This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.
136
Theravada / Re: (lagi2) Jalan Mulia Beruas Delapan dan... Bahiya - (semoga menjadi) penutup
« on: 02 June 2010, 08:16:06 PM »Hahaha...kasihan juga organisasi Tzu Chi,ya semoga senior senior Tzu Chi berbaik hati mengajari seorang anggotanya dalam tata bahasa dan etika dalam berbicara,apalagi menyangkut-nyangkut privasi orang lain..sungguh kasihan...
dan satu hal lagi,ternyata sebagai anggota Tzu Chi akhirnya mulutnya beracun dan hendak mengigit kembali Tzu Chi dengan mengatakan mirip pembantu yang kebanyakan nonton tv...haha..padahal saya menonton DaAi Tv..
mungkin di anggapnya orang yang menonton DaAi Tv mirip pembantu?
tidak tahu lha dan tak mau tahu..
hahaha.bukankah lebih beracun orang yang mengajak masyarakat untuk salah paham tentang agama Buddha yang ada sekarang.ingat,kata saya mungkin kasar namun dituju buat anda seorang.namun saya jarang melihat meditator begitu kasarnya tulisan dia sehingga ia mencoba bermain psikologi agar orang melihat Buddhism adalah salah.
ya orang Tzu Chi pun adalah orang yang belajar.mereka bukan robot ciptaan Master yang merupakan replika seutuhnya.dan mereka tidak pernah berpraktek Dhamma dengan menyatakan ini salah ,saya yang paling benar.
137
Theravada / Re: (lagi2) Jalan Mulia Beruas Delapan dan... Bahiya - (semoga menjadi) penutup
« on: 02 June 2010, 08:05:35 PM »ehm sekedar komentar aja atas tulisan diatas...krn emg dr awal saya tidak mengikuti perjalanan thread ini
menurut pendapat pribadi saya
1. Ajaran Buddha yg tertuang dalam Tipitaka kebanyakan adalah 'dualisme', yakni: perbanyak kebajikan dan kurangi kejahatan. Ajaran begini sama saja dgn Ajaran tetangga yg tidak akan membawa kpd 'pencerahan'. Ajaran begini hanya bisa menghasilkan moral yg baik, namun selama pikiran masih membeda2kan antara baik dan buruk, benar dan salah, maka artinya pikiran belum 'melihat apa adanya'.
menurut saya pendapat ini kurang tepat, karena
dengan melihat apa adanya bkn berarti tidak memahami dualisme
justru dengan memahami 2 sisi tersebut kita bs melihat apa adanya...
tanpa mengetahui mana yang baik atau buruk, orang tidak bisa menjadi bijaksana
orang yang benar2 'melihat apa adanya' bukan berarti ia menutup mata terhadap sesuatu yang baik atau buruk...tidak ada 'immortal' tanpa 'mortal' terlebih dahulu
2. Point2 JMB-8 umumnya adalah 'dualisme'. Ambil contoh 'perbuatan benar', adalah mengetahui dan melakukan perbuatan mana yg dianggap benar dan tidak melakukan perbuatan yg dianggap tidak benar. Ini adalah dualisme. Memang, dualisme ini tidaklah jelek, hanya saja tidak akan membawa kpd 'pencerahan' yg mana menjadi tujuan Buddhisme sebenarnya.
menurut saya dg pencerahan bkn berarti tidak bs membedakan mana yang baik atau buruk
justru dengan mencapai pencerahan, maka akan makin memahami dualitas sehingga ia menyadari dualitas itu sebenarnya ada dalam diri masing2 orang
pencerahan membawa orang semakin pintar dan tahu kenyataan
bknnya malah semakin bodoh dan tidak memahami kenyataan [kenyataan bahwa dualitas dialami individu]
pencerahan memang tidak melihat dalam lingkup dualisme
tapi bkn berarti ia tidak menyadari bahwa dualisme itu 'ada' dalam individu yang mengalaminya
[at] Reenzia,mereka itu orang buta yang memegang seekor gajah,bila anda ikut berkomentar seperti itu anda juga mirip orang2 buta tersebut,yang bisa kita lakukan adalah melihat apa yang telah mereka dapatkan bisa diresapi dalam kehidupan sehari2 nya.
beberapa memilih meditasi dengan telanjang pakaian.
