//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Vegetarian tidak disenangi orang ???  (Read 57397 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline WhiteTara2009

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 18
  • Reputasi: 1
Vegetarian tidak disenangi orang ???
« on: 24 September 2009, 04:17:11 AM »
Saya cuma pengen bertanya pengalaman kalian menjadi vegetarian.
Saya sudah 4 bulan menjadi vegetarian setelah menonton film "Earthlings"  yg membuat saya terharu.
Pada saat itu saya share pengalaman saya dgn bbrp teman dekat mengenai issue makan daging.
Saya ngak suruh mereka jadi vegetarian lohhh, tapi menghimbau mereka utk lebih banyak makan sayuran karena lebih sehat.
Tapi kok saya merasakan adanya "permusuhan"   setelah saya bahas masalah ini yach.  Dlm pembahasan itu juga muncul suara2 "miring" yg seolah2 tidak bisa menerima hal tsb.
Saya rasakan demikian karena mendadak teman2 tsb spt  mendadak jarang contact, dll.

Pada saat orang lain (saudara2 sendiri spt sepupu, dll ) juga mengetahui bahwa saya menjadi vegetarian.  Mereka juga rata2 seperti memperlakukan saya spt seorang "Mahkluk aneh", terlihat dari cara mereka memandang saya.

Apakah kalian juga merasakan hal spt itu ?

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #1 on: 24 September 2009, 06:35:52 AM »
susah sih kalau sudah masuk domain orang lain. lebih baik kita jalankan aja sendiri, jika mereka tanya baru kita jelaskan dengna baik dan jangan kita "atur" orang tetang makanannnya. tidak semua orang suka dihimbau :)

kalau beda sendiri dari yang ada memang sulit, tapi hal itu wajar karena seperti warna merah diantar warna putih. :)
There is no place like 127.0.0.1

Offline antidote

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 249
  • Reputasi: 25
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #2 on: 24 September 2009, 06:38:34 AM »
gw engga vegetarian sih , terhadap orang yang vegetarian gw juga ga ada masalah

santai aja

lanjutkan hehe..
NOW

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #3 on: 24 September 2009, 06:41:34 AM »
Perseteruan antara kaum vege dan non vege dikarenakan kadang kala ada beberapa kaum vege merasa dirinya "lebih suci" dan menggurui. Hal ini yang menyebabkan muncul ketidaknyamanan. Saya kurang tahu apa yang terjadi dengan bro dengan family. Namun saran saya, jika mereka belum bisa menerima mengenai vegetarian, tidak perlu dipaksa dan tidak perlu pula membawa topik vegetarian dalam kehidupan sehari2, kecuali kalau mereka bertanya..

Vegetarian memang bagus, namun saya sering juga menekankan ke vegetarian yang fanatik, bervegetarian menyucikan mulut dan pencernaan, namun tidak menyucikan hati dan pikiran, apa gunanya ?

Akan tetapi perseteruan ini tidak selalu terjadi, contoh dengan para Bhante. Mengapa ? Karena mereka tidak fanatik dan menganggap mereka lebih suci. :)

Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #4 on: 24 September 2009, 08:52:55 AM »
Saya cuma pengen bertanya pengalaman kalian menjadi vegetarian.
Saya sudah 4 bulan menjadi vegetarian setelah menonton film "Earthlings"  yg membuat saya terharu.
Pada saat itu saya share pengalaman saya dgn bbrp teman dekat mengenai issue makan daging.
Saya ngak suruh mereka jadi vegetarian lohhh, tapi menghimbau mereka utk lebih banyak makan sayuran karena lebih sehat.
Tapi kok saya merasakan adanya "permusuhan"   setelah saya bahas masalah ini yach.  Dlm pembahasan itu juga muncul suara2 "miring" yg seolah2 tidak bisa menerima hal tsb.
Saya rasakan demikian karena mendadak teman2 tsb spt  mendadak jarang contact, dll.

Pada saat orang lain (saudara2 sendiri spt sepupu, dll ) juga mengetahui bahwa saya menjadi vegetarian.  Mereka juga rata2 seperti memperlakukan saya spt seorang "Mahkluk aneh", terlihat dari cara mereka memandang saya.

