Seperti mesin internal combustion, piston harusnya dibuat kedap, agar energi hasil pembakaran tidak kempos.
Makanya piston dikasi ring, agar kedap dan oli tidak masuk keruang bakar.
Jika kompresor ac pistonnya mengalami kebocoran oli, berarti oli diperkirakan akan segera habis, karena setiap
kompresor bekerja, oli akan keluar sedikit demi sedikit.
Jadi argumen yang saudara ajukan masih kurang mantap
CMIIW
Bro sl99, prinsip kerja piston mesin internal combustion dengan kompresor berbeda jauh, jangan disamakan
. Didalam piston kompresor tidak terdapat ring, juga piston tidak bergerak naik turun tetapi berputar karena terdapat bearing diporos tengahnya. Kompresor dapat berputar karena dikelilingi gulungan kawat tembaga sebagai kumparan. Didalam kompresor dan pipa dari kondensor hingga evapolator dalam keadaaan kedap, beda dengan piston kendaraan yang hanya kedap diruang bakar.
Volume oli kompresor yang di perlukan hanya -+15% dari keseluruhan body kompresor.
Karena adanya tekanan mengarah keatas maka secara perlahan oli ikut naik dan melumasi piston yang sedang berputar. Oli akan keluar dari kompresor melawati pipa karena seringnya saat kita baru menyalakan AC langsung set suhu terendah, hal ini memaksa piston berputar cepat secara tiba2 dan tekanan melonjak akibatnya oli akan muncrat keluar kompresor masuk melawati pipa. Inilah mengapa outdoor ditempatkan lebih rendah dari indoor, agar oli yang keluar dari kompresor akan melumcur kembali lagi kedalam kompresor. Semoga jelas