//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - kumara2

Pages: 1 2 [3]
31
Kafe Jongkok / Re: Celotehan Betet yang Mencerahkan
« on: 26 November 2015, 09:41:00 PM »
makanya kamma niyama bener bener hebat, mengalami penggelapan sempurna, selain kilt dari scotlandia yang mirip rok pendek, di dunia juga mengenal rok panjang dan banyak pakaian daerah kita mirip dgn rok panjang tersebut dari sarung, kain jarik, dll

Kulatiro,
bagaimana jika gurumu tahu
Muridnya adalah ketua dewan pembina
Persatuan pria pemakai rok dan daster.

32
Buddhisme untuk Pemula / Re: kosong adalah isi..isi adalah kosong..
« on: 26 November 2015, 09:31:46 PM »
buat temen2...aku ga ngerti kata2 "kosong adalah isi..isi adalah kosong" yang sering diucapkan oleh Tong Sam Cong dlm kera sakti..maksudnya apa ya?kalo boleh tau..ada tdk sumber valid dalam tripitaka yang menjelaskan ini??
trims..mettacitena  _/\_

Artinya
Keyakinan, sradha atau saddha.

Mereka yg bisa spt itu, berarti mampu keluar dan masuk jana
Khususnya yg halus dengan mudah.
Keluar dan masuk mudah dengan keyakinan.

33
Meditasi / Re: Mencapai Jhanna Tidak Sulit!
« on: 26 November 2015, 09:25:26 PM »
Ini adalah postingan pertama saya setelah sekian lama mengikuti dan memperhatikan forum DC ini. Salam kenal untuk semua rekan2 se-dharmma disini.

Tujuan saya membuat postingan ini adalah untuk memberikan informasi mengenai guru dan tempat yg baik untuk melaksanakan meditasi, karena saya melihat banyak teman2 se-dharmma yang selalu bertanya-tanya mengenai meditasi terutama masalah jhanna dan kelihatannya sering berputar-putar terus pada keadaan itu.

Hal ini mengingatkan saya ketika pertama kali saya tertarik akan meditasi dan berusaha untuk belajar dari guru2 agama, buku meditasi, para bhikkhu dan informasi lainnya, namun selama 6 tahun tidak ada satupun yg memuaskan rasa dahaga akan kebenaran mengenai meditasi itu. 
Apakah semua yg ditulis dalam buku2 pelajaran agama itu benar? Apakah ajaran Sang Buddha itu benar? Dan kenapa kelihatannya ajaran beliau  terlalu jauh di awang2. Apakah metode meditasi saya telah saya lakukan itu ada pada jalan yg benar? Pertanyaan2 yg demikianlah yang selalu berputar-putar dalam benak saya.


Ada anekdot seperti ini  yang beredar diantara kami sesama saudara seperguruan

Pertapaan Giri Mangalaram

Membuka berbagai jurusan :

- Jurusan  Jhanna I-IV = 1 bulan
- Jurusan Arupa Jhanna I-IV = 3 bulan
- Jurusan Sottapanna = 1 tahun
- Jurusan yang diatas itu = 3 tahun

Untuk mencapai rupa jhanna tidak terlalu sulit intinya hanya perlu "pergulatan batin" untuk ngendapkan bentuk-bentuk pikiran buruk (kemauan jahat, kemalasan, kebencian, kegelisahan dan keragu-raguan) dalam batin itu. 
Cara mengendapkan hal itu adalah dengan mengurangi banyak kontak indra dengan dunia luar, kadang2 walau dengan metode meditasi sederhana hal itu dapat di capai dalam jangka waktu 3 minggu.
Setelah batin tenang, jhanna I-III dapat dicapai dengan mudah, hanya sewaktu memasuki jhanna ke IV agak membutuhkan petunjuk guru.

Maka dikatakan mencapai jhanna itu tidak sulit, karena rata-rata sebulan sudah mampu mencapai itu dengan syarat, Guru dan tempat yang tepat serta didukung oleh 2 hal yaitu : Karma baik yang mendukung dan tekad yang kuat.  Hanya sesederhana itu.

Guru yang saya maksud adalah Bhante Suryabummi Maha Thera dan lokasinya berada di Tempat latihan meditasi & Vipasanna "Giri Mangalaram" Trawas, Mojokerto, Jawa Timur.

Dua kondisi yang saya sebut yaitu karma baik yang mendukung serta tekad yang kuat juga dibutuhkan. Mengapa demikian?
- Untuk tempat : Bhante pernah berkata, tempat beliau itu 'istimewa'.  'istimewa' kenapa dikatakan demikian? Konon orang yang tidak mempunyai hubungan karma dengan tempat itu paling lama tahan tinggal di sana selama 7 hari saja.
- Tekad yang kuat : Walau mempunyai karma baik yang mendukung kalau tidak niat untuk latihan dengan sungguh2, walau tinggal di sana selama 3 tahun juga tidak akan maju.


