//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - Adhitthana

Pages: 1 ... 6 7 8 9 10 11 12 [13] 14 15 16 17 18 19 20 ... 33
181
Informasi dan Pengumuman Kegiatan Buddhis / Meditasi Retret Yasati
« on: 23 April 2010, 01:42:35 AM »

182
Meditasi / MEDITASI MEMBERIKAN PENYEGARAN PADA OTAK
« on: 23 April 2010, 01:40:59 AM »


Penelitian Menemukan:
MEDITASI MEMBERIKAN PENYEGARAN PADA OTAK

oleh Oleh Marc Kaufman
Staff Penulis di Washington Post
3 Januari 2005

Washington, Amerika Serikat – Penelitian tentang otak manusia dimulai untuk menghasilkan bukti nyata tentang meditasi yang telah dilakukan berabad-abad oleh para praktisi Buddhis: Disiplin Mental dan praktek meditasi bisa mengubah cara kerja otak dan membuat orang bisa mencapai tingkat kewaspadaan yang berbeda.

Keadaan perubahan tersebut secara tradisional telah dimengerti sebagai sesuatu di luar ukuran dunia fisik dan evaluasi obyek. Tapi beberapa tahun belakangan ini, para peneliti di Universitas Wisconsin bekerja sama dengan para bhikkhu Tibet telah berhasil menerjemahkan pengalaman-pengalaman mental tersebut ke dalam bahasa ilmu pengetahuan tentang frekuensi tinggi gelombang Gamma dan keseimbangan otak, atau koordinasi di antaranya. Dan mereka telah menunjukkan dengan tepat bahwa korteks prefrontal kiri yang letaknya tepat di belakang dahi sebelah kiri, adalah tempat dimana terjadi aktivitas otak yang hebat pada saat dihubungkan dengan meditasi.

”Apa yang kami temukan pada orang yang telah lama melakukan praktek meditasi memperlihatkan skala pergerakan otak yang belum pernah kami lihat sebelumnya”, kata Richard Davidson, seorang ahli ilmu otak di Laboratorium W.M. Keck yang baru di Universitas Wisconsin bernilai 10 juta dollar untuk meneliti Fungsi Imajinasi Otak dan Tingkah Laku. “Praktek mental mereka berpengaruh pada otak sama seperti pada latihan golf dan tenis yang akan mempertinggi daya guna otak”. Dia berkata, hal tersebut menunjukkan bahwa otak mampu untuk dilatih dan secara fisik dapat diubah sedemikian rupa seperti yang dapat dibayangkan oleh beberapa orang.

Para ilmuwan dulu percaya kebalikannya – bahwa hubungan-hubungan antar sel urat otak telah terbentuk sejak awal kehidupan dan tidak berubah pada masa kanak-kanak. Tetapi asumsi tersebut tidak terbukti selama 10 tahun yang lalu dengan bantuan imajinasi otak tingkat tinggi dan tehnik-tehnik lainnya, dan dalam tempatnya, para ilmuwan telah merangkum konsep pengembangan otak yang terus menerus dan "neuroplasticity”.

Davidson mengatakan bahwa hasil terbaru dari studi meditasinya yang dipublikasikan di “Cara Kerja Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional” di bulan November, mengambil konsep neuroplasticity satu langkah lebih jauh dengan memperlihatkan bahwa latihan mental via meditasi (dan barangkali cara lainnya) dapat dengan sendirinya mengubah cara kerja di bagian dalam dan di sekeliling otak.

Penemuan-penemuan baru tersebut adalah hasil kolaborasi lama, bila tidak mungkin, antara Davidson dan Dalai Lama Tibet, praktisi Buddhisme terkenal di dunia. Dalai Lama pertama kali mengundang Davidson ke tempat tinggalnya di Dharamsala, India pada tahun 1992 setelah mempelajari riset penemuan Davidson tentang emosi-emosi dari ilmu pengetahuan otak. Orang-orang Tibet mempunyai tradisi meditasi intensif yang telah berabad-abad lamanya dan, sejak mula, Dalai Lama telah tertarik untuk mengajak David dari segi ilmu pengetahuan menggali cara kerja pikiran meditasi dari para bhikkhunya. Dua tahun yang lalu, Dalai Lama menghabiskan dua hari untuk mengunjungi Laboratorium Davidson.

Pada akhirnya Dalai Lama mengirimkan delapan praktisi meditasinya yang ulung ke Laboratorium Davidson untuk dilakukan tes Electroencephalograph (EEG) dan scanning otak pada mereka.

Para praktisi Buddhis dalam eksperimen ini telah melalui latihan meditasi tradisional di Tibet Nyingmapa dan Kagyupa selama kira-kira 10.000 sampai 50.000 jam dalam waktu 15 sampai 40 tahun. Sebagai bahan perbandingan, 10 sukarelawan pelajar yang tidak mempunyai pengalaman meditasi sebelumnya juga di tes setelah mereka latihan meditasi selama 1 minggu.

Pada para bhikkhu dan sukarelawan dipasang sensor listrik sebanyak 256 buah dan diminta untuk bermeditasi dalam jangka waktu pendek. Berpikir dan aktivitas mental lainnya dikenal dapat memproduksi sedikit, tapi dapat dideteksi, aktivitas ledakan-ledakan listrik sebagai sekelompok besar syaraf yang mengirimkan pesan satu sama lain dan di situlah sensor-sensor tersebut diketahui. Davidson sangat berminat terutama dalam mengukur gelombang Gamma, beberapa dari frekuensi tertinggi dan yang paling penting gerak listrik pada otak.

Para bhikkhu dan sukarelawan diminta untuk bermeditasi, secara spesifik pada perasaan haru yang tidak terbatas. Ajaran Buddhis menjelaskan keadaan tersebut sebagai “kesiapan yang bebas dan kemampuan untuk membantu makhluk hidup”, yang mana hal tersebut ada di dalam intisari ajaran Dalai Lama. Para peneliti memilih pemusatan tersebut karena tidak perlu berkonsentrasi pada obyek tertentu, kenangan tertentu atau gambar tertentu dan mengolahnya, bukan merubah bentuk/ keadaan yang sudah ada.

Davidson mengatakan bahwa hasilnya jelas memperlihatkan bahwa meditasi mengaktifkan otak para bhikkhu yang telah terlatih dengan cara yang sangat berbeda dari para sukarelawan. Yang paling penting, gelombang elektroda menangkap pergerakan cepat-pindah yang lebih besar dan gelombang Gamma yang sangat kuat pada para bhikkhu, dan ditemukan pergerakan gelombang melalui otak jauh lebih teratur dan terkoordinasi daripada para pelajar. Pada orang yang baru belajar meditasi menunjukkan hanya sedikit aktivitas gelombang Gamma yang meningkat pada saat bermeditasi, tapi pada beberapa bhikkhu, otaknya memproduksi aktivitas gelombang Gamma yang jauh lebih kuat daripada yang pernah diberitakan sebelumnya pada orang yang sehat, kata Davidson.

