pertama2x harus didefine seperti apakah jhana yg dimaksud :)jhana 1 - 8 ato s/d 9 ?
sy sdh mencapai jhana, berdasarkan literatur yg ada... dr kitab sutta tono IV:13
jhana bobo... :)) dr pd cari tau, ntar malah jd objek imajinasi/membayang-bayang atas definisi yg didapat dalam praktek meditasi, hasilnya malah melamun n menghayal, trus ngantuk n tidur... zZz...
pertama2x harus didefine seperti apakah jhana yg dimaksud :)jhana 1 - 8 ato s/d 9 ?
apakah ada yang mengalami sperti, kata Sang Buddha ?
semoga... semoga... amitofo... sancai... sancai... :))
tp klo ada yg berniat mencari jhana, ikuti aja saran saya... "dr pd cari tau, ntar malah jd objek imajinasi/membayang-bayang atas definisi yg didapat dalam praktek meditasi, hasilnya malah melamun n menghayal, trus ngantuk n tidur... zZz..." lebih baik langsung praktek n coba lah cari tp dr hasil latihan yg nyata tanpa mencari tau, ketika mengalami sensasi/pengalaman selama meditasi, lebih baik lg di diskusikan dgn pakar meditasi, jgn dgn pemeditasi kacangan... wkwkwk... ntar malah menyesatkan...
klo dah sesat, mending berlatih berdasarkan literatur dr kitab sutta tono IV:13 aja... yaitu jhana bobo... :))
kondisinya beda ci lily, kenikmatan jhana berbeda dengan kenikmatan di forum... ;D
kondisinya beda ci lily, kenikmatan jhana berbeda dengan kenikmatan di forum... ;D
Bahkan kenikmatan jhana lebih nikmat dari orgasme ^-^
_/\_saya rasa bisa nanya ke romi rafael
Apakah ada di antara bro n sis, ada yg mengalami Jhana ?
^:)^ ^:)^ ^:)^
_/\_saya rasa bisa nanya ke romi rafael
Apakah ada di antara bro n sis, ada yg mengalami Jhana ?
^:)^ ^:)^ ^:)^
Dalam retreat Cibodas 2009 ......ehipassiko, jgn terima berdasarkan pembicaranya, tetapi apa yg disampaikan harus diteliti sendiri ^^
Ada bebrapa orang mencapai Jhana, ini dikatakan langsung di Dhammatalk oleh Sayalay Dinpakara _/\_
Dalam retreat Cibodas 2009 ......Gimana cr mengetahuinya... apakah lwt wawancara atw gmn ? ???
Ada bebrapa orang mencapai Jhana, ini dikatakan langsung di Dhammatalk oleh Sayalay Dinpakara _/\_
Hehehehe, .... gw bukan lagi ehipassiko tetapi langsung gak percaya ada orang di retreat mencapai Jhana ....Dalam retreat Cibodas 2009 ......ehipassiko, jgn terima berdasarkan pembicaranya, tetapi apa yg disampaikan harus diteliti sendiri ^^
Ada bebrapa orang mencapai Jhana, ini dikatakan langsung di Dhammatalk oleh Sayalay Dinpakara _/\_
imo, kebenaran akan jhana diundang utk dibuktikan melalui diri sendiri, bukan berdasarkan pengakuan orang lain... sementara belum mengalami jhana, yah anggap aja sebuah pertanyaan tak terjawab dulu. ;D
Hehehehe, .... gw bukan lagi ehipassiko tetapi langsung gak percaya ada orang di retreat mencapai Jhana ....sama gw jg ga percaya orang yg itu mencapai jhana huahuahuaha...
dibenak dan pengertian gw tentang Jhana ..... orang yg bisa melihat alam lain, berjalan diatas air, terbang, menembus dinding dll. ;D
Gw penasaran apa sick Jhana sebenarnya??imo bisa kok.
apa memang orang kyk2 kita (bukan Bhikkhu/ni) bisa mencapainya??
akhirnya gw tanya langsung pada orang penterjemahan Sayalayno comment...
diperoleh kesimpulan : tdk semua org mampu memperoleh Abhinna walaupun org tersebut sudah mencapai jhana 4 bahkan jhana 8 sekalipun. Biasanya Yogi akan mampu memperoleh 1-2 jenis Abinna namun tdk semuanya terkecuali pada kehidupan lampau dia pernah melatih Abinna dan menguasai semua Abinna. Misalnya membaca pikiran org, tdk semua yg telah berhasil mencapai jhana mampu membaca pikiran org lain, sekalipun dia menguasai ke 10 kasina dan berhasil menguasai Arupa Jhana. Kemampuan batin untuk terbang ke angkasa juga sulit sekali dikuasai, harus juga di dukung oleh parami masa lampau. Umumnya kemampuan batin melihat jarak jauh, melihat mahluk dr alam alam lain, melihat masa lampau, mendengar jarak jauh, dan berbagai jenis kemampuan fisik lainnya tp tdk semuanya bisa dicapai org kebanyakan Yogi.