Jadi kalau anda berkesempatan untuk bertemu dan belajar kepada beliau di Trawas, serta karma baik anda cukup dan sungguh2 bertekad belajar untuk mencapai kemajuan batin, maka saya katakan "Mencapai Jhanna Tidak Sulit!"


. . . . . . . .


 _/\_

Ini renungan untuk anda
Seperti air yg murni, tiada warna dan bau.
tidak pula berasap.
seperti itulah jhana 8.
dan seperti inilah jhana 9 yg disarankan buddha.
apa komentar gurumu yg sombong itu mengenai jana9.
berapa lama jurusan jana 9 jika berlatih disana.

34
Kafe Jongkok / Re: Celotehan Betet yang Mencerahkan
« on: 26 November 2015, 09:14:58 PM »

kepada member disini
mohon maaf, apa yg disampaikan dragon adalah tidak benar.
sy adalah yg bertanggung jawab urusan pelatihan muridbaru dan lama.

apa yg disampaikan dragon adalah pendapat pribadi ,pengalamanpribadi, tidak mewakili
pendapat semua murid yg senior ttg jhana, apalagi pendapat bhante

tolong tidak digeneralisasikan sbg komentar resmi dari vihara girimangala.

adalah baik sdr dragon mempertanggung jawabkan tulisannya disini
dengan melapor ke dharmasala atas.
sy akan mempertimbangkan hal hal positif dari tulisan ini,
selain yg negatif.

ini tulisan kedua sy mengenai anda diforum.
tulisan pertama dihapus ada pada moderator.


ttd

girimangala ram
trawas majakerta.

Kpd ahung
Hal spt sering terjadi, ketika terjatuh baru minta maaf.
tidak saya persoalkan sekarang.

Apa yg disampaikan sdh benar, krn samadi bersifat personal.
hal yg bersifat teknis tidak bisa dibuka u umum.bukan rahasia,
namun bisa jadi samadi nya gagal krn mencari sesuatu yg ia belum mampu.

35
jika waktunya tiba, banyak orang sendiri atau berkelompok
datang ke tempat orang mati beristirahat, membawa ini dan itu,
membaca paritxx, suttxx, dan tiada lupa mengucapkan penutup
"semoga semua mahkluk bahaxxx" Spy tidak egosentris.

orang yg meninggal sudah tiada, menjadi mahluk lain.
yg ada disana sisa jasmani yg lapuk dan hancur menjadi tanah.

apa artinya membaca paritxx, suttxx, didepan nisan orang mati

Artinya adalah kesombongan.
anak muda yg baru belajar, hendaknya memakai paritta sbg dasar perenungan. Setelah baca direnungkan cermat.apa artinya tiap kata.
Setelah itu bisa, meditasi.anapanasati.

Setelah bisa, lingkungan sekitarnya akan menjadi bahan renungan
Sesuai paritta itu.
dia mampu mengenal lingkungan sesuai renungan yg dipahaminya.

Jadi bukan u yg mati, tapi u yg hidup.

36
Meditasi / Re: Kadar....
« on: 26 November 2015, 08:56:42 PM »
semua kita tau dari banyak buku2 uraian Tipitaka topik tentang arbsobsi sering kali memiliki panduan tahap demi tahap s/d akhirnya "masuk" ke dalam kondisi tercerap yang terkenal dengan istilah jhana.

yang kami ingin tanyakan adalah, apakah ada suatu "kadar" jhana pada masing2 yogi?
supaya lebih detail lagi,
- seperti satu gelas kopi hitam pekat, jika dituang air lama2 juga akan menjadi air yang bening.
- seperti suatu kadar gula dalam suatu gelas yang jika diberi gula terus menerus akan manis dan bertambah manis dst. Begitu pula sebaliknya jika ditambah air, kadar manis-nya lama lama akan berkurang.




Anumodana _/|\_

Berat ringan jhana, dari 1 sd 9 , dari yg berat sampai "empty"
Dalam arti padam, bukan kosong bisa dilihat dari kondisi orang itu
Di kehidupan sehari hari. Semakin tinggi pencapaian, terutama
Jhana9, semakin tegas, disiplin dan tiada kompromi dengan attanya sendiri.

Dalam bahasa gaul
    Bhante itu galak, tempramen, tidak bisa ditawar,
    Dan tidak mau ngurusi orang yg msin main dengan samadi.

37
Sdr sekalian
Pada topik ini
Ditanyakan hal berikut
bagaimana caranya agar kita tahu
saat meditasi ini kilesa atau bukan

Pertanyaan sederhana tentu jawabannya tidak rumit.
Sekalian apa artinya gambar dibawah ini.

Perbedaan kilesa atau bukan bergantung pada kemampuan samadi mengenal proses yg berlangsung.saat ini, subyek dan obyek yg diamati lebur dalam jana4 seimbang.

Korek api, lampu dinding, strongking tidak cukup u itu.
3 jana terlalu kasar u pengamatan kilesa.

