Kita selalu mengerjakan banyak pekerjaan dengan komputer. Semua hasil kerjaan ini disimpan di Harddisk (HD) komputer tsb. Demi keamanan, kita mesti mem-backup data2 dalam HD komputer tsb ke (biasanya) HD external. Disinilah permasalahan saya mulai muncul...
1. Biasanya backup dari HD komputer utama ke HD external sy lakukan +/- sebulan sekali, pada saat mau mem-backup ini saya kebingungan karena banyaknya data yg telah dikerjakan selama sebulan ini, sehingga cukup lama bagi saya memilih satu-persatu data yg telah sy kerjakan dari backup terakhir dan men-copasnya ke HD external.
2. Kadangkala -main mudah saja- saya mencopas satu folder penuh dan menimpa ke folder yg sama di HD external krn malas memilih2 lagi data yg telah sy kerjakan. Tapi proses ini tidak efisien krn satu folder tsb bisa jadi mempunyai bites yg besar krn berisi foto2 dan file rekaman juga. Kerja harddisk akan berat kalau sering2 begini.
Pertanyaannya:
Apakah ada solusi untuk membackup data dari komputer pribadi ke HD external secara otomatis?Semacam program 'synchronize' lah... jadi program ini cukup cerdas memilih data2 yg belum kita backup / data2 yg telah kita update dari backup sebelumnya , jadi tidak perlu kita kerjakan secara copas manual
Help pls...
::