Sebenarnya Abinna bukan efek plus plus, karena tdk semua org yang capai jhana bisa mempunyai Abinna jika dia tdk khusus melatihnya. cuman bisa saja dgn mencapai jhana dia punya Dibacaku dan kemampuan melihat tembus kedalam tubuh dia sendiri dan tubuh org lain (itu yg kebanyakan org punya) tp jika dia tdk tao gmana cr mengunakannya dibacaku walaupun dia udh jhana 4 maka dia juga tdk akan bisa menggunakan Abinnanya. (copas dr tetangga) ;D
_/\_
apa memang orang kyk2 kita (bukan Bhikkhu/ni) bisa mencapainya??imo bisa kok.
bhikhu atau umat awam pada dasarnya sama2 mahkluk yg terlahir dari LDM
sedangkan garis batas antara status bhikkhu atau umat awam cuma garis ilusi.
yup itu dia kondisi jhana nya: seberapa besar seseorang melepas keduniawian...apa memang orang kyk2 kita (bukan Bhikkhu/ni) bisa mencapainya??imo bisa kok.
bhikhu atau umat awam pada dasarnya sama2 mahkluk yg terlahir dari LDM
sedangkan garis batas antara status bhikkhu atau umat awam cuma garis ilusi.
sejauh yg saya ketahui dari senior2 saya, orang kyk2 kita yg masih ingin hidup di kehidupan keduniawian tidak bisa mencapai jhana. tetapi bisa mengalami jhana(dalam meditasi).
mencapai jhana diartikan secara keseluruhan telah mencapai jhana(dalam meditasi dan kehidupan biasa adalah sama, yaitu dalam jhana mode).kalau tidak salah secara literatur jhana mode cuma bisa terjadi dalam kondisi diam (saya sih ga setuju juga... jadi ucapan senior kamu bagi saya masuk akal).
mengalami jhana diartikan mengalami kondisi jhana dalam kondisi tertentu(dalam meditasi jhana mode, tetapi kehidupan biasa balik normal mode).
hal ini masih dalam perdebatan, ada yg setuju ada yg tidak.
imo, lebih baik menjalankannya sendiri dan melihat hasilnya sendiri ;)
Pertanyaan saya seberapa jauh hubungan pencapaian Jhana dgn Mencapai Tingkat Kesucian Sotapanna?menurut bikkhu seperti Ajahn Brahm, jika telah mencapai jhana artinya sudah sangat dekat dengan tingkat kesucian....
Maksud saya bila kita sudah mencapai misalnya Jhana 4 terus kita ingin melanjutkan ke Vipassana utk Mencapai Kesucian Tingkat Pertama. Apakah masih jauh, maksud saya apakah masih sangat sulit dan perlu berjuang keras utk Mencapai Tingkat Kesucian?
Karena tujuan akhir kita meditasi adalah Mencapai Tingkat Kesucian, bukannya hanya sekedar mencapai Jhana dan mempunyai Abhina
Mohon masukan dr rekan2 sekalian. Anumodana
Pertanyaan saya seberapa jauh hubungan pencapaian Jhana dgn Mencapai Tingkat Kesucian Sotapanna?
Maksud saya bila kita sudah mencapai misalnya Jhana 4 terus kita ingin melanjutkan ke Vipassana utk Mencapai Kesucian Tingkat Pertama. Apakah masih jauh, maksud saya apakah masih sangat sulit dan perlu berjuang keras utk Mencapai Tingkat Kesucian?
Karena tujuan akhir kita meditasi adalah Mencapai Tingkat Kesucian, bukannya hanya sekedar mencapai Jhana dan mempunyai Abhina
Mohon masukan dr rekan2 sekalian. Anumodana
Pertanyaan saya seberapa jauh hubungan pencapaian Jhana dgn Mencapai Tingkat Kesucian Sotapanna?
Maksud saya bila kita sudah mencapai misalnya Jhana 4 terus kita ingin melanjutkan ke Vipassana utk Mencapai Kesucian Tingkat Pertama. Apakah masih jauh, maksud saya apakah masih sangat sulit dan perlu berjuang keras utk Mencapai Tingkat Kesucian?
Karena tujuan akhir kita meditasi adalah Mencapai Tingkat Kesucian, bukannya hanya sekedar mencapai Jhana dan mempunyai Abhina
Mohon masukan dr rekan2 sekalian. Anumodana
Gini loh penjelasan simpelnya biar gak salah pemahaman.
Murid mula2 belajar meditasi samantha, berusaha masuk jhana 1, ada "rintangan", pindah ke vipasanna, rintangan berhasil dilalui, masuk jhana 1, dilanjutkan untuk masuk ke jhanna 2, ada "rintangan" lagi, pindah ke vipasanna lagi. rintangan dilalui, lanjut lagi.
Begitu terus menerus sampai arupa jhana IV dan pada tahap ini biasanya tergantung dari punya atau tidak karma baik. Kalo punya biasanya bisa dengan gampang lompat ke sotapanna, kalo tidak yah di tetap di situ saja.