Jika anda punya mercy, ada lampu halogen yg tertutup oleh
Pelindung cahaya buram putih susu, shg chynya tidak silau,
itulah jana4.   Jika selongsong pelindung tidak ada, jadilah arupa jana 5 sd 8. Lampu halogen adalah adittana, hanya satu tujuan bukan yg lain, selongsong pelindung adalah jana.
Harus jana4.

38
Sdr sekalian
Beberapa guru terutama dari luar negri
Mengajarkan meletakkan dasar ketenangan
Dengan anapanasati cattudatthu
Dengan cara sbb.
1. Mencari celah kalapa dengan matabatin
    Memecahkannya menjadi partikel  yg kecil
    Tanda kalapa anicca
    Metode pan auk syd.
2. Mengamati kalapa sebagai bagian terkecil
    Dari sensasi.melihat karakternya yg lekat sbg
    Perubahan dari besar ke kecil.
    Ini juga disebut sbg tanda anicca dari kalapa.
    Metode goxxkha.
Hal ini salah besar karena akan membawa ketenangan pada tingkat yg lebih halus hingga
Pencapaian bukan mencerap dan bukan tidak mencerap.
Pertanyaannya
1.Bagaimana caranya merenungkan dukkha
Jika kalapa yg kasar dikecilkan.
2.Bagaimana caranya pemutusan jika kalapa
   Itu dipandang sebagai anicca.

Kalapa tidak celah, spt air berjalan, tiada terpisah satu dgn yg lainnya. Jika kalapa memiliki celah, maka tiada mungkin ada pemutusan, krn sudah terputus spt program komputer.


39
Theravada / Re: Pengertian Nibbana
« on: 26 November 2015, 08:30:12 PM »
Apakah pengertian Nibbana?
Yang saya maksud/harapkan adalah pengertian yg lebih detil selain dari pandangan umum tentang nibbana:
- terbebas dari dukkha
- lenyapnya lobha dosa moha
Dan bagaimanakah anda menjelaskan kaitannya dengan Jalan Suci Beruas 8 (8 Jalan Utama) ?

metta,
 _/\_

Pengertian nibbana yg dalam adalah tidak berubah.

7 magga dan phala masih terikat dgn perubahan yg halus,
yaitu samyojana 8, atau 9 atau 10.

40
Diskusi Umum / Re: jika benar kehidupan sulit, apa penyebabnya
« on: 26 November 2015, 08:24:17 PM »
bangun pagi uang, berangkat kerja uang, sarapan pagi uang, 
bekerja uang, pulang kerja uang, minum kopi uang,
ke kamar mandi uang,  tidur uang.
semuanya memerlukan uang.

hanya meditasi yg tidak memerlukan uang, katanya.

apa benar uang penyebab semua kesulitan ini.
ataukah ada sebab yg lainnya.

Bukan uang atau mercy penyebabnya.
yg utama disebabkan oleh punna bhava, tunimbal lahir.

Bukan pula karena proses itu sendiri.

41
sesungguhnya, makan ingat dia, tidur terjaga ingat dia, kerja ingat dia,
minum kopi di sore hari ingat dia, tidur lagi juga ingat dia.
apa artinya "dia" yg sesungguhnya menjadi puncak gunung es
dalam bentuk kegelisahan.


apa artinya ikatan pernikahan jika menjadi niwarana meditasi.

Spoiler: ShowHide




Artinya
   Tidak berusaha merubah pasangan hidup,
   Shg tidak terikat olehnya.
   Spt gambar dispoiler, salah sedikit, leher berdarah.
    Mesti hati hati

42
Meditasi / Re: apa artinya cuplikan sutrahati ini
« on: 26 November 2015, 08:15:32 PM »
IHA SARIPUTRA RUPAM SUNYATA
SUNYATAIVA RUPAM
RUPANNA PRITHAG SUNYATA
SUNYATAYA NA PRITHAG RUPAM
YA RUPAM SA SUNYATA
YA SUNYATA TAD RUPAM
EVAM EVA VEDANA SAJNA SAMSKHARA VIJNANA

Wahai Sariputra, jasmani (rupa) itu tak lain adalah kosong,
Dan kekosongan itu tak lain dari rupa;
Rupa persisnya adalah kekosongan,
Dan kekosongan persisnya adalah rupa;
Demikian pula dengan perasaan (vedana), pencerapan (sajna), bentuk pikiran (samskhara), dan kesadaran (vijnana).

IHA SARIPUTRA SARVADHARMA SUNYATA LAKSHANA
ANUTPANNA ANIRUDHA
AMALA NA AVIMALA
NONA NA PARIPURNAH

Wahai Sariputra, semua dharma ditandai dengan kekosongan;
Tidak lahir tidak juga musnah,
Tidak murni tidak juga tercemar,
Tidak bertambah tidak juga berkurang.

Sumber: Prajna Paramita Sutra

1.Apa yg timbul dipikiran adalah seperti air mengalir.
2.kemudian baca ulang sutra diatas.
selama belum bisa pasal1, jangan mengartikannya dengan langsung. Pasti bingung.



Pages: 1 2 [3]