//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran  (Read 15072 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Hades

  • Teman
  • **
  • Posts: 85
  • Reputasi: -1
  • darkness isn't bad at all
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #30 on: 01 April 2010, 07:53:44 PM »
biasanya kalo terjadi kebakaran kebanyakan orang panik dan kadang bisa jatuh pingsan. terima kasih atas sharingnya saudara puttho
In darkness I rule over the humanity whom throw away their heart towards hatred and jealousy

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.107
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #31 on: 01 April 2010, 07:59:56 PM »
siap siap tali kalo kebakaran di gedung tinggi. ikat talinya di tiang terdekat atau ranjang dan tinggal melorot turun dari sana yahh.

Offline Hades

  • Teman
  • **
  • Posts: 85
  • Reputasi: -1
  • darkness isn't bad at all
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #32 on: 01 April 2010, 08:02:54 PM »
^

Benar juga yang dikatakan saudara Diamond.

Selain itu ada baiknya siapkan selimut besar dan dibasahkan jika sudah terjadi kebakaran, dan bisa digunakan untuk menerobos api.
In darkness I rule over the humanity whom throw away their heart towards hatred and jealousy

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #33 on: 02 April 2010, 09:42:11 AM »
siap siap tali kalo kebakaran di gedung tinggi. ikat talinya di tiang terdekat atau ranjang dan tinggal melorot turun dari sana yahh.
wah klo menurut g saran nya untuk di gedung tinggi pake tali kurang cocok deh soalnya untuk orng awam simpul tali serta penyelamatan diri dengan tali masih amat sulit  malah dapat menyebabkan mereka jatuh atau tergantung karena tali terswangkut di tengah perjalanan, pertolongan dengan tali biasanya bisa di lakukan oleh yg terlatih. paling bener klo kebakaran di gedung tinggi lari ke emergency exit soalnya antara emegency exit dengan gedung ada di pisah kan dengan sekat pintu yg tebal untuk menahan api , emergency exit hanya memiliki kekurangan kalau jalan keluarnya  sudah di kepung oleh asap ini juga bahaya karena asap kebakaran sebenarnya penyebab kematian yg utama dalam kebakaran gedung bertingkat di banding terbakar oleh api itu sendiri. _/\_
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #34 on: 02 April 2010, 06:10:35 PM »
 :o :o :o mahalll.....
10jt hny buat liat "pancuran air kencing" ....

kebakaran terjadi di rumah:
6. basahkan handuk buat dijadikan penutup hidung...

Offline Tekkss Katsuo

  • Sebelumnya wangsapala
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.611
  • Reputasi: 34
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #35 on: 02 April 2010, 11:20:11 PM »
berdoaaaa  :-[ :-[ :-[

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #36 on: 03 April 2010, 08:26:18 AM »
8. ketika benar2 terjebak dlm api dan tidak ada jalan keluar, tenangkan pikiran..dan meditasi  ^:)^ ^:)^ ^:)^

Offline kusalaputto

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.288
  • Reputasi: 30
  • Gender: Male
  • appamadena sampadetha
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #37 on: 03 April 2010, 10:32:35 AM »
8. ketika benar2 terjebak dlm api dan tidak ada jalan keluar, tenangkan pikiran..dan meditasi  ^:)^ ^:)^ ^:)^
biar nyampe jhana n ga meraskan apapun yah waktu kebakar :)) :))
semoga kamma baik saya melindungi saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan saya menemukan seseorang yang baik pada saya dan anak saya, semoga kamma baik saya mengkondisikan tujuan yang ingin saya capai, semoga saya bisa meditasi lebih lama.

Offline Adhitthana

  • Sebelumnya: Virya
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.509
  • Reputasi: 239
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #38 on: 03 April 2010, 11:56:25 PM »
8. ketika benar2 terjebak dlm api dan tidak ada jalan keluar, tenangkan pikiran..dan meditasi  ^:)^ ^:)^ ^:)^
biar nyampe jhana n ga meraskan apapun yah waktu kebakar :)) :))
Apalagi kalo bisa sampe Jhana 8 - 9
baju-pun gak bakal ke bakar  ;D
  Aku akan mengalami Usia tua, aku akan menderita penyakit, aku akan mengalami kematian. Segala yang ku Cintai, ku miliki, dan ku senangi akan Berubah dan terpisah dariku ....

Offline kullatiro

  • Sebelumnya: Daimond
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.107
  • Reputasi: 95
  • Gender: Male
  • Ehmm, Selamat mencapai Nibbana
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #39 on: 05 April 2010, 07:09:54 PM »
itu bagi mereka yang bisa mencapai jhana kalau yang belum keburu sesak napas dulu dan koit duluan.

yang bener kita semestinya adakan latihan kebakaran bila terjadi kebakaran bagaimana turun atau lompat dari atap / turun menggunakan tali dsb.

jadi pas kebakaran kita jadi punya pengalaman dari drill tersebut.

