//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Tanya ? Jawab untuk Pemula  (Read 624937 times)

0 Members and 3 Guests are viewing this topic.

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #450 on: 17 September 2009, 01:36:42 PM »
Quote from: SN 45.8: Magga-vibhanga Sutta
http://dhammacitta.org/tipitaka/sn/sn45/sn45.008.than.html

"Dan apakah, para bhikkhu, pandangan benar? Pengetahuan tentang Dukkha, pengetahuan tentang asal mula Dukkha, pengetahuan tentang berhentinya Dukkha, pengetahuan tentang cara berlatih yang membawa pada berhentinya dukkha: Inilah, para bhikkhu, yang dikatakan pandangan benar.

"Dan apakah tekad benar? Bertekad untuk melepas, untuk bebas dari keinginan buruk, untuk tidak melukai: Inilah yang disebut tekad yang benar.


dalam terjemahan ini, samma sankappa itu diterjemahkan menjadi tekad, bukan pikiran. Yah seprtinya lebih cocok demikian.

nah.... gimana?
« Last Edit: 17 September 2009, 01:38:16 PM by Sumedho »
There is no place like 127.0.0.1

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #451 on: 17 September 2009, 04:48:09 PM »
Dasar untuk memulai menjalankan jalan utama berunsur 8 adalah pengertian benar.....

hasil dari pelaksanaan jalan mulia berunsur 8 adalah pengertian benar juga.....

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #452 on: 17 September 2009, 04:53:31 PM »
Quote from: SN 45.8: Magga-vibhanga Sutta
http://dhammacitta.org/tipitaka/sn/sn45/sn45.008.than.html

"Dan apakah, para bhikkhu, pandangan benar? Pengetahuan tentang Dukkha, pengetahuan tentang asal mula Dukkha, pengetahuan tentang berhentinya Dukkha, pengetahuan tentang cara berlatih yang membawa pada berhentinya dukkha: Inilah, para bhikkhu, yang dikatakan pandangan benar.

"Dan apakah tekad benar? Bertekad untuk melepas, untuk bebas dari keinginan buruk, untuk tidak melukai: Inilah yang disebut tekad yang benar.


dalam terjemahan ini, samma sankappa itu diterjemahkan menjadi tekad, bukan pikiran. Yah seprtinya lebih cocok demikian.

nah.... gimana?


kurang sreg bro......... tekad itu dalam cetasika namanya viriya..... sedangkan samma sankappa itu mengacu ke vitakka cetasika

demikian kalau kita liat ke cetasika di batin

Offline Sumedho

  • Kebetulan
  • Administrator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 12.406
  • Reputasi: 423
  • Gender: Male
  • not self
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #453 on: 18 September 2009, 09:35:15 AM »
dalam englishnya itu resolve terjemahan lainnya itu intention atau aspiration artiininya tekad sudah pas.

tekad ini bukan berarti viriya/semangat. kalau diterjemahkan pikiran, ini lebih bias lagi.
There is no place like 127.0.0.1

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #454 on: 27 September 2009, 04:03:14 PM »
kalo gw sih patokan utamanya ke pali, bro......

kalo ke inggris, apalagi ke indo, akan makin bias.... contoh untuk citta aja, seyogyanya lebih tepat diterjemahkan sebagai awareness
tapi sering dan banyak yg menterjemahkan sebagai conciousness yg notabene merupakan sadar dalam artian tidak pingsan, tidak tidur

Perbedaan ini akan lebih jelas saat masuk ke jenis2 citta dan cetasika jadi jelas mana yg dimaksud

Offline Deva19

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 821
  • Reputasi: 1
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #455 on: 03 October 2009, 12:50:37 PM »
tanya :

memperhatikan gerak gerik tubuh, misalnya berjalan, mengangkat, menarik, mengulur, maju, mundur, berbalik, dll, apakah termasuk kepada memperhatikan tubuh atau dhamma?

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #456 on: 03 October 2009, 05:08:22 PM »
mksdnya memperhatikan dhamma? dhammanupassana pada pembagian Satipatthana? atau yg lain? coba definisikan dulu pengertian Anda.
appamadena sampadetha

Offline Deva19

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 821
  • Reputasi: 1
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #457 on: 04 October 2009, 09:14:53 AM »
mksdnya memperhatikan dhamma? dhammanupassana pada pembagian Satipatthana? atau yg lain? coba definisikan dulu pengertian Anda.

maksudku, memperhatikan gerak-gerik tubuh itu termasuk kepada kategori apa?

