoran A, ya walaupun gak ada menu yang bisa kita makan, kita cuma bisa ngikut aja. Susahnya kadang temen temen gak enak juga liat kita celingukan aja sementara yang lain makan. Nah sebelum anda menjadi vegetarian makanya harusnya pikirkan dulu udah siapkah dengan semua konsekuensinya?
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #64 on: 17 July 2012, 12:50:33 PM »
Bervegetarianlah secara bijak kalau tidak akan seperti agama tetangga,jadi haram dan halal lalu akhirnya dibikin lebelnya. Kalau mampu vege,tidak perlu pamer dan merasa surga di depan mata,karena banyak makhluk hidup yang mampu cuma makan rumput tanpa bumbu. Kalau tidak vege,tidak perlulah komentari mereka yang vege secara berlebihan,toh mau makan daging juga bukan hal yang mudah. Tidak melihat,mendengar dan meminta,ini bukan hal yang mudah dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau kita minta dibuatkan sup ayam,apakah masih boleh makan menurut aturan buddhist? Kalau kita ke restoran,minta lobster goreng,apakah masih bisa dimakan menurut aturan biddhist? kalau seseorang mau kerjain kita dengan aturan buddhist itu,maka dengan mudah dia kerjain kita sehingga tidak dapat makanan enak.Ini lobster panggang sengaja kupesan untukmu? apakah umat awam buddhist tidak pegang aturan buddhist ini?

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #65 on: 17 July 2012, 02:56:14 PM »
Bervegetarianlah secara bijak kalau tidak akan seperti agama tetangga,jadi haram dan halal lalu akhirnya dibikin lebelnya. Kalau mampu vege,tidak perlu pamer dan merasa surga di depan mata,karena banyak makhluk hidup yang mampu cuma makan rumput tanpa bumbu. Kalau tidak vege,tidak perlulah komentari mereka yang vege secara berlebihan,toh mau makan daging juga bukan hal yang mudah. Tidak melihat,mendengar dan meminta,ini bukan hal yang mudah dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau kita minta dibuatkan sup ayam,apakah masih boleh makan menurut aturan buddhist? Kalau kita ke restoran,minta lobster goreng,apakah masih bisa dimakan menurut aturan biddhist? kalau seseorang mau kerjain kita dengan aturan buddhist itu,maka dengan mudah dia kerjain kita sehingga tidak dapat makanan enak.Ini lobster panggang sengaja kupesan untukmu? apakah umat awam buddhist tidak pegang aturan buddhist ini?
Boleh2 saja.  Aturan di atas hanya untuk bhikkhu.  Umat perumah tangga tidak dilarang untuk melanggar sila  ;D
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #66 on: 17 July 2012, 03:40:58 PM »
Boleh2 saja.  Aturan di atas hanya untuk bhikkhu.  Umat perumah tangga tidak dilarang untuk melanggar sila  ;D
keknya umat awam juga termasuk..
coba kita pesan ayam hidup di pasar untuk dipotong??
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #67 on: 17 July 2012, 04:03:28 PM »
At Sanjiva. Dimana kamu dapatkan khohbat dari Sang Buddha yang mengatakan boleh-boleh saja untuk umat awam buddhist? Kalau begitu,silakan umat awam buddhist memotong makhluk hidup untuk dimakan karena tidak melanggar sila atau menyuruh secara tidak langsung untuk membunuh? Atau seorang teman baikmu mengundangmu ke rumahnya untuk makan besar dan waktu disediakan di atas meja lalu temanmu berkata"Tadi pagi kupotong seekor babi kecil untuk dipanngang khusus untukmu.MAKAN?