138
Theravada / Re: (lagi2) Jalan Mulia Beruas Delapan dan... Bahiya - (semoga menjadi) penutup
« on: 02 June 2010, 08:03:03 PM »saya sudah melihatnya lewat "televisi" yang ditayangkan,dan menganggapnya pengetahuan saya akan dunia sudah sangat cukup luas untuk anak seumur saya..lebih dari apa yang diharapkan oleh orang lain...
sedangkan untuk manusia yang "lebih tua",seharusnya belajar untuk lebih banyak "diam",tidak menggebu-gebu seperti saya yang masih muda..
kalau tidak,berati hanya tubuh saja yang menua,tetapi yang lainnya tidak ikut dalam memperhatikan proses esensi batin..sungguh disayangkan..
oh pantas saja tidak cerah juga,mirip pembantu yang kebanyakan nonton tv,dalam banyak hal saya sudah banyak diam dan melihat namun anda terus berkutat dengan hal begitu.
aneh sungguh aneh tapi tidak apa2 lah,saya juga tidak rugi karena ini diri anda,saya mengerjakan tzu chi juga yang mendapat manfaat juga saya. namun meditator yang fbnya berisi foto telanjang tentu mengundang banyak pertanyaan dari masyarakat apalagi untuk beberapa orang tua yang suka melihat brondong yangsedang mencari orang tua juga.
139
Theravada / Re: (lagi2) Jalan Mulia Beruas Delapan dan... Bahiya - (semoga menjadi) penutup
« on: 02 June 2010, 07:50:27 PM »
mungkin anda yang perlu mengikuti beberapa kegiatan Tzu Chi agar lebih bisa melihat dunia secara luas.
140
Theravada / Re: (lagi2) Jalan Mulia Beruas Delapan dan... Bahiya - (semoga menjadi) penutup
« on: 02 June 2010, 07:41:37 PM »
jujur saya bosan dengan debat begini.jujur saya muak melihat meditator berdebat tanpa ujung yang jelas,jujur saya bosan melihat meditator yang tulisannya panjang lebar tapi sebatas intelektual.
meditator yang hanya bisa menulis kata2 meditasi yang bagus tanpa mencerminkan hasilnya ke dalam kesehariannya ibarat orang homo yang mengaku dirinya hetero tapi di dalam batinnya tetap homo.
meditator yang hanya bisa menulis kata2 meditasi yang bagus tanpa mencerminkan hasilnya ke dalam kesehariannya ibarat orang homo yang mengaku dirinya hetero tapi di dalam batinnya tetap homo.
141
Theravada / Re: (lagi2) Jalan Mulia Beruas Delapan dan... Bahiya - (semoga menjadi) penutup
« on: 02 June 2010, 07:24:25 PM »menurut kepercayaan seseorang guru.Dear Friends, ada 2 topik hot yg masih saja bersitegang di forum tercinta kita ini. Topik Hot tsb adalah:
- Bahiya Sutta (dan bbrp sutta lain) adalah murni dari SB, sedangkan JMB-8 belum tentu
- Apakah JMB-8 satu2nya jalan untuk mencapai pencerahan? Adakah jalan lain yg bukan JMB-8?
JMB-8 bukan dari Sang Buddha ?
Ryu kalo gurunya ga ngotot Bahiya Sutta sebagai jalan utama,maka produk dia ya ga trendsetter.anehnya juga si guru itu mengajak masyarakat terutama non buddhis untuk membangkang salah satu aliran Buddhist.jadi tanyakan kembali kepada B.Pannavaro,kalo guru itu mengajak orang ga suka dengan Theravada kenapa harus ngadain meditasi disana.buat injak2 agama Buddha?
142
Diskusi Umum / Re: Patung Buddha berwajah Gusdur ditutup
« on: 02 June 2010, 07:14:51 PM »
alasan apapun yang diungkapkan jika di mata umum mengundang kontroversi ya sebaiknya ditutup jadikan pajangan rumah sendiri aja toh.
143
Mahayana / Re: Mengapa Pengikut Guan Yin dilarang konsumsi sapi?