Begitu terus menerus sampai arupa jhana IV dan pada tahap ini biasanya tergantung dari punya atau tidak karma baik.:hammer: kgk nyimak nih
imo, kesepakatannya nana didapat di luar jhana.
masalah jhana memang menarik dibahas dari dulu. di sini aja udah dibahas berulang-ulang :)
kalo menurut pengikut komentar berpendapat pencerahan bisa dicapai tanpa mencapai jhana.
ada lagi yang bilang harus jhana.
walaupun demikian pendukung dry insight vipassana juga menjelaskan level konsentrasi yang diperlukan mirip-mirip jhana juga :)
imo, samma samadhi: jhana
guru-guru vipassana ala dry insight gak bilang jhana berbahaya untuk vipassana, tapi bilang jhana tidak cukup untuk pencerahan
guru-guru vipassana jalur jhana gak bilang jhana langsung tercerahkan, tetapi jhana mempermudah vipassana
:)
sudah di jelaskan di depan, jalur normal yg biasanya diajarkan bhante sih teorinya begitu.
Kalo jalur express, gak usah pake jhana2an segala, cuman mendengar satu bait dhamma juga bisa sotapanna :)
Gini loh penjelasan simpelnya biar gak salah pemahaman.
Murid mula2 belajar meditasi samantha, berusaha masuk jhana 1, ada "rintangan", pindah ke vipasanna, rintangan berhasil dilalui, masuk jhana 1, dilanjutkan untuk masuk ke jhanna 2, ada "rintangan" lagi, pindah ke vipasanna lagi. rintangan dilalui, lanjut lagi.
Begitu terus menerus sampai arupa jhana IV dan pada tahap ini biasanya tergantung dari punya atau tidak karma baik. Kalo punya biasanya bisa dengan gampang lompat ke sotapanna, kalo tidak yah di tetap di situ saja.
_/\_
ikt nimbrung..
saya baru tau kalo dalam jhana 1 masih ada rintangan batin yang merintangi shg perlu beralih ke Vippasana lalu ke jhana, bahkan dalam jhana 2 sekalipun sehingga harus beralih ke Vippasana.... btw dr mana statement demikian???? ;D
_/\_
pada saat jhana 1 kelima rintangan sudah dapat ditekan bro indra. itu menurut saya....5 rintangan itu apa aja?? .....
yg saya ketahui,
mencapai kesucian/pencerahan secara Buddhism, ada 2 cara yaitu melalui jhana dan tanpa jhana.
1. melalui jhana yaitu samantha, jhana, kesucian. jalur jhana mendapatkan abina(kesaktian batin/ilmu batin)
2. tanpa jhana yaitu vipasana. jalur tanpa jhana tidak mendapatkan abina. --> coba baca kisah Culapanthaka (Culapanthaka melaksanakan Vipassana bhavana) ....bukankah dia mmepertunjukkan abhinna nya yaitu dengan mengubah tubuhnya dari 1 menjadi banyak? jhana seperti itu disebut "MAGGASIDDHIJHANA" yg berarti mendapat jhana dengan kekuatan MAGGA.
kesucian dalam Hindu adalah melalui jalur Raja Yoga. Raja Yoga ini hampir sama dengan Zen(prinsipnya/garis besarnya).
pencapaian tingkat tinggi jhana, belum tentu sudah mendapatkan kesucian. namun ada juga yg juga sudah langsung mendapatkan kesucian.
saya rasa gak ada yg salah yg di ungkapkan oleh bro DragonHung. setiap org memiliki karpetnya masing2.
ada yg mecapai jhana 4 sudah mendapatkan kesucian. ada yg mencapai jhana 8-pun blm mendapatkan kesucian. dalam meditasi masih banyak if then else yg semua nya tergantung dari diri sendiri(tekad, karma, AKU,..dll), dan ada yg tanpa jhana mencapai kesucian.
pada saat jhana 1 kelima rintangan sudah dapat ditekan bro indra. itu menurut saya....
_/\_
ikt nimbrung..
saya baru tau kalo dalam jhana 1 masih ada rintangan batin yang merintangi shg perlu beralih ke Vippasana lalu ke jhana, bahkan dalam jhana 2 sekalipun sehingga harus beralih ke Vippasana.... btw dr mana statement demikian???? ;D
_/\_
_/\_
ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...
_/\_
ikt nimbrung..
saya baru tau kalo dalam jhana 1 masih ada rintangan batin yang merintangi shg perlu beralih ke Vippasana lalu ke jhana, bahkan dalam jhana 2 sekalipun sehingga harus beralih ke Vippasana.... btw dr mana statement demikian???? ;D
_/\_
Misalnya mencapai jhana 1, terus terikat pada keadaan kebahagian yg luar biasa itu dan terus ingin mengulanginya. Ini juga termasuk rintangan. Kalo tidak disadari akan membuat berputar2 di situ saja. Kalo bisa di lepas yah masuk ke tahap selanjutnya.
:hammer:_/\_
ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...
kok ada jhana ke 5?
Sewaktu di kelas meditasi mingguan,ada sesi wawancara secara terbuka, sang pembimbing menanyakan sensasi2 yg dialami para meditator, pas sampai di gw, setelah gw menjelaskan sensasi yg dialami, divonis telah mencapai jhana 1..Tapi setelah itu kg prnh merasakan lagi,soalnya udh kg pernah meditasi lg seh... :P
Kalo gw coba mengingat2 lg, rasanya udah lupa..hahaha...
_/\_
ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...
kok ada jhana ke 5?
