//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian tidak disenangi orang ???  (Read 57386 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #15 on: 24 September 2009, 11:36:39 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

bro Hendra Susanto,
maksudnya di hajar orangnya atau makanannya ?
atau KEDUA-DUANYA ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #16 on: 24 September 2009, 11:37:57 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

Sadis ...!! :hammer:

sadisnya dimana ya??

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #17 on: 24 September 2009, 11:39:02 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

bro Hendra Susanto,
maksudnya di hajar orangnya atau makanannya ?
atau KEDUA-DUANYA ?

makananya donk...

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #18 on: 24 September 2009, 11:39:42 AM »
apakah vegetarian mereportkan orang rumah
(bila menu org rumah kebanyakan daging?)

bagaimana kalau kecipratan minyak babi gitu?
bagaimana kalau kebaukan bau babi ?

kalau oester saus boleh ?


Teman gw juga vegetarian,
tapi dendeng sapi, dendeng babi dia mau... terutama
yg dari singapore
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #19 on: 24 September 2009, 11:45:09 AM »
Bagaimana vegetarian yg memakan sayur dari hidangan berdaging (sapi, ayam, n babi) ?

Maksudnya kalau masak cap cai dgn udang yg wangi, daging babi. Tetapi vegetarian ini hanya menyumpit sayurnya saja. Tidak masalah dgn cipratan daging2......

vegetarian ini termasuk vegetarian apaya ?

gw rasa ini lebih canggih lho! (vegetarian gak rewel punya)

gimana menurut yg lain ?
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #20 on: 24 September 2009, 11:59:46 AM »
ikutan nimbrung pengalaman vegetarian dech......

dulu smu pernah nyoba vege... tapi setelah kena demam berdarah.. yah udah deh gak lanjut vege lagi.....

padahal gak ada hubungannya vege dengan demam bedarah kalee :hammer:

ada risih juga sih.. soalnya waktu makan2 sama orang, pasti deh ada yg nyeletuk..."Vege yah?" terus nanyain "karena prinsip atau kesehatan?"

dan untuk makanan yah.. ribet juga... karena sekeluarga cuman ogut doank yg vege waktu itu, yah mama juga repot masaknya..

sekarang sih dah enggak vege lagi ;D apa ajah juga dihajar...
i'm just a mammal with troubled soul



Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #21 on: 24 September 2009, 12:04:37 PM »
Bagaimana vegetarian yg memakan sayur dari hidangan berdaging (sapi, ayam, n babi) ?

Maksudnya kalau masak cap cai dgn udang yg wangi, daging babi. Tetapi vegetarian ini hanya menyumpit sayurnya saja. Tidak masalah dgn cipratan daging2......

vegetarian ini termasuk vegetarian apaya ?

gw rasa ini lebih canggih lho! (vegetarian gak rewel punya)

gimana menurut yg lain ?


Pada dasarnya vegetarian ada 3 jenis :

1. vegan = hanya makanan yg dari tumbuhan saja dan biji2an serta buah2an saja tidak minum susu sapi atau susu hewani

2. Lacto vegan = no.1 + boleh minum susu sapi

3. Ovo lacto vegan = 1+2+ Telur

Nah pada umumnya kalau orang vegetarian karena alasan agama yg dihubungkan dengan kesucian maka sayur yg terkena daging2an entah minyaknya atau unsur hewani lainnya dalam sayur itu, mereka tidak akan makan.

Tetapi jika karena faktor kesehatan atau kebiasaan maka hal2 diatas diabaikan yg penting makan sayurnya..

Jadi kembali kepada si vegetaris itu sendiri maunya gimana..

« Last Edit: 24 September 2009, 12:08:19 PM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #22 on: 24 September 2009, 12:19:54 PM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

Sadis ...!! :hammer:

sadisnya dimana ya??

gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

bro Hendra Susanto,
maksudnya di hajar orangnya atau makanannya ?
atau KEDUA-DUANYA ?

makananya donk...

Ohh...kiraen hajar orangya..  ;D  ^:)^ ^:)^

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #23 on: 24 September 2009, 01:14:19 PM »
kemarin teman saya bilang dia kenal satu orang 100% vegetarian, tapi kena stroke. padahal juga masih muda.

dia bilang gak jamin, yg lebih penting pikirannya.

apakah benar 100% vegetarian bisa kena stroke ?

mohon masukannya
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #24 on: 24 September 2009, 01:33:18 PM »
kemarin teman saya bilang dia kenal satu orang 100% vegetarian, tapi kena stroke. padahal juga masih muda.

dia bilang gak jamin, yg lebih penting pikirannya.

apakah benar 100% vegetarian bisa kena stroke ?

mohon masukannya

Tidak perlu vegetarian 100% saja juga bisa kena stroke, kanker saja juga bisa. Memang pikiran dan asupan gizi makanan harus seimbang.

