//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Topics - hariyono

Pages: [1] 2 3
1
Seremonial / Selamat Ulang tahun keponakanku Bawel
« on: 06 October 2011, 08:36:22 AM »
Selamat Ulang tahun keponakanku Bawel

Semoga cepet dapet jodoh !!

[ Invalid YouTube link ]

2
Buddhisme untuk Pemula / Iblis Welas Asih
« on: 09 November 2009, 09:30:03 PM »
Seorang bhiksu di tanya ,
" Bagaimana caranya menumbuhkan Welas Asih  tak terhingga bagi semua makhluk ? "
Jawabnya
adalah dengan ' Mengembangkan Keseimbangan Bathin '
Ini artinya menyadari kesetaraan hakiki semua makhluk hidup ....
Aku tidak lebih hebat dari siapa pun ,
demikian pula orang lain tidak lebih rendah dari pada yang lainnya .
kita semua adalah satu tubuh .

Hal ini mengingatkanku pada perumpamaan yang sederhana namun penting tentang burung berkepala dua .
Seekor burung memiliki dua kepala satu tubuh .
Suatu hari , karena dengki , kepala yang satu menipu kepala yang lain untuk memakan buah beracun ,
akibatnya " kedua " burung itu tewas .
demikian juga halnya , " orang lain " dan " Aku" berbagi tubuh yang sama .
Siapa kita dan kelangsungan hidup kita tergantung kepada yang lain ..tidak ada makanan , kawan , orang tua , pekerjaan...yang tanpa " orang lain " ..
kita semua saling bergantung ,
kekonyolan satu orang dapat mengakibatkan kejatuhan seluruh masyarakat .

Sang bhiksu berkata " Hati-hati , jangan sampai menjadi Iblis Welas Asih "
Iblis Welas Asih adalah orang berpikir bahwa dirinya betul-betul penuh welas asih karena melihat dirinya terpisah dari orang lain ..
bahwa " mereka" tak ayal lagi membutuhkan bantuannya .
Hal ini menyebabkan ego muncul dan menjadi gemuk !
Orang yang benar-benar penuh welas asih tidak perna merasa....ia penuh welas asih ..
Ia cuma melakukan apa yang ia angap paling alamiah di dunia ini .
Meskipun kita sudah selayaknya memuji kebajikan ,
tidak ada yang perlu dibesar-besarkan karena telah berbuat baik .

3
Buddhisme untuk Pemula / Semangat meredup
« on: 09 November 2009, 08:49:55 PM »
Ada waktu tatkala secara spiritual kita merasa surut dan redup .
Meskipun hal ini secara umum diyakini sebagai waktu untuk " istirahat" dari latihan spiritual yang melelahkan ,
secara pribadi aku melihat bahwa
Inilah waktu terbaik untuk menguji spiritualitasnya.
Seperti pepatah , " Ketika menghempas dasar karang , satu-satunya jalan adalah keatas ."

Maksudku bagaimana mungkin orang yang serius mancari kebebasan bisa " istirahat " dalam usahanya ?
Tentu saja jauh lebih muda di omongkan dari pada dikerjakan .
Tapi , apa yang betul -betul berharga untuk dilakukan akan selalu memerlukan usaha keras ;
Pencerahan tidak akan datang dengan mudahnya .

Bayangkan Buddha sebagai Bodhisattva dalam kehidupan - kehidupan lampau-Nya  " beristirahat " menyempurnakan diri-Nya aneh kan ?
Redup nya semangat spiritual adalah tanda bahwa kita tidak cukup menjaga spiritualitas kita meskipun kita mungkin berpikir telah sangat lama menjalaninya .
Tidak ada yang " terlalu banyak " dalam pratik spitual ,
latihan spiritual , bagaimanapun ,
harus dilebur kedalam kehidupan se hari- hari ,
Ini cuma hidup se hari -hari dengan sentuhan spiritual .

Usaha besar diperlukan tidak hanya untuk mampu duduk bermeditasi lama dan mantap ,
tapi juga dalam tanggung jawab yang membumi seperti menjadi anak atau teman yang lebih baik .
Spritualitas buakan diatas sana .
Tapi disini , dibumi anda berpijak saat ini .
Lain kali Anda sedang redup ,
ingatlah bahwa spiritualitas Anda barangkali belum dilakukan dengan tepat !
Pelita yang baik terus menyalah terang tanpa berkedip .


