//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Japanese Management...  (Read 17742 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #15 on: 19 January 2009, 01:22:19 PM »
bukan itu bro maksudnya,

tetapi lebih ke arah divisi nya, bukan fungsional programmer.

seperti SOP tuk perawatan, SOP tuk permintaan projek, SOP untuk pengembangan struktur IT, dll
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #16 on: 19 January 2009, 01:36:50 PM »
bukan itu bro maksudnya,

tetapi lebih ke arah divisi nya, bukan fungsional programmer.

seperti SOP tuk perawatan, SOP tuk permintaan projek, SOP untuk pengembangan struktur IT, dll

Rasanya semua sama... manager yg udah kompetent (yg telah melakukan hal tsb) yg menulis SOP...

Kalau utk perawatan komputer....(kira2 begitu)
1. bisa saya tetapkan minimal 6 bulan sekali, casing/mobo akan dibersikan dgn kompressor udara.. yg telah terpasang (filter pengering)....
2. dll,,,


utk contoh dasar pemakaian komputer bisa lihat :
http://www.phys.unsw.edu.au/safety/documents/SOP_computer_use.pdf
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #17 on: 19 January 2009, 02:17:32 PM »
SOP rasanya tak lain spt BUKU SERVICS GARANSI pembelian mobil baru...

disana tertara 10.000KM...
  dan daftar2 apa yg check, apa yg diganti, dll

yg memiliki form dan kolom2 yg uda baku!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #18 on: 19 January 2009, 02:20:32 PM »
nah itu die, form2 yg baku serta flowchartnya itu contohnya kek gmana?
i'm just a mammal with troubled soul



Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #19 on: 19 January 2009, 10:01:54 PM »
nah itu die, form2 yg baku serta flowchartnya itu contohnya kek gmana?

Wahh bro hatRed... yg persis harus Google lagi atau (bayar) utk template tsb...

sedangkan sekilas mengenai penulisan bisa lihat di
http://www.ehow.com/how_4455615_write-standard-operating-procedures.html

atau google lagi....(sorry tidak expert di SOP)...
masih newbi mengenai Japanese Management....(at least I try).....
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #20 on: 20 January 2009, 05:03:05 AM »
Salah satu workshop SOP di Jakarta seharga 3.5 jt tahun lalu

Setelah selesai mengikuti pelatihan ini para peserta diharapkan :       (1)    Lebih memahami konsep proses dan sistem dalam penyusunan SOP(2)    Lebih memahami peran Bussiness Process dalam penulisan SOP(3)    Menetapkan proses yang akan dibuatkan SOP nya(4)    Mampu menyusun checklist / questionnaires untuk bekal interview dengan para narasumber.(4)    Memilah dan menganalisa informasi yang didapat(5)    Membuat urutan aktivitas dakam bentuk flow chart(6)    Menyusun SOP secara lengkap

Outline :

1.       Proses, Sistem dan SOP
2.       Business Prosess dan Process Mapping
3.       SOP dan dokumen sistem
4.       Proses dan Flow Charting
5.       Membuat check list
6.       Mengumpulkan, memilah dan menganalisa informasi
7.       Menyusun informasi dan elemen SOP
8.       Menyusun SOP lengkap


semoga berguna....
atau mendapatkan gratisan lewat google...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hendrako

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.244
  • Reputasi: 60
  • Gender: Male
Re: Japanese Management...
« Reply #21 on: 19 March 2009, 01:11:55 AM »
Soal menejemen saya ga begitu tahu.

Tapi yg saya liat dari teman yg berkebangsaan Jepang dan teman yg kuliah dan kerja di perusahaan Jepang, yg menonjol dalam kerja adalah, fokus, ulet, disiplin, dan rapi (termasuk bersih).
yaa... gitu deh

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #22 on: 19 March 2009, 01:57:03 AM »
Soal menejemen saya ga begitu tahu.

Tapi yg saya liat dari teman yg berkebangsaan Jepang dan teman yg kuliah dan kerja di perusahaan Jepang, yg menonjol dalam kerja adalah, fokus, ulet, disiplin, dan rapi (termasuk bersih).