Apakah kalian juga merasakan hal spt itu ?

Menurut saya sih sewaktu bro menjelaskannya
terlalu mengebu-gebu (berapi-api), over dosis...

sehingga mereka melihat bro sudah berubah menjadi
orang yg lain dari kelompok mereka (mungkin mereka kaget gitu).

lebih baik pinjam aja film tsb pada mereka.

lebih baik menjelaskan vegetarian sesuai pandangan mereka
(mungkin lebih hemat, lebih sehat, atau gimana.
 jadi jangan kebanyakan dari versi anda) Juga bisa berikan
pertanyaan pancingan spt... bagaimana menurut mereka
terhadap orang yg vegetarian.....

sulit membuat semua orang senang. menurut bro itu baik
utk anda dan memiliki kebajikan, ya lakukan aja...
gak usah terlalu menjelaskan, yg penting dimana mereka
bro menjadi orang yg lebih baik dari dulu......

action is stronger than words.
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #5 on: 24 September 2009, 08:54:01 AM »
Senada dgn bro forte...
Versus praktisi vege dengan non vege biasanya terjadi karena adanya pernyataan vege lebih mengibarkan bendera cinta kasih ke semua makhluk.
Sebenarnya jika beneran pengen vege...yah mulai saja dari diri sendiri.. jgn mempengaruhi orang lain.

JW bukan praktisi vege..., namun doyan masakan vege alami (bukan daging palsu) dari mama  :x :x :x
Dan ada beberapa teman praktisi vege. Tapi mereka tidak pernah mengusung bendera cinta kasih dalam menjalankan vege. Yahh..mungkin mereka jadi vege karna saran dokter untuk menekan kolestrol mereka.. dan mungkin juga karna lifestyle.

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.553
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #6 on: 24 September 2009, 08:57:21 AM »
Bagaimana pandangan saya bagi mereka yg vetarian ?

ya menghargain aja pilihan mereka.

tapi kalau ada kesan "memamerkan udah berapa tahun vege..."
nah itu yg kurang baik.......

vegetarian itu baik, menurut saya
ucapan, pikiran dan tindakan yg baik
  nilainya lebih dari vegetarian
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #7 on: 24 September 2009, 09:44:58 AM »
Senada dgn bro forte...
Versus praktisi vege dengan non vege biasanya terjadi karena adanya pernyataan vege lebih mengibarkan bendera cinta kasih ke semua makhluk.
Sebenarnya jika beneran pengen vege...yah mulai saja dari diri sendiri.. jgn mempengaruhi orang lain.

JW bukan praktisi vege..., namun doyan masakan vege alami (bukan daging palsu) dari mama  :x :x :x
Dan ada beberapa teman praktisi vege. Tapi mereka tidak pernah mengusung bendera cinta kasih dalam menjalankan vege. Yahh..mungkin mereka jadi vege karna saran dokter untuk menekan kolestrol mereka.. dan mungkin juga karna lifestyle.

Yeah.. ada beberapa teman saya vege, and so far so good gitu.. saya tidak keberatan jika ketika makan bareng, mereka minta saya ikut mereka makan di resto vege.. it's no problem..
bagi saya gak aneh.. cuma yang mengesalkan jika ada oknum vege mulai berkoar2 jika saya tidak menanyakan pentingnya vege.. Hiduplah seperti biasa.. maka akan diperlakukan seperti biasa juga.. Di forum ini juga, sering terjadi perseteruan antara agama K dan B, karena adanya oknum agama K yang menyebarkan agama tanpa diminta.. Di sisi kehidupan lain, kadang kala kita begitu kesal kepada sales kartu kredit yang mati2an menelepon kita untuk menawarkan kartu kredit.