Dia menambahkan, pada para Bhikkhu yang telah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk bermeditasi, mempunyai tingkat gelombang Gamma tertinggi. “Dosis respon” ini – dimana obat atau aktivitas tingkat tinggi berpengaruh jauh lebih besar daripada di tingkat yang lebih rendah – adalah apa yang dicari oleh para peneliti untuk memperkirakan sebab dan pengaruhnya.

Dalam studi-studi sebelumnya, aktivitas mental seperti pemusatan pikiran, ingatan, belajar, kesadaran dihubungkan dengan semacam koordinasi syaraf yang meningkat ditemukan pada para bhikkhu. Gelombang Gamma yang kuat pada para bhikkhu juga dihubungkan dengan pekerjaan merajut, tidak sama dengan sirkuit otak, dan juga dihubungkan dengan aktivitas mental yang lebih tinggi dan juga meningkatkan kesadaran.

Penelitian Davidson konsisten dengan hasil kerja Davidson sebelumnya yang menunjukkan dengan tepat korteks prefrontal kiri dari bagian otak yang berhubungan dengan kebahagiaan, pemikiran-pemikiran positif dan perasaan-perasaan. Dengan menggunakan Fungsi Magnetic Resonansi Imajinasi (FMRI/ Functional Magnetic Resonance Imagining) pada bhikkhu yang sedang bermeditasi, Davidson menemukan bahwa aktivitas otak mereka – yang diukur dengan EEG – tinggi terutama di area ini.

Kesimpulan Davidson dari penelitian ini bahwa meditasi tidak hanya mengubah cara kerja otak dalam jangka pendek, tapi juga kemungkinan dapat memproduksi perubahan-perubahan secara permanen. Kata Davidson, penemuan itu didasarkan pada fakta bahwa para bhikkhu mempunyai lebih banyak aktivitas gelombang Gamma daripada para pelajar sukarelawan bahkan sebelum mereka mulai bermeditasi. Seorang peneliti di Universitas Massachussets, Jon Kabat-Zinn, juga telah menyimpulkan hal yang serupa beberapa tahun yang lalu.

Para peneliti di Universitas Harvard dan Princeton saat ini sedang melakukan percobaan pada beberapa bhikkhu yang sama dalam beberapa aspek yang berbeda dari praktek meditasi mereka: kemampuan mereka untuk memvisualisasikan gambar-gambar dan kendali dari pikiran mereka. Davidson juga berencana melakukan penelitian lebih lanjut.

“Apa yang kami temukan adalah pikiran atau otak yang terlatih, yang secara fisik berbeda dari otak atau pikiran yang belum terlatih” katanya. Pada saatnya “kami akan mendapatkan pengertian yang lebih baik tentang pentingnya potensial pelatihan mental semacam ini dan meningkatkan kemungkinan bahwa hal ini akan dilakukan dengan lebih serius”.

Sumber : Meditation Gives Brain a Charge, Study Finds

Diterjemahkan oleh : Lena Handjaja, Jakarta
Editor : Bhikkhu Uttamo

Sumber: http://samaggi-phala.or.id/naskahdamma_dtl.php?id=865&multi=T&hal=0

Sumber English: http://www.washingtonpost.com/wp-dyn/articles/A43006-2005Jan2.html

183
Hari Sabtu 24 april 2010 pkl: 7.00-18.00 wib di
Vihara Dharma Jaya STS
Jln.Sunter Agung Utama Blok A STS No.1
Sunter Jakarta Utara
Pendaftaran gratis!! Hub: ibu Ch...ing2 hp.081283002230
(021)92123012
(DALAM RANGKA 2THN M...EDITASI, VIHARA DHARMA JAYA MEMBERIKAN BINGKISAN ISTIMEWA KEPADA PARA PESERTA MEDITASI YG HADIR PADA HARI SABTU TGL 24 APRIL 2010)

ayoooo pada ikut ...... sekalian kopdar disni  ;D

Hari minggu,25 april 2010 pkl: 7.00-18.00 wib di
Cetya Dhamma Ramsi
Jln.Taman Permata Indah 1 Blok:PAA No.7 Rt.017 Rw.07
Tubagus Angke Jakarta Utara
Pendaftaran GRATI...S!! Hub:Bp Asun hp.0816927388
0818819889

BY.BHANTE GUNASIRI
www.sukhesikarama.blogspot.com

 _/\_

184
Jadwal Sebulan Pendalaman Dhamma (SPD) dan Tema. Waktu jam 18.30 - 21.00 di Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya :
Senin, 03 Mei 2010 - Bpk. Corneles Wowor - Agama dan Tujuan Hidup
Selasa, 04 Mei 2010 - Bpk. Selamat Rodjali - Konsep dan Realita dalam Dhamma
Senin, 10 Mei 2010 - Y.M. Dhammadhiro Thera - Empat Kebenaran Mulia "Dukkha"
Selasa, 11 Mei 2010 - Y.M. Dhammadhiro Thera - Empat Kebenaran Mulia "Sebab Dukkha"
Senin, 17 Mei 2010 - Y.M. Dhammadhiro Thera - Empat Kebenaran Mulia "Lenyapnya Dukkha"
Selasa, 18 Mei 2010 - Y.M. Dhammadhiro Thera - Empat Kebenaran Mulia "Jalan Menuju Lenyapnya Dukkha"
Senin, 24 Mei 2010 - Bpk. Corneles Wowor - Kiamat, Bencana, dan Ramalan
Selasa, 25 Mei 2010 - Y.M. Bhikkhu Thitaviriyo & Bpk. Steve Sudjatmiko - Intelektual Buddhis yang Terdistorsi


 _/\_

185
Kesempatan Berbuat Baik / Donor Darah (Minggu, 02 Mei 2010)
« on: 23 April 2010, 12:32:03 AM »
Dayaka Sabha bekerja sama dengan PMI akan mengadakan DONOR DARAH pada hari Minggu, 02 Mei 2010, di Gedung Serba Guna Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya (setelah puja bakti pagi). Ajaklah Saudara dan Teman Anda untuk melakukan kebajikan dengan berdonor darah.

 _/\_

186

Teman-teman Dhammasena, tolong undang dan bantu forward ke rekan2 Dhammasena lainnya baik angk 80, 90, 2000 dan mhsw Buddhis Trisakti dalam acara Reuni Akbar 25th Dhammasena Trisakti. Kita jalin tali kasih persaudaraan dan tingkatkan dukungan kita melalui kehadiran teman-teman yang turut berperan demi perkembangan Dhammasena di masa mendatang. Terima kasih. Sampai Jumpa hari Sabtu tgl 17 April 2010 pk 17.00 sd 22.00 Mettacittena, Panitia Perayaan 25th Dhammasena Trisakti.
Lokasi: Restoran Nelayan. Jalan Karang No. 8 Ancol - Jakarta.

Bro Nyana .... kayaknya alumnus Dhammasena Trisakti??
mana dia yaaah??


