//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Show Posts

This section allows you to view all posts made by this member. Note that you can only see posts made in areas you currently have access to.


Messages - Mahadeva

Pages: 1 2 3 4 5 6 [7] 8 9 10 11 12 13 14 ... 41
91
ada juga yang bilang, dupa kan wangi..sehingga symbol kebaikan...dupa pada umumnya kan ditancapkan 3. 3 itu melambangkan kebaikan lewat pikiran, ucapan dan perbuatan.

begitu kita menyulut dupa, maka asap dupa tidak akan memilih-milih hidung orang. Entah itu orang baik ato jahat yang sedang didekat dupa itu, akan mencium bau wangi dupa. (asal napas lewat hidung).

nah jadi hendaknya kebaikan kita lewat pikiran, ucapan dan perbuatan itu tidak memilih2, entah itu kepada orang yang kita suka atau orang yang membenci kita.

92
Mahayana / Re: Bab Ii Dan Bab Xvi Sadharmapundarika Suter
« on: 17 June 2011, 02:36:22 PM »
ralat (mau modify sudah telat), ternyata sumber bahasa sanskrit dengan sumber terjemahan lain tidak selalu selisih satu bab karena ada beberapa yang sama memang, ada yang memang beda karena tergantung penerjemah juga, ada yang memasukan dharani sebagai bab tersendiri. jadi untuk amannya lebih baik diperiksa lagi judul babnya saat akan membandingkan sumber sanskrit dengan terjemahan. thx


93
Mahayana / Re: Bab Ii Dan Bab Xvi Sadharmapundarika Suter
« on: 17 June 2011, 01:36:58 PM »
Samaneri

senang bisa membantu. saya juga malah mendapat kesempatan membaca beberapa sutra yang belum pernah saya baca.

Samaneri saya barusan malah ketemu lengkap saddharmapundarikasutram dalam sanskrit lengkap. (jadi bisa dibuat referensi)



note: kalau dalam link bahasa sanskrit ini, urutan babnya selisih 1 dengan sumber yang saya cantumkan sebelumnya, misal bab 16 di sumber sebelumnya kalau di sumber bahasa sanskrit ini menjadi, bab 15.

dan dalam bahasa Indonesia lengkap




Kalau di Lotus Sutra memang tidak ada kisah Mak Kwan Im masuk avici, tapi yang ada, kalau melafal nama Mak Kwan Im maka seseorang yang lagi kesusahan bisa ditolong Mak Kwan Im, bab 25 Lotus sutra ini menjadi landasan kegiatan melafal nama Mak Kwan Im.



nah Bab 25 ini begitu terkenalnya sampai dibuat kartun juga, di bab 25 ini dikatakan Mak Kwan Im bisa menolong orang dengan berbagai macam perwujudan sesuai kebutuhan, bisa jadi Dewa Siva, bisa jadi Dewa Sakka, bisa jadi upasaka dsb..



untuk melihat animasi lain yang berdasar bab 25 Lotus Sutra bisa langsung ke link uploader video itu dengan cara watch on youtube.

atau untuk link resmi kartun ini bisa ke:



semoga tugas dan studi Samaneri bisa sukses dan lancar2.

saya juga merasa senang bisa menemukan Forum DC, tempat untuk belajar dhamma dengan enak dan lengkap.   ;D











94
bro, ada ga kisahnya Mak Kwan Im di Neraka ini yg di Lotus Sutra? abis lumayan panjang nih sutra, masak 1 sutra aja kok 28 chapter, butet dah...klo Pali Sutta yg penting dicari intinya, langsung ketemu, tp klo baca sutra Lotus ini mo nyari intinya musti baca semuanya.... :P

kisah Mak Kwan Im ini adanya di Karanda Vyuha Sutra chapter 1 yaitu di
http://www.fodian.net/world/1050_01.html

di lotus sutra tidak ada kok Samaneri..

