Belajar itu seperti pacaran..hmm.. masalahnya dalam sekolah/kuliah, pelajaran yang ga disukaipun juga wajib dikuasai.. T_T, jadi walaupun ga suka pelajaran itu juga harus dipelajari juga.. kecuali mau ga lulus..
Jadi kalau pacaran kan harus saling mengenal dan baru bisa mencintai..
Kimia juga begitu.. kenali dulu.. baru disukai..
Gw dulu waktu tamat SMP, belum mengenal kimia, sudah mulai penasaran apa itu kimia, dan ketika diwariskan buku oleh abang gw, gw baca buku kimia. Menarik.. makanya gw terus baca.. Itu tahap "pengenalan dengan kimia"
Setelah masuk, akhirnya tahu kimia itu menarik.. maka mulai suka.. dan tiap kali ada pelajaran kimia, pasti pengen cepat2 ke sekolah.. bawaannya happy.. soalnya "ketemu kimia" seperti ketemu pacar aja.. :D
Intinya seh semua pelajaran sama.. asal dicintai dulu..
Neh,, ini jurus rahasia g dolo sekolah.... :D
"JANGAN MENCATAT"........................................................potokopi aja ;D
klo dgr penjelasan belum bisa ya baca textbook aja, kan textbook itu cukup lengkap :)
bisa juga klo ga bisa kerja latihan tanya teman, minta diajari..
ya pendapat tiap org berbeda sih wajar.. fisika sebenarnya bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, tp biasanya ga ada yang mau ngitung2 dulu, emang orang kurang kerjaan.. misal berjalan kaki dengan kecepatan sekian sejauh sekian meter, masa ada yg mau ngitung dulu entar nyampe tujuan berapa lama.. udah gitu kt jg ga tau kecepatan berjalan kt itu berapa meter/jam.. kimia jg ada aplikasi ke kehidupan sehari2, mis: klo liat komposisi suatu barang, konsep asam basa
tp biologi lbh banyak lagi aplikasinya ke kehidupan sehari2, mis: lagi sakit, kan pasti mikir ttg biologi, dari situ bisa dipikir cara penyembuhannya jg, jd berguna belajar anatomi tubuh manusia, fungsi2 sistem2 di tubuh manusia
klo matematika sih hampir setiap hari dipake.. ngitung2 uang, ngitung2 klo ada diskon jd hrg brp stlh diskon :) (kan enak klo ngitungnya ga usah pake kalkulator), gw pernah kok hampir kena tipu, barang sekian dibilang diskon 25% jd sekian, trus gw iseng2 mau ngitung apa bener stlh didiskon jd sekian, tp waktu itu ada penjualnya lg ngomong2 meyakinkan spy gw beli, jdnya sungkan mau ngeluarin kalkulator, trus gw hitung pake pelajaran matematika (tanpa kalkulator) akhirnya ketemu klo dibohongi, klo diskon 25% jdnya seharusnya lebih murah lagi.. murahnya murah byk lagi.. trus penjualnya jd susah ngomong deh.. akhirnya ngomong klo harganya ga didiskon 25%
klo dgr penjelasan belum bisa ya baca textbook aja, kan textbook itu cukup lengkap :)udh bc text book. Kadang ada yang gak ngerti..
bisa juga klo ga bisa kerja latihan tanya teman, minta diajari..
dulu kalo aku paling pinter pelajar kimia disekolah..Bantuin ajarin jg ya cek nanda ^:)^ ^:)^ ^:)^
abis gampang, kebetulan juga gurunya mengajarnya enakk :D
Belajar itu seperti pacaran..
Jadi kalau pacaran kan harus saling mengenal dan baru bisa mencintai..
Kimia juga begitu.. kenali dulu.. baru disukai..
Gw dulu waktu tamat SMP, belum mengenal kimia, sudah mulai penasaran apa itu kimia, dan ketika diwariskan buku oleh abang gw, gw baca buku kimia. Menarik.. makanya gw terus baca.. Itu tahap "pengenalan dengan kimia"
Setelah masuk, akhirnya tahu kimia itu menarik.. maka mulai suka.. dan tiap kali ada pelajaran kimia, pasti pengen cepat2 ke sekolah.. bawaannya happy.. soalnya "ketemu kimia" seperti ketemu pacar aja.. :D
Intinya seh semua pelajaran sama.. asal dicintai dulu..
[/quote
Menariknya kek mn forteraneh :D :D :D
blajar kimis itu asik...blajar kimis itu apa???
smu ktemu guru2 kimia yg asik...
Kdg kimia bs kdg gak bs... :( :( :(Sama.. waktu kelas 1 dulu dasar kimia gw jg ga bagus, soalnya yg ngajar kebetulan ngga enak..
Krn waktu kls 1 dasar kimianya w krg bgs lhe..
Jd wkt kls 2 jd lbh sulit..
Cthnya stoikiometri krg bs..