187
Kafe Jongkok / Karakter Seseorang Berdasarkan Bulan Kelahiran
« on: 10 April 2010, 02:02:29 AM »



Tiap manusia memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang rajin ada yang malas, ada yang baik hati ada yang jahat, ada yang terbuka namun tak sedikit yang misterius. Pada artikel sebelumnya telah dibahas karakter seseorang berdasar tanggal lahirnya, namun kali ini kita akan mencoba mengupas karakter seseorang menurut bulan kelahirannya.


JANUARY
* Ambisius dan serius
* Suka mengajar dan diajar
* Selalu mencari cacat dan kelemahan orang lain.
* Suka mengkritik
* Pekerja keras dan produktif
* Pandai, rapi dan terorganisir
* Sensitif dan memiliki pemikiran yang dalam
* Tahu cara membahagiakan orang lain
* Pendiam, kecuali pada saat tegang atau 'tersulut'
* Cenderung menutup diri
* Sangat perhatian kepada hal kecil
* Cenderung tidak mudah sakit, tapi lemah terhadap dingin
* Romantis, tapi susah mengungkapkan cinta
* Menyukai anak
* Orang rumahan
* Setia
* Butuh meningkatkan kemampuan sosial
* Mudah cemburu

FEBRUARI
* Pemikirannya abstrak
* Menyukai realitas dan abstrak
* Cerdas dan pandai
* Perwatakan berubah-ubah
* Temperamental
* Pendiam, pemalu, dan sederhana
* Rendah diri
* Setia dan jujur
* Bertekad kuat dalam mencapaui tujuan
* Mencintai kebebasan
* Memberontak jika dihambat
* Menyukai agresifitas
* Terlalu sensitif dan mudah sakit hati
* Gampang marah
* Tidak menyukai hal-hal yang kurang perlu.
* Sangat suka berteman, tapi jarang memperlihatkannya
* Sangat berani, tapi keras kepala
* Ambisius
* Ingin mewujudkan impian dan harapan
* Tajam
* Menyukai hiburan dan waktu santai
* Boros
* Belajar menunjukkan perasaan

MARET
* Berkepribadian menarik
* Pengasih
* Pemalu dan tertutup
* Penuh rahasia
* Jujur, pemurah dan simpatik
* Menyukai ketenangan dan kedamaian
* Sensitif akan kebutuhan orang lain
* Suka melayani orang lain
* Tidak mudah marah
* Dapat dipercaya
* Sangat berterima kasih dan selalu membalas
* Pengamat dan penilai yang baik
* Penuh dendam
* Menyukai bermimpi dan berfantasi
* Suka bertualang
* Suka diperhatikan
* Menyukai dekorasi rumah
* Berbakat musik
* Menyukai hal-hal khusus
* Gampang berubah mood

APRIL
* Aktif dan dinamis
* Cepet mengambil keputusan dan suka membenci, tapi cenderung menyesal
* Menarik dan menyayangi
* Kuat mental
* Menyukai perhatian
* Diplomatis
* Suka menenangkan
* Ramah dan suka membantu memecahkan permasalahan
* Berani dan tidak kenal takut
* Cenderung suka bertualang
* Mencintai dan menyayangi
* Pandai membujuk dan murah hati
* Emosional
* Penuh dendam
* Selalu bergerak cepat
* Agresif
* Memiliki memori yang kuat
* Penggerak yang baik
* Pandai memotivasi orang dan diri sendiri
* Penyakit biasanya bersarang di kepala atau dada
* Mudah sekali cemburu berat

MEI
* Keras kepala dan keras hati
* Berkemauan keras dan memiliki motivasi tinggi.
* Memiliki pemikiran tajam
* Mudah marah
* Mudah menarik perhatian orang lain dan menyukai perhatian
* Memiliki perasaan yang dalam
* Cantik fisik dan mental
* Tegas
* Mudah terpengaruh
* Tidak butuh dimotivasi
* Mudah dihibur
* Sistematis (otak kiri)
* Suka bermimpi
* Peramal hebat
* Sangat pengertian
* Penyakit umumnya bersarang di leher dan telinga
* Imajinasi tinggi
* Kemampuan debat yang baik
* Kemampuan fisik yang baik
* Pernapasan lemah
* Mencintai literatur dan seni
* Mencintai petualangan
* Tidak suka diam dirumah
* Gelisah
* Pekerja keras
* Semangat tinggi
* Boros

JUNI
* Berpikir jauh dengan visi yang kuat
* Mudah dipengaruhi dengan kebaikan hati
* Sopan dan bertutur kata halus
* Memiliki banyak ide
* Sensitif
* Berpikiran aktif
* Ragu-ragu
* Cenderung menunda-nunda
* Pemilih dan cenderung hanya mau yang terbaik
* Temperamental
* Lucu dan suka humor
* Suka becanda
* Memiliki kemampuan debat yang baik
* Cerewet
* Penghayal
* Ramah
* Patuh pada peraturan
* Mampu menujukkan karakter
* Mudah disakiti
* Mudah terserang flu
* Suka berdandan
* Gampang bosan
* Pengeluh
* Butuh waktu lama untuk menyembukan luka hati
* Sadar merek
* Pengambil keputusan
* Keras kepala
* Mereka yang menyukaiku adalah musuh
* Mereka yang membenciku adalah teman

JULI
* Orang yang menyenangkan
* Penuh rahasia
* Susah diukur dan dimengerti
* Pendiam, kecuali saat tegang atau 'tersulut'
* Bangga pada diri sendiri
* Memiliki reputasi
* Mudah ditenangkan
* Jujur
* Peduli tentang perasaan orang lain.
* Gampang diterima
* Ramah
* Mudah didekati
* Sangat emosional
* Temperamental dan tidak dapat diramalkan
* Gampang berubah mood dan mudah terluka
* Cerdik
* Sentimentil
* Tidak pendendam
* Pemaaf, tetapi tidak mudah melupakan
* Tidak menyukai barang yang tidak perlu
* Mampu membimbing orang lain baik secara fisik maupun mental
* Sensitif dan membentuk citra diri secara berhati-hati
* Suka memperhatikan dan mencintai
* Memperlakukan semua orang sama
* Siaga dan selalu berpikiran tajam
* Menilai orang melalui pengamatan
* Pekerja keras

AGUSTUS
* Suka bercanda
* Menarik
* Mudah membujuk dan sangat perhatian
* Berani dan tidak kenal takut
* Tegas dan miliki sifat kepemimpinan
* Tahu cara menghibur orang
* Terlalu murah hati dan egois
* Membangakan diri sendiri
* Haus pujian
* Semangat yang luar biasa
* Mudah marah
* Marah jika disulut
* Mudah cemburu
* Pengamat yang baik
* Selalu berhatihati dan waspada
* Berpikir cepat
* Berpikir mandiri
* Suka memimpin dan dipimpin
* Suka bermimpi
* Berbakat dalam bidang musik, seni, dan pertahanan
* Sensitif, dalam cara yang kurang menyenangkan
* Mudah jatuh sakit
* Cenderung terburu-buru
* Harus belajar tenang
* Romantis
* Mencintai dan menyayangi
* Suka berteman

