//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: Beredar Rekaman Suara Kokpit AdamAir  (Read 10195 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline Yong_Cheng

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 279
  • Reputasi: 16
  • Gender: Male
Beredar Rekaman Suara Kokpit AdamAir
« on: 02 August 2008, 12:07:33 PM »
Di internet beredar rekaman pembicaraan yang disebut-sebut sebagai rekaman terakhir pembicaraan di kokpit pesawat naas AdamAir dengan nomor penerbangan KI 574 tujuan Surabaya-Manado yang jatuh di perairan Majene, Sulawesi Barat, 1 Januari 2007 silam.

Rekaman pembicaraan ini tersebar secara berantai melalui e-mail. Entah, sejak kapan rekaman ini beredar. Juga tidak diketahui secara pasti benar atau tidaknya rekaman ini.

Rekaman berdurasi 5:38 menit itu merupakan percakapan dua orang lelaki dengan latar belakang suara gemuruh di sepanjang percakapan. Seorang lelaki dalam percakapan itu dipanggil "Kep" (Captain). Lelaki yang satunya lagi tidak bisa diidentifikasi. Namun, tertangkap dengan jelas dari nada suaranya, lelaki yang dipanggil "Kep" adalah pimpinan dari lelaki yang satunya.

Di awal percakapan mereka membicarakan tentang cuaca yang buruk dan ketidakjelasan posisi. Pilot kemudian memutuskan untuk terbang menggunakan sesuatu yang disebutnya "attitude".

Menjelang akhir rekaman, kedua orang itu banyak menyebut angka. Radio komunikasi tidak putus-putus berbunyi. Di akhir percakapan, nada suara kedua orang itu terdengar panik. Suara lelaki yang dipanggil "Kep" berulang kali berteriak, "Coba naik...Coba naik...."

Lalu suara gemuruh terdengar lebih keras dan kedua orang itu berulang-ulang menyebut asma Allah, "Allahu Akbar...Allahu Akbar..." Kemudian terdengar suara seperti benturan diikuti teriakan asma Allah yang panjang dan rekaman itu berakhir.

Mirip?

Kalau dicermati, rekaman percakapan ini mirip dengan persoalan yang dihadapi almarhum Kapten Pilot Refri A Widodo dan kopilot Yoga di kabin pesawat naas itu. Berdasarkan penyelidikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) pesawat yang membawa 96 penumpang ini awalnya dihantam cross wind (angin yang tiba-tiba muncul dari arah samping pesawat) yang membuat pesawat keluar dari lintasan. Pilot kehilangan posisi.

Berdasarkan rekaman pembicaraan antara kokpit AdamAir dengan Air Traffic Control (ATC) Makassar pesawat diduga keluar jalur lintasan penerbangan dari Surabaya-Manado. Kokpit AdamAir sempat meminta ATC Makassar memandunya.

Ketika pilot melaporkan adanya cross wind, radar ATC Makassar menangkap pesawat bergeser ke luar lintasan ke arah barat. ATC lantas meminta pesawat mengubah arah. Namun, sebelum mencapai jalur pesawat sudah hilang dari radar.

Sementara itu, berdasarkan analisis KNKT, pesawat yang terbang pada hari pertama tahun 2007 itu mengalami kerusakan alat bantu navigasi inertial reference system atau IRS.

Pilot mengalami disorientasi spasial, tidak menyadari kemiringan pesawat. Kemiringan pesawat mencapai 100 derajat dan posisinya menunduk 60 derajat. Pesawat meluncur sangat kencang dengan kecepatan Mach 0,926 atau setara dengan 1.100 kilometer per jam. Padahal, kecepatan normal Mach 0,82. Akibatnya pesawat tidak mampu lagi dikendalikan dan jatuh ke laut.

Rekaman itu

Berikut rekaman pembicaraan itu:

.....suara gemuruh yang monoton....

Lelaki yang dipanggi "Kep" (Capt): Ini posisinya dia di sono...

.....suara pembicaraan dalam bahasa Inggris di radio komunikasi (tidak jelas)....

Capt: Ujung pandang di luar..
Lelaki lain (Lelaki): Cuaca....ampun deh..

......komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas)....

Capt: Lho, ini diembinye dia? (apakah yang dimaksud DMB?)
Lelaki: Iya, makanya itu Capt, ngaconya di situ
Capt: Lha, ini mike kilo siera (MKS)?

......komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas)....

Capt: Tapi nggak jelas nih
Capt: Anginnya dah mulai normal lagi
Lelaki: Ya

......komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas)....
sempat terdengar, "Selamat tahun baru, Mas....ok di-copy, disampaikan nanti insya allah.."

Capt: ....(tidak jelas)...diembi gue beda dengan diembi gambarnya ini
Lelaki: Iya, ngaco dia, benar
Capt: Udah ngaco emang...(jeda)... udah mulai kapal bambu, udah.... (jeda)....mendingan kita percaya sama ini aja deh..
Lelaki: Hehe..(tertawa kecil) iya lah
Capt:...Terlalu jauh banget...

.....suara gemuruh yang monoton...

Capt: Salah lagi itunya

.....suara gemuruh yang monoton...

Capt: Coba tolong confirm posisi aja .....(tidak jelas, Capt memerintahkan lelaki berbicara tentang sesuatu)....

........komunikasi radio dalam bahasa Inggris, "Confirm radio...contack to radio 307.."...selanjuntya tidak jelas....

Capt: Ok, that's confirm..ok that's confirm
Capt: Ngaco...bla..bla..nya... (terdengar seperti SMS-nya) SMS telah mengacaukan dirinya sendiri, edan opo (gila apa)
Capt: Woi, terbangnya melanglang buana'e...

.....suara gemuruh yang monoton...

Lelaki: ...tidak jelas...
Capt: Coba gue pake ini aja deh terbangnya....(tidak jelas)...taruh di attitude...
Lelaki: Yes...

.....suara gemuruh yang monoton...

Lelaki: Masuk ke..?
Capt: Fill aja
Lelaki: Fill?
Capt: Iya full aja
Lelaki: Full aja ya
Capt: Kita pake atitude aja ni
Lelaki: Yang left?

....percakapan tertutup komunikasi radio dalam bahasa Inggris.......

.....kreett..krett...komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas)....

Capt: Masukin heading
Lelaki: Heading berapa nih, Capt?
Capt: Zero..zero..seven nine ya
Lelaki: Ya

......komunikasi radio dalam bahasa Inggris (tidak jelas)....

Capt: Coba naik lagi
Capt: Coba left lagi
Lelaki: Yes
Capt: Coba left...coba left ...
Lelaki: Ok Capt
Capt: Jangan dibelokin nih (suara Captain mengeras)
Lelaki: Captain...Captain... Captain...(panik)

......Suara gemuruh makin keras dan terndengar suara kretek....kretek...kretek....

Lelaki: Aduh Capt..Capt...
Capt: Ya..ya..

......Suara gemuruh makin keras dan terndengar suara kretek....kretek...kretek....

Tidak jelas lagi suara siapa, terdengar Alhahu Akbar berulang kali....disertai suara gemuruh yang semakin keras.....suara seperti benturan dan teriakan aaaahhhh.... Alhahu Akbar .....Alhahu Akbar ......Alhahu Akbaaaaaaaaaar......(rekaman berhenti)...

Download:
Rekaman_Adam_Air.mp3 - 2.3 Mb
Perjalanan seribu mil diawali dengan satu langkah kaki

Offline JackDaniel

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 824
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
ini dia rekaman yang terdengar di blackbox milik adam air sebelum dan saat terjadinya kecelakaan!!