In the first jhàna, all the five jhàna-factors are present. Then
by meditating on the pañibhàga-nimitta of pathavã-kasiõa further
and eliminating the lower jhàna- factors one by one, a person
can attain the higher jhànas. He attains the second jhàna when
vitakka is eliminated, the third jhàna when vicàra is further
eliminated, the fourth jhàna when pãti is also eliminated, and
finally the fifth jhàna when sukha is replaced by upekkhà. (Ultimate Science~Dr. Mehm Tin Mon
_/\_
ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...
kok ada jhana ke 5?
Om Kumis.... dalam sutta hanya sampai jhana ke 4 tetapi di dalam Abhidhamma itu sampai jhana ke 5.
_/\_
ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...
kok ada jhana ke 5?
Om Kumis.... dalam sutta hanya sampai jhana ke 4 tetapi di dalam Abhidhamma itu sampai jhana ke 5.
berarti anda membenarkan bahwa rintangan batin dilenyapkan pada jhana 4/5?
_/\_
ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...
kok ada jhana ke 5?
Om Kumis.... dalam sutta hanya sampai jhana ke 4 tetapi di dalam Abhidhamma itu sampai jhana ke 5.
berarti anda membenarkan bahwa rintangan batin dilenyapkan pada jhana 4/5?
Om Kumis... mendingan ehipassiko aja.... yg itu kan adanya di teks book... ;D
_/\_ :lotus:
Misalnya mencapai jhana 1, terus TERIKAT pada keadaan kebahagian yg luar biasa itu dan terus ingin mengulanginya. Ini juga termasuk rintangan. Kalo tidak disadari akan membuat berputar2 di situ saja. Kalo bisa di lepas yah masuk ke tahap selanjutnya.
Kebahagiaan adalah rintangan?
Misalnya mencapai jhana 1, terus TERIKAT pada keadaan kebahagian yg luar biasa itu dan terus ingin mengulanginya. Ini juga termasuk rintangan. Kalo tidak disadari akan membuat berputar2 di situ saja. Kalo bisa di lepas yah masuk ke tahap selanjutnya.
Kebahagiaan adalah rintangan?
Yup kalo terikat pada kebahagian itu sehingga tidak bisa di lepas, itu juga melupakan halangan bagi kemajuan batin berikutnya.
ups, salah ngasih contoh, harusnya kebahagian itu diganti dengan kegiuran yah?
Sorry!
menurut saya kalo terikat sehingga tidak bisa dilepas maka akan menjadi rintangan untuk ke tahap selanjutnya
menurut saya kalo terikat sehingga tidak bisa dilepas maka akan menjadi rintangan untuk ke tahap selanjutnya
untuk jhana 1-3 sih kalo masih terikat dengan kebahagian itu masih bisa di capai, kalo jhana 4 tidak bisa
pada tahap2 awal sih keterikatan itu tidak menjadi masalah ko indra, tetapi kalo untuk masuk ke tahap selanjutnya pasti akan menjadi rintangan.
Kalo tidak ingin maju sih, terikat di sana gak jadi masalah ko indra, kan ada orang yg tipe begitu.
Kalo mau maju biasanya sih di suruh lepasin keterikatannya itu.
Jadi mungkin yg dimaksud rintangan pada jhana adalah bukan rintangan batin tetapi kemelekatan pada faktor2 jhana atau ketidak tahuan cara memasuki dari satu jhana ke jhana berikutnya.
_/\_
_/\_
ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...
kok ada jhana ke 5?
Om Kumis.... dalam sutta hanya sampai jhana ke 4 tetapi di dalam Abhidhamma itu sampai jhana ke 5.
berarti anda membenarkan bahwa rintangan batin dilenyapkan pada jhana 4/5?
Om Kumis... mendingan ehipassiko aja.... yg itu kan adanya di teks book... ;D
_/\_ :lotus:
dan apa salahnya teks book? apakah sis Lily pernah mengalami pengalaman yg berbeda dengan sutta/abhidhamma?
Dalam hal 5 rintangan batin /panca nivarana pada jhana 1 sudah tidak mengganggu lagi atau tertekan sehingga tidak ada kemampuan untuk muncul.
Apa yg dimaksud dengan saat dalam tiap jhana ketika menghadapi permasalahan(sebagai pengganti kata 'rintangan' dalam jhana agar lebih jelas) dalam jhana untuk jhana berikutnya dialihkan kevipasana ?
Saya memberi contoh ketika kita berada pada jhana 1. Ada 5 faktor jhana. Tetapi ketika meditator akan masuk jhana 2 , maka faktor vitaka dan vicara harus ditanggalkan tetapi karena batin tidak mengetahui atau ia melekat pada faktor itu maka ia harus mengalihkan konsentrasi yg sangat kuat ini ke sati yg kuat atau vipasanna dengan mengamati permasalahan tadi dengan pasif jika memang masalah itu tidak dapat diatasi. Dan kemudian dia kembali lagi masuk ke jhana 1 sampai akhirnya memasuki jhana 2 dst.
Ada kasus dimana piti sangat luar biasa tidak bisa dikendalikan maka jika hal itu berlarut-larut maka ia harus keluar segera menyadari/sebagaimana vipasana. Pada moment peralihan fungsi maka ia perlahan akan keluar dari jhana, sampai panna berkembang sehingga ia bisa mengatasi masalah dan memahami masalah pada jhana dan ia kembali lagi memulai masuk jhana dan kemudian masuk ke jhana berikutnya.