hkm2 dasar kimia krg bs (dah baca text book sih wkt kls 1 tp hny ngerti dikit2)
2. Diket :Neozep knp gak blh pake rms M=W/Mr * 1000/V
200 ml HCl dengan pH = 2 maka M HCl = 0.01 M dijadikan menjadi pH = 3 berarti M HCl = 0.001 M
nHCl awal = 200 ml x 0.01 M = 2 mmol
nHCl akhir = 200 ml x 0.001 M = 0.2 mmol
==================================
n yang bereaksi = 2 - 0.2 = 1.8 mmol
Gram NaOH = 1.8 x 40 = 72 mg = 0.072 gr
3. 100 mL NaOH pH 12 => M = 0.01 M dan M HCl = 0.1 => pH = 1
pH yang diinginkan adalah 2 berarti M HCl yang diinginkan adalah 0.01
mol HCl yang bereaksi dengan NaOH adalah = 0.1V - 0.01 V = 0.09 V
0.09V = 100 x 0.01
0.09V = 1
V = 1 / 0.09
V = 11,11 mL
Knp pH yg diinginkan 0,01 ? apa spy setara :D
Thx jwbnnya _/\_
4. Wew.. ada pakar kimia baru pake rumus gabungan molaritas.. :-w
W pake rms gabungan berarti w pakar kimia (http://www.pic4ever.com/images/onion048.gif)
HCl 100 mL dengan 0.1 M => 10 mmol
H2SO4 150 mL dengan 0.1 => 30 mmol =15 mmol x 2 (kenapa dikali 2 karena terionisasi menjadi 2 ion H)
=======================================
Total = 40 mmol
M NaOH = 0.1 M
0.1 = 40 / V
V = 40 / 0.1
V = 400 mL
Knp gak blh pake rms pakar??? trs kok hslnya beda :-?
5. 100 mL HNO3 dengan pH 0 berarti M = 1 M, ditambahkan NaOH sampai pH 14 berarti menjadi NaOH 1 M
Intinya adalah 100 mL HNO3 1 M akan habis bereaksi semua dengan NaOH
100 x 1 = 100 mmol
Mr NaOH = 40
Gram NaOH = 40 x 100 = 4000 mg = 4 gram
U can call me : Forute-sama (Lord Forte) =))gak mauT_T
Ada situs bagus juga ternyata..
http://www.chem-is-try.org/index.php?sect=belajar
Saya lihat cukup komplet.. buat kuliah yang ribet juga ada..
Bagus juga buat nostalgia.. :))
sapa sapa mr? :D :D :D
pacarnya ya? :D :D :D
mrnya dah punya pacar yaaa, suitt suitttt :whistle: :whistle: :whistle:
selamat tuk superman kitaa <:-P <:-P <:-P <:-P <:-P
sapa sapa mr? :D :D :D
pacarnya ya? :D :D :D
mrnya dah punya pacar yaaa, suitt suitttt :whistle: :whistle: :whistle:
selamat tuk superman kitaa <:-P <:-P <:-P <:-P <:-P
Sensei ujian ada ujian apa T_TUjian Sertifikasi..
Sensei kan dah tamat :D :D :D :D
Sensei, rupanya hidrokarbon dah dipelajari wkt kls 1 SMA
yg alkena, alkuna, pentana itu kan :D :D :D
itu w jg bisa lho sensei...
W bljr sendiri aja lho sensei ..
susah2 belajaride bgs tuhh ^-^ ^-^ ^-^
deketin aja gurunya...
pertanyaan dari wnyaa ;D ;D ;D :cara mengenalkannya, anggap aja kayak mengenalkan pacar sama ortuu :)) :)) :))
Jelasin ke wnya tentang hukum dasar kimiaaa \;D/\;D/\;D/\;D/\;D/ ^:)^ ^:)^ ^:)^ ^:)^
[at]bawahV
mo nanya apa yaa? :-? :-? :-?
coba kyk gini aja deh...
anggap wnya gak tau apa2...(memang gak tauu :)) :)) :)) )
ecek2nya akemi-chan mo ngenalin wnya pada pacarnyaa (si kimia :)) ) jadi kenalkan pacarnya akemi-chan pada wnyaa\;D/\;D/\;D/
dikenalin si kimia sama wnya agar kami2nya lebih dekat gituu \;D/\;D/\;D/
dengan mencoba utk mengenal si kimia dulu lama2 wnya jadi senang sama si kimia, lalu jadi ngertiin dianya dehhh \;D/\;D/\;D/
ibarat tak kenal maka tak sayang gitu... :P :P :P
1. H2S + KMnO4 => K2SO4 + KMnO2G mls kokk T0T
Salah soal, saya rasa bukan KMnO2 tapi MnO2 kali.. :))
ini yang benar
3 H2S + 8 KMnO4 = 3 K2SO4 + 2 H2O + 8 MnO2 + 2 KOH
Jawabanny 3 me sensei ??? ato 8? <= menurut perkiraan w ;D
2. Cr2O72- + 8 H+ + 3 NO2- = 2 Cr3+ + 3 NO3- + 4 H2O
yg w gak ngerti kan sensei H+ datang dr mn kok bs 8??? di bucek blg tambahkan H+ pd ruas kiri, jika muatan ruas kiri lbh kcl drpd ruas kanan => maksudny muatan ruas kiri lbh kcl apa sensei? muatanny yg mana?
3. S2O32- + 4 Cl2 + 5 H2O = 2 HSO4- + 8 H+ + 8 Cl-
jwbnny 1 me?
4. 3 As + 5 NO3- + 4 OH- = 3 AsO43- + 5 NO + 2 H2O
0 +5 -2 -2 +1 +5 -2 +2 -2 +1 -2
jawabny 5 y sensei krn elektron yg terlibat yg ada 5 aj di pilihan.. Baru kepikiran :P
5. 4 KClO3 = 3 KClO4 + KCl
3/4 x 0.1 mol = 0.075
drmn dpt 4KClO3--> 3 KClO4 + KCl sensei?
gampang kan.. :D
hayo.. jangan malas belajar kimia.. \:D/
Buseeett.... :hammer: :hammer:10 thn yg lalu :o :o :o udh lm kali tuh...
terakhir belajar ginian 10thn yg lalu :'(
forte, jgn lupa ya ulangan kimia mgg dpn, Elin duduk sblh forte aja deh. Elin bersedia hapusin coret2an turunan rumus yg salah kok. Hehehe sekalian liat jwban nya forte jg ya ;D wakakakak