sedikit info tentang misteri hilangnya pesawat Adam air

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyelesaikan investigasi kecelakaan pesawat Boeing 737-400 PK-KI 574 milik AdamAir yang hilang di perairan Majene Sulawesi Barat, 1 Januari 2007 silam.
Hasil investigasi tersebut masih berupa laporan sementara yang akan disempurnakan setelah mengumpulkan analisis dari tujuh instansi terkait kecelakaan ini.
Juru Bicara KNKT JA Barata mengatakan, laporan tersebut sudah diteken Ketua KNKT Tatang Kurniadi pada 17 Desember 2007 dan dibagikan kepada tujuh instansi terkait tadi, 19 Desember 2007.
Ketujuh instansi tersebut adalah National Transportation Safety Board (KNKT dari Amerika Serikat) yang akan menyampaikan kepada Boeing sebagai produsen pesawat tersebut dan Federal Aviation Administration (FAA).
Lalu, Australia Transportation Safety Beaureau (ATSB), Aviation Accident Investigation Board (AAIB), Menteri Perhubungan, Dirjen Perhubungan Udara, AdamAir, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).
“Kita akan tunggu analisis mereka selama 60 hari jadi sekitar Februari kita terima respons mereka,” ujarnya kepada wartawan di Gedung Departemen Perhubungan, di Jakarta, Rabu (2/1/2007).
Selanjutnya respons tersebut akan kembali dianalisis oleh KNKT selama sepuluh hari sebelum menyusun laporan akhir hasil investigasi.
Barata memperkirakan, laporan akhir tersebut dipublikasikan paling lambat awal Maret 2008. Menurutnya, investigasi kali ini lebih rumit dibandingkan kecelakaan lainnya karena KNKT hanya bisa mengandalkan data dari kotak hitam yang terdiri atas flight data recorder (FDR) dan cockpit voice recorder (CVR) yang diangkat pertengahan Agustus 2007 lalu.
Kecelakaan AdamAir menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawatnya. Pesawat ketika itu mengangkut 96 penumpang dan enam awak pesawat.

================================================== =

waktu gw denger rekaman ini gw langsung merinding dan kebayang klo gw berada di dekat mereka dalam kondisi seperti itu...di dalam rekaman ini terdengar suara-suara kepanikan dan teriakan ALLAHUAKBAR dari pilot dan co pilot sebelum dan saat pesawat jatuh ke permukaan laut dan akhirnya meledak...

download rekaman suaranya disini

http://www.ziddu.com/download/1805458/Rekaman_Adam_Air.mp3.html

Sekedar copy paste
"Karena pandangan yang salah orang bodoh menghina ajaran mulia, orang suci dan orang bijak. Ia akan menerima akibatnya yang buruk, seperti rumput kastha yang berbuah hanya untuk menghancurkan dirinya sendiri".

DHAMMAPADA, syair 164

Offline tesla

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 6.426
  • Reputasi: 125
  • Gender: Male
  • bukan di surga atau neraka, hanya di sini
Lepaskan keserakahan akan kesenangan. Lihatlah bahwa melepaskan dunia adalah kedamaian. Tidak ada sesuatu pun yang perlu kau raup, dan tidak ada satu pun yang perlu kau dorong pergi. ~ Buddha ~

Offline JackDaniel

  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 824
  • Reputasi: 24
  • Gender: Male
keknya sama ;D
"Karena pandangan yang salah orang bodoh menghina ajaran mulia, orang suci dan orang bijak. Ia akan menerima akibatnya yang buruk, seperti rumput kastha yang berbuah hanya untuk menghancurkan dirinya sendiri".

DHAMMAPADA, syair 164

Offline Fudotakika

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.255
  • Reputasi: 67
  • FUDO
ga kedengeran apa obrolan para kapten, ga ada panik paniknya, pas panik terakhir doank
THE WORLD IS JUST AWESOME

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Sabtu, 02/08/2008 14:00 WIB

Menhub: Rekaman Suara Kokpit Adam Air Palsu
Nograhany Widhi K - detikNews

Rekaman Kontroversial Adam Air Maut

Inilah Black Box Pesawat
Jakarta - Rekaman yang disebut-sebut sebagai percakapan terakhir pilot dan kopilot Adam Air dinyatakan Menhub Jusman Syafii Djamal tidak asli. Dia menyatakan rekaman itu palsu.

"Rekaman asli di KNKT, tersimpan dalam boks tertutup, bersifat rahasia dan dalam bentuk pita. Yang beredar itu tidak asli dan tidak original," kata Jusman.

Dia menyampaikan hal itu melalui pesan singkat yang dikirimkan Kepala Pusat Komunikasi Publik Dephub Bambang S Ervan kepada detikcom, Sabtu (2/8/2008).