Bro yg rapi2 itulah 5S

5S is the Japanese concept for House Keeping.

1.) Sort (Seiri)
2.) Straighten (Seiton)
3.) Shine (Seiso)
4.) Standardize (Seiketsu)
5.) Sustain (Shitsuke)
____________________________________________
I think the concept of 5S has been twisted and its real meaning and intention has been lost due to attempts to keep each element in English word to start with letter 'S', like the real Nippongo words (seiri, seiton, seiso, seiketsu, and shitsuke). Well, whoever deviced those equivalent English words did a good job,they're close, but the real interpretation is not exactly the correct one. For the benefit of the readers who would like to develop and establish their own understanding and applications, the following are the real meaning of each element in English:

Japanese - English Translations
-------- --------------------
Seiri - Put things in order
(remove what is not needed and keep what is needed)
Meletakan barang pada tempatnya (yg ngak perlu buang)
Seiton - Proper Arrangement
(Place things in such a way that they can be easily reached whenever they are needed)
Diatur supaya mudah dijangkau
Seiso - Clean
(Keep things clean and polished; no trash or dirt in the workplace)
Kebersihan (lihatlah bengkel2 mobil Jepang yg bersih)
Seiketsu - Purity
(Maintain cleanliness after cleaning - perpetual cleaning)
Menjaga kebersihan (tetap bersih)
Shitsuke - Commitment (Actually this is not a part of '4S', but a typical teaching and attitude towards any undertaking to inspire pride and adherence to standards established for the four components)
Berkomitment (ada pengawas yg berkala memastikan hal2 diatas berjalan dgn baik)


kira2 begitulah!
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #23 on: 23 March 2009, 09:27:13 PM »
Bagaimanapun perusahaan Toyota merupakan satu diantara perusahaan dunia yg amat dikagumin. Antara lain :

#1. Pendapatan Toyota (mobil) pada thn 2003 adalah lebih besar dari gabungan mobil raksasa Amerika (GM + Ford + Chrysler)

#2. Dari ide sampai mobil beneran ditangan konsumen memerlukan 12 bulan di Toyota, sedangkan competitor memerlukan paling tidak 3 tahun hal tsb.

#3. Jutaan ide baru, dan jutaan perbaikan2 di dalam perusahaan Toyota (sistem produksi, dll) Berapakah perbaikan2 yg dilakukan oleh competitor dlm setahun?

dst, dst

Maka dari itu,... posting berikut saya mencoba menceritakan Prinsip2 yg diterapkan oleh Toyota menjadikan perusahaan yg amat dikagumin didunia. Semoga posting2 ini berguna. Bila ada kekurangan maupun kesalahan jangan segan2 mengkoreksinya... 

Tulisan tsb adalah terjemahan dari buku The Toyota Way - 14 Management Principles from the World's Greatest Manufacturer ditambah dgn penafsiran2 saya...
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #24 on: 23 March 2009, 09:59:03 PM »
Prinsip #1 TTW (the Toyota Way)

Base your Management Decision on a Long-Term Philosohpy,
Even at the expense of shortTerm Financial GOals

(Philosohpy Keputusan Management hendaknya utk Jangka panjang, walaupun jangka pendeknya merugi)

(sabar),
Seperti pada Buddhism yg sangat menghargain KESABARAN... begitu juga di Toyota,
kata sabar dlm tulisan Tiongkok adalah gabungan dari dua bagian..
Bagian atas yg berarti PISAU, dan bagian bawah yg berarti HATI,
Jadi Kesabaran adalah seperti PISAU MENUSUK ditengah2 HATI pun akan tetap bersabar...

Quote
Salah satu faktor kesuksesan adalah KESABARAN dan fokus pada hasil jangka panjang dari pada jangka pendek. Menginvestasikan pada manusia, produk, pabrik serta bertekat utk memberikan kwalitas terbaik.  (Rober B, VP Toyota Motor Sales)

A Mission Greater than Earning a Paycheck (Misi lebih penting dari Bayaran)
Berikanlah hal terbaik bagi perusahaan, pekerja, pelanggan dan masyarakat. Sehingga pekerja/manager pada perusahaan Toyota memiliki Misi yg lebih besar (penting) dari pada pembayaran yg besar.