Jadi mungkin yg dimaksud rintangan pada jhana adalah bukan rintangan batin tetapi kemelekatan pada faktor2 jhana atau ketidak tahuan cara memasuki dari satu jhana ke jhana berikutnya.
Smoga tidak rancu arti dari rintangan yg dimaksud.
Dan dalam hal mencapai sotapanna tidak mungkin dicapai saat berada dalam jhana. Yg mungkin adalah saat dia keluar dari jhana dan melakukan vipasana dan dalam waktu singkat mencapai sotapanna. Ini diakibatkan selain kekuatan konsentrasi yg dihasilkan jhana tentu juga kekuatan parami. Sehingga terlihat seakan-akan saat dalam jhana tidak lama kemudian ia mencapai sotapana.
Perlu diperhatikan pula untuk masuk dari satu jhana ke jhana berikutnya faktor2 itu harus seimbang apabila dilekati secara tidak seimbang maka sulit untuk memasuki jhana atau memasuki jhana berikutnya. Dalam kasus memasuki jhana berikutnya ada faktor yg harus ditanggalkan tetapi tidak juga melekati faktor yg masih ada pada jhana berikutnya.
Smoga bermanfaat _/\_
_/\_
ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...
kok ada jhana ke 5?
Om Kumis.... dalam sutta hanya sampai jhana ke 4 tetapi di dalam Abhidhamma itu sampai jhana ke 5.
berarti anda membenarkan bahwa rintangan batin dilenyapkan pada jhana 4/5?
Om Kumis... mendingan ehipassiko aja.... yg itu kan adanya di teks book... ;D
_/\_ :lotus:
dan apa salahnya teks book? apakah sis Lily pernah mengalami pengalaman yg berbeda dengan sutta/abhidhamma?
Teks book kan hanya objek saja dan dia ga salah kok...;D
Maksudnya pengalaman ttg apa? bisa tolong di jelaskan?
_/\_ :lotus:
^Meditasi sampai capai Jhana ke 4/5 gitu lho...;D
_/\_ :lotus:
Dalam hal 5 rintangan batin /panca nivarana pada jhana 1 sudah tidak mengganggu lagi atau tertekan sehingga tidak ada kemampuan untuk muncul.
Apa yg dimaksud dengan saat dalam tiap jhana ketika menghadapi permasalahan(sebagai pengganti kata 'rintangan' dalam jhana agar lebih jelas) dalam jhana untuk jhana berikutnya dialihkan kevipasana ?
Saya memberi contoh ketika kita berada pada jhana 1. Ada 5 faktor jhana. Tetapi ketika meditator akan masuk jhana 2 , maka faktor vitaka dan vicara harus ditanggalkan tetapi karena batin tidak mengetahui atau ia melekat pada faktor itu maka ia harus mengalihkan konsentrasi yg sangat kuat ini ke sati yg kuat atau vipasanna dengan mengamati permasalahan tadi dengan pasif jika memang masalah itu tidak dapat diatasi. Dan kemudian dia kembali lagi masuk ke jhana 1 sampai akhirnya memasuki jhana 2 dst.
Ada kasus dimana piti sangat luar biasa tidak bisa dikendalikan maka jika hal itu berlarut-larut maka ia harus keluar segera menyadari/sebagaimana vipasana. Pada moment peralihan fungsi maka ia perlahan akan keluar dari jhana, sampai panna berkembang sehingga ia bisa mengatasi masalah dan memahami masalah pada jhana dan ia kembali lagi memulai masuk jhana dan kemudian masuk ke jhana berikutnya.
Jadi mungkin yg dimaksud rintangan pada jhana adalah bukan rintangan batin tetapi kemelekatan pada faktor2 jhana atau ketidak tahuan cara memasuki dari satu jhana ke jhana berikutnya.
Smoga tidak rancu arti dari rintangan yg dimaksud.
Dan dalam hal mencapai sotapanna tidak mungkin dicapai saat berada dalam jhana. Yg mungkin adalah saat dia keluar dari jhana dan melakukan vipasana dan dalam waktu singkat mencapai sotapanna. Ini diakibatkan selain kekuatan konsentrasi yg dihasilkan jhana tentu juga kekuatan parami. Sehingga terlihat seakan-akan saat dalam jhana tidak lama kemudian ia mencapai sotapana.
Perlu diperhatikan pula untuk masuk dari satu jhana ke jhana berikutnya faktor2 itu harus seimbang apabila dilekati secara tidak seimbang maka sulit untuk memasuki jhana atau memasuki jhana berikutnya. Dalam kasus memasuki jhana berikutnya ada faktor yg harus ditanggalkan tetapi tidak juga melekati faktor yg masih ada pada jhana berikutnya.
Smoga bermanfaat _/\_
FYI...
Smoga tidak rancu juga dengan PITI (kegiuran).... antara PITI di Jhananga (5 faktor Jhana) & di Bojjhanga (the 7 factors of enlightenment).