SEPTEMBER
* Pandai membujuk dan berkompromi
* Berhati-hati, waspada, dan teratur
* Suka menunjukkan kesalahan orang lain
* Suka mengkritik
* Pendiam, namun sebetulnya pandai berbicara
* Tenang dan pendiam
* Baik hati dan simpatik
* Perhatian dan sangat mendetil
* Dapat dipercaya, setia, dan jujur
* Dapat bekerja dengan baik
* Sensitif
* Pemikir
* Ingatan kuat
* Cerdas dan mudah dikenali
* Harus menahan diri pada saat mengkritik
* Mampu memotivasi diri sendiri
* Pengertian
* Penuh rahasia
* Menyukai olah raga, bersantai, dan bertualang
* Jarang menunjukkan emosi
* Cenderung menekan emosi
* Sangat pemilih dalam melakukan hubungan
* Mencintai hal-hal lebar
* Sistematis

OKTOBER
* Suka ngobrol
* Mencintai orang yang mencintainya
* Suka langsung mengarah ke pusat permasalahan
* Menarik dan pandai membujuk
* Memiliki kecantikan dalam dan luar
* Tidak suka berbohong atau berpura-pura
* Simpatik
* Suka memperlakukan teman seperti orang penting
* Selalu berusaha mencari teman
* Gampang terluka dan gampang pula 'sembuh'
* Temperamen buruk
* Egois
* Jarang membantu, kecuali jika diminta
* Penghayal
* Sangat terpengaruh dengan pendapat pribadi
* Tidak peduli dengan pendapat orang lain
* Emosional
* Cepet mengambil keputusan
* Peramal hebat
* Suka bertualang, seni, dan karya sastra
* Tutur bahasa halus, suka mencintai dan menyayangi
* Romantis
* Gampang tersinggung dan mudah cemburu
* Sangat perhatian
* Suka bergerak diudara terbuka
* Adil dan tidak berat sebelah
* Boros dan mudah dipengaruhi
* Mudah kehilangan percaya diri

NOVEMBER
* Banyak memiliki ide
* Berpikiran kedepan
* Unik dan cerdas
* Ide yang luar biasa
* Pemikiran tajam
* Peramal yang hebat dan akurat
* Dapat menjadi dokter yang hebat
* Berhati-hati dan waspada
* Penuh rahasia
* Selalu ingin tahu
* Tahu cara menggali rahasia
* Selalu berpikir
* Tidak terlalu cerewat tetappi ramah
* Berani dan murah hati
* Sabar
* Keras kepala dan keras hati
* Jika ada kemauan, maka ada jalan
* Tidak mudah goyah
* Jarang marah, kecuali jika sengaja disulut
* Penyendiri
* Selalu berpikir berbeda dengan orang lain
* Berpikiran tajam
* Mampu memotivasi diri sendiri
* Tidak terlalu peduli dengan pujian
* Bersemangat
* Bertubuh kuat dan tegar
* Cintanya amat dalam

DESEMBER
* Setia dan murah hati
* Patriotis
* Aktif terlibat dalam permainan atau interaksi
* Kurang sabar dan terburu-buru
* Ambisius
* Berpengaruh dalam organisasi
* Menyenangkan
* Suka bersosialisasi
* Suka dipuji
* Suka diperhatikan
* Suka dicintai
* Jujur dan dapat dipercaya
* Tidak berpura-pura
* Mudah marah
* Kepribadiannya mudah berubah
* Tidak egois
* Bangga akan diri sendiri
* Tidak suka dikekang
* Suka becanda
* Memiliki sense of humor yang bagus* Logis.

188
Teknologi Informasi / Arti Bunyi di PC kamu
« on: 09 April 2010, 01:10:15 AM »

Mungkin kalian sering mengalami atau mungkin mendengar Bunyi BEEP pada bios atau PC. Sebenarnya bunyi itu merupakan suatu pesan yg disampaikan oleh bios/PC untuk menunjukkan suatu kesalahan pada hardware pc kalian




Disini akan coba diberikan tanda-tanda ataupun keterangan mengenai bunyi BEEP tersebut. Namun sebelumnya, harap dipastikan tipe dari bios PC kalian.

AMI-BIOS
* Beep 1x : RAM rusak atau tidak terpasang dengan benar.
* Beep 6x : Biasanya menunjukkan keyboard yang rusak, atau tidak terpasang dengan benar
* Beep 8x : Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan benar pada slot.
* Beep 11x : Checksum-Error. Periksalah baterai CMOS pada motherboard.

Award-BIOS
* Beep 1x panjang terus menerus : RAM rusak, atau tidak terpasang dengan benar.
* Beep 1x panjang, 1x pendek : Ada masalah dengan RAM atau Motherboard
* Beep 1x panjang, 2x pendek : Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan benar
* Beep 1x panjang, 3x pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang dengan benar
* Beep 1x panjang, 9x pendek : Ada masalah dengan Bios/Bios rusak
* Beep pendek Tak terputus : Ada masalah dengan penerimaan tegangan (power)

Phoenix-BIOS
* Beep 1x-1x-4x : BIOS mengalami kerusakan.
* Beep 1x-2x-1x :Motherboard rusak.
* Beep 1x-3x-1x : Ram rusak atau tidak terpasang dengan benar.
* Beep 3x-1x-1x :Motherboard rusak
* Beep 3x-3x-4x : Graphic card rusak atau tidak terpasang dengan benar.

Apabila bagian yang bermasalah adalah RAM (memori) maka cabutlah memori RAM tsb dan pasang lagi (apabila cara meletakkan RAM sebelumnya kurang baik atau tidak pas atau bergeser karena komputer dipindah-pindah) . Perlakuan yang sama juga dapat dilakukan pada graphic card (kartu vga). Apabila setelah memperbaiki letak periferal (RAM dan kartu vga) tetapi bunyi beep masih berbunyi juga, kemungkinan besar periferal tersebut mengalami kerusakkan, maka bisa dicoba dengan periferal lainnya, sebelum membeli yang baru.


189
Buddhisme untuk Pemula / makna Pindapata
« on: 08 April 2010, 12:10:55 AM »
Makna Pindapata

Āyudo balado dhīro, vaṇṇado pañibhāṇado sukhassa dātā medhāvī, sukhaṁ so adhigacchati. Āyuṁ datvā balaṁ vaṇṇaṁ, sukhañca paṭibhāṇado dīghāyu yasavā hoti, yattha yatthūpapajjatī’ti.

Ia yang bijaksana, pemberi usia, pemberi kekuatan, pemberi keelokan, pemberi kecerdasan dan pemberi kebahagiaan, akan memperoleh kebahagiaan pula. Setelah memberi umur panjang, kekuatan, keelokan, kebahagiaan dan kecerdasan, dimanapun ia terlahir, akan berusia panjang dan berkedudukan tinggi.
(Bhojanānumodanā Gāthā)

Piṇḍapāta berasal dari dua suku kata, yaitu: Piṇḍa dan Pāta. Piṇḍa berarti gumpalan/bongkahan (makanan) dan Pāta berarti yang dijatuhkan. Jadi dapat diartikan piṇḍapāta adalah bongkahan makanan yang dijatuhkan ke dalam mangkuk (patta) para bhikkhu.

