//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?  (Read 34963 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Ginny

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 485
  • Reputasi: 10
  • Gender: Female
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #15 on: 15 December 2007, 04:44:48 AM »
Ngapain ribet. Ada apa ya makan loh. Kalo gak dilarang dan dianjurkan. Tuh tergantung kita nya. Kalo emang suka ya makan. Emang mahayana lebih ke vege. Tapi ginny Theravada juga vege. Karena sering bareng teman ke rumah makan vegetarian. Enak juga kok. Teman ginny sih bukan mahayana. Tp aliran aneh maitreya

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #16 on: 16 December 2007, 12:33:24 PM »
gua ga vege, tapi...

makanan vege yg dijual di kedai2 makan maitreya enak lho...
bumbunya kuat  =P~
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.404
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #17 on: 16 December 2007, 12:53:57 PM »
bumbu kuat ato micin kuat ?
There is no place like 127.0.0.1

Offline Forte

  • Sebelumnya FoxRockman
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 16.588
  • Reputasi: 458
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #18 on: 16 December 2007, 12:55:33 PM »
Micin ? Vetsin / MSG ?
Everything can be taken from a man but one thing: the last of the human freedom—-to choose one’s attitude in any given set of circumstances, to choose one’s own way. - Viktor Frankl

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.404
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #19 on: 16 December 2007, 01:00:24 PM »
Vegie sih vegie, tapi bentuknya sama rasanya di sama2in sama daging beneran, dasar manusia, aneh2 aja.
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #20 on: 16 December 2007, 01:03:34 PM »
bumbu kuat ato micin kuat ?
ga tau... mirip kari india
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Buddhism

  • Teman
  • **
  • Posts: 74
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #21 on: 16 December 2007, 01:20:51 PM »
emm, gw dapet jawaban renungan neh.. :P

CMIIW yah..

Sang Buddha ga mewajibkan kita untuk vegetarian, karena Vegetarian itu ada disebabkan oleh metta dari individu itu sendiri, karena pancaran metta nya terhadap makhluk lain, mereka merasa enggan untuk mengkonsumsi segala sesuatu yang berasal dari nyawa makhluk lain, hanya untuk dirinya sendiri, sementara dia berpikir bahwa dia  ga akan kelaparan apabila tidak mengkonsumsi daging dan hanya mengkonsumsi sayuran.

Betapa mulianya orang yang secara tulus bervegetarian  ^:)^

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #22 on: 16 December 2007, 02:16:35 PM »
emm, gw dapet jawaban renungan neh.. :P

CMIIW yah..

Sang Buddha ga mewajibkan kita untuk vegetarian, karena Vegetarian itu ada disebabkan oleh metta dari individu itu sendiri, karena pancaran metta nya terhadap makhluk lain, mereka merasa enggan untuk mengkonsumsi segala sesuatu yang berasal dari nyawa makhluk lain, hanya untuk dirinya sendiri, sementara dia berpikir bahwa dia  ga akan kelaparan apabila tidak mengkonsumsi daging dan hanya mengkonsumsi sayuran.

Betapa mulianya orang yang secara tulus bervegetarian  ^:)^
dari perenunganku baik daging maupun sayuran sama2 berasal dari nyawa mahkluk lain... termasuk obat, kosmetik, dll... inilah alam kita, so ga usah cari2 alasan utk bervegetarian ataupun tidak bervegetarian. :)
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Buddhism

  • Teman
  • **
  • Posts: 74
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #23 on: 16 December 2007, 07:25:06 PM »
 ??? jadi bingung

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.427
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #24 on: 16 December 2007, 09:01:57 PM »
coba direnungkan baik2, darimana sayur2an berasal. kebanyakan sayuran berasal dari hasil pertanian. nah hasil pertanian ga luput dari yg namanya pestisida. nah coba hitung daging, utk menghasilkan 1kg daging (misalnya ikan), mungkin cuma 2 ekor ikan lele yg terbunuh. sedangkan utk menghasilkan 1kg sayur, berapa serangga yg terbunuh. ini cuman ilustrasi, bukan artinya membujuk kamu utk ga makan sayur ya :) kalau saya pribadi sih lebih baik, makanan apa yg ada dimakan. jgn kalau pas dihidangkan daging semua malah complaint saya vege. atau kalau ga ada daging bilang mana dagingnya... apa yg ada kita bersyukur aja

 _/\_
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline Buddhism

  • Teman
  • **
  • Posts: 74
  • Reputasi: 2
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #25 on: 17 December 2007, 08:48:48 AM »
haha,. iya yah, ga kepikiran sampai kesana  :P
unik jg, bisa kepikiran.

Offline Gunther

  • Bukan Tamu
  • *
  • Posts: 9
  • Reputasi: 1
  • Gender: Male
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #26 on: 17 December 2007, 08:56:52 PM »
Betul... jadi intinya adalah pemahaman pada diri sendiri bahwa kita makan itu untuk hidup, bukan hidup untuk makan...

Selama kita menghayati bahwa kita makan untuk hidup, biarpun makan daging sekalipun, ibaratnya tuh hewan yang mati "dihargai" untuk meregang nyawa demi kelangsungan mahluk lain (kita)... bukan untuk kepuasan lidah semata...

Kalau saya sih memang vegetarian dengan alasan utama kesehatan, yah syukur deh kebetulan sejalan dengan ajaran Buddhism juga yang biarpun saya sendiri belom pernah baca sih ada sutta yang mewajibkan menjadi vege...

Offline Huiono

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 492
  • Reputasi: 32
  • Gender: Male
  • Hmm...
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #27 on: 17 December 2007, 09:45:57 PM »
coba direnungkan baik2, darimana sayur2an berasal. kebanyakan sayuran berasal dari hasil pertanian. nah hasil pertanian ga luput dari yg namanya pestisida. nah coba hitung daging, utk menghasilkan 1kg daging (misalnya ikan), mungkin cuma 2 ekor ikan lele yg terbunuh. sedangkan utk menghasilkan 1kg sayur, berapa serangga yg terbunuh. ini cuman ilustrasi, bukan artinya membujuk kamu utk ga makan sayur ya :) kalau saya pribadi sih lebih baik, makanan apa yg ada dimakan. jgn kalau pas dihidangkan daging semua malah complaint saya vege. atau kalau ga ada daging bilang mana dagingnya... apa yg ada kita bersyukur aja

 _/\_
Mantap...
Jawaban yg sangat bagus...
Apa yang saat itu ada, maka itulah yg kita makan...
Salah satu bentuk ketidakmelekatan...
"During times of universal deceit, telling the truth becomes a revolutionary act"
                                                                                                   -George Orwell

Offline Ginny

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 485
  • Reputasi: 10
  • Gender: Female
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #28 on: 18 December 2007, 02:49:00 AM »
Jawaban luar biasa ko tesla. Salut..Salut.. Ntar ke medan ginny traktir makan **** **** sedang-dang deh. :)) :))

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
Re: [ASK] Apakah Sang Buddha Mewajibkan kita berVegetarian?
« Reply #29 on: 18 December 2007, 10:45:39 AM »
veg or non veg??? enjoy aja......yg penting enjoy life, kalo vege enjoy, ok, kalo ngak juga ok .

Yg penting yg vege ngak bilang yg non veg ngak bagus, dan yg non veg juga ngak bilang veg sok suci. Saling menghargai, saling asah,asih dan asuh akan timbul keharmonisan.

Hidup penuh dengan alasan, tapi jangan jadikan hidup untuk beralasan :)) lama2 jadi ayam kalasan.

 _/\_
Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada

 

anything