_/\_ :lotus:
^Meditasi sampai capai Jhana ke 4/5 gitu lho...;D
_/\_ :lotus:
Dan bagaimana anda tahu kalau saya belum ehipassiko?
_/\_
ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...
kok ada jhana ke 5?
Om Kumis.... dalam sutta hanya sampai jhana ke 4 tetapi di dalam Abhidhamma itu sampai jhana ke 5.
berarti anda membenarkan bahwa rintangan batin dilenyapkan pada jhana 4/5?
^Meditasi sampai capai Jhana ke 4/5 gitu lho...;D
_/\_ :lotus:
Dan bagaimana anda tahu kalau saya belum ehipassiko?
karena pertanyaan yg ini... sbb:_/\_
ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...
kok ada jhana ke 5?
Om Kumis.... dalam sutta hanya sampai jhana ke 4 tetapi di dalam Abhidhamma itu sampai jhana ke 5.
berarti anda membenarkan bahwa rintangan batin dilenyapkan pada jhana 4/5?
Kalo udah ehipassiko..kenapa hrs tanya begitu? mau nge test? ;D
_/\_ :lotus:
objek eksternal yg dimaksud apa yah bro Kai?
"The thought occurs to him, 'What if, with the fading of rapture, I... were to enter & remain in the third jhana...' Without jumping at the third jhana, with the fading of rapture, he remains equanimous, mindful, & alert, and senses pleasure with the body. He enters & remains in the third jhana, of which the Noble Ones declare, 'Equanimous & mindful, he has a pleasant abiding.' He sticks with that theme, develops it, pursues it, & establishes himself firmly in it.
AFAIK, Jhana 1-4 itu masih berhubungan dengan tubuh/rupa. Arupa Jhana baru tidak ada objek2x indra lagi karena sudah melampaui persepsi dari rupa/tubuh.
contohnya pda Jhana ke 3Quote from: AN 9.35 - Gavi Sutta: The Cow"The thought occurs to him, 'What if, with the fading of rapture, I... were to enter & remain in the third jhana...' Without jumping at the third jhana, with the fading of rapture, he remains equanimous, mindful, & alert, and senses pleasure with the body. He enters & remains in the third jhana, of which the Noble Ones declare, 'Equanimous & mindful, he has a pleasant abiding.' He sticks with that theme, develops it, pursues it, & establishes himself firmly in it.
Anupubbanirodhasutta
[...]
Bagi dia yang mencapai jhana pertama, persepsi indriah berhenti.
[...]
Maksudnya siapa bro?QuoteAnupubbanirodhasutta
[...]
Bagi dia yang mencapai jhana pertama, persepsi indriah berhenti.
[...]
Sepertinya kalian tidak sungguh-sungguh berjuang mencapai jhana. Sedikitnya, berhentilah berspekulasi.
Maksudnya siapa bro?QuoteAnupubbanirodhasutta
[...]
Bagi dia yang mencapai jhana pertama, persepsi indriah berhenti.
[...]
Sepertinya kalian tidak sungguh-sungguh berjuang mencapai jhana. Sedikitnya, berhentilah berspekulasi.
ada punya source suttanya nga? AN 9.31 bukan?
hehehehe... klo tarzan bs ngobrol sama hewan2...
dan kecenderungan kita memang berbeda... saya lebih mengikuti apa yang umum dan jelas apa yang sudah saya jalani...
^Meditasi sampai capai Jhana ke 4/5 gitu lho...;D
_/\_ :lotus:
Dan bagaimana anda tahu kalau saya belum ehipassiko?
karena pertanyaan yg ini... sbb:_/\_
ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...
kok ada jhana ke 5?
Om Kumis.... dalam sutta hanya sampai jhana ke 4 tetapi di dalam Abhidhamma itu sampai jhana ke 5.
berarti anda membenarkan bahwa rintangan batin dilenyapkan pada jhana 4/5?
Kalo udah ehipassiko..kenapa hrs tanya begitu? mau nge test? ;D
_/\_ :lotus:
saya tidak pernah mengatakan SUDAH EHIPASSIKO, andalah yang mengatakan
Jika seseorang pernah berjuang sungguh-sungguh mencapai jhana, ia akan melihat semua adalah bagian dari hidup dan pengalaman hidup. Maka dalam merespon, ia akan mengatakan sesuatu yang berkaitan dengan pengalamannya, kendatipun ia belum mencapai sesuatu. Mungkin kadang ia juga merujuk pada referensi, apakah orang lain atau pun kitab.
Bagi mereka yang tidak pernah berjuang sungguh-sungguh mencapainya, melihatnya hanya sebagai bahan omongan, bukan bagian dari pengalaman hidup, maka kecenderungan responnya pun hanya dengan referensi, apakah orang lain, atau pun kitab.
Melihat beberapa respon yang datang ke saya, semuanya hanyalah konfrontasi berdasarkan kitab. Semua kembali ke kitab dan penafsiran kitab, bukan ke kitab dan pengalaman pribadi berdasarkan panduan kitab tersebut. Itulah sebabnya seseorang tidak menangkap apa yang saya katakan sebagai internal dan eksternal dan menilai bahwa saya mengatakan dalam Rupa Jhana, sudah tidak ada kesadaran tubuh. Bagi orang yang berjuang sungguh-sungguh, juga tahu fenomena yang berubah pada saat samatha, kendatipun belum mencapai jhana. Ia tahu detak jantung dan nafas melambat ketika konsentrasi terpusat dan kembali normal ketika konsentrasi terpecah. Dengan demikian, sekali lagi, kendatipun belum mencapai jhana, ia tidak akan berspekulasi mempertahankan anapanasati masih terjadi sampai ke jhana IV.