95
Mahayana / Re: Bab Ii Dan Bab Xvi Sadharmapundarika Suter
« on: 16 June 2011, 10:39:38 PM »
Iya Samaneri kalau lagi sempat, sutra ini menarik juga kalau dibaca semua..hehe

susah mendapat bahasa sanskritnya tapi ini saya ketemu 1 bab yaitu bab 16
(http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/lotus16.htm)

ini bahasa romanisasi devanagarinya

http://www.saddharmapundarika.com/?p=131


nanti kalau saya ketemu yang full saya post, (susah mungkin..he3)

96
bisa si jelaskan bro yang saya bold itu, sutra atau bukan? mohon share link nya kalau ada  _/\_

perwujudan seribu lengan dan seribu mata (sahasra bhuja sahasra netra) ini muncul di karanda vyuha sutra chapter 1
(http://www.fodian.net/world/1050_01.html)

Jadi saat Mak Kwan Im masuk neraka Avici, neraka langsung jadi kolam lotus dan suasana jadi kayak surga. Nah anak buah Raja Yama lapor ke Raja Yama kalau ada yang bisa merubah neraka jadi surga, Raja Yama segera mencari tau siapa yang kesaktiannya begitu luar biasa, apakah Mahesvara atau Narayana atau yang laen...ternyata dia menyadari bahwa yang merubah neraka jadi surga adalah yang lebih hebat dari Mahesvara yaitu Mak Kwan Im. Nah Raja Yama langsung sujud di depan Mak Kwan Im dan membawakan puji-pujian:

Spoiler: ShowHide
Homage to the lotus king,
the great compassionate Avalokitesvara,
the greatly unrestricted and auspicious one.
who can grant wishes for sentient beings,
and has great majestic sacrosanct powers,
to tame and subdue the extreme atrocities.
You are the bright lamp for the dark destinies,
and make all who see you have no fear.
You manifest hundreds or thousands of arms,
so many as your eyes;

and have fully eleven faces;
your wisdom is as vast as the four great oceans.


nih bahasa sanskritnya

namo’stvavalokiteśvarāya, maheśvarāya, padmaśriye, varadāya, vaśaṁkarāya, pṛthivīvaralocanakarāya, jagadāśvāsanakarāya, śatasahasrabhujāya,koṭīśatasahasranetrāya, ekādaśaśīrṣāya, vaḍavāmukhaparyantāya,[...]

bahkan di bahasa sanskritnya lebih banyak jumlah lengan dan matanya
seratus ribu lengan (śatasahasrabhujāya)
dan
10 juta seratus ribu mata (koṭīśatasahasranetrāya)

keren banget Mak Kwan Im

Namo Ta Pei Guan Shi Yin Pu'sa



97
Mahayana / Re: Bab Ii Dan Bab Xvi Sadharmapundarika Suter
« on: 16 June 2011, 07:36:52 PM »
Samaneri

dari chapter 2 Lotus Sutra, sutra ini menekankan untuk semuanya bersatu ke  mahayana. Karena menurut sutra ini juga semua cara dan jalan yang diajarkan para Buddha sesungguhnya adalah mahayana dan tidak ada kendaraan lain.

(http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/lotus2.htm)

Spoiler: ShowHide
Now all of you assembled here,
Should cast your doubts aside.
The speech of all Buddhas is the same:
There is only One Vehicle, not two.


kecuali karena upaya kausalya

menurut sutra ini sesungguhnya Buddha ingin mengajarkan hanya 1 kendaraan yaitu bodhisattva namun karena upaya kausalya supaya makhluk dengan berbagai latar belakang bisa menerima dulu ajaran Buddha maka Buddha juga mengajarkan 2 kendaraan lain yang pada akhirnya setelah mereka siap, mereka bisa menempuh jalur bodhisattva.

Spoiler: ShowHide
They use the power of expedients
To demonstrate the various paths,
In reality, for the sake of the Buddha Vehicle.
Knowing the conduct of living beings,
The thoughts deep within their minds,
Their habitual actions in the past,
The nature of their desire, the power of their vigor,
and their faculties, keen or dull,
They employ various causes and conditions,
Analogies and verbal expressions,
To teach them the appropriate expedients.