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #458 on: 04 October 2009, 03:05:12 PM »
tergantung dari memperhatikan itu bro.......

kalo anda memperhatikan langkahnya dengan konsentrasi, itu jadinya ke samatha

tapi kalau anda memperhatikan langkah sebagai proses timbul berlangsung padam, itu akan jadi vipassana


jadi arahnya udah beda, yg satu melatih konsentrasi/ekagatta, yg satu lagi melatih kebijaksanaan/panna

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.117
  • Reputasi: 128
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #459 on: 04 October 2009, 03:09:39 PM »
mksdnya memperhatikan dhamma? dhammanupassana pada pembagian Satipatthana? atau yg lain? coba definisikan dulu pengertian Anda.

maksudku, memperhatikan gerak-gerik tubuh itu termasuk kepada kategori apa?
Dalam perhatian benar...
salah satu faktor ariyasacatani (maap klo salah tulis)

KAYAGATASATI SUTTA

(Sumber : Kumpulan Sutta Majjhima Nikaya I,
Oleh : Tim Penerjemah Tripitaka,
Penerbit : Yayasan Pancaran Dharma, Jakarta, 1992)

1. Demikian telah saya dengar:
Pada suatu ketika Sang Bhagava sedang berdiam di Jetavana, Anathapindikarama, kota Savatthi.

2. Ketika itu beberapa bhikkhu sedang duduk di upatthana sala, tempat mereka bertemu setelah berkeliling pindapatta dan makan. Ketika itu di antara mereka terlontar ucapan: "Teman, sangat menakjubkan dan mengagumkan, betapa perhatian seksama tentang jasmani telah dikatakan oleh Sang Bhagava yang tahu dan melihat, Arahat Samma Sambuddha, apabila dikembangkan dan sering dipraktikkan akan menghasilkan pahala dan manfaat besar."
Pada waktu sore pembicaraan mereka terhenti karena Sang Bhagava telah selesai bermeditasi, memasuki sala dan duduk di tempat yang telah disediakan. Setelah duduk, Beliau berkata: "Para bhikkhu, apakah yang menjadi pokok pembicaraan kalian di sini? Apakah pembicaraan yang baru terhenti tadi?"
"Bhante, ketika kami sedang duduk di upatthana sala ini, tempat kami bertemu setelah berkeliling pindapatta dan makan, di antara kami terlontar ucapan: 'Avuso, sangat menakjubkan dan mengagumkan, telah dikatakan oleh Sang Bhagava, yang tahu dan melihat, Arahat Samma Sambuddha, betapa perhatian seksama pada jasmani apabila dikembangkan dan sering dipraktikkan akan menghasilkan pahala dan manfaat besar.' Inilah pembicaraan kami yang terhenti ketika Sang Bhagava tiba."

3. "Para bhikkhu, bagaimana perhatian seksama pada jasmani dikembangkan dan sering dipraktikkan akan menghasilkan pahala dan manfaat besar?
Para bhikkhu, begini, setelah seorang bhikkhu pergi ke hutan, ke bawah sebuah pohon atau ke sebuah gubuk kosong dan duduk di sana; setelah duduk bersila dengan posisi tubuh tegak, ia memusatkan perhatiannya dan dengan penuh perhatian ia menarik napas dan mengeluarkan napas.
Ketika menarik napas panjang, ia mengerti: 'Saya bernapas panjang'; Ketika mengeluarkan napas panjang ia mengerti: 'Saya mengeluarkan napas panjang'. Ketika menarik napas pendek ia mengerti: 'Saya menarik napas pendek'. Ketika mengeluarkan napas pendek ia mengerti: 'Saya mengeluarkan napas pendek'. Ia melatih diri sebagai berikut: 'Saya akan menarik napas sambil menyelami jasmani secara keseluruhan'. Ia melatih diri sebagai berikut: 'Saya akan mengeluarkan napas sambil menyelami jasmani secara keseluruhan'. Ia melatih diri sebagai berikut: 'Saya akan menarik napas sambil menenangkan proses jasmani'. Ia melatih diri sebagai berikut: 'Saya akan mengeluarkan napas sambil menenangkan proses jasmani.'
Bagaikan seorang kusir atau pembantunya, ketika membuat belokan panjang ia mengerti: 'Saya membuat belokan panjang', atau ketika membuat belokan pendek ia mengerti: 'Saya membuat belokan pendek', demikian juga pada saat menarik napas panjang, ia mengerti: 'Saya menarik napas panjang', ... ia melatih diri sebagai berikut: 'Saya akan mengeluarkan napas sambil menenangkan proses jasmani'.