Menimbang respon-respon yang saya dapat, saya tidak tertarik membahas lebih jauh.
Dan ya, itu Anguttara Nikaya IX, Sattavassa Vagga, Anupubbanirodha Sutta. Jika sempat, saya akan post di board Theravada.
AN 9.31: Anupubbanirodha Sutta - Sembilan Penghentian Yang Berurutan
Para bhikkhu, sembilan inilah penghentian yang berurutan. Apakah sembilan tersebut?
Bagi seseorang yang mencapai keadaan batin yang lebih tinggi pertama persepsi sensual/inderawi berhenti. Bagi seseorang yang mencapai keadaan batin yang lebih tinggi ke dua, pemikiran-pemikiran dan permikiran analisa berhenti. Bagi seseorang yang mencapai keadaan batin yang lebih tinggi ke tiga kebahagiaan berhenti. Bagi seseorang yang mencapai keadaan batin yang lebih tinggi ke empat, nafas masuk dan keluar berhenti. Bagi seseorang yang mencapai pada alam ruang material, persepsi berhenti. Bagi seseorang yang mencapai pada alam kesadaran, persepsi pada alam ruang berhenti. Bagi seseorang yang mencapai pada alam kekosongan, persepsi pada alam kesadaran berhenti. Bagi seseorang yang mencapai pada alam bukan persepsi ataupun non-persepsi, persepsi pada alam kekosongan berhenti. Bagi seseorang yang mencapai pada penghentian persepsi dan perasaan, persepsi dan perasaan berhenti. Para bhikkhu, sembilan inilah perhentian yang berurutan.
sulitnya bro, darimanakah kita tahu dan bisa menjudge bahwa teman diskusi kita itu tidak praktek ataupun berjuang sungguh2x?
Dalam ruang lingkup forum ini, kita coba meneelah isi dari khotbah sang Buddha yang akan kita coba lihat dengan hasil praktek kita. Tentunya dalam kasus ini, we talk about text.
Problem yg terjadi adalah ketika ada perbedaan antara praktek dan teori yg kita ketahui. best waynya kan kita gali keduanya lebih dalam kan?
Utk sebuah diskusi yg baik, penggunaan istilah kan perlu menggunakan yg sudah menjadi sebuah kesepakatan. dalam hal ini kita bicara jhana. nah kalau definisi jhana-nya berbeda, tentu jadi diskusi yg tidak nyambung.sulitnya bro, darimanakah kita tahu dan bisa menjudge bahwa teman diskusi kita itu tidak praktek ataupun berjuang sungguh2x?
Dalam ruang lingkup forum ini, kita coba meneelah isi dari khotbah sang Buddha yang akan kita coba lihat dengan hasil praktek kita. Tentunya dalam kasus ini, we talk about text.
Problem yg terjadi adalah ketika ada perbedaan antara praktek dan teori yg kita ketahui. best waynya kan kita gali keduanya lebih dalam kan?
Jika seorang musisi mendiskusikan sebuah lagu, ia akan membahas nada dan suara, walaupun mungkin kemampuannya masih sangat terbatas; dalam pembahasannya, ada kalanya dia merujuk pada partitur. Jika seseorang hanya membahas partitur, semua kembali pada partitur, dan mengkonfrontasi pengalaman seseorang tentang musik dengan partitur, dia bukanlah musisi.
Lain halnya jika memang dibahas teori musik (dalam hal ini, mungkin seperti studi sutta/sutra), yang kadang justru pengalaman pribadi harus dikesampingkan.
Untuk Sutta tersebut, kita lanjutkan di threadnya saja.
_/\_
Utk sebuah diskusi yg baik, penggunaan istilah kan perlu menggunakan yg sudah menjadi sebuah kesepakatan. dalam hal ini kita bicara jhana. nah kalau definisi jhana-nya berbeda, tentu jadi diskusi yg tidak nyambung.
tapi yah, kita lanjutkan kesepakatan kata jhana 1 itu disebelah saja :)
^Meditasi sampai capai Jhana ke 4/5 gitu lho...;D
_/\_ :lotus:
Dan bagaimana anda tahu kalau saya belum ehipassiko?
karena pertanyaan yg ini... sbb:_/\_
ya bro Indra. didalam jhana ke 5 rintangan batin sudah dapat ditekan...
kok ada jhana ke 5?
Om Kumis.... dalam sutta hanya sampai jhana ke 4 tetapi di dalam Abhidhamma itu sampai jhana ke 5.
berarti anda membenarkan bahwa rintangan batin dilenyapkan pada jhana 4/5?
