//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - dilbert

Pages: 1 2 3 [4] 5 6 7 8 9 10 11 ... 256
46
Gak harus begitu lah, Bro. Pada kenyataannya tidak ada yang murni, bisa saja seseorang yang walaupun mengaku pengikut theravada namun juga pandangannya tercampur baur dengan mahayana, yang mungkin oleh karena itulah ada aliran lain lagi yang mengaku gabungan dari aliran2, karena pada kenyataannya memang begitu, ada yang nyampur, ada yang setengah yakin, ada yg "terlalu" yakin, dan lain2. Seseorang memilih agama dan atau aliran, mungkin lebih banyak disebabkan oleh kecocokan atau bahkan kebetulan, cocok dengan lingkungannya, atau kebetulan cocok dg pandangannya, kebetulan tradisi keluarga atau banyak temannya atau cocok dg ritualnya dll. Jadi tidak selalu karena "kebenarannya". Lagipula, kalau membaca beberapa tulisan dari "guru-guru" yang berasal dari aliran yang berbeda, menurut saya isinya juga pada dasarnya kurang lebih sama.

Selain itu tentunya memang ada juga yg ngotot kalo alirannya paling benar, bahkan bukan hanya alirannya yg paling bener tapi dirinya yang paling bener, semua aliran salah.... :)) Yang jelas macem2 dah.

Substansinya, kita nda bole main ketok palu bgitu aja karena kita nda tahu yang sebenar2nya. Peace....  :>-

ente kagak ngerti yang saya tulis-kan... Kalau ente praktek ajaran A, tentu saja pada waktu praktek itu, anda menganggap ajaran A yang benar, sehingga anda praktekkan... karena jika anda menganggap ajaran B yang benar, masa anda praktekkan ajaran A.

Jadi kata-kata soal tidak ada ajaran yang salah itu cuma basa-basi, ucapan normatif, diplomasi...

47
saya tidak berani mewakili theravada dalam menjawab, tapi kalau saya sebagai theravada memiliki opini pribadi seperti ini. semua agama dan semua aliran tidak ada yang salah ataupun sesat. cuma saja kan memang tujuan dan caranya berbeda beda jadi tidak bisa disalahkan.

Substansi-nya, Kalau sudah menggunakan referensi theravada sebagai pedoman praktek kehidupan dan spiritual, tentu-nya menganggap theravada itu benar yang lainnya salah... demikian juga praktisi mahayana, pasti akan menganggap yang lainnya adalah salah... Gak mungkin semua benar, tidak ada yang salah.

Ucapan seperti ini adalah ucapan normatif dan diplomatis saja.

48
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 03 February 2014, 02:10:30 PM »
sorry, terpaksa ikutan...

dan kesimpulan yang gegabah jg menganggap yg disini diskusi semua itu tidak berpraktek. Bahkan sebenarnya dari diskusi ini *mungkin* bisa terlihat *secuil* bagaimana praktek orangnya jg sih :P

balik lagi ke soal apakah harus mencapai nibbana dahulu baru boleh diskusi, ini sudah rutin dikumandangkan dari dulu cuma beberapa tahun ini lagi belum dikeluarin lagi, yah itu sulit jg. soalnya bisa2 nda ada yg boleh diskusi deh, tidak ada yg boleh ceramah di vihara. tapi kan Ananda aja boleh meskipun belum mencapai nibbana toh.

kunci utama forum ini adalah diskusi dengan kritis. Semua boleh dipertanyakan dan lebih baik diklarifikasi dibandingkan ditutup-tutupi.

stay cool, keep discussing...  8)

setuju... bahwa penyelidikan dhamma termasuk dalam salah satu dari 7 faktor pencerahan (bhojanga)

49
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 05:11:41 PM »
Dan harus seorang Buddha dengan kemahatahuan dan skill upaya kausalya-nya yang bisa membimbing seorang culapanthaka.

50
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 05:10:16 PM »

Kayaknya memang tidak akan ketemu deh, anda bersikeras Abhidhamma sudah ada pada masa Sang Buddha hidup, sedangkan saya tetap pada pendapat saya bahwa yang ada adalah pembagian 3 atau 9 anga. We agree to disagree, right? :)

Saya tidak mengatakan salah dengan pembagian seperti di MN.22... tetapi silahkan saja anda bantah dan tidak mengakui soal pengelompokkan yang sangat jelas tentang sutta, vinaya dan abhidhamma di Bhikkhuni Vibhanga...

51
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 05:09:08 PM »
darimana anda berkesimpulan begitu?

saya bilang, tidak ada produk langsung yang keluar dari konsili2 itu, certified from 4th council. gak ada. cerita konsili2 itu dituliskan di catatan2 atau buku2 lain yang lebih muda. dengan kata lain, adu tua2an itu gak ada gunanya di sini...

dengan segala distorsinya, catatan2 dan buku2 itu merupakan rekaman sejarah dan bukti adanya perpecahan di masa itu, bukti adanya evolusi tipitaka sampai yang kita temukan sekarang ini... itu saja. cerita buddhisme awal itu sederhana sekali kalau kita mau melepas kacamata iman...


emang-nya ada yang ilmiah soal 4 nikaya itu adalah buddhisme awal ?

52
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 02:57:34 PM »
ini pan udah dijawab berkali2 sama yang laen.

dari sumber berbagai sekte, 4 nikaya itu ada dan sama isinya, sedangkan di luar 4 nikaya, isinya bervariasi. apalagi yang namanya abhidhamma itu. banyak sekte yang kagak pake abhidhamma, ada juga sekte lain yang punya abhidharma tapi isinya tidak ada kesamaannya sama sekali dengan abhidhammanya theravada. abhidharma sekte lain itu malahan dicantumkan nama pengarangnya dengan tegas. sumber2 berbagai sekte ini sama validnya dari sumber2 keluaran srilanka. semoga jelas dan gak diulang2 lagi.

anda berkali2 ngomong konsili ke-4. setahu saya tidak ada produk langsung dari konsili ke-4 baik yang versi srilanka maupun konsili ke-4 versi yang di kashmir. semua peristiwa bersejarah itu (kalau memang ada) dituliskan oleh buku lain yang jauh lebih muda seperti dipavamsa & mahavamsa atau catatan faxian, xuanzhang dan bhikkhu2 lainnya. tidak ada bukti langsung dari konsili2 itu. kalau mau bukti yang tertua, justru gandharan buddhist text yang diperkirakan berasal dari abad pertama itu milik dharmaguptaka...

sebenernya saya hanya pembaca di topik2 buddhisme awal ini, tapi saya kok inget ya jawaban2 yang dipostkan.
kok om dilbert seperti kagak pernah baca atau kagak pernah inget?


oh iya... berarti menurut anda 4 nikaya juga bukan produk konsili manapun.

53
Theravada / Re: Buddha Abhidhamma
« on: 29 January 2014, 02:07:23 PM »
Lanjut

54
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 02:02:40 PM »
Just for info:

Sebenarnya istilah Tipitaka sendiri belum ada pada masa awal karena ajaran Buddha masih dikelompokkan dalam 9 anga: sutta, geyya, veyyakarana, gatha, udana, itivuttaka, jataka, abbhutadhamma, dan vedalla. Misalnya seperti yang disebutkan dalam MN 22 Alagaddupamma Sutta:

10. “Di sini, para bhikkhu, beberapa orang sesat mempelajari Dhamma – khotbah (sutta), syair (geyya), penjelasan (veyyakarana), bait-bait (gatha), ungkapan kegembiraan (udana), sabda-sabda (itivuttaka), kisah-kisah kelahiran (jataka), keajaiban-keajaiban (abbhutadhamma), dan jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan (vedalla) – tetapi setelah mempelajari Dhamma, mereka tidak memeriksa makna dari ajaran-ajaran itu dengan kebijaksanaan. Tanpa memeriksa makna-makna dari ajaran-ajaran itu dengan kebijaksanaan, mereka tidak memperoleh penerimaan mendalam akan ajaran-ajaran itu. Sebaliknya mereka mempelajari Dhamma hanya demi untuk mengkritik orang lain dan untuk memenangkan perdebatan, dan mereka tidak mengalami kebaikan yang karenanya mereka mempelajari Dhamma. Ajaran-ajaran itu, karena secara keliru dipahami oleh mereka, akan mengakibatkan bencana dan penderitaan untuk waktu yang lama.[6] Mengapakah? Karena menggenggam secara keliru pada ajaran-ajaran itu.