« on: 02 June 2010, 07:14:44 PM »mau nanya nih.... Mengapa Pengikut Guan Yin / Avalokitesvhara dilarang konsumsi sapi?sejak kapan umat Lao Mu(sorry saya ga setuju umat Maitreya krn maitreya blm otentik ada),cuman dianjurkan tidak makan sapi.mereka dianjurkan vegetarian.
terutama buat pengikut Maitreya,soalnya kan sering di ceramahkan Dilarang konsumsi sapi...
144
Lingkungan / Re: 1001 alasan agama islam haram patung
« on: 02 June 2010, 07:07:59 PM »
saya pikir ketika anda bertanya soal ini di forum buddhis adalah salah karena ada baiknya anda bertanya di forum muslim.mereka yang mengerjakan hal itu jadi mereka punya jawabannya untuk anda,kalo bertanya disini jadinya spekulasi.
145
Diskusi Umum / Re: Seberapa penting umat buddha di wisuda upasaka/upasika?
« on: 01 June 2010, 04:42:14 PM »gk penting banget deh....itu cuma tradisi...Sol dudul,kan ada cara ajaib,lo pikirin Buddha Liangseng trus lo doa pingin visuddhi nanti dia datang langsung kamu dibaptis ama dia.hahahha.
yg penting loe tao Dhamma yg loe pelajari itu dari Buddha, Dhamma dan Sangha...
kalo ikut kata2 si Nyana...
kalo emank gk ada Bhikkhu di Arab, dan ada orang Arab yg belajar Buddhism online, dia punya saddha yg kuat dan sila + Samadhi juga kuat, tapi gk pernah ketemu Bhikkhu ato di Wisuda ama Bhikkhu, dia bukan Buddhist??..
Kalo orang yg Saddha-nya secuil dan Sila + Samadhi gk jelas, tapi Wisudhi formal..apakah dia Buddhist?..bagi gw..dia itu BUKAN BUDDHIST!..
gw gk pernah consider mereka yg cung cung cep sebagai Buddhist...never!...
visuddhi merupakan upacara/ritual saja.kalo di arab ga ada bhikkhu itulah karma kamu terlahir di negara yang blm dijangkau.hahaha.
::part of jokes aja::hammer
146
Diskusi Umum / Re: Seberapa penting umat buddha di wisuda upasaka/upasika?
« on: 01 June 2010, 04:39:33 PM »kalau yang visudhi-in udah lepas jubah gimana, bro?
anda berlindung kepada bhante apa kepada Tiratana,
kalau misalnya merasa kurang nyaman,ya visuddhi lagi sama bhante yang menurut kamu nyaman.
147
Diskusi Umum / Re: Seberapa penting umat buddha di wisuda upasaka/upasika?
« on: 29 May 2010, 04:59:53 PM »
Dalam tradisi India kuno memang sangat penting mengadakan visuddhi.tidak hanya Buddhism tp aliran spiritual lainnya.
Meskipun tampaknya hanya sebagai bagian ritual saja namun perlu anda ingat,anda berguru dalam sasana siapa maka disitulah anda mengambil inisiasi.
Di luar negri siapa bilang tidak ada tisarana.saya mengambil visuddhi dr Master Cheng Yen di Taiwan.
Bahkan baratpun mengambil visuddhi tisarana.
Ingat segelintir praktisi "Buddhist" akan berkata tidak penting tisarana,yang penting batin sadar untuk meditasi.bagaimanapun anda dengan visuddhi akan berada dalam jalur guru yg benar.
Meskipun tampaknya hanya sebagai bagian ritual saja namun perlu anda ingat,anda berguru dalam sasana siapa maka disitulah anda mengambil inisiasi.
Di luar negri siapa bilang tidak ada tisarana.saya mengambil visuddhi dr Master Cheng Yen di Taiwan.
Bahkan baratpun mengambil visuddhi tisarana.
Ingat segelintir praktisi "Buddhist" akan berkata tidak penting tisarana,yang penting batin sadar untuk meditasi.bagaimanapun anda dengan visuddhi akan berada dalam jalur guru yg benar.
148
Buddhisme dengan Agama, Kepercayaan, Tradisi dan Filsafat Lain / Re: Apakah ajaran Buddha satu-satunya jalan menuju Pencerahan?