4. Karena ia tekun berlatih, rajin, bersungguh-sungguh dan penuh disiplin diri maka semua ingatan dan keinginannya yang didasarkan pada kehidupan berkeluarga disingkirkan; dengan menyingkirkan hal-hal itu pikirannya menjadi terpusat pada dirinya sendiri, tenang, bersatu dan terkonsentrasi. Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

5. Para bhikkhu, demikian pula ketika seorang bhikkhu berjalan ia mengerti: 'Saya berjalan', ketika sedang berdiri, ia mengerti: 'Saya berdiri', ketika sedang duduk ia mengerti: 'Saya sedang duduk', ketika sedang berbaring ia mengerti: 'Saya sedang berbaring', atau ia mengerti semua aktivitas tubuhnya.

6. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

7. Para bhikkhu, demikian pula bhikkhu adalah seorang yang bertindak dengan penuh kesadaran ketika bergerak kian kemari, bertindak dengan penuh kesadaran ketika melihat ke sini dan ke sana, bertindak dengan penuh kesadaran ketika mengeraskan dan melemaskan otot, bertindak dengan penuh kesadaran ketika mengenakan jubah, jubah sanghati dan membawa patta, bertindak penuh kesadaran ketika makan, minum dan menghirup, bertindak penuh kesadaran ketika sedang berjalan, berdiri, duduk, berbaring, bangun, berbicara dan berdiam diri.

8. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

9. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu memperhatikan dengan seksama tubuh ini, dari telapak kaki ke atas dan dari ujung rambut ke bawah, yang penuh dengan berbagai macam kotoran, yaitu: 'Dalam tubuh ini ada rambut kepala, bulu roma, kuku, gigi, kulit, daging, otot, tulang, sumsum tulang, ginjal, jantung, hati, sekat ronga badan, limpa, paru-paru, usus, isi perut, ..., kotoran, empedu, dahak, nanah, darah, keringat, lemak, air mata, minyak (gemuk), ludah, upil, cairan persendian dan air kencing.
Bagaikan sebuah kantung yang terbuka pada kedua ujungnya yang berisi penuh dengan biji-bijian seperti beras, beras merah, kacang, kacang polong, padi-padian dan beras putih, lalu seseorang dengan mata terang membuka kantung itu dan memperhatikan dengan seksama isinya: 'Ini adalah beras, beras merah, kacang, kacang polong, padi-padian dan beras putih'. Demikian pula bhikkhu memperhatikan dengan seksama tubuh ini dari telapak kaki ke atas dan dari ujung rambut ke bawah, yang penuh dengan berbagai macam kotoran, yaitu ... dan air kencing.

10. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

11. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu memperhatikan dengan seksama tubuh ini yang terdiri dari beberapa unsur, yaitu: 'Dalam tubuh ini terdapat unsur tanah, air, api dan udara.
Bagaikan seorang tukang jagal berpengalaman atau muridnya, setelah menyembelih seekor sapi kemudian menjual daging sapi itu dalam bentuk irisan-irisan kecil di persimpangan jalan; demikian juga, seorang bhikkhu memperhatikan dengan seksama tubuh ini yang terdiri dari baberapa unsur, yaitu: 'Dalam tubuh ini terdapat unsur tanah, air, api dan udara.'

12. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

13. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu bagaikan ia sedang memperhatikan mayat-mayat yang berusia satu hari, dua hari, tiga hari yang telah membengkak, lebam dan mengeluarkan cairan, yang berada di atas tanah kuburan: 'Demikian pula sifat dari tubuh ini, tubuh ini akan menjadi seperti itu, tubuh ini pasti jadi seperti itu.'

14. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

15. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu menilai tubuh ini bagaikan ia sedang memperhatikan mayat-mayat yang sedang dimakan oleh burung-burung gagak, elang, burung nasar, anjing, serigala dan bermacam-macam kelompok cacing, yang berada di atas tanah kuburan: 'Tubuh ini pun bersifat seperti itu, tubuh ini akan menjadi seperti itu, tubuh ini pasti jadi seperti itu.'

16. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

17. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu menilai tubuh ini bagaikan ia sedang memperhatikan bagian-bagian mayat, seperti kerangka yang dilekati daging dan darah dipersatukan oleh urat-urat, yang ada di atas tanah kuburan: 'Tubuh ini pun bersifat seperti itu,... jadi seperti itu.'

18. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

19. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu menilai tubuh ini bagaikan ia sedang memperhatikan bagian-bagian mayat, seperti kerangka yang tanpa daging dan lumuran darah yang dipersatukan oleh urat-urat, yang ada di atas tanah kuburan: 'Tubuh inipun bersifat seperti itu, ... jadi seperti itu.'

20. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

21. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu menilai tubuh ini bagaikan ia sedang memperhatikan bagian-bagian mayat, seperti kerangka yang tanpa daging dengan darah yang dipersatukan oleh urat-urat, yang ada di atas tanah kuburan: 'Tubuh inipun bersifat seperti itu, ... jadi seperti itu.'

22. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

23. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu menilai tubuh ini bagaikan ia sedang memperhatikan bagian-bagian mayat, seperti tulang-tulang tanpa urat-urat yang berserakkan: tulang tangan di sini, di sana ada tulang kaki, tulang kering, tulang paha, tulang pinggul, tulang punggung, tulang rusuk, tulang dada, tulang tangan, tulang bahu, tulang leher, tulang iga, tulang rahang, tulang gigi, dan tengkorak, yang ada di atas tanah kuburan: 'Tubuh ini pun bersifat seperti itu, ... jadi seperti itu.'

24. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

25. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu menilai tubuh ini bagaikan ia sedang memperhatikan bagian-bagian mayat, seperti tulang belulang yang telah berwarna putih, bagaikan warna kulit kerang, yang ada di atas tanah kuburan: 'Tubuh ini pun bersifat seperti itu, ... jadi seperti itu.'

26. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

27. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu menilai tubuh ini bagaikan ia sedang memperhatikan bagian-bagian mayat, seperti tumpukan tulang yang telah lebih dari setahun, yang ada di atas tanah kuburan: 'Tubuh ini pun bersifat seperti itu, ... jadi seperti itu.'

28. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

29. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu menilai tubuh ini bagaikan ia sedang memperhatikan bagian-bagian mayat, seperti tulang belulang yang membusuk rapuh menjadi debu, yang ada di atas tanah kuburan: 'Tubuh ini pun bersifat seperti itu, ... jadi seperti itu.'

30. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

31. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu agak bebas dari nafsu indera, bebas dari hal-hal (dhamma) yang tak berguna, ia mencapai dan berada dalam Jhana I yang disertai oleh vitakka (usaha pikiran untuk menangkap obyek), vicara (obyek telah tertangkap oleh pikiran), piti (kegiuran) dan sukha (kebahagian) yang dihasilkan oleh viveka (ketenangan).

32. Ia membuat piti dan sukha yang dihasilkan oleh viveka meresapi, merendami, mengisi dan meliputi seluruh tubuhnya, sehingga tidak ada bagian tubuhnya yang tidak diliputi oleh piti dan sukha yang dihasilkan oleh viveka. Bagaikan seorang pencuci atau pembantunya penumpahkan bubuk pencuci (sabun) ke dalam sebuah baskom logam, sedikit demi sedikit memercikinya dengan air, mengaduknya sehingga air membasahi butir-butir bubuk sabun, merendamnya dan meliputi seluruh bagian luar dan dalam, tetapi bubuk itu tidak menjadi air. Demikian pula, seorang bhikkhu membuat piti dan sukha yang dihasilkan oleh viveka meresapi, meredami, mengisi dan meliputi seluruh tubuhnya, sehingga tidak ada bagian tubuhnya yang tidak diliputi oleh piti dan sukha yang dihasilkan oleh viveka.

33. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

34. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu dengan menghilangkan vitakka dan vicara, ia mencapai dan berada dalam Jhana II disertai kegiuran, kebahagiaan, keyakinan yang kuat dan pikiran terpusat, tanpa vitakka dan vicara.

35. .....

36. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti ini, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

37. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu dengan melenyapkan piti, ia diliputi upekha (keseimbangan), penuh sati (perhatian) dan sampajana (pengertian), ia menikmati sukha jasmaniah, ia mencapai dan berada dalam Jhana III, seperti yang dinyatakan oleh para ariya: Ia menikmati sukha yang disertai upekha dan sati.

38. Ia membuat sukha meresapi, merendami, mengisi dan memenuhi seluruh tubuhnya, sehingga tidak ada bagian tubuh yang tidak dipenuhi sukha. Bagaikan sebuah kolam bunga bakung air, kolam bunga teratai putih atau merah, ada beberapa bakung, teratai putih atau merah yang bertunas, bertumbuh, berkembang di bawah permukaan dan tidak muncul di permukaan air, semuanya dari ujung hingga keakar-akarnya diresapi, direndami, diisi dan dipenuhi oleh air dingin, sehingga tidak ada bunga bakung, teratai putih atau merah yang tidak dipenuhi oleh air dingin. Demikian pula, seorang bhikkhu membuat sukha meresapi, merendam, mengisi dan memenuhi seluruh tubuhnya, sehingga tidak ada bagian tubuhnya yang tidak dipenuhi sukha.