Oleh karena itu selain pikiran dijaga, kita harus tau diri tentang apa yg diperlukan oleh tubuh. Bukan asal enak dan asal kenyang. ;D

Biasanya kalau untuk stroke dan kanker, tingkat resiko terkena penyakit itu lebih besar bagi yang banyak mengkonsumsi daging  dibandingkan yang vegetarian tetapi bukan berarti seorang vegetarian bebas dari segala penyakit, masih banyak faktor lain yg mempengaruhinya.

Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Elin

  • DhammaCitta Press
  • KalyanaMitta
  • *
  • Posts: 4.377
  • Reputasi: 222
  • Gender: Female
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #25 on: 24 September 2009, 02:21:25 PM »
Pada saat itu saya share pengalaman saya dgn bbrp teman dekat mengenai issue makan daging.
Saya ngak suruh mereka jadi vegetarian lohhh, tapi menghimbau mereka utk lebih banyak makan sayuran karena lebih sehat.
Tapi kok saya merasakan adanya "permusuhan"   setelah saya bahas masalah ini yach.  Dlm pembahasan itu juga muncul suara2 "miring" yg seolah2 tidak bisa menerima hal tsb.

lho kok bisa gitu ya?
hehehe.. mungkin cara penyampaian yang kurang bisa diterima oleh orang sekitar mu.
mereka merasa gaya hidup nya dipaksa mjd vege juga

Dulu Elin pernah kok vege bbrp bulan, tapi agak ada satupun org yg jauhin
Justru mereka pada bingung, kok bisa sih kuat ga makan daging? gmn cara nya? gak ngiler?
Elin jawab bisa lah, kan uda niat. Gak ngiler donk, kalo ngiler itu namanya gak niat vege.
selain itu Elin ga kasih nasehat / ajakan yg memaksa untuk mengkonsumsi makanan vege.
Kalo mereka mau coba, yaa bisa tambah pengalaman makanan vege. tapi kalo ga mau coba gpp sih.
Kalo sekedar menawarkan makan di restoran vege sih iya, tapi kalo tuh org menolak krn takut gak doyan, ya udah.. Elin ga tanya lagi.

Malahan kalo lagi jalan bareng, ada bbrp temen merasa gak enak kalo mau makan makanan hewani (krn Elin ga makan itu).
But I said "Its ok.. makan aja lah, Elin cari gado2 / ketoprak"
atau biasanya kalo mau pergi lama hampir seharian, Elin uda siapin makanan alternatif saat jam makan (misalnya : sebelum berangkat, uda masak dulu / praktisnya beli roti), just in case ga ada makanan non hewani disana.

Jadi saat jam makan tiba, Elin ga repot cari makanan.
Gak enak juga ama temen kalo mereka jadi repot cariin makan utk Elin.
laaah malah saling merasa gak enak.. Elin ga enak krn mereka repot cariin makanan vege sedangkan mereka gak enak krn Elin ga makan apa yg uda disajikan (krn merka ga tau Elin lg vege).. :))
Elin sedih kalo bikin org lain repot mikirin gimana caranya Elin makan. Elin gak mau begitu...

Yang vege kan Elin doank, mereka engga. Dan itu kemauan Elin sendiri, bukan suruhan mereka.
Jalan bareng kan pengen nya sama2 enak donk, intinya mereka makan & Elin juga makan.
Dengan begitu mereka akan nyaman utk ajak Elin pergi lagi, gak punya beban krn Elin blm makan sedangkan mereka uda makan.

Saran Elin, ga usah terlalu banyak kasih pengertian ke mereka betapa penting nya konsumsi sayur2an.
Mereka juga pasti tau lah, kalo sayuran itu menyehatkan.
Saat mereka melihat kita enjoy mjd vegetarian (hidup bahagia, tidak terbeban krn ga bs makan daging, tidak kesulitan bertele2 utk cari makanan, jadi lbh penyabar, muka terlihat lbh fresh, gak loyo krn lemes, dll) pasti ada salah satu dari mereka yg mau coba jadi vegetarian..
Itu uda Elin buktikan lho, bbrp org dilingkungan Elin jadi tertarik mau vege. Seinget Elin keknya ada 4 org :)

Met dicoba yaaa _/\_
« Last Edit: 24 September 2009, 02:27:02 PM by Elin »

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #26 on: 24 September 2009, 05:00:49 PM »
kemarin teman saya bilang dia kenal satu orang 100% vegetarian, tapi kena stroke. padahal juga masih muda.

dia bilang gak jamin, yg lebih penting pikirannya.

apakah benar 100% vegetarian bisa kena stroke ?

mohon masukannya

Saudara Johan yang baik,

Saya ada saudara yang dari umur lima tahun sudah mulai vegetarian, secara alami dia memang tidak menyukai daging, sepanjang hayatnya ia vegetarian, umur 52 tahun ia terkena stroke. Jadi berdasarkan pengalaman itu saya beranggapan bahwa vegetarian tidak merupakan jaminan hidup lebih sehat.