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #68 on: 17 July 2012, 04:40:24 PM »
At Sanjiva. Dimana kamu dapatkan khohbat dari Sang Buddha yang mengatakan boleh-boleh saja untuk umat awam buddhist? Kalau begitu,silakan umat awam buddhist memotong makhluk hidup untuk dimakan karena tidak melanggar sila atau menyuruh secara tidak langsung untuk membunuh? Atau seorang teman baikmu mengundangmu ke rumahnya untuk makan besar dan waktu disediakan di atas meja lalu temanmu berkata"Tadi pagi kupotong seekor babi kecil untuk dipanngang khusus untukmu.MAKAN?
Jangan esmosi dulu bro   ;D

Maksud gw, di Pancasila itu isinya 'saya bertekad melatih diri menghindari membunuh makhluk hidup, dst'  Jadi itu adalah latihan, bukan larangan.  Hanya saja Sang Buddha mejelaskan akibatnya kalau membunuh apa, kalau menjaga kehidupan dan melatih metta dapat apa.  Terserah pilihan manusia apakah mau menjalankan sila atau melanggarnya dengan konsekuensi masing2.

Kalau di 227 sila bhikkhu kan jelas2 itu larangan dan ada sanksinya kalau melanggar.

Itu yg gw maksudkan  8)   Semoga bisa dipahami.   _/\_
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #69 on: 17 July 2012, 04:41:51 PM »
keknya umat awam juga termasuk..
coba kita pesan ayam hidup di pasar untuk dipotong??
idem dgn jawaban gw utk senbudha  ;)
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #70 on: 17 July 2012, 04:44:04 PM »
yang jelas, sesuka sukanya gw ama babi panggang, kalo suru bunuh, atau itu babi dibunuh didepan gw dan gw harus makan dagingnya, mendingan mati kelaparan aja deh. Kalo misalnya diseluruh bumi udah gak ada yang mau bunuh hewan lagi untuk kita makan, gw akan beneran jadi vegetarian karena biar gimanapun gw gak akan tega bunuh, selapar apapun.

Gw gak mau munafik deh gw suka daging, tapi kalo urusannya harus bunuh sendiri, itu beneran gak ada dalam pilihan gw. Gw gak sesadis itu.
« Last Edit: 17 July 2012, 04:46:23 PM by wongfok »
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #71 on: 17 July 2012, 04:50:55 PM »
kalau pesan babi untuk dibunuh?? ;D
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline senbudha

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 209
  • Reputasi: 2
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #72 on: 17 July 2012, 04:51:50 PM »
Itulah sebabnya,tidak akan ada negeri buddhist murni (ekonomi daging tidak berjalan tapi mungkin banyak orang baik karena terpaksa oleh negara atau raja he.he),tapi kalau negeri mo3l3m murni,kr15t3n murni,konghucu murni,dll itu bisa terjadi. Dulu di Bhutan saja katanya harus menunggu binatang mati secara alami atau binatang yang telah ditinggalkan pemangsanya,baru boleh dikonsumsi,tapi  sepertinya sekarang aturan ini tidak berlaku lagi?

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #73 on: 17 July 2012, 04:56:57 PM »
...... Atau seorang teman baikmu mengundangmu ke rumahnya untuk makan besar dan waktu disediakan di atas meja lalu temanmu berkata"Tadi pagi kupotong seekor babi kecil untuk dipanngang khusus untukmu.MAKAN?
akibatnya apa ya kalau makan?
kalau ga makan akibatnya apa juga?
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline wongfok

  • Teman
  • **
  • Posts: 77
  • Reputasi: 0
  • Semoga semua mahluk berbahagia ya....
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #74 on: 17 July 2012, 05:27:42 PM »
akibatnya apa ya kalau makan?
kalau ga makan akibatnya apa juga?

kalau makan enak dan kenyang

kalau tidak makan, tidak kenyang

hahaha....lebih lengkapnya kayak gini

kalau makan sambil bayangin babi kecil yang lucu dibunuh dengan cara yang sadis, terus dibakar, apalagi si babi kecil gak dimutilasi dulu, alias masih berbentuk babi kemungkinan ada 3:

orang tipe1: cuek aja makan karena enak
orang tipe2: haduuuu gimana ya..kasian juga sih...tapi ya akhirnya makan juga tapi kenikmatannya berkurang karena campur rasa gak jelas (gw pernah ngalamin ini makan ayam yang masih berbentuk ayam)
orang tipe3: setelah dibayangin kejadiannya, kasiaaannnnn..... gak tega dan biarpun dibilang enak sama temennya, tapi rasanya udah kebayang gak karuan jadi gak makan.
ntar ya kalo dah kepikir diupdate siggynya

 

anything