Spoiler: ShowHide
I have established these expedients
To cause them to enter the Buddha�s wisdom.
Never did I say, "All of you
Will realize the Buddha Way."
I did not say as much because
The time to speak had not yet come.
The time, now, is exactly right,
To speak the Great Vehicle.
The nine divisions of my Dharma,
Are spoken to accord with living beings;
Intending to lead them into the Great Vehicle,


ini ada juga:

Spoiler: ShowHide
"Shariputra, all of you should, with one heart, believe, understand, accept and uphold the speech of the Buddha, for in the words of all the Buddhas there is nothing vain or false. There are no other vehicles; there is only the One Buddha Vehicle."



Lotus sutra merupakan salah satu sutra yang pertama kali menggunakan istilah mahayana.

Jadi dalam mahayana ada berbagai macam aliran dan cara masing-masing di dunia ini, semuanya memang harus bersatu dalam hal menjadi bodhisattva. Karena point ini memang point penting kendaraan ini yang membedakan dengan kendaraan lain.

bahasan mengenai kendaraan ini dan kendaraan lain banyak dibahas di chapter 2 ini. Jadi Buddha mengajarkan kendaraan lain sebagai upaya kausalya. Tapi tetap menurut sutra ini bodhisattva yana merupakan yang terbaik.


nb: terimakasih Samaneri doorprizenya, saya belum bisa balas soalnya belum 1000 post.. ;D



98
Mahayana / Re: Bab Ii Dan Bab Xvi Sadharmapundarika Suter
« on: 15 June 2011, 07:12:16 PM »
Samaneri saya mencoba menjawab, saya menggunakan terjemahan Lotus sutra ini:
http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/contents.htm

Yang TS kasi baru 2 bab, totalnya ada 28 Bab jadi saya ambil yang inggrisnya.

1) Saddharma Puṇḍarīka Sūtra (nama lainnya lotus sutra) ini merupakan sutra utama dan menurut sutra ini sendiri merupakan sutra paling tinggi di antara sutra2 lain.
ini kutipannya dari bab 10 Lotus sutra (Master of the Dharma):  (http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/lotus10.htm)

"Medicine King, I tell you now,
Of all the Sutras I have spoken,
The Dharma Flower is foremost."

Sutra ini terutama menjelaskan ttg upaya kausalya dan penyempurnaan parami bodhisattva, kebanyakan dalam bentuk perumpamaan.
ada perumpamaan terkenal yaitu Buddha diumpamakan sebagai tabib yang mempunyai anak2 yang keracunan namun tidak mau meminum penawar racun yang sudah dibuat tabib itu karena mereka merasa tidak sakit atau keracunan, lalu tabib itu melakukan cara2 piawai supaya mereka mau minum obat.

dikutip dari Lotus Sutra Bab 16. (http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/lotus16.htm)

"It is as if there were a good physician, wise and well versed in the medical arts and intelligent, who is skillful at healing the multitude of sicknesses. The man also has many sons ten, twenty or even a hundred. Then, called away on business, he travels to a far-off country.

"Meanwhile, the children drink some poison, which causes them to roll on the ground in delirium.

"Just then their father returns home. Because they drank the poison, some of the sons have lost their senses, while others have not. Seeing their father at a distance, they are all greatly happy. They bow to him, kneel, and inquire after him. �Welcome back in peace and safety. In our foolishness, we took some poison by mistake. We pray that you will rescue and heal us, and will restore our lives to us.�

"Seeing his children in such agony, the father consults his medical texts and then searches for fine herbs of good color, aroma, and flavor. He then grinds, sifts, and mixes them together, and gives the compound to his sons to take.

"And he says to them, �This is an excellent medicine of good, color, aroma, and flavor. Take it. Your agony will be relieved, and you will suffer no further torment.�

"Some among the children have not lost their senses. Seeing the fine medicine with its good color and aroma, they immediately take it and their sickness is completely cured.

"Although the others who have lost their senses rejoice in their father�s arrival, have inquired after his well-being, and have sought to be cured of their illnesses, they refuse to take the medicine. What is the reason? The poisonous vapors have entered them so deeply that they have lost their senses, and so they say that the medicine of good color and aroma is not good.