« on: 25 May 2010, 09:35:50 PM »
saya juga jarang membaca sutta Buddha,yang serign saya baca hanya Tisarana Gatha dan Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammasambuddhassa.
saya harap suatu hari,siapa sajalah bisa menunjuk bahwa persepsi anda layaknya diperbaiki,bahwa orang yang berada mengaku bapak anda,seharusnya tidak membawa kamu itu terlalu jauh dalam memandang agama buddha.rasanya ketika membaca tulisan anda,banyak orang merasa anda itu hanya mau diri anda didengar dan jarang rasanya berdamai.
Dhamma itu tidak digunakan untuk debat danmencari kesalahan,tidak juga mencari titik temu,ia adalah latihan batin.percayakah bahwa saya bilang anda jatuh ke salah satu ekstrem.suatu saat pikiran anda akan berkembang layaknya seorang teroris,berani bom tapi ga berani keluar.
saya harap suatu hari,siapa sajalah bisa menunjuk bahwa persepsi anda layaknya diperbaiki,bahwa orang yang berada mengaku bapak anda,seharusnya tidak membawa kamu itu terlalu jauh dalam memandang agama buddha.rasanya ketika membaca tulisan anda,banyak orang merasa anda itu hanya mau diri anda didengar dan jarang rasanya berdamai.
Dhamma itu tidak digunakan untuk debat danmencari kesalahan,tidak juga mencari titik temu,ia adalah latihan batin.percayakah bahwa saya bilang anda jatuh ke salah satu ekstrem.suatu saat pikiran anda akan berkembang layaknya seorang teroris,berani bom tapi ga berani keluar.
149
Buddhisme dengan Agama, Kepercayaan, Tradisi dan Filsafat Lain / Re: PENDERITAAN MENURUT AGAMA BUDDHA: SEBUAH TINJAUAN KRITIS DARI PERSPEKTIF kr****n
« on: 25 May 2010, 06:42:52 PM »
Tuhan mereka juga salah satu penderitaan karena kalo tiba2 cemburu siap2 di barbedque di api neraka ,jadi harus pinter2 cari hati.sigh.capein.
150
Theravada / Re: Apakah tidak belajar Abhidhamma = tidak bisa mencapai kesucian.
« on: 25 May 2010, 06:39:20 PM »tentu rute harus djalani, apakah artinya abhhidhama adalah peta lengkap sementara isi sutta tidak lengkap ato gmana?Namo buddhaya
saya ingn brtanya kpd para pakar maupun para kalyanamitta...
Apakah bila kita belajar abhidhamma maka lebih mudah memasuki arus kesucian, sebalikny apakah bila seseorang tidak pernah tahu dan tidak pernah belajar abhidhamma maka sulit memasuki arus kesucian, dan sulit mencapai kesucian batin..apakah memahami abhidhamma adlah syarat untk memperoleh arus kesucian?
Misalny kita kan cuma tahu pelajaran vipasana tentang pancakhanda dan 12 nidana, dll, apakah pelajaran vipasana ini bila dipraktekkan tidak cukup untk mengantarkan pada arus kecsucian, tetapi harus memahami abhidhanma dulu dan praktek ajaran abhidhamma baru bisa mengantarkan seseorang mencapai buah sotapanna,sakadagami,anagami dan arahat???
Sekian dulu pertanyaan dari w. Sekian terima kasih..\\/\/\//
Abhidhamma hanyalah peta detail ,namun rutenya tetap harus anda jalani.bukan dengan mengerti abhidhamma disebut pencerahan.kalau anda tidak menguasai pikiran anda,darimana pencerahan bisa muncul?
Bgaimana kalo orang mengacu saja pd sutta satipathana suta, apakah itu tidak dpt mengantarkn ksucian? N harus pelajari abhdamma lagi?
Bukannya sang budha berkata inilah satu2nya jalan menuju nibbana mengatasi duka,ratap tangis, kesdhan dn pts asa seperti yg Budha katakn di satipatana sutta? Apakah jika jalani satipatan tidak dpat mengantar pd kesucian n hrus belajar abhdamma lg?kontradiksi donk..cmiiw.
adakah saya mengatakan isi sutta tidak lengkap?coba pelajari abhidhamma disana diurut mendetail dan komplit mengenai Dhamma,Sutta merupakan kumpulan kisah yang mana bila direnungkan dan dipraktekan juga menuju pencerahan.
intinya jangan cuman baca tetapi praktek.mau hapal 7 tingkat tipitaka kalau batin cuman ibarat kaset rekaman buat apa?