Doing the Right Thing for the Customer (lakukan hal yg benar pada pelanggan)
Utk menhasilkan kenyamanan dlm mobil Lexus, kami mencampur bahan yg lebih lunak pada Ban. Walaupun hasil kenyamanannya meningkat, tetapi kurang dari 1 percen pelanggan mengeluh karna ban mobilnya lebih cepat habis. Kami tidak tinggal diam dan kami mengirim kupon bagi semua pelanggan, meminta maaf serta mendptkan kupon sebesar $500 utk ban2 yg lebih cepat gundul.


« Last Edit: 23 March 2009, 10:03:02 PM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Re: Japanese Management...
« Reply #25 on: 24 March 2009, 07:35:02 AM »
em... opini saya tentang Toyota nih:
~ inova boros, sangat tidak sesuai utk zaman ekonomi yg sulit ini...
~ yaris, kalah bersaing dg honda jazz
~ avanza, laku keras, tapi indentnya sangat lama & pihak sales sering meminta uang suap utk menaikkan daftar antri.

mengenai product & sales, menurut saya sih toyota jelek. yg lebih dari mereka cuma kemampuan berproduksi aja (in term of quantity).
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #26 on: 25 March 2009, 03:15:20 AM »
em... opini saya tentang Toyota nih:
~ inova boros, sangat tidak sesuai utk zaman ekonomi yg sulit ini...
~ yaris, kalah bersaing dg honda jazz
~ avanza, laku keras, tapi indentnya sangat lama & pihak sales sering meminta uang suap utk menaikkan daftar antri.

mengenai product & sales, menurut saya sih toyota jelek. yg lebih dari mereka cuma kemampuan berproduksi aja (in term of quantity).

Terima kasih atas masukannya bro yg berbeda dan sangat berbobot.
Dan saya sangat setuju dgn point2 yg diutarakan bro Tesla. Nanum dlm Fortune500, perusahaan Toyota merupakan perusahaan yg dpt kita pelajarin.

Sering sekali saya berpikir, manufacturing sengaja mengeluarkan produk yg tidak terlalu sempurna sehingga dia bisa menjadwal penyempurnaan tsb utk konsumen tetap membeli. contoh... Inova yg pertama boros, dan Inova yg kedua lebih irit, yg ketiga designnya tambah mantep, dst, dst...

Selain Toyota, Honda maupun Nisan juga sangat inovatif dlm merancang mobil.


Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #27 on: 25 March 2009, 03:34:48 AM »

Toyota iQ (2009)

Car of the Year Japan Year    Winner

2008–2009    Toyota iQ
2007–2008    Honda Fit
2006–2007    Lexus LS
2005–2006    Mazda MX-5
2004–2005    Honda Legend
2003–2004    Subaru Legacy
2002–2003    Honda Accord
2001–2002    Honda Fit
2000–2001    Honda Civic
1999–2000    Toyota Vitz
« Last Edit: 25 March 2009, 03:38:40 AM by johan3000 »
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline johan3000

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 11.552
  • Reputasi: 219
  • Gender: Male
  • Crispy Lotus Root
Re: Japanese Management...
« Reply #28 on: 25 March 2009, 03:44:48 AM »

Citroen C5

Japan Import Car of the Year Year    Winner
2008–2009    Citroën C5
2007–2008    Mercedes-Benz C-Class
2006–2007    Citroën C6
2005–2006    BMW E90
2004–2005    Volkswagen Golf

Walaupun Citroen merupakan mobil yg sulit dijual di Indonesia
Nagasena : salah satu dari delapan penyebab matangnya kebijaksanaan dgn seringnya bertanya

Offline hatRed

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.400
  • Reputasi: 138
  • step at the right place to be light
Re: Japanese Management...
« Reply #29 on: 25 March 2009, 09:02:08 AM »
om johan, yg 5S nya mohon diperdetil lagi....

karena kantor i juga menerapkan prinsip 5 S ini ^:)^
i'm just a mammal with troubled soul