Bagi bhikkhu yang menjalankan praktik keras (dhūthaṅga) harus melakukan piṇḍapāta sebagai salah satu peraturan praktiknya. Ada lima peraturan tentang makanan bagi bhikkhu yang menjalani praktik dhūthaṅga ini yaitu: tekad hanya makan dari hasil piṇḍapāta (piṇḍapātikaṅga), menerima dana dari rumah ke rumah tanpa kecuali (sapadānacārikaṅga), makan tanpa selingan (ekāsanikaṅga), memakan hanya makanan yang ada dalam mangkuk (pattapiṇḍikaṅga), dan tidak makan lagi setelah selesai makan (khalupacchabhattikaṅga).

Pada jaman dahulu, para petapa umumnya menerima dana makanan dari rumah-rumah penduduk untuk memenuhi kebutuhan makan mereka. Begitu pula dengan Sang Buddha, setiap pagi Sang Buddha dan rombongan para bhikkhu pergi meninggalkan vihara, memasuki desa atau kota untuk ber-piṇḍapāta, piṇḍapāta ini merupakan suatu cara pendekatan masyarakat secara agama Buddha. Tak jarang ketika Sang Buddha dan para bhikkhu ber-piṇḍapāta, masyarakat tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang Sang Buddha atau para bhikkhu, seperti Upatissa yang begitu terkesan melihat Bhikkhu Assaji yang sedang ber-piṇḍapāta atau Bahiya yang berpakaian kulit kayu (Bahiyadaruciriya) berjumpa Sang Buddha saat Beliau ber-piṇḍapāta dan memohon Sang Buddha untuk memberikan uraian Dhamma. Mereka berdua pada akhirnya tertarik untuk menjalani kehidupan kebhikkhuan, Upatissa kelak dikenal dengan nama Sariputta, namun kondisi karma buruk Bahiya berbuah, beliau meninggal diseruduk sapi (jelmaan Asura) ketika mencari perlengkapan kebhikkhuannya, tetapi Bahiya telah mencapai tingkat kesucian Arahat setelah mendengar beberapa kalimat Dhamma dari Sang Buddha.

Pada tahun ketiga, Sang Buddha kembali ke Kapilavatthu atas undangan Raja Suddhodana. Beliau beserta rombongan bhikkhu berangkat dari Rajagaha ke Kapilavatthu.

Sang Buddha beserta rombongan tiba di Kapilavatthu dan berdiam di Nigrodarama. Raja Suddhodana dan penduduk berduyun-duyun menemui Sang Buddha. Karena mengetahui bahwa para orang tua suku Sakya memiliki watak yang sombong, Sang Buddha menunjukkan keajaiban ganda (yamakapāṭihāriya) kepada mereka. Api menyala di bagian atas tubuh Beliau dan air memancar dari tubuh bagian bawah dan sebaliknya. Setelah orang-orang suku Sakya dapat diyakinkan bahwa Sang Buddha telah mencapai ke-Buddha-an, kemudian Beliau duduk dengan tenang di tempat yang telah disediakan.

Raja Suddhodana menanyakan kabar Sang Buddha dan mengajukan beberapa pertanyaan lainnya kepada Beliau. Di akhir tanya jawab, Raja Suddhodana berhasil memperoleh mata Dhamma dan menjadi Sotāpanna. Berhubung tidak mendapat undangan makan di istana, maka keesokan harinya Sang Buddha beserta rombongan memasuki kota Kapilavatthu untuk berpiṇḍapāta. Penduduk kota menjadi gempar. Memang mereka sering melihat seorang petapa atau brahmana ber-piṇḍapāta, tetapi baru sekarang mereka menyaksikan seorang berkasta Khattiya, putra dari seorang raja, berpiṇḍapāta. Berita ini sampai ke telinga Raja Suddhodana, dan raja segera menemui Sang Buddha dan menegur Beliau.

”Mengapa anakku melakukan perbuatan yang sangat memalukan ini? Mengapa anakku tidak datang saja ke istana untuk mengambil makanan? Apakah pantas seorang putra raja meminta-minta makanan di kota, tempat ia dulu sering berjalan-jalan dengan kereta emas? Mengapa anakku membuat malu ayahnya seperti ini?”

”Aku tidak membuat ayah malu, Oh Baginda. Hal ini memang sudah menjadi kebiasaan kita,” jawab Sang Buddha dengan tenang. ”Apa kebiasaan kita? Bagaimana mungkin! Tidak pernah seorang anggota keluarga kita minta-minta makanan seperti ini. Dan anakku mengatakan bahwa ini sudah menjadi kebiasaan kita?”

”Oh, Baginda, ini memang bukan merupakan kebiasaan seorang anggota keluarga kerajaan, tetapi ini adalah kebiasaan para Buddha. Semua Buddha di jaman dahulu hidup dengan jalan mengumpulkan dana makanan dari para penduduk.”

Setelah Raja Suddhodana mendesak agar Sang Buddha beserta rombongan mengambil makanan di istana, maka berangkatlah Sang Buddha beserta rombongan ke sana.

Ada enam kewajiban yang harus dilakukan (kiccavatta) oleh bhikkhu atau sāmaṇera yang berpiṇḍapāta. Enam kewajiban itu adalah:

1. Ia harus mengenakan jubahnya dengan rapi.

2. Ia harus meletakkan mangkuknya di bawah jubah (mangkuk terlindungi oleh jubah).

3. Sebelum meninggalkan vihara, ia harus menyiapkan tempat duduknya, air minum, air pencuci tangan, pencuci kaki, pencuci mangkuk, dan perlengkapan kebhikkhuan lainnya.

4. Ia melaksanakan piṇḍapāta sesuai dengan tata tertib ’Sekhiyadhamma’.

5. Ia hendaknya penuh perhatian pada waktu berada di tempat penduduk.

6. Ketika berpiṇḍapāta, seorang piṇḍapātacarika tidak mengenakan alas kaki (sandal/sepatu), maka setelah ia kembali ke vihara dan sebelum memakan dana makanan hasil piṇḍapātanya, ia harus mencuci kakinya terlebih dahulu.

Peraturan Pacittiya menjelaskan jika ada umat yang mengundang bhikkhu untuk menerima dana makanan, maka bhikkhu itu dapat menerima tiga mangkuk penuh apabila ia mau. Apabila ia menerima lebih dari tiga mangkuk, maka ia melanggar peraturan Pacittiya. Makanan yang ia terima itu harus pula dibagi kepada bhikkhu lain. Seorang bhikkhu juga dilarang untuk makan di luar waktu yang telah ditentukan (lewat dari tengah hari). Jika melakukan hal ini, maka ia melanggar Pacittiya.