Offline Brado

  • Sebelumnya: Lokkhitacaro
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.645
  • Reputasi: 67
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #40 on: 04 May 2010, 10:23:05 AM »
Berikut ini adalah penyebab kebakaran yang perlu diperhatikan :
- Meletakan kompor tidak sesuaid engan tempatnya
- Menyimpan bahan bakar dekat dengan sumber api/panas
- Mengisi minyak saat kompor sedang menayala
- Menempatkan lilin/obat nyamuk pada alas yang mudah terbakar
- Memasang tusuk kontak listrik secara bertumpuk
- Melakukan penggantian sekring tidak sesuai aturan

Kelalaian :
- Tidak mengontrol secara rutin alat-alat yang di pakai (kompor, generator, peralatan listrik)
- Tidak pernah mengamati lingkungan setempat sewaktu akan meninggalkan rumah/kantor
- Tidak peduli terhadap larangan-larangan pada tempat berbahaya (dilarang merokok)

Potensi ancaman :
- Hubungan arus pendek
- Kelalaian penghuni
- Pengendalian panas/asap

Jika terjadi kebakaran segera lakukan :
- Bunyikan tanda bahaya (alarm) - Jika menjumpai kebakaran berteriaklah agar tetangga tau dan menghubungi dinas pemadam kebakaran
- Padamkan kebakaran jika memungkinkan - Gunakan alat pemadam api terdekat untuk memadamkan, hindari resiko jika api semakin tak terkendali
- Evakuasi - Jika api tak dapat dikendalikan, segera tinggalkan tempat/sumber api penyebab kebakaran
- Utamakan keselamatan jiwa - Waktu sangat berharga, utamakan keselamatan jiwa anda. jangan habiskan waktu hanya untuk membenahi barang-barang pribadi milik anda

Jika terperangkap dalam suatu ruangan, lakukan tindakan berikut :
- Minta Tolong - beritahu di mana anda berada dengan cara memukul2 pintu atau mengibarkan sesuatu pada jendela agar dinas pemadam kebakaran tau lokasi anda
- Menutup celah pintu - agar asap dari kamar/ruangan sebelah tidak masuk ke ruangan anda, tutuplah celah2 pintu dengan kain/handuk basah
- Merangkak di bawah asap - jika sekeliling anda penuh asap, bernafaslah pendek2 dan berjalanlah dengan merangkak karena udara pada permukaan lantai lebih bersih


Offline lophenk

  • Sebelumnya: 4kupak
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 685
  • Reputasi: 28
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #41 on: 04 May 2010, 10:58:16 AM »
8. ketika benar2 terjebak dlm api dan tidak ada jalan keluar, tenangkan pikiran..dan meditasi  ^:)^ ^:)^ ^:)^

aya2 wae... plakkk!!

yg plg utama memang tdk boleh panik lalu selamatkan segala sesuatu yg masih bisa diselamatkan :)
thanks Buddha...

Offline J.W

  • Sebelumnya: Jinaraga, JW. Jinaraga
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.864
  • Reputasi: 103
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #42 on: 04 May 2010, 11:33:53 AM »
8. ketika benar2 terjebak dlm api dan tidak ada jalan keluar, tenangkan pikiran..dan meditasi  ^:)^ ^:)^ ^:)^

aya2 wae... plakkk!!

yg plg utama memang tdk boleh panik lalu selamatkan segala sesuatu yg masih bisa diselamatkan :)

*tangkis....tonjok balek mata lophenk*
udh bnr2 terjebak gk ada jalan keluar lg, emang mau selamatkan apa lg :hammer:

Offline The Ronald

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.230
  • Reputasi: 89
  • Gender: Male
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #43 on: 04 May 2010, 11:47:31 AM »
8. ketika benar2 terjebak dlm api dan tidak ada jalan keluar, tenangkan pikiran..dan meditasi  ^:)^ ^:)^ ^:)^
aya2 wae... plakkk!!

yg plg utama memang tdk boleh panik lalu selamatkan segala sesuatu yg masih bisa diselamatkan :)

*tangkis....tonjok balek mata lophenk*
udh bnr2 terjebak gk ada jalan keluar lg, emang mau selamatkan apa lg :hammer:

menyelamatkan pikiran.. :P
...

Offline wiithink

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.630
  • Reputasi: 32
  • Gender: Female
Re: apa yang harus di lakukan ketika terjadi kebakaran
« Reply #44 on: 05 May 2010, 08:07:17 PM »
berdoaaaa  :-[ :-[ :-[

kebanyakan doa, jadinya pindah alam..
yang di butuhkan dalam kebakaran tuh, bergerak cepat ntuk nyelamatin barang dan diri