4
Ada saat-saat ketika loyalitas dan spiritualitas anjing dipandang lebih murni dari pada loyalitas dan spiritualitas manusia .
Kapan saja kita sedih dan kesepian , anjing kita akan selalu berlari ke sisi kita dan duduk disamping kita .
Makhluk tersebut nampak nya memiliki suatu kemampuan sehinga dapat merasakan emosi kita .

Karena anjing memiliki tingkat spiritualitas yang subtansial , banyak orang Cina percaya bahwa mereka dapat menunjukan berbagai pertanda .
Karena itu , adalah bijaksana untuk menaati tabu-tabu berikut sebelum mendapatkan seekor anjing untuk di pelihara .

Apa yang terjadi jika seekor anjing yang tersesat dalam rumah Anda
dan menolak untuk pergi ?
Itu pertanda baik atau buruk ?
Sesungunya hal itu tergantung pada penampilan anjing tersebut .
Jika kakinya tertutup bulu yang putih , se olah-olah mengenakan kaus kaki putih , itu dipercaya mendatangkan peruntungan buruk bagi pemiliknya.

Sebagian , orang tua yang kesepian mengambil anjing yang tersesat setelah melihat betapa jinak dan penurutnya dia .
Ada pula orang -orang , yang mengadopsi anjing yang tersesat dan memberi nama seperti ' Untung ' atau 'kaya'.
Ini dilakukan dengan harapan agar kekayaan dan keberuntungan akan datang kepada mereka seperti ( nama ) anjing itu .

Menurut kalender lunar Cina , orang-orang yang dilahirkan pada tahun anjing tidak boleh memelihara ( membesarkan ) anjing .
karena shio mereka agaknya tidak cocok dengan binatang tersebut.
Manusia ' anjing' dan teman nya yang berkaki empat akan clash dan menciptakan banyak malapetaka .kemalangan akan menimpa pemiliknya .

Issue tentang memiliki anjing sebagai binatang piaraan , dianjurkan jangan memiliki dua ekor .
Sebaiknya memiliki satu ,tiga , atau bahkan empat anjing ..yang penting jangan dua.
Memiliki dua anjing adalah pertanda yang buruk .
Dalam bahasa Mandarin ,dua karekter ( huruf ) 'anjing' membentuk karakter ' tangisan ' .
hal ini melambangkan bahwa akan ada tangisan yang tidak berkesudahan didalam rumah Anda .
Kemalangan atau tragedi bakal terjadi .

Sebahagian anjing memiliki indra ke enam yang tajam .
Ketika peruntungan Anda merosot , teman berkaki empat itu akan meninggalkan Anda  dan pergi kepada seseorang yang lebih makmur .

Faktanya ialah , anjing-anjing itu sesungunya seperti manusia mereka memiliki emosi dan aneka perasaan dan mereka butuh cinta kasih dan perhatian .
Siapa yang mengatakan bahwa Anda memiliki hak untuk memikil dan mengusir pergi anjing Anda ?
Jika Anda memperlakukan ia dengan baik , ia pasti akan membalas kebaikan hati Anda dengan cinta dan kesetiaan yang tanpa pamrih

5
Buddhisme untuk Pemula / Peninggalan Syakamuni mencapai kebudhaan
« on: 09 November 2009, 01:26:50 AM »
Sejak dahulu ,tempat Sakyamuni mencapai Penerangan Sempurna dinamakan Buddhagaya .
Pohon tempat Syakamuni mencapai penerangan , dinamakan Pohon Bodhi .
Bodhi berarti penerangan atau kesadaran .
Buddhagaya terletak di penggiran selatan kota Gaya di propinsi Bihar di India .
Pohon Bodhi yang asli , dalam kurun waktu 2500 tahun , telah ditebang orang ..dua kali dan sekali tumbang diterjang angin topan .
Tetapi pohon tersebut telah dicangkok kembali berkali kali .
Pohon Bodhi yang ada sekarang adalah generasi ketiga dari pohon yang asli .
Di kaki pohon tempat Buddha bertapa , berdiri Singgasana Permata yang di pahat dengan ukiran tulisan .
Disebelah timur pohon tersebut , ada wihara yang indah dan agung yang disebut Wihara Maha Bodhi .
Wihara tersebut telah berdiri 1800 tahun .
Tidak jauh dari Wihara itu , ada banyak peninggalan yang berhubungan dengan kehidupan Buddha .
Ada pula beberapa buah pahatan batu dan bangunan ditempat tersebut .
Dalam rangka membangun di tempat suci ini , pada tahun 1956 pemerintah provinsi Bihar di India membentuk komite Konsultasi Internasional .
Asosiasi Buddhis China menerima undangan tersebut dan mengirimkan dua delegasi untuk berpartisipasi pada konfrensi tersebut .