"Menyebarkan dan mendengarkan rekaman tersebut tanpa didampingi tenaga ahli, dapat menyesatkan publik. Sebab tidak ada seorang ahli dapat menyusun model skenario kecelakaan, hanya atas dasar rekaman pembicaraan pilot semata," jelas Jusman.

"Harus ada evidence lain dan ada diskusi di antara para ahli secara multi-disiplin iptek. Misal, setidaknya analisa hanya dapat dilakukan jika ada pasangan rekaman blackbox kedua. Yakni rekaman tentang tingkah laku pesawat terbang pada 30 menit terakhir," urainya.

"Laporan lengkap tentang sebab-sebab kecelakaan ada di website KNKT. Saya minta dengan segala hormat, agar rekaman itu tidak disebarluaskan," pinta Jusman.(fiq/gah)

http://www.detiknews.com/read/2008/08/02/140019/981852/10/menhub-rekaman-suara-kokpit-adam-air-palsu
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline HokBen

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.525
  • Reputasi: 100
  • Gender: Male
Re: Beredar Rekaman Suara Kokpit AdamAir
« Reply #6 on: 04 August 2008, 12:13:59 PM »
Laporan resminya sh ini :

http://www.dephub.go.id/knkt/ntsc_aviation/baru/Final_Report_PK-KKW_Release.pdf

ada yg ngerti bacanya ga sh? kesimpulannya dari final report itu apa human error atau gimana?

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.344
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Beredar Rekaman Suara Kokpit AdamAir
« Reply #7 on: 04 August 2008, 12:16:59 PM »
tapi tadi pagi, kata menhub ada kemiripan dengan yang asli loh rekaman itu, so mana yang benar? unsur politik kah?
Smile Forever :)

Offline andry

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.117
  • Reputasi: 128
Re: Beredar Rekaman Suara Kokpit AdamAir
« Reply #8 on: 04 August 2008, 12:18:50 PM »
katane , ekor pesawat boeing 737 nye rusak..
sirip yg bisa belokin ke kiri-kanan.
katanya juga, pihak boeing sudah mengumumkan keseluruh dunia, bahwa terjadi kerusakan di bagian ekor pesawat, kepada semua pesawat boeing yg beredar. dan harus diganti. namun pihak beoing tidak mengumumkan kepastian harus digantinya, hanya berkata plg terlambat akhir 2007
Samma Vayama

Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.344
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Beredar Rekaman Suara Kokpit AdamAir
« Reply #9 on: 04 August 2008, 12:20:04 PM »
Makanya penerbangan Indonesia di Black List dilarang terbang ke Eropa, gak sadar juga indonesia ini :))
Smile Forever :)

Offline HokBen

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.525
  • Reputasi: 100
  • Gender: Male
Re: Beredar Rekaman Suara Kokpit AdamAir
« Reply #10 on: 04 August 2008, 12:24:32 PM »
Sorry nh kalo kepanjangan...
kalo ternyata rekaman ini asli... wajar aja dephub kalang kabut... liat yg gw bold.. apa mungkin KNKT salah ambil kesimpulan?

http://www.kompas.com/read/xml/2008/08/04/01571111/pilot.senior.yakin.percakapan.pilot.adamair.asli

Senin, 4 Agustus 2008 | 01:57 WIB

JAKARTA, SENIN - Rekaman percakapan antara dua pilot pesawat Adam Air sebelum terjatuh di perairan Majene, Sulawesi Selatan, 1 Januari 2007, yang kini beredar luas akhirnya menguak misteri tragedi penerbangan di Indonesia itu. Atas fakta tersebut, rekomendasi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) yang menyimpulkan kecelakan akibat kesalahan manusia (human error) dianggap tidak mendasar dan salah besar.

Pilot sSenior maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Capt Mohd Rendy Sasmita Adji Wibowo, menyatakan, rekaman berdurasi selama lima menit 38 detik itu asli. Percakapan tersebut menurutnya otentik dengan orang-orang yang sedang mengoperasikan pesawat bernomor DHI 574. "Rekaman itu terlalu sempurna untuk dibilang tidak asli. Kalau ada yang bilang itu tidak asli, ya mungkin kasetnya yang tidak asli. Tapi percakapannya saya percaya itu benar terjadi sebelum AdamAir celaka," kata Rendy dalam wawancara khusus dengan PersdaNetwork di Hotel Sultan, Jakarta.