Kalo udah ehipassiko..kenapa hrs tanya begitu? mau nge test? ;D
_/\_ :lotus:
saya tidak pernah mengatakan SUDAH EHIPASSIKO, andalah yang mengatakan
Iya...aku yg mengatakan...kenapa? ;D
_/\_ :lotus:
saya tidak yakin apakah yg saya alami adalah jhana...bagaimana deskripsi pengalaman Bro Satwa? :D
tapi jika dibanding deskripsinya sih iya...
namun kata teman2 theravada... mesti melewati tahap adanya "nimitta"
dan kyknya belum ada tuh... selain kunang2 kecil yang kadang muncul selesai meditasi...
saya tidak yakin apakah yg saya alami adalah jhana...
tapi jika dibanding deskripsinya sih iya...
namun kata teman2 theravada... mesti melewati tahap adanya "nimitta"
dan kyknya belum ada tuh... selain kunang2 kecil yang kadang muncul selesai meditasi...
kalo dalam meditasi kayak ada perasaan ingin menangis termasuk apa yah ?
citta punya banyak jana lohh anak mamah q jaana nya dua mamang q di ciamis juga jhana tetanggaku juga jhana ibu suri citta juga ada yang jhana kalo ga kesampeann ah ah uh uh ih ih eh eh oh oh....
kalo vasi nah.... jebol saat terbang jatuh kalo lagi masuk bumi badan ketinggalan sebelah kalo lagi menyelam tenggelam sebagian kalo lagi teleport cuma kepalanya yang nyampe kalo lagi nerawang kesadarannya pulang sebelah wakxzzz itu kata citta lohh
VASI nya ajah dulu tar hadiahnya coba aja sendiri di tempat sepi yang pentingkan duit coba pake willpower ... TEST ! = " jika aku benar mencapai jana 4 maka muncul Rp.1 milyard ditanganku, kalo iya pasti muncul terus keurug deh ama duit... wkkkkk mati ga yahhh... ?
tapi pengaruh positive dari kejadian itu banyak bantu wa sampe hari iniboleh tau pengaruh positivenya apa aja, om?
saya yakin tidak gila.....
saya merasakan kesadaran saya kembali secara total setelah 100 hari
mungkin juga halusinasi tapi halusinasi yang sangat nyata sampai terbawa pengaruhnya ke alam sadar
hahaha........
kejadian itu membantu sangat banyak dalam proses kehidupan saya sekarang
tapi terus terang itu pengalaman yang menyeramkan
saya tidak tahu apakah ini termasuk jhana atau bukan.......
tapi saya pernah mengalami pengalaman yang mengubah perspektif saya terhadap alam bawah sadar 180 derajat
pengalaman yang dirasakan dengan sangat sadar sampai pada titik melihat cahaya terang benderang yang berkata kepada saya demikian:
"kalau kamu ingin tahu, akan saya beritahu" ( dalam bahasa chinese hakka>> bahasa keluarga kami).
setelah itu saya kehilangan kendali atas diri saya sepenuhnya.
pikiran saya dan hati kecil saya seperti berada diluar kendali.
pikiran saya terus berputar dan mengingat kejadian2 yang pernah saya lakukan, sedangkan hati kecil saya akan merasa sangat sedih ketika kejadian itu buruk dan mengembang bahagia ketika kejadian yang saya pikirkan termasuk perbuatan baik.
terus menerus berulang sampai akhirnya saya melihat suatu pusaran hitam yang berputar2 dan akhirnya membuat saya pingsan.
akibatnya setelah saya tersadar kesadaran saya seperti perlahan menurun dan akhirnya saya seperti kehilangan kesadaran saya selama lebih kurang 100 hari.
kalau memang pengalaman saya ini termasuk jhana, maka jhana itu sangat menakutkan.
note:
pengalaman ini terjadi begitu saja ketika pada suatu hari saya mencoba tidur, tanpa proses kegiatan mistis atau meditasi apapun.
kepada saudara2 yang sudah lebih mengerti, saya mohon penjelasan dan bimbingannya.
apa sebenarnya fenomena yang telah saya alami itu?
saya tidak tahu apakah ini termasuk jhana atau bukan.......
walah wa kalo punya jhana pengen punya abinya seperti teleport/jumper dah biar bantuan ke haiti bisa masuk asik juga bawa mobil tembus lsg ke haiti.[kahayalan mode on]
hmm, well gak tahu jhana apa bukan pernah mengalami sensasi aneh, seperti ada dalam bola pelindung sementara beribu perasaan dan bayangan kilasan lampau ada di luar dinding sana (bagaikan badai) tadi nya tidak apa apa sih ( tenang dan senang didalam sana tidak bisa di jelaskan) tapi lama kelamaan jadi takut soalnya tidak tahu gimana keluar( tidak bisa bergerak saking takutnya) dari situasi ini, akibatnya perasaan cemas berkembang dan berkembang perasaan kuatir akibat nya bola pelindung ini retak dan pecah melalui rekahan itu seperti air bah menenggelam kan yang ada dalam bola pelindung ini ( untung gak gila/ hilang kesadaran, terimakasih sama bhikku di sunter karena mau menerima orang kacau ini waktu itu)
sejak itu tidak berani menginjakan kaki di vihara sunter takut di kenali gitu
_/\_
Apakah ada di antara bro n sis, ada yg mengalami Jhana ?
^:)^ ^:)^ ^:)^