6
Buddhisme untuk Pemula / Maaf dari Welas Asih
« on: 07 November 2009, 12:02:58 PM »
oleh karena kebiasaan yang sudah mengakar -dalam.. tidak mudah untuk dirombak , haruskah kita mengampuni orang yang terbiasa berbuat salah ?
Kebiasaan yang sudah mengakar -dalam terbentuk di bawah sadar dalam jangka panjang .
Ini berbeda dengan kejahatan yang terencana .
jadi ,
kita justru harus mengerahkan kasih yang lebih besar lagi ..
dan kesabaran untuk mendidik dan membimbing orang-orang ini .

Ada sebuah kisah tentang seorang bhiksu muda .
Dia sulit sekali memperbaiki kebiasaan nya suka mencuri ,
sekali pun dia sepenuh hati mengikuti Buddha .
Gurunya mengampuni nya setiap saat.
Akan tetapi , dalam suatu kasus,
keadaan benar - benar gawat ,
dan seluruh bhiksu lainnya menjadi gusar .
Mereka melaporkan situasinya kepada guru mereka ,
menuntut agar bhiksu muda itu diusir .

Guru mereka menjawab ,
" Biar pun kalian pergi semua ,saya tidak dapat mengusirnya .
Karena kalian tekun dalam mengembangkan bathin kalian ,
Kalian akan akan di terima baik kemana pun kalian pergi.
Namun , dia punya masalah dan tidak akan diterima dimana pun .
Jadi ,
bagaimana mungkin saya mengusirnya agar kalian tetap di sini ? "

Seluruh bhiksu tersebut tersentuh ketika mendengar hal ini .
Sang pencuri merasa malu dan mulai terisak penuh penyesalan .
Dia bertekad untuk memperbaiki dirinya ..
dan akhirnya menjadi orang yang baru.

Orang seperti apa yang paling berbahagia di dunia ini ?
Mereka yang dapat memaafkan orang lain adalah yang paling berbahagia .
Begitu Anda memaafkan orang lain ,
kecemasan Anda akan sirna .

sadhu.sadhu.sadhu.

7
Buddhisme untuk Pemula / Jalan sejati menjadi seorang insan
« on: 07 November 2009, 11:20:42 AM »
Mengapa kita memperlakukan orang asing dengan lebih sopan dari pada terhadap kawan dan keluarga ?

Sebahagian orang sangat santun ter hadap orang - orang yang tidak akrab dengan mereka .
Mereka menjaga etika pergaulan dan melewatkan waktu denagn gembira  ,
Namun ,
Setelah mereka melewatkan waktu bersama -sama ...
dan menjadi semakin akrab ,
keakraban menjurus pada urakan dan mereka tidak lagi mengindahkan tata krama .

Oleh karena itulah ,
sebahagian orang berkata bahwa kebencian muncul dari cinta .
Pada mulanya ,
ketika setiap orang saling sopan ,
mereka mampu saling menghormati dan mengasihi .
Namun kemudian , ketika mereka semakin akrab satu sama lain ..
dan perhatian mereka terhadap sopan santun ber angsur -angsur luntur ,
rasa cuek mulai muncul !!
Kita seyogyanya mempertahankan sikap santun seperti saat pertama kali bertemu .
Inilah jalan sejati menjadi seorang insan dan bergaul dengan orang lain .

sadu.sadhu.sadhu.

8
Buddhisme untuk Pemula / Tugas utama
« on: 06 November 2009, 10:23:43 PM »
Dalam ajaran Buddha , tugas pertama seseorang adalah membersihkan dirinya sendiri dari kecemaran bathin keserakahan ,kebencian
dan kegelapan bathin .
Alasan melakukan hal ini bukanlah karena takut atau keinginan untuk menyenangkan suatu makhluk ilahi .
Jika demikian hal nya ,
seseorang masih dianggap kurang bijaksana .
Ia bertindak hanya karena didorong rasa takut seperti anak kecil yang takut dihukum karena nakal .
Umat Buddha harus bertindak berdasarkan pemahaman dan kebijaksanaan .
Ia melakukan perbuatan bermanfaat karena ia menyadari bahwa dengan berbuat demikian ia mengembangkan kekuatan moralnya yang memberikan dasar bagi pertumbuhan spiritual , menuju pembebasan .
Sebagai tambahan ,
ia menyadari bahwa kebahagiaan dan penderitaan itu di ciptakannya sendiri melalui kerja hukum kamma
Untuk meminimalisir masalah dan persoalan dalam hidupnya ,
Ia berusaha untuk tidak berbuat jahat .
Ia melakukan tindakan yang baik karena ia tahu bahwa hal ini akan membawa kedamaian dan kebahagiaan .
Karena semua orang mencari kebahagiaan dalam hidup , dan karena mungkin baginya untuk menyediakan kondisi bagi kebahagiaan .
maka ada alasan baginya untuk berbuat baik dan menghindari kejahatan .
Lebih jauh lagi , tumbangnya kekotoran batin ini ,
sumber dari semua tindakan anti-sosial ,
akan membawa manfaat besar bagi orang lain dalam masyarakat .
Karena itu dengan menolong diri sendiri secara spiritual ,
sekaligus juga menolong orang lain untuk hidup dengan damai .

9
Buddhisme untuk Pemula / Dua keyakinan Umat Buddha
« on: 06 November 2009, 09:01:16 PM »
Apakah ada perbedaan antara jalan melatih moral dan gaya hidup yang di praktikan oleh umat Buddha dan umat agama lain ?

Umat Buddha dan Umat agama lain pada dasarnya adalah sama .
Mereka sama- sama manusia dan mereka semua memiliki sifat manusia dan kebaikan yang sama.
Walaupun jika seseorang bukan umat Buddha ,
jika ia dapat mengembangkan sifat sejati dan kebaikannya ,
dia masih dapat berbuat kebaikan .
Namun diantara umat Buddha ,
ada perbedaan besar di antara  " umat Buddha "
yang bertindak seperti para Buddha dan mereka yang tidak!
Mereka yang ingin bertindak seperti Buddha harus sepenuh hati mempelajari welas asih dan berprilaku Buddha .
Oleh karena menyelamatkan dan menolong pihak lain menjadi tangung jawab mereka ,
mereka akan sering menawarkan diri untuk mengikuti jalan .
mengorbankan diri sendiri untuk mencapai tujuan menyelamatkan semua makhluk hidup .

" Umat Buddha " yang tidak mengembangkan KeBuddha an tidak bisa lepas dari pertimbangan untung dan rugi bagi mereka .
Sengaja atau tidak sengaja ,
mereka sering mengungkapkan hasrat mereka untuk menimbun jasa guna memperoleh berkah dari Buddha .
Sebaliknya ,
mereka yang mengembangkan Ke Buddha an tidak mencari imbalan atas perbuatan baik mereka .
Mereka seperti Buddha yang mencapai Ke Buddha an demi kepentingan segenap makhluk hidup ,
bukan demi kepentingan sendiri

10
Buddhisme untuk Pemula / Komunikasi
« on: 06 November 2009, 06:07:38 PM »
Apakah komunikasi itu ?
Bagaimana kita berkomunikasi dengan orang lain ?
Dapatkah orang dengan berbagai kebiasaan , adat , gaya hidup , latar belakang , dan tingkat pengetahuan berkomunikasi ?

Pada kenyataannya semakin sepandan pandangan ,
tujuan dan adat kita ,
akan lebih mudah untuk berkomunikasi .
Namun itu masih bergantung pada setiap individu .
Pertama , Anda harus tenang dan menyimak dengan hati-hati ,
Singkirkan prasangka-prasangka Anda sendiri .
dan milikilah kebijaksanaan untuk dengan rendah hati menerima cara berpikir orang lain .
Barulah ,  Anda dapat benar benar berkomunikasi .
Komunikasi bukan berarti orang lain berkomunikasi dengan saya ,
tetapi suatu pertanyaan bagaimana saya dapat pergi dan berkomunikasi dengan orang lain.
Apabila Anda ingin orang lain tunduk pada pendapat Anda ,
maka ini bukan komunikasi .
Ini hanyalah persuasi .

Apakah sumber dari masalah kemacetan lalu lintas dewasa ini ?
Ketika pikiran manusia berkomunikasi dengan baik , jalan juga akan lancar .
Sayang sekali bahwa setiap hari , naik-turun jalan, para pengemudi bertengkar dan berdebat .
Jika kita bertindak seperti ini ,
bagaimana kita dapat mengunakan
pikiran yang hening untuk berkomunikasi satu sama lain .

sadhu.sadhu. sadhu.

11
Buddhisme untuk Pemula / Nibbana
« on: 05 November 2009, 11:50:23 PM »
Sekali kita menyadari penyebab penderitaan .
Kita berada dalam posisi untuk mengakhiri penderitaan .
jadi ,
bagaimana kita mengakhiri penderitaan ?
Lenyapkan dari akarnya dengan menyingkirkan napsu dalam pikiran ini .
Ini adalah Kebenaran Ariya Ketiga .
Keadaan dimana napsu padam dinamakan nibbana
Kata nibbana tersusun dari 'ni' dan 'bana '
yang berarti
pergi dari
atau berakhirnya napsu .
Ini adalah keadaan keadaan terbebas dari penderitaan
dan siklus tumimbal lahir .
Ini adalah keadaan yang tidak terkena hukum lahir , tua , mati .
Keadaan ini sangat luhur sehinga tidak ada bahasa manusia yang dapat meng ekpresikan nya .
nibbana
Tidak Dilahirkan ,
tidak berasal ,
tidak diciptakan ,
tidak dibentuk .
Jika tidak ada hal yang tidak dilahirkan ,Tidak berasal ,tidak diciptakan , tidak dibentuk ,maka tidak mungkin ada jalan keluar dari dunia terkondisi ini .

Nibbana berada di luar logika dan akal budi .
Kita mungkin terlibat dalam diskusi yang sangat spekulatif tentang nibbanaatau kenyataan tertinggi ,
tetapi ini bukan cara untuk benar-benar memahaminya .
Untuk memahami dan menyadari kebenaran nibbana ,
perlu kita untuk menjalankan Jalan Ariya Beruas Delapan .
dan melatih dan memurnikan diri kita sendiri dengan rajin dan sabar .
Melalui pengembangan dan kematangan spiritual ,
Kita akan dapat menyadari Kebenaran Ariya Ketiga ,
Tetapi pertama-tama kita harus memulai dengan saddhaatau keyakinan bahwa Sang Buddha benar-benar sangup menunjukan jalan .

Jalan Ariya Beruas Delapan adalah Kebenaran Ariya Keempat yang menuju pada nibbana.
Ini adalah jalan hidup yang terdiri dari delapan faktor .
Dengan menjalani jalan ini ,
Kita akan mencapai akhir dari penderitaan .
Karena ajaran Budha adalah ajaran yang logis dan konsisten yang mencakup setiap aspek kehidupan ,
Jalan Ariya ini juga berlaku sebagai tata cara terbaik menuju kehidupan yang berbahagia .
Praktik jalan ini membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain ;
dan ini bukan hanya untuk dipraktikan oleh mereka yang menyebut diri mereka umat Buddha ,
tetapi oleh setiap dan semua orang yang memahaminya ,
tanpa memandang kepercayaan agamawinya .



12
Buddhisme untuk Pemula / Berhadapan Dengan Marah
« on: 05 November 2009, 10:51:16 PM »
Sadar bahwa kemarahan menyumbat komunikasi dan menciptakan penderitaan ,
Kita harus bertekad untuk menjaga energi kemarahan ketika muncul dan untuk mengenali dan merubah
benih-benih kemarahan yang terbenam jauh di dalam gudang kesadaran .
Ketika kemarahan muncul ,
Kita harus bertekad untuk tidak melakukan
atau mengatakan sesuatu ,
melainkan mempraktikan bernapas
atau berjalan secara penuh kesadaran
dan menerima serta memeluk kemarahan
dan melihat secara mendalam .
Kita akan belajar untuk melihat dengan mata penuh kasih sayang kepada diri sendiri
dan juga kepada mereka yang kita anggap merupakan penyebab kemarahan

sadhu.sadhu. sadhu.

13
Buddhisme untuk Pemula / Debat
« on: 05 November 2009, 06:52:54 PM »
Jika kita bertindak dan berbicara keras ketika kita pikir bahwa diri kita benar , masalah apa yang akan muncul ?

Ketika kita pikir bahwa diri kita benar , kita tidak berhenti berbantah sampai kita menang .
Jika kita mendesak terlalu kuat , kita merusak persahabatan kita dengan orang lain .
Ungkapan bahwa " mereka yang memegang kebenaran tidak harus mengampuni orang lain "
berati bahwa kita terus berbantah mati-matian ketika kita pikir diri kita benar ,
karena kita melekat pada prinsip kita sendiri .
Namun ,
ini keliru,
karena inilah cara makhluk hidup menciptakan karma buruk .
Semua makhluk harus kita pertimbangkan .
Ketika kita menapaki jalan pengembangan bathin ,
kita juga harus membiarkan mahkluk hidup lain mengembangkan karma baik .
Oleh karena itu ,
Ketika keadilan ada di pihak Anda , Anda harus berbicara lembut .

sadhu. sadhu. sadhu.

14
Buddhisme untuk Pemula / Pelayanan Sang Buddha
« on: 05 November 2009, 02:16:09 AM »
Sang Budha terlahir untuk menghalau kegelapan ketidak tahuan dan menunjukan kepada dunia bagaimana cara bebas dari penderitaan .

Sang Buddha adalah perwujudan dari semua kebajikan yang diajarkan - Nya .
Selama 45 tahun pengajaran-Nya yang sukses ,
Ia menerjemahkan semua kata-kata -Nya dalam perbuatan .
Tidak perna Ia menampakan kelemahan manusia atau napsu apa pun .
Kode moral Sang Budha adalah yang paling sempurna yang perna dikenal dunia .

Selama lebih 25 abad , jutaan orang telah menemukan inspirasi dan penghiburan dalam ajaran -Nya .
Kebesaran -Nya tetap bersinar hari ini bak mentari yang melebihi sumber cahaya yang lebih kecil.
Ajarann-Nya masih memberi petunjuk bagi pengembara yang mencari keamanan dan kedamaian Nibbana .
Tidak ada orang lain yang telah mengorbankan begitu banyak kenyamanan duniawinya demi umat manusia yang menderita .

Sang Buddha adalah pemimpin religius pertama dalam sejarah manusia yang menegur pengorbanan hewan untuk alasan apa pun dan menganjurkan orang untuk tidak menyakiti makhluk hidup apa pun .

Bagi Sang Buddha , agama bukanlah suatu perjanjian kontrak antara suatu makhluk surgawi dengan manusia .
melainkan suatu perjalanan menuju Pencerahan .
Ia tidak menginginkan pengikut dengan iman membuta ;
Ia menginginkan pengikut yang dapat berpikir dengan bebas dan bijaksana serta berjuang demi keselamatan mereka sendiri .

Seluruh umat manusia telah ter anugrahi dengan keberadaan -Nya .
Tidak perna ada ke jadian dimana Sang Buddha mengekpresikan ketidak ramahan terhadap seseorang pun
Bahkan tidak juga terhadap lawan-lawan -Nya dan musuh terburuk -Nya .
Ada beberapa yang berprasangka buruk ,
menentang Sang Buddha ,
dan mencoba membunuh -Nya ;
Tetapi Sang Buddha tidak perna memperlakukan mereka sebagai musuh .
Sang Buddha perna berkata , "Seperti seekor gajah di medan perang menahan panah-panah yang ditembakan kepadanya ,demikian lah saya akan menahan prasangka buruk dan ungkapan tidak menyenangkan dari orang lain ."
(Dhammapada 320 )


Sepanjang tahun -tahun sejarah ,
tak seorang pun yang dicatat telah mengabdikan dirinya sendiri untuk kesejahteraan semua makhluk hidup seperti halnya Sang Buddha .
Dari saat Pencerahan-Nya sampai akhir hidup -Nya .
Ia berjuang tanpa lelah untuk meninggikan manusia .
Ia hanya tidur dua jam sehari .
Walaupun 25 abad telah berlalu sejak wafatnya guru besar ini , pesan -Nya tentang cinta kasih dan kebijaksanaan tetap ada secara murni .
Pesan ini tetap secara meyakinkan mempengaruhi nasib umat manusia .
Ia adalah yang paling belas kasih ,
menyinari dunia ini dengan kebaikan kasih .

Setelah mencapai Nibbana , Sang Buddha meninggalkan pesan yang tetap ada bersama kita .
Hari ini kita menghadapi ancaman buruk akan kedanmaian dunia .
Tidak ada masa dalam sejarah dunia dimana pesan-Nya lebih dibutuhkan seperti sekarang .