"The father then thinks, �How pitiful these children are! The poison has confused their minds. Although they rejoice to see me and ask me to rescue and cure them, still they refuse such good medicine as this. I should now set up an expedient device to induce them to take this medicine. �

"Immediately he says, �You should know that I am now old and weak, and my time of death has arrived. I will now leave this good medicine here for you to take. Have no worries about not recovering.� Having instructed them in this way, he then returns to the far-off country and sends a messenger back to announce, �Your father is dead.�

"When the children hear that their father is dead, their hearts are struck with grief, and they think, �If our father were here, he would be compassionate and pity us, and we would have a savior and protector. Now he has forsaken us to die in another country, leaving us orphaned, with no one to rely upon.� Constantly grieving, their minds then become awakened. They understand that the medicine has good color, aroma, and flavor. They take it immediately, and their poisonous sickness is completely cured.

"The father, hearing that his sons have been completely cured, then comes back, and they all see him.

"Good men, what do you think, could anyone say that this good physician has committed the offense of false speech?"

nah jadi sutra ini sangat penting untuk mahayana.



2) seperti yang kita ketahui di tradisi theravada, Buddha juga tidak cuma 1 Buddha Gotama, namun ada tak terhitung Buddha di masa lampau dan akan ada tak hinggal Buddha di masa depan setelah Maitreya.

di sutra lotus bab 8 (http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/lotus8.htm)
Buddha memprediksikan 500 murid akan jadi Sammasambuddha. dan akan ada banyak sekali Buddha
ini kutipannya

"The five hundred Arhats, Uruvilvakashyapa, Gayakashyapa, Nadikashyapa, Kalodayin, Udayin, Aniruddha, Revata, Kapphina, Vakula, Cunda, Svagata, and others all will attain Anuttarasamyaksambodhi, all of them with the same name Universal-Brightness."

At that time the World Honored One, wishing to restate his meaning, spoke verses, saying:

The Bhikshu Kaundinya,
Will see limitless Buddhas,
And after Asankhyeya aeons,
Will realize Equal Proper Enlightenment. "

mungkin banyaknya Buddha di sini bisa berarti, selalu akan ada orang yang ingin menolong makhluk lain mendapatkan kebahagian sejati.

3)Bodhisattva dalam sutra ini memang dianggap lebih spesial daripada savaka Buddha atau pacceka Buddha.

ada kutipannya juga di bab 2. (http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/lotus2.htm)

"Furthermore, Shariputra, it should be known that those Bhikshus and Bhikshunis who claim to have attained Arhatship and to dwell in their final bodies before ultimate Nirvana, but who do not further resolve to seek Anuttarasamyaksambodhi, are people of overweening pride. Why is this? It is impossible that any Bhikshu who had actually attained Arhatship should not believe this Dharma, except in the case when the Buddha has passed into extinction and no Buddha is in existence. Why is this? After the Buddha has passed into extinction, those who accept, uphold, read, recite, and understand the meaning of Sutras such as this will be hard to find. If they encounter other Buddhas, they will then obtain thorough understanding of this Dharma."

kata Buddha, jangan merasa puas sudah sampai arhat karena masih ada cita2 yang lebih besar yang bisa dicapai yaitu anuttara samyaksambodhi

Uniknya memuja Bodhisattva seperti yang dilakukan sekarang di klenteng dan tempat lain terutama Mak Kwan Im
ada sumbernya di sutra ini yaitu di bab 25 (The Universal Door of Guanshi yin Bodhisattva)
di bab ini diceritakan yang melafal nama Guan Shi Yin dengan tulus ketika tenggelam, masuk ke api, kena badai dsb
akan ditolong oleh Mak Kwan Im.

http://www.buddhistdoor.com/oldweb/resources/sutras/lotus/sources/lotus25.htm


Nah bab 25 ini di vihara  mahayana di kota saya di buatkan plakat di samping tiap perwujudan Mak Kwan Im, seperti Mak Kwan Im lagi naik naga, Mak Kwan Im duduk di atas batu karang, dll

Bab 25 ini sangat terkenal.