Dengan adanya rekaman cockpit voice recorder (VCR) yang beredar di internet, membuktikan rekomendasi KNKT yang menyatakan dua orang pilot selama 13 menit sebelum jatuh tidak memerhatikan penerbangan, dan hanya terpaku pada alat navigasi internal reference sistem (IRS) tidak benar. "Ini sama sekali bukan human error. Buktinya, selama lima menit terakhir ada percakapan antara pilot dan kopilot serta petugas pemandu dari ATC (Air Traffict Controller) di Ujung Pandang untuk menerbangkan pesawat secara benar," tandasnya.

Dari rekaman tersebut, pilot Airbus yang telah berpengalaman lebih dari 34 tahun itu berpendapat, selain karena IRS-nya tidak berfungsi, ada faktor-faktor lain yang menjadi penyebab kecelakaan yang menewaskan 102 penumpang pesawat Boeing 737-400 tersebut. Rendy mencurigai penyebabnya adalah rudder (bagian belakang sayap vertikal pesawat yang fungsinya menjadi stabilisator). Menurutnya, rudder untuk Boeing 737 seri 300 dan 400 saat itu memang sedang mengalami masalah dari pembuatnya.

Bahkan, Boeing sendiri berusaha mengganti dengan rudder yang baru hingga Desember 2007. Masalahnya, pesawat AdamAir ini celaka dulu sebelum diganti.

Rendy menyatakan, suplier power control unit (PCU) rudder untuk Boeing 737-300/400 Parker Hanifin di California telah mengakui adanya kelemahan dalam rudder Boeing. Hal ini dibuktikan dengan adanya sejumlah kecelakaan pesawat jenis yang sama yang setelah diselidiki bertahun-tahun ternyata kesalahan ada pada rudder tersebut.

Rendy menyebutkan sejumlah kecelakaan tersebut antara lain jatuhnya pesawat United Airlines di Colorado Spring, AS, 3 Maret 1991; kecelakaan USAIR di Aquilippa, AS, 8 September 2004; dan jatuhnya Silk Air di Sungai Musi Palembang tahun 1997.

"Ketiga-tiganya setelah diselidiki ternyata ada masalah pada rudder. Jadi kejadian Silk Air juga bukan karena pilotnya ingin bunuh diri seperti yang disimpulkan KNKT, tapi karena ada masalah pada pesawat. Hal ini juga dibuktikan dengan serpihan ujung sayap yang ditemukan 30 km dari TKP yang membuktikan ujung sayap lepas duluan di atas," ujarnya.

Pada kasus AdamAir, secara teknis ketika sebuah pesawat miring, maka autopilotnya akan mengembalikan pada kondisi normal. Demikian pula apabila kecepatannya melebihi batas maksimal, autopilot akan mengembalikan pada kecepatan normal dengan mendongakkan kepala pesawat ke atas. Namun, saat itu autopilotnya off.

Masalahnya, akibat rudder-nya tidak stabil membuat kemiringan pesawat 60 derajat dan kecepatan melebihi kecepatan maksiman yaitu 0,926 mach atau 1.100 km/jam lebih. "Dengan kemiringan dan kecepatan tersebut, lalu tindakan pilot ingin mengurangi kecepatan justru membuat pesawat kehilangan kendali dan menukik ke bawah," tandasnya.

Ketua Federasi Pilot Indonesia (FPI) Manotar Napitupulu juga menolak rekomendasi KNKT. Menurutnya, tidak mungkin pilot sekaliber Revri Agustin Widodo dan co pilot Yoga tidak melakukan apa-apa saat terjadi masalah dalam pesawat.

Namun Manotar meragukan percakapan tersebut sebagai percakapan yang otentik. Saat pesawat menukik dengan kecepatan lebih dari 1.000 km per jam, pilot tidak bisa bicara. Padahal dalam rekaman tersebut kedua pilot sempat meneriakkan Allahu Akbar.