Sang Buddha terlahir untuk menghalau kegelapan ketidaktahuaan dan menunjukan pada dunia bagaimana untuk mengusir penderitaan dan penyakit , pelapukan dan kematian .
Serta segala kekawatiran dan kesengsaraan makhluk hidup .

Menurut beberapa kepercayaan lain , suatu dewa tertentu akan muncul di dunia ini dari waktu ke waktu untuk menghancurkan orang jahat dan melindungi orang baik .
Buddha tidak muncul di dunia ini untuk menghancurkan orang jahat ,
tetapi untuk menunjukkan kepada mereka jalan yang benar .

Dalam sejarah dunia , pernakah kita mendengar tentang guru religius manapun yang sangat dipenuhi belas kasih bagi penderitaan manusia seperti halnya Sang Buddha ?
Pada masa yang hampir sama dengan Sang Buddha kita mendengar tentang beberapa orang bijak di Yunani : Socrates , Plato . Aristoteles , dan banyak lainnya .
tetapi mereka hanyalah filsuf , pemikir yang hebat , dan pencari kebenaran ;
mereka kurang memiliki inspirasi cinta kasih terhadap penderitaan orang .

Cara Sang Buddha menyelamatkan umat manusia adalah dengan mengajarkan mereka bagaimana menemukan kebebasan mutlak dari penderitaan fisik dan mental
Ia tidak tertarik dengan meredahkan sedikit kasus tekanan mental atau fisik .
Ia lebih memperhatikan pengungkapan jalan yang dapat di ikuti semua orang .

Marilah kita mengambil semua filsuf besar , psikolog , pemikir , ilmuwan , rasionalis , pekerja sosial , pembaharu , dan guru -guru religius lainnya dan membandingkan - tanpa prasangka apa pun- kebesaran , kebajikan , pelayanan , dan kebijaksanaan mereka dengan kebajikan , kasih , dan Pencerahan Sang Buddha .
Tidak sulit untuk melihat di mana Sang Buddha berada dianatara para orang besar itu .

15
Buddhisme untuk Pemula / Energi yang adil
« on: 05 November 2009, 01:11:10 AM »
Bagi mereka yang tidak percaya bahwa ada suatu energi yang disebut sebagai kamma,
sebaiknya memahami bahwa energi kamma ini bukanlah produk agama tertentu walaupun Hinduisme , ajaran Buddha , dan Jainisme mengenal dan menjelaskan sifat energi ini .
Ini adalah hukum universal yang tidak memiliki label keagamaan .
Semua orang yang melanggar hukum ini harus menghadapi akibatnya .
tanpa memandang kepercayaan agamanya ,
dan mereka yang hidup sesuai dengan hukum ini akan mengalami kedamaian dan kebahagiaan dalam hidupnya .
Karena itu , hukum kamma ini adil bagi setiap dan semua orang ,
apakah mereka mempercayainya atau tidak ;
apakah mereka memiliki agama atau tidak .
hal ini seperti hukum universal lainnya .
Kamma bukanlah milik eksklusif ajaran Buddha .

Jika kita memahami  Kamma sebagai suatu kekuatan atau bentuk energi ,
maka kita tidak dapat melihat suatu awal .
Pertanyaan di manakah awal dari Kamma adalah seperti pertanyaan di mana awal dari listrik .
Kamma, seperti listrik ,tidak berawal .
Kamma muncul dibawa kondisi tertentu .
Secara sederhana , kita berkata bahwa asal kamma adalah kehendak ,
namun hal ini sama sederhananya dengan berkata bahwa asal sebuah sungai adalah puncak gunung .

Seperti gelombang samudra yang mengalir ke gelombang lainnya ,
satu unit kesadaran mengalir ke unit lainnya dan penggabungan satu pikiran kesadaran kedalam lainnya disebut cara kerja    kamma
Singkatnya , setiap makhluk hidup , menurut ajaran Buddha ,
adalah suatu arus listrik kehidupan yang bekerja pada tuas otomatis kamma
Kamma sebagai suatu bentuk energi tidak ditemukan di mana pun di iring - iringan kesadaran atau tubuh ini .
Sama seperti buah mangga tidak disimpan di mana pun dalam pohon mangga tetapi , tergantung pada kondisi tertentu ,
buah manga itu muncul .
demikian juga kamma,
Kamma itu seperti angin atau api .
Ia tidak disimpan dimana pun di alam semesta ,
tapi muncul pada kondisi tertentu .

Pages: [1] 2 3