39. Karena ia tekun berlatih, rajin, ... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

40. Para bhikkhu, demikian pula seorang bhikkhu dengan melenyapkan sukha (kebahagiaan) dan dukkha (penderitaan) jasmaniah, yang didahului oleh lenyapnya somanassa (kesenangan batin) dan domanassa (penderitaan batin), ia mencapai dan berada dalam Jhana IV, dengan kondisi bukan menderita maupun bukan menyenangkan, disertai sati dan upekha yang suci.

41. Ia duduk dengan pikiran terang dan suci yang meliputi seluruh tubuhnya, sehingga tidak ada bagian tubuhnya yang tidak diliputi oleh pikiran terang dan suci. Bagaikan seorang yang duduk dibungkus dengan kain putih dari kepalanya sampai ke kakinya, sehingga tidak ada bagian tubuhnya yang tidak tertutup oleh kain putih tersebut. Demikian pula, seorang bhikkhu duduk dengan pikiran yang terang dan suci meliputi seluruh tubuhnya, sehingga tidak ada bagian tubuhnya yang tidak diliputi oleh pikiran terang dan suci.

42. Karena ia tekun berlatih, rajin .... Dengan cara seperti itu, seorang bhikkhu mengembangkan perhatian seksama pada jasmani.

43. Bilamana seorang telah mengembangkan dan terus menerus mempraktikkan kayagata sati (perhatian seksama pada jasmani), berarti ia telah mensertakan kusala dhamma (dhamma baik atau berguna) dan pengetahuan benar. Bagaikan seorang yang mengarahkan pikirannya pada samudra besar yang mencakup sungai apapun yang bermuara pada samudra tersebut. Demikian pula, seorang bhikkhu yang telah mengembangkan dan terus menerus mempraktikkan kayagata sati, berarti ia telah mensertakan kusala dhamma dan pengetahuan benar.

44. Bilamana seseorang tidak mengembangkan dan tidak terus-menerus mempraktikkan kayagata sati, maka Mara mendapat kesempatan dan obyek pada orang itu.

45 ..........
Inilah yang dibabarkan oleh Sang Bhagava. Para bhikkhu merasa puas dan gembira dengan apa yang diuraikan Sang Bhagava.
sumber samaggi-phala
Samma Vayama

Offline Deva19

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 821
  • Reputasi: 1
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #460 on: 06 October 2009, 11:33:35 AM »
tanks bro Andry. akhirnya saya tahu, itu kategorinya Memperhatikan Jasmani

Offline markosprawira

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.449
  • Reputasi: 155
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #461 on: 07 October 2009, 12:13:39 PM »
Memperhatikan jasmani dengan mengembangkan batin yg kusala

Offline kamala

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 592
  • Reputasi: 44
  • Gender: Female
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #462 on: 13 October 2009, 04:41:55 PM »
untuk pemula mana yang kudu dilakuin samantha atau vipassana 
mohon bantuannya _/\_
Daripada seribu kata yang tak berarti,
adalah lebih baik sepatah kata yang bermanfaat,
yang dapat memberi kedamaian kepada pendengarnya.

Offline Jerry

  • Sebelumnya xuvie
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.212
  • Reputasi: 124
  • Gender: Male
  • Suffering is optional.. Pain is inevitable..
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #463 on: 14 October 2009, 12:09:27 AM »
Thanks Bro Andry dan Om Markus. Yup memerhatikan gerak gerik tubuh dan langkah itu termasuk Kayanupassana. :)
appamadena sampadetha

Offline Nevada

  • Sebelumnya: Upasaka
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.445
  • Reputasi: 234
Re: Tanya ? Jawab untuk Pemula
« Reply #464 on: 14 October 2009, 12:10:02 AM »
untuk pemula mana yang kudu dilakuin samantha atau vipassana  
mohon bantuannya _/\_

Samatha maupun vipassana sama baiknya. Untuk permulaan, silakan pilih metode yang lebih bisa membuat batin Anda lebih tenang dan terkonsentrasi. Untuk tahap selanjutnya, saya menyarankan Anda mengembangkan batin melalui metode vipassana. Karena vipassana merupakan metode yang lebih kondusif untuk membuka tabir pencerahan.