Dalam Piṇḍapātapārisuddhi Sutta, Majjhima Nikāya, Sang Buddha memberikan nasehat kepada para bhikkhu agar selalu menjaga diri sehingga pikiran mereka tetap murni ketika sedang ber-piṇḍapāta atau sedang makan yaitu dengan cara membuang nafsu keinginan, menghapus penghalang, serta mengembangkan pengetahuan tentang Tujuh Faktor Penerangan Sempurna lewat perjuangan yang terus-menerus. Bagi seorang bhikkhu, ada perenungan yang harus dilakukannya ketika ia menggunakan empat kebutuhan pokok, yaitu perenungan sebelum penggunaan (Taṅkhaṇikapaccavekkhaṇa) dan perenungan setelah penggunaan (Atītapaccavekkhaṇa). Ia harus merenungkan tujuan sebenarnya dari penggunaan kebutuhan itu, yaitu untuk mengurangi keserakahan yang muncul dari kebodohan dan kebencian, agar menimbulkan pengertian yang benar dari penggunaan empat kebutuhan pokok itu tanpa keserakahan, kebencian, dan kebodohan.

Dalam Aṅguttara Nikāya IV.57, Sang Buddha memberikan khotbah singkat kepada seorang wanita dari suku Koliya, Suppavasa. Ia adalah ibu dari Bhikkhu Sivali, Arahat yang paling beruntung. Khotbah ini disampaikan setelah Beliau menerima dana makanan darinya. ”Dengan memberikan makanan, seorang siswa yang luhur memberikan empat hal kepada penerimanya. Apakah yang empat itu? Dia memberikan usia panjang (āyu), keelokan (vaṇṇo), kebahagiaan (sukha), dan kekuatan (bala). Dengan memberikan usia panjang, dia sendiri akan memiliki usia panjang. Dengan memberikan keelokan, dia sendiri akan memiliki keelokan. Dengan memberikan kebahagiaan, dia sendiri akan memiliki kebahagiaan. Dengan memberikan kekuatan, dia sendiri akan memiliki kekuatan. Keempat pahala ini akan diperolehnya secara manusiawi (duniawi) dan surgawi. Dengan memberikan makanan, seorang siswa yang luhur memberikan empat hal ini kepada penerimanya.”

Merupakan kewajiban bhikkhu (vatta), setelah menerima dana makanan membacakan Anumodana Gāthā atau khotbah Dhamma singkat kepada umat yang berdana. Kalimat yang diucapkan biasanya berbunyi, ”Āyu, Vaṇṇo, Sukhaṁ, Balaṁ” artinya semoga anda panjang umur, cantik/tampan (elok), bahagia, dan kuat.




190
Lingkungan / Galileo
« on: 07 April 2010, 12:13:11 AM »

Pada tanggal 15 Februari 1564 Galileo lahir Di Pisa, Italia sebagai anak lelaki dari Vincenzo Galilei, ahli musik dan matematika yang miskin. Ayahnya berharap kelak Galileo menjadi seorang dokter karena gajinya begitu besar, berpuluh-puluh kali gaji ahli matematika. Karena itu, pada usia 17 tahun ia masuk Universitas Pisa jurusan Kedokteran.

Namun, akhirnya ia bosan kuliah Kedokteran. Ia mempelajari Matematika dari seorang guru di istana Tuscana bernama Ostillo Ricci. Lalu, pada usia 21 tahun ia berhenti kuliah karena kekurangan biaya.



Ia kembali ke Florence dan memulai karirnya sebagai pengarang. Karyanya mengenai neraca hidrostatik (1586) dan pusat gaya berat pada benda (1589) membuatnya menjadi begitu terkenal di seluruh Italia. Akhirnya, ia diangkat menjadi dosen di Universitas Pisa. Lalu, ia menjadi guru besar Matematika di Universitas Padua pada tahun 1592.

Walaupun begitu, kehidupannya tetap miskin, bahkan ia tak mampu menikah. Namun, ia mempunyai dua anak perempuan dan seorang anak laki-laki hasil hubungannya dengan Marina Gamba, pembantunya sendiri

Pada tahun 1608 Hans Lippershey, seorang ahli optika Belanda, menemukan teleskop, namun tidak bersedia menerima patennya. Sehingga, kemudian Galileo pun berusaha membuat teleskop sederhana dan ia berhasil menciptakan teleskop dengan kemampuan pembesaran 33 kali.

Dengan teleskopnya ini ia berhasil menemukan cincin Saturnus, empat buah bulan Yupiter, gunung-gunung dan kawah di bulan sehingga ia menjadi begitu terkenal di seluruh dunia hingga sekarang. Ia juga menemukan kenyataan bahwa galaksi sebenarnya adalah gugusan bintang yang jumlahnya berjuta-juta.

Ia pun melakukan percobaan dengan menjatuhkan benda berbagai ukuran dan berat dari menara Pisa di hadapan para mahasiswa dan ilmuwan. Ia melakukannya untuk membuktikan bahwa teori Aristoteles yang mengatakan bahwa benda berat akan jatuh lebih dulu ke bumi daripada benda ringan merupakan teori yang salah.Hasil percobaan itu pun menunjukkan ternyata teori Aristoteles tersebut memang salah.

Selain itu, dengan menggunakan teleskopnya ia juga berhasil membuktikan bahwa teori Aristoteles dan Ptolemeus mengenai benda-benda angkasa tidak benar. Aristoteles beranggapan bahwa permukaan bulan rata dan memancarkan cahaya. Ptolemeus mengatakan bahwa bumi tidak bergerak, matahari dan bintang-bintanglah yang bergerak mengelilingi bumi.

Saat itu para tokoh agama dan dosen-dosen universitas di seluruh Italia mengganggap ajaran Aristoteles dan Ptolemeus adalah ajaran yang paling benar. Karena, mereka salah menafsirkan sepenggal ayat yang tedapat dalam Kitab Suci. Sementara itu, Galileo tetap mempertahankan teorinya dan mendukung teori Copernicus yang mengatakan bahwa matahari adalah pusat tata surya. Akibatnya, ia ditangkap para tokoh agama, diadili, dan dijatuhi hukuman sebagai tahanan rumah.

Galileo meninggal pada usia 78 tahun di Arcetri pada tanggal 8 Januari 1642 karena demam. Namun, meskipun demikian teori-teorinya tetap dipakai seluruh orang di dunia hingga kini. Ia adalah orang yang pertama di dunia yang menggunakan perhitungan matematika dalam menganalisis mekanika. Ia juga orang pertama yang menghubungkan fisika dan astronomi dengan matematika, bukan dengan filsafat tradisional.

Ia merupakan orang yang menemukan hukum benda jatuh, hukum bandul, hukum gerak yang selanjutnya dirumuskan oleh Newton. Ia juga penemu termometer, teleskop ( teropong bintang), dan teori matematik gerak parabola.


191
Lingkungan / Perbuatan luar biasa dr Seorang Anak kecil
« on: 03 April 2010, 02:06:31 AM »

Seorang anak di China pada 27 Januari 2006 mendapat penghargaan tinggi dari pemerintahnya karena dinyatakan telah melakukan “PERBUATAN LUAR BIASA”. Diantara 9 orang peraih penghargaan itu, ia merupakan satu-satunya kanak-kanak yang terpilih dari 1,4 milyar penduduk China. Yang membuatnya dianggap luar biasa ternyata adalah perhatian dan pengabdian pada ayahnya, senantiasa kerja keras dan pantang menyerah, serta perilaku dan ucapannya yang menimbulkan rasa simpati.




