Kenapa bisa hanya ada Alobha dan Adosa, bro? karena itu masih mengandung Amoha.....
maaf saya tambah bingung bro marcos, bisa dijelaskan ?
Utk lihat ini, bro lykim harus lihat kembali ke tabel cetasika......... alobha dan adosa adanya di sobhanasadharana cetasika 19
sementara Amoha/Panna adanya di Pannindriya-cetasika...... Walau disebut pannavipayutta, namun sesungguhnya masih ada panna walau dalam kadar yg sedikit alias tidak total sama sekali....
Namun yg harus saya perjelas disini bhw HETU adalah akar BAIK dari kelahiran puggala, bro....... BUKAN pada perbuatan sehari2 loh.....
jika sedang belajar? banyak muncul khan, misal lobha pada mainan di rumah, atau dosa pada pelajaran MTK.....
Yup saya setuju, namun untuk contoh blajar MTK disini pikirannya tanpa Lobha dan Dosa, misal ambil contoh lagi orang yang mandi atau buang air. yang melakukan hal tersebut tanpa Lobha dan Dosa.
Apa bener begitu bro? pernah ga lihat kenapa waktu mandi, anda suka dengan semprotan shower tertentu, jarak tertentu, panas tertentu, dsbnya...
atau saat buang air besar? ada preferensi2 tertentu misal posisi duduk, dsbnya........ bahkan saat buang air kecil aja, bnyk org yg melekat pada kenikmatan yg ditimbulkan loh.....
Selama kita masih putthujhana, TIDAK ADA action yg netral, bro....... coba lihat dari 7 Javana, semuanya KUSALA atau AKUSALA....
yg netral itu hanyalah ada di citta yg fungsinya tertentu yaitu santirana, sampaticchana, pancadvaravajjana dan manodvaravajjana citta, bukan di Citta "Action" atau Javana.... Ini yg orang sering salah mengerti bhw seolah2 ada tindakan/action yg netral
semoga dimengerti yah..........