Wakil Ketua KNKT Frans Wenas mengatakan, rekaman percakapan di AdamAir tersebut ada kemiripan dengan yang aslinya. Apakah itu asli atau tidak, Frans mengatakan dirinya tidak mempunyai kepentingan. KNKT pun hingga saat ini belum mau memberikan sikapnya. "Ada kemiripan, tapi itu belum tentu otentik. Bisa jadi itu berasal dari sumber-sumber yang tidak bisa dipercaya," kata Frans saat dihubungi melalui telepon.

Mengenai rekomendasi KNKT yang telah dirilis Maret lalu, Frans mengatakan hal itu telah final. "Untuk kasus AdamAir kan sudah selesai, KNKT sudah melakukan investigasi, memprosesnya, lalu kesimpulannya dan rekomendasi. Jadi itu yang dipakai sekarang. Tidak perlu dikaitkan dengan rekaman yang beredar itulah," tandasnya.

Sedangkan Menteri Perhubungan Jusman Safeii Djamal melalui Kepala Pusat Komunikasi Publik Dephub Bambang Supriyadi Ervan mengatakan, rekaman asli ada di KNKT tersimpan dalam boks tertutup bersifat rahasia dan berbentuk pita. Yang beredar itu tidak asli dan tidak orisinal.

Dijelaskannya, menyebarkan dan mendengarkan rekaman tersebut tanpa didampingi tenaga ahli dapat menyesatkan publik sebab tidak ada ahli yang dapat menyusun model skenario kecelakaan hanya berdasar rekaman penbicaraan pilot semata.

Harus ada bukti lain dan ada diskusi di antara para ahli secara multidisiplin iptek. Misalnya, setidaknya ada analisa hanya dapat dilakukan jika ada pasangan rekaman blackbox kedua, yaitu rekaman tentang tingkah laku pesawat terbang pada 30 menit terakhir. Laporan lengkap tentang sebab-sebab kecelakaan ada di website KNKT.

"Saya minta dengan segala hormat agar rekaman tersebut tidak disebarluaskan, sekali lagi karena tanpa bukti lain yang telah berhasil dikumpulkan pakar-pakar teknologi penerbangan di KNKT dan menganalisa rekaman tidak orisinil tanpa bukti yang lain dapat menyesatkan," kata Bambang mengutip Menhub.

Menhub juga meminta agar segenap masyarakat menghormati kredibilitas KNKT, laporan lengkap yang komprehensif dan baik dapat dibaca di website Dephub, di bagian KNKT.


Offline Pitu Kecil

  • Sebelumnya Lotharguard
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 7.344
  • Reputasi: 217
  • Gender: Male
Re: Beredar Rekaman Suara Kokpit AdamAir
« Reply #11 on: 04 August 2008, 12:27:33 PM »
Nah minta dengan Segala Hormat agar rekaman tersebut tidak disebarluaskan, itulah muncul ketakutan bahwa selama ini pesawatnya ada masalah, dan pasti nanti hasil akhirnya ditutup dengan Ohhh.... Rekaman itu palsu, tidak betul ini dan itu.
Indonesia mode On :))
Smile Forever :)

Offline ryu

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 13.403
  • Reputasi: 429
  • Gender: Male
  • hampir mencapai penggelapan sempurna ;D
Re: Beredar Rekaman Suara Kokpit AdamAir
« Reply #12 on: 04 August 2008, 01:41:49 PM »
Ya iyalah itu rekaman palsu, khan Bajakan, aslinya ada di KNKT :)) kakakakak
Janganlah memperhatikan kesalahan dan hal-hal yang telah atau belum dikerjakan oleh diri sendiri. Tetapi, perhatikanlah apa yang telah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan oleh orang lain =))

Offline bond

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.666
  • Reputasi: 189
  • Buddhang Saranam Gacchami...
pembicaraan adam air sebelum jatuh
« Reply #13 on: 08 August 2008, 10:16:35 AM »
Linknya

Natthi me saranam annam, Buddho me saranam varam, Etena saccavajjena, Sotthi te hotu sabbada