Sejak ia berusia 10 tahun ( tahun 2001 ) anak ini ditinggal pergi oleh ibunya yang sudah tidak tahan lagi hidup bersama suaminya yang sakit keras dan miskin.

Sejak itu Zhang Da, demikian nama anak itu, hidup dengan sang ayah yang tidak bekerja, tidak bisa berjalan dan sakit-sakitan. Ia masih terlalu kecil untuk memikul tanggung jawab yang berat itu, namun ia tetap berjuang.
Ia bersekolah dengan berjalan kaki melewati hutan kecil. Karena tidak sarapan, diperjalanan itu ia makan daun-daun, biji-bijian dan buah-buahan yang ia temui. Kadang ia mencoba memakan sejenis jamur atau rumput, sehingga ia tahu mana yang masih bisa diterima lidahnya dan mana yang tidak. Pulang sekolah, ia bekerja membelah batu-batu besar. Upah sebagai tukang batu digunakan untuk membeli beras dan obat-obatan untuk ayahnya.
Setiap hari ia menggendong ayahnya kekamar mandi, menyeka dan juga memandikan ayahnya. Ia membeli beras dan membuatkan bubur untuk makan ayahnya.

Segala urusan ayahnya lainnya pun ia yang mengerjakannya sendirian. Obat yang mahal dan jauhnya tempat berobat membuat Zhang Da berpikir untuk menemukan cara terbaik untuk mengobati sang ayah. Ia pun belajar tentang obat-obatan melalui sebuah buku bekas yang ia beli. Ia mempelajari bagaimana seorang suster memberikan suntikan. Setelah merasa mampu, ia sendiri yang menyuntik ayahnya.

Ketika acara penganugerahan penghargaan tersebut berlangsung, pembawa acara bertanya apa yang diinginkan Zhang Da ” Apakah uang atau lainnya. Disini ada banyak pejabat, pengusaha, juga ada ratusan juta penonton telivisi, mereka bisa membantu mu!” Namun apa yang dikatakan Zhang Da sungguh mengejutkan siapapun, ia hanya berkata, ” Aku hanya ingin Mama ku kembali!.”

Kisah di atas bukan saja mengharukan namun juga menimbulkan kekaguman. Seorang anak berusia 10 tahun dapat menjalankan tanggung jawab yang berat selama 5 tahun. Kesulitan hidup telah menempa anak tersebut menjadi sosok anak yang tangguh dan pantang menyerah. Zhang Da boleh dibilang langka karena sangat berbeda dengan anak-anak modern. Saat ini banyak anak yang segala sesuatunya selalu dimudahkan oleh orang tuanya. Karena alasan sayang, orang tua selalu membantu anaknya, meskipun sang anak sudah mampu melakukannya. Ada anak yang sudah sekolah di SD masih disuapi, dan memakai bajupun masih dibantu.

MORAL:
Potensi anak sering muncul justru ketika ditempa kesulitan, jika langkah anak selalu dimudahkan maka kreatifvitas dan daya juangnya pun tidak akan tumbuh. Oleh karena itu, ada pepatah mengatakan, ” JANGAN MUDAHKAN HIDUP ANAK HARI INI, UNTUK MENYULITKANNYA DI KEMUDIAN HARI.”

192
Lingkungan / Vihara Kena Vandalisme Ke-2 Kalinya
« on: 03 April 2010, 12:20:59 AM »


Kentucky, AS, WAVE3.com --

Sebuah vihara terkena vandalisme untuk kedua kalinya dalam dua minggu. Hal ini terjadi di vihara Phuoc Hau di 8500-block Jalan Old Third Street.  Para relawan menghubungi WAVE 3 (sebuah kantor berita di Louisville, Kentucky) untuk membantu mendapatkan jawaban.

“Menyusahkan menangani hal ini setiap tahun,” kata Jennifer Le seorang relawan.

Le tiba untuk membantu pekerjaan taman dan menemukan properti dirusak oleh vandalisme. Cat semprot menutupi rupang-rupang dan papan nama vihara dekat Jalan Old Third Street yang kini terbaca “Buddha ada di Neraka.”

“Ini merupakan sebuah pesan yang buruk dimana orang dewasa melakukan hal ini pada sebuah vihara,”kata Le. “Ini adalah gereja kami, tapi dalam bentuk vihara. Seperti yang anda ketahui, ini hanyalah sebuah perbedaan agama. Tidak ada alasan untuk setiap prasangka terhadap hal ini.”

Ini adalah kelima kalinya properti vihara terkena vandalisme dalam lima tahun terakhir, demikian menurut Le yang ibunya secara berkala menghadiri pelayanan yang diadakan di sana. Vihara tersebut adalah sebuah tempat para keluarga bekerja bersama untuk merawat properti bhiksu.

“Ia mengatakan bahwa ia tidak merasa marah, ia tidak menjadi marah,” kata penerjemah bahasa Vietnam Minh Van Vo mengkutip perkataan Y.M. Bhiksu Thich Thanh Quang. “Tapi beliau merasa kasihan terhadap orang yang melakukannya.”

Kulit telur dari vandalism dua minggu yang lalu masih ada pada properti, menurut Le. Membersihkannya menjadi hal yang semakin sulit dilakukan.

“Akan sulit untuk menggantikan hal ini setiap saat,” Le mengatakan bahwa vihara bergantung pada donasi untuk membantu menjaga propertinya. “Saya tidak berpikir anda adalah seorang Kristiani yang baik jika anda juga melakukan hal ini. Saya tidak berpikir bahwa hal itu ada dalam sebuah agama. Saya tidak berpikir bahwa anda mengikuti iman anda jika anda juga melakukan hal ini.”

Vihara tersebut berada di Divisi 3 LMPD dan WAVE 3 melakukan sebuah pelaporan kepada polisi untuk menemukan lebih banyak informasi dalam kasus ini. WAVE 3 tidak mampu mendapatkan beberapa rincian pada hari Sabtu tetapi akan terus menindaklanjutinya.

193

APAKAH penggunaan kartu merah dan kuning sudah dikenal begitu sepak bola modern muncul? Jawabannya tidak. Kartu merah dan kuning baru diperkenalkan di Piala Dunia 1970.

Namun, inspirasinya mmuncul pada Piala Dunia 1966. Pada perempat final antara tuan rumah Inggris lawan Argentina. Wasit yang memimpin pertandingan itu berasal dari Jerman, yakni Rudolf Kreitlein.


Karena melakukan pelanggaran keras, kapten Argentina, Antonio Rattin, dikeluarkan oleh Kreitlein. Namun, Rattin tak paham apa maksud wasit asal Jerman itu. Dia pun tak segera meninggalkan lapangan.