Namun MN 122 Mahasunnata Sutta menyebutkan hanya 3 anga pertama sehingga ada yang berpendapat bahwa sutta, geyya, dan veyyakarana adalah pembagian paling awal ajaran Buddha sebelum berkembang menjadi 9 anga dan akhirnya diubah menjadi sistem Tipitaka pada masa yang belakangan:

20. “Ānanda, seorang siswa seharusnya tidak mendekati Sang Guru demi khotbah-khotbah, syair-syair, dan penjelasan-penjelasan. Mengapakah? Sejak lama, Ānanda, engkau telah mempelajari ajaran-ajaran, menghafalkannya, membacanya secara lisan, memeriksanya dengan pikiran, dan menembusnya dengan baik melalui pandangan. Tetapi pembicaraan-pembicaraan demikian yang membahas tentang penghapusan, yang mendukung kebebasan pikiran, dan yang menuntun menuju kekecewaan sepenuhnya, kebosanan sepenuhnya, lenyapnya, kedamaian, pengetahuan langsung, pencerahan, dan Nibbāna, yaitu, pembicaraan tentang keinginan yang sedikit, tentang kepuasan, kesendirian, keterasingan dari masyarakat, pembangkitan kegigihan, moralitas, konsentrasi, kebijaksanaan, kebebasan, pengetahuan dan penglihatan kebebasan: demi pembicaraan demikian maka seorang siswa seharusnya mendekati Sang Guru bahkan jika ia disuruh pergi.

Kalau situ memakai referensi MN 22 Alagaddupamma Sutta, ane memakai referensi Bhikkhuni Vibhanga di Vinaya...

…PAÑHAM PUCCHEYYÂTI SUTTANTE OKÂSAM KÂRÂPETVÂ VINAYAMABHIDHAMMAM VÂ PUCCHATI ÂPATTI PÂCITTIYASSA, VINAYE OKÂSAM KÂRÂPETVA SUTTANTAMABHIDHAMMAM VÂ PUCCHATI ÂPATTI PÂCITTIYASSA, ABHIDHAMME OKÂSAM KÂRÂPETVA SUTTANTAMVINAYAM VÂ PUCCHATI ÂPATTI PÂCITTIYASSA...

Seorang bhikkhuni yang mengajukan suatu pertanyaan kepada bhikkhu haruslah sesuai dengan kesempatan yang dimohonkan. Apabila memohon kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang Sutta tetapi kemudian berbalik mempertanyakan Vinaya atau Abhidhamma; bhikkhuni tersebut melanggar Pâcittiya Apabila memohon kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang Vinaya tetapi kemudian berbalik mempertanyakan Sutta atau Abhidhamma; bhikkhuni tersebut melanggar Pâcittiya. Apabila memohon kesempatan untuk mengajukan pertanyaan tentang Abhidhamma tetapi kemudian berbalik mempertanyakan Sutta atau Vinaya; bhikkhuni tersebut melangar Pâcittiya...

55
Buddhisme Awal / Re: Manfaat Mempelajari Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 01:57:35 PM »
tentu saja logikanya ajaran yang ada di 4 nikaya itu lebih dekat dengan ajaran yang otentik ketimbang ajaran yang ada di luar 4 nikaya...

dan aneh sekali sikap yang menyerang rekan2 yang berdiskusi di sini. apakah kalo mendiskusikan evolusi gak boleh mengcopas pendapat darwin dan peneliti evolusi lainnya? apakah harus darwin yang berdiskusi di sini? apakah hanya ajahn sujato yang boleh berdiskusi di sini?

sekali lagi, silakan copas juga pendapat peneliti yang anda yakini. lebih bermanfaat buat kita semua daripada menyerang rekan2 yang berdiskusi tanpa menampilkan pendapat anda sendiri...

4 Nikaya yang dikenal sekarang itu berasal dari mana ? Konsili ke-IV atau ada yang berasal dari sumber yang "lebih tua" daripada konsili ke-IV ?

56
Buddhisme Awal / Re: Perbandingan Teks Berbagai Sumber
« on: 29 January 2014, 01:49:59 PM »
Wah, asik nih... orang yang dari awal menyinggung tokoh, berlindung di balik tokoh, protes tulisan tokoh lain yang ga sesuai tulisan tokohnya, malah ngomong orang lain yang mau ngadu tokoh. hehehe

Untung di forum ini tidak bisa sembarangan hapus post, jadi semua orang bisa lihat lengkap jalannya diskusi.

karena sudah mentok diskusi-nya, masing-masing mencari referensi yang sesuai dengan argumentasi-nya...