Mengapa ?
Jawabannya cuma 1 : Walau produk kartu kredit bagus, walau produk agama sebelah bagus, walau vegetarian bagus, namun kalau kita tidak interest, jangan dibicarakan jika tidak diminta. Kalau melanggar rule ini, akibatnya akan dijauhi dan merasa aneh sendiri.
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #8 on: 24 September 2009, 09:51:01 AM »
kalo ogut rasa, mereka bukan merasa aneh deh... tapi mereka kagum kali sama niat dan usaha ente...
i'm just a mammal with troubled soul



Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #9 on: 24 September 2009, 09:56:27 AM »
Kalau kita vegetarian jalankan saja sendiri dengan pengertian yg benar. Kalau ditanya mengapa, baru dijelaskan.. Memang kadangkala orang2 yg kolot dan berpikiran sempit menganggap orang yg vegetarian 'aneh' dsb..khususnya dilingkungan keluarga. Tetapi dan yang paling penting kita tidak perlu pusing dengan apa yg dikatakan mereka.

Hal yg sering terjadi pula adalah orang yang vegetarian sering sok menggurui juga, ini menjadi masalah yg makin runyam.

Biasanya kalo ada orang yg mencibir saya dan kadangkala hal itu terjadi. Saya hanya tersenyum dan EGP.

Pernah ada dalam suatu kumpulan agama lain, bertanya macam2 dan saya tau pertanyaan itu hanya untuk konsumsi perdebatan yg tidak ada habisnya.. dan bahkan menyuruh mencoba memakan daging itu..saya hanya bilang "uda dari sononya vege" ^-^ Kadangkala saya tanya balik, kalo 'kamu suruh saya makan daging kembali seperti dulu, kenapa kamu tidak mencoba sebaliknya.." Tentunya kalau diteruskan yang ada perdebatan tidak ada habisnya..

Menurut saya pribadi vegetarian adalah baik, tidak vege juga baik selama semua menu itu seimbang. Tetapi kalau sudah mulai berumur khususnya 40 tahun ke atas atau ada penyakit2 tertentu misal jantung, kolestrol, darah tinggi dan kanker maka mengurangi konsumsi daging sangat diperlukan.

Dan khususnya juga para meditator yg intensif mengurangi makan daging dan makanan tertentu lainnya akan membantu untuk berkonsentrasi. Saya ambil contoh: saat anda retreat diberi makan daging kambing, apalagi dibuat sate..nah coba anda bermeditasi apalagi masih pemula...pasti akan gelisah, tapi ini bukan kaitannya dengan kesucian tetapi lebih kepada proses pencernaan, peredaran darah atau proses jasmani terhadap makanan yg membuat kita tidak nyaman saat bermeditasi. Kalau sudah tidak nyaman sedikit banyak mempengaruhi konsentrasi. Tentunya makanan ini hanya salah satu faktor yg mempengaruhi dan bukan secara keseluruhan dalam hal konsentrasi.
 _/\_
« Last Edit: 24 September 2009, 10:01:28 AM by bond »
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

Offline Hendra Susanto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.198
  • Reputasi: 205
  • Gender: Male
  • haa...
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #10 on: 24 September 2009, 10:39:49 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #11 on: 24 September 2009, 10:55:56 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D
:-SS :-SS ^:)^
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #12 on: 24 September 2009, 11:25:40 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

Sadis ...!! :hammer:

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #13 on: 24 September 2009, 11:28:30 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

Oom, pak, mbah, boss, saudara, bro Haa... udahan ya meditasinya?
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

Offline fabian c

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.095
  • Reputasi: 128
  • Gender: Male
  • 2 akibat pandangan salah: neraka atau rahim hewan
Re: Vegetarian tidak disenangi orang ???
« Reply #14 on: 24 September 2009, 11:32:25 AM »
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D
:-SS :-SS ^:)^
gw gak doyan daging berkawan dengan orang2 yg makan daging pas disuguhin gw hajar juga tuch... ;D

Sadis ...!! :hammer:

Seorang vegetarian katanya agar tidak menyebabkan pembunuhan mahluk hidup, kalau makan daging kambing yang mati ketabrak kereta api boleh nggak ya?   :hammer:
« Last Edit: 24 September 2009, 11:50:49 AM by fabian c »
Tiga hal ini, O para bhikkhu dilakukan secara rahasia, bukan secara terbuka.
Bercinta dengan wanita, mantra para Brahmana dan pandangan salah.

Tiga hal ini, O para Bhikkhu, bersinar secara terbuka, bukan secara rahasia.
Lingkaran rembulan, lingkaran matahari serta Dhamma dan Vinaya Sang Tathagata

 

anything