Wasit Inggris yang ikut bertugas di pertandingan itu, Kn Aston, kemudian masuk ke lapangan. Dengan sedikit modal bahasa Spanyol, dia merayu Rattin untuk meninggalkan lapangan. Sebab, wasit yang memimpin pertandingan, Rudolf Kreitlein, memutuskan begitu. Karena hanya tahu bahasa Jerman dan Inggris, ia kesulitan menjelaskan keputusannya kepada Rattin.

Karena kasus ini, Ken Aston kemudian berpikir. Harus ada komunikasi universal yang bisa langsung diketahui semua orang, ketika wasit memberi peringatan kepada pemain atau mengeluarkannya dari lapangan. Sehingga, wasit tanpa harus membuat penjelasan dengan bahasa yang mungkin tak diketahui pemain.

Suatu hari, dia berhenti di perempatan jalan. Melihat traffic light (lampu merah), dia kemudian mendapatkan ide. Kemudian dia mengusulkan agar wasit dibekali kartu kuning dan merah. Kartu kuning untuk memberi peringatan keras atau sanksi ringan kepada pemain yang melakukan pelanggaran. Sedangkan kartu merah untuk sanksi berat dan pemain yang melakukan pelanggaran berat itu harus keluar dari lapangan.

Ide itu diterima FIFA. Pada Piala Dunia 1970, kartu kuning dan merah untuk pertama kalinya digunakan. Ironisnya, sepanjang Piala Dunia 1970 tak satu pun pemain yang terkena kartu merah. Hanya kartu kuning yang sempat dilayangkan. Sehingga, kartu merah tak bisa "pamer diri" di Piala Dunia 1970.

Meski ide itu datang dari wasit Inggris, namun negeri itu tak serta-merta menerapkannya di kompetisi mereka. Kartu merah dan kuning baru digunakan di kompetisi sepak bola Inggris pada 1976. Karena kemudian wasit terlalu mudah mengeluarkan kartu dan diprotes banyak pemain, maka penggunaannya sempat dihentikan pada 1981 dan 1987.

Yang menarik, ide ini diadopsi cabang olahraga hoki. Bahkan, di cabang ini menggunakan tiga warna kartu, seperti traffic light: hijau, kuning, dan merah. Hijau untuk peringatan, kuning untuk mengeluarkan pemain sementara waktu, dan merah untuk mengusir pemain secara permanen.


194
Kafe Jongkok / cek kemampuan mata niiih .....
« on: 01 April 2010, 10:53:41 PM »
semua bisa baca tuLisan ini tidak ?? ...


kaLo masih beLum kebaca agak mundur dikit dari monitor....

gimana bisa beLum ?? ....

coba tulis kalo udah bisa ke baca  ;D



195
Kafe Jongkok / Sejarah April Mop (April Fools Day)
« on: 01 April 2010, 10:22:39 PM »



Tanggal 1 April dikenal sebagai April Fools Day yang di Indonesia akrab sebagai April Mop. Bagaimana sejarahnya?

April Mop, dikenal dengan April Fools' Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Pada hari ini, orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap teman dan tetangga, dengan tujuan mempermalukan mereka-mereka yang mudah ditipu. Di beberapa negara, lelucon hanya boleh dilakukan sebelum siang hari. Hari ini juga banyak diperingati di internet.

Jika anda dengar teriakan ini pada tanggal 1 April, berarti ada satu orang lagi tertipu! Pada hari ini orang percaya bahwa sah-sah saja membohongi orang lain. Misalnya menelpon orang untuk datang kerja padahal itu hari liburnya atau menukar isi tempat gula dengan garam atau memajukan jam seseorang sehingga ia hadir di suatu acara lebih awal dan masih banyak lelucon klasik lainnya. Media massa juga sering ikut memainkan lelucon pada hari yang oleh beberapa kalangan dianggap wajib untuk berbohong. Menurut snopes2.com, Lelucon sukses berhasil disebarkan sebuah stasiun radio di Canada, yang menyiarkan bahwa the Royal Canadian Mint, mencetak koin dua dolaran yang terbuat dari emas murni. Hebohlah pendengar mencarinya dalam kumpulan receh mereka. Sampai tangan pegel juga ngga bakal ketemu.




Salah satu kelakar yang sukses disiarkan media adalah yang pernah dilansir Panorama, acara TV BBC Inggris di tahun 1957. Penyiarnya mengatakan musim semi datang lebih awal tahun ini, dengan demikian panen spaghetti atau mi Itali itupun siap lebih awal. Laporan ini disertai video yang menggambarkan wanita petani yang sedang memanen spaghetti dari pohon. Tak lama setelah ditayangkan, BBC kebanjiran telepon yang menanyakan di mana persisnya acara panen itu dan dimana mereka bisa membeli pohon spaghetti! Heh…what next? Pohon nasi goreng?


Hari April Fools diduga mulai diperingati pada abad ke 16 di Perancis,. Menurut keterangan pada website USIS dulu awal tahun baru itu jatuh pada tgl 1 April. Cara merayakannya mirip dengan sekarang, dengan pesta, dansa dansi hingga pagi. Kemudian th 1562, Paus Gregory memperkenalkan kalender baru yang tahunnya diawali bulan Januari. Tetapi ada beberapa kalangan yang belum dengar atau tidak percaya adanya perubahan ini. Jadi mereka terus memperingati tahun baru pada tanggal 1 April. Orang2 inilah yang disebut April Fools atau secara harafiah berarti orang2 yang tertipu di bulan April.

Teori lain yang dimuat The Washington Post mengatakan tradisi ini dimulai pada jaman Romawi kuno, saat orang merayakan festival Ceres awal April. Ceres adalah dewi panen yang putrinya diculik Pluto, dewa dunia gaib. Ceres diceritakan mengikuti gema suara teriakan anaknya, hal yang mustahil, sebab gema sangat sulit dicari sumber asalnya. Sehingga Ceres dikatakan melaksanakan “a fools errand” atau tugas orang bodoh.

Kebiasaan membohongi teman dan anggota keluarga ini, diduga menyebar dari Perancis, ke Inggris dan Skotlandia, lalu ke Amerika waktu terjadi emigrasi orang Eropa ke sana.

Di Perancis ,disebut Poisson d’avril atau ikan April. Mereka percaya ikan kecil itu gampang tertangkap atau tertipu.Di Skotlandia istilahnya April gowk, yang berarti burung tekukur yang disana melambangkan kepolosan. Di sana, April Fools Day malah diperingati selama dua hari. Hari kedua khusus untuk meledek anggota badan dan disebut Taily Day. Oke2 aja kalau anda menempel tulisan “Kick Me” pada bokong teman anda.

Lain lagi di Inggris, kalau anda tertipu and disebut April noddie. Di Indonesia sendiri populer dengan nama April Mop. Dalam bahasa Belanda mop berarti kelakar.

Ada sebuah kesimpulan mengenai hari penuh lelucon ini, mengutip penulis terkenal Mark Twain :The first day of April is the day we remember what we are the other 364 days of the year.

Berbohong dengan tujuan berkelakar/bercanda .... TETAP SAJA BERBOHONG
melanggar Sila ke 4 ......

Pages: 1 ... 6 7 8 9 10 11 12 [13] 14 15 16 17 18 19 20 ... 33
anything