Jadi Mingun Sayadaw (+ Tipitakadhara) + 2500 bhikkhu di konsili ke-VI  --- VS --- Bhikkhu Sujato ?


---

Note : Jaman Buddha masih hidup saja, masih ada orang yang sependapat dengan Devadatta...

57
Buddhisme Awal / Re: Perbandingan Teks Berbagai Sumber
« on: 29 January 2014, 01:23:02 PM »
Kalau begitu tulisan om Dilbert anda anggap adu tokoh sepertinya om dilbert perlu klarifikasi benar gak demikian, kalau tidak benar sangat disayangkan. Itu saja tanggapan dari saya. saran saja kalau memberi tanggapan di quote or ditujukan kepada siapa atau umum. Seharusnya seorang Glomod dan member lama mengetahui hal ini.

seperti-nya memang pada akhir-nya akan adu tokoh....

Mingun Sayadaw (+ Tipitakadhara + 2500 bhikkhu) lawan bhikkhu2 sekarang...

soalnya Buddha Gautama tidak bisa lagi dimintai validasi-nya... maka-nya yah terjadi seperti ini, saling klaim...

58
Buddhisme Awal / Re: Abhidhamma/Abhidharma Pada Masa Buddhisme Awal
« on: 29 January 2014, 01:13:11 PM »
Kalau mau mainannya SADDHA, ya susah.
Tapi buat saya gak masalah kalau saya gak percaya sama Konsili "Ke-4" Srilanka.
Saya kan ikutnya ke mahayana, dan mahayana itu diturunkan dari aliran-aliran yang BAHKAN TIDAK TAHU atau tidak menyebut adanya konsili tersebut. Yang disebut adalah Konsili Raja Kanishka

Jadi buat saya gak masalah kalau saya meragukan KUALITAS mereka yang bikin konsili tersebut, Aliran saya kan gak mengakui. Ada juga abhidharma tapi isinya beda dengan theravada, walaupun ada yg sama juga. Tapi abhidharma itu gak pernah dikatakan diajarkan di surga tavatimsa.
Tapi aliran saya punya kitab nikaya/agama yang hampir persis sama. Emangnya koleksi itu nyontek dari konsili "Ke-4" Srilanka itu lalu dihapus bagian abhidhamma nya gitu?

terus cara men-validasi kitab-kitab yang di-katakan sebagai ajaran Buddha itu sebagai benar-benar ajaran Buddha ?

59
Buddhisme Awal / Re: Perbandingan Teks Berbagai Sumber
« on: 28 January 2014, 03:20:13 PM »
Kalo Garudhamma buat para bhikkhuni itu, ada yang berpendapat itu penambahan yang belakangan: http://santifm.org/santipada/wp-content/uploads/2012/08/Bhikkhuni_Vinaya_Studies_Bhikkhu_Sujato.html

kayak-nya pendapat bhikkhu sujato yang terus di-muncul-kan.

60
Buddhisme untuk Pemula / Re: "Berbuat Baik untuk MEMBAYAR UTANG KARMA"
« on: 28 January 2014, 01:55:51 PM »

Maka sebanyak apapun AIR PUTIH yang dimasukkan kedalam CANGKIR yang berisi GARAM, TIDAK AKAN mengurangi GARAM yang telah berada didalamnya, NAMUN AIR PUTIH MAMPU mengurangi RASA ASIN yang di AKIBATKAN oleh GARAM tersebut.


salah juga anggapan seperti ini... Ketika kita memiliki kamma buruk (akusala kamma) dimasa lampau, dan ketika kamma buruk tersebut telah terkondisi untuk berbuah, maka tetap akan berbuah. Hanya saja jika ada lagi kamma baik kita yang lain, dan jika kamma baik tersebut juga telah terkondisi untuk berbuah, maka sewaktu kamma buruk itu berbuah, maka tidak lama kemudian, kamma baik itu berbuah lagi.

Misalnya : tiba-tiba bisa mendapat musibah, kemudian ada orang yang menolong kita. Jadi musibah itu bisa dianggap sebagai kamma buruk yang berbuah, dan orang yang menolong kita itu adalah kamma baik yang berbuah

Pages: 1 2 3 [4] 5 6 7 8 9 10 11 ... 256