Menurut dunia kedokteran penyebab penebalan arteri bukan disebabkan oleh makan daging tapi disebabkan oleh mengkonsumsi lemak yang berlebihan.

Menurut para ahli, lemak yang berasal dari ikan laut dalam bagus untuk kesehatan.

Lantas apa yang sebenarnya menjadi penyebab stroke dan serangan jantung? Menurut saya pikiranlah yang menjadi penyebab mengapa seseorang yang vegetarian juga bisa kena stroke.

Bila kita lihat para bhikkhu yang menjalankan hidup teratur dan menenangkan batinnya dengan meditasi biasanya harapan hidupnya juga lebih panjang walaupun tidak vegetarian.

Menurut pendapat saya bukan hanya apa yang kita makan berpengaruh terhadap kesehatan, tetapi gaya hidup sehat dan yang tak kalah pentingnya adalah "moderation in eating" (makan secukupnya / tak berlebihan)

sukhi hotu
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #27 on: 24 September 2009, 05:13:49 PM »
Menyambung postingan di atas.. for reminding.. bahwa dari karbohidrat itu sendiri dapat dirombak juga menjadi lemak

Dari sini akan saya jelaskan pengaruh meditasi ditinjau dari sudut ilmiah.

Seperti yang kita tahu bahwa tubuh kita ini juga diatur oleh Sistem Saraf Perifer yang terdiri dari sistem saraf simpatis dan saraf parasimpatis. Dan ada 2 hormon yang berkaitan dengan pengaturan gula darah, yaitu hormon insulin yang mengubah glucose menjadi glicogen, dan hormon glucagon yang merupakan antagonis dari insulin.

Pada saat keadaan stress, maka tubuh akan lebih banyak berperan sistem saraf simpatis, makanya yang terjadi adalah pengeluaran neurotransmitter ephinefrin dan nor ephinefrin lebih banyak. Dan akibat pengeluaran neurotransmitter ini, maka hormon glucagon lebih banyak dikeluarkan sehingga menyebabkan peningkatkan gula darah akibat perombakan dari glicogen menjadi glucose.

Dengan meditasi, maka keadaan stress dapat dikurangi, secara logika maka kerja saraf simpatis juga dikurangi, maka gula darah yang dihasilkan dari perombakan glikogen juga lebih sedikit dibanding saat stress.

Semoga bermanfaat
Selain itu yang lupa diuraikan, diabetes dekat kaitannya dengan penyakit jantung. Karena kelebihan gula darah akan dirombak juga menjadi lemak. Lemak2 yang ada akan menempel di dinding pembuluh darah dengan bantuan ion Ca++
Sehingga menyebabkan ruang pembuluh tempat aliran darah menjadi lebih sempit. Fenomena ini dikenal dengan Arterosklerosis yang akan menyebabkan tingginya tekanan darah dan dapat memicu terjadinya stroke.

Intinya :
1. Makanlah secukupnya dan tidak berlebihan karena apa pun makanan yang berlebihan akan dirombak untuk disimpan dalam bentuk lemak.
2. Sucikan pikiran, tidak gampang terbawa stress.

2 point di atas ada dalam ajaran Buddhism..
Selamat praktek ;D
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #28 on: 24 September 2009, 05:46:53 PM »
Quote
fabian c

Menurut dunia kedokteran penyebab penebalan arteri bukan disebabkan oleh makan daging tapi disebabkan oleh mengkonsumsi lemak yang berlebihan.

thanks bro fabian c,
dan juga kalifikasi bro Forte,

kelebihan makanan (karbohidrat) dirubah menjadi cadangan makanan (lemak).
Dan kelebihan lemak ini lama-kelamaan yg membuat penebalan arteri
serta akhirnya menimbulkan stroke.

Apakah 100% vegetarian juga menghasilkan koresterol "jahat" ?

thanks atas infonya!.... (sucikan pikiran....sucikan pikiran)
 _/\_ :x
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #29 on: 24 September 2009, 06:27:47 PM »
Apakah 100% vegetarian juga menghasilkan koresterol "jahat" ?

thanks atas infonya!.... (sucikan pikiran....sucikan pikiran)
 _/\_ :x

absolutely.. YES.
Selagi manusia itu masih tergolong mamals dan menghasilkan hormon, maka manusia terus memproduksi kolesterol
Jadi jika ada yang mengatakan tubuhnya bebas kolesterol, perlu ditanyakan spesiesnya..
 
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl