setiap ada lobha, disana ada moha juga
setiap ada dosa, disana ada moha juga
namun moha pun bisa berdiri sendiri tanpa lobha maupun dosa (isinya vicikiccha dan uddhacca)
jika mahluk lahir karena dvihetuka, itu hanya alobha dan adosa
disini dapat dilihat betapa mudahnya moha muncul dan betapa sulitnya mengikis moha.....
menarik sekali penjelasan diatas... trus terang penjelasan ini menambah wawasan saya...
Anumodana bro markos atas keterangannya...
tapi persepsi saya tuk menjawab pertanyaan:
Apakah kita setuju dgn pernyataan :
Karma Baik dan Karma Buruk tergantung dari Ketidaktahuan seseorg (kebodohan/kegelapan bathin seseorg)..
maka jawaban saya adalah:
Kalau hanya tergantung dari satu sudut saja (moha), saya kurang setuju...
Tapi kalau tergantung dari Lobha, Dosa, Moha saya setuju...
maksud saya gini...
karma baik/buruk baik cetana maupun vipaka tidak hanya tergantung dari moha saja...
contohnya...
kalau kita ingin kaya (cetana) dan kita bekerja dengan sungguh-sungguh sampai mendapatkan hasil yang di cita-citakan (vipaka), apakah ini ada unsur mohanya? (yg saya tau cuma ada lobha)
mohon penjelasan lebih lanjut, agar '
moha' yang ada pada saya saat ini '
sedikit terkikis'...
Namo Buddhaya...
...