99
Sutra Mahayana / Re: Om Mani Padme Hum berasal dari sutra ini.
« on: 13 June 2011, 03:31:09 PM »
saya mau tanya kutipan dari sutra ini artinya apa ya? (ada di chapter4)


"'Virtuous man, for another example, suppose there is a Diamond-hook (Vajrankusa) mountain king, which is 99 thousand yojana in height, 84 thousand yojana in depth, 84 thousand yojana in length and 84 thousand yojana in width. And a person who will never become old and will never die has to spend one kalpa to circumambulate that mountain once. For such a mountain king, I can use a Kausika-cloth(a heavenly extremely thin cloth) to wipe it off, but if anyone chants this Six-Words-Great-Enlightening-Dharani one time, I cannot fully tell how many merits and virtues he gains.'"

trus kalo ini

"'Virtuous man, for another example, suppose there is a storehouse made by heavenly beings, it is 1000 yojana in length, 1000 yojana in width and 100 yojana in height, it is filled with sesame seeds and has no extra space for even one needle. The guardian of this storehouse will not become old and will not die; he throws one sesame seed out every 100 kalpas, in such a manner, he throws out all the sesame seeds in the storehouse, I can count that number, but virtuous man, if anyone chants this Six-Words-Great-Enlightening-Dharani once, I cannot count the number of the merits and virtues that he gains.'"


thanks

thanks

100
Sutra Mahayana / Re: Om Mani Padme Hum berasal dari sutra ini.
« on: 12 June 2011, 09:47:31 PM »
yah, khan masih ada yg saya tanyakan tuh bro...sbg TS bantu jawab donk.....

hehe..iya Samaneri..tadi kelewatan baca pertanyaannya

 saya belum tahu jawabannya..hehe..



101
Sutra Mahayana / Re: Om Mani Padme Hum berasal dari sutra ini.
« on: 12 June 2011, 06:34:10 PM »
ok bro, jika yg dimaksud bro adalah sutra aslinya yg masih dari bhs asli. jadi anda ingin memberikan link sutranya bhw "Om Mani Padme Hum" berasal dari sutra ini. kalo saya buka2 link itu kok kalimat yang menyebutkan "Om Mani Padme Hum" ga ketemu ya bro? bisa bantu bro, tolong dicarikan mana kalimat tsb ? thanks banget atas bantuannya.


iya Samaneri sudah dibantu mr Kelana..ada di chapter 4...be happy

102
Sutra Mahayana / Re: Om Mani Padme Hum berasal dari sutra ini.
« on: 12 June 2011, 01:36:05 PM »
thanks Samaneri buat infonya..saya memang cari di wikipedia. iya link itu memang hasil translatenya dari sanskrit ke mandarin trus dari mandarin ke inggris...tapi kalau sutra asli karanda vyuha dalam sanskrit kan lebih dulu dari tibetan. karena saya baca di wikipedia juga, sutra itu juga dipakai di tibet. Jadi yang dimaksud 'berasal dari' adalah berasal dari sutra aslinya sebelum diterjemahkan. kalau terjemahan ke mandarinnya memang bisa saja kalah awal dari tibetan.


103
Sains / Kematian itu tidak pernah eksis...(menurut suatu teori)
« on: 12 June 2011, 10:59:07 AM »
menurut biocentrism, alam semesta, ruang dan waktu adalah ciptaan pikiran..ya otomatis kematian pun hanyalah mimpi..

http://www.robertlanza.com/does-death-exist-life-is-forever-says-theory/

http://www.robertlanza.com/the-biocentric-universe-theory-life-creates-time-space-and-the-cosmos-itself/


menurut Robert Lanza MD

interesting stuff!  ;D

104
Sutra Mahayana / Om Mani Padme Hum berasal dari sutra ini.
« on: 12 June 2011, 10:41:03 AM »
Om Mani Padme Hum tercatat pertama kali ada di Karandavyuha Sutra.

Ini Sutra ttg Guan Shi Yin

ini terjemahan inggrisnya

http://www.fodian.net/world/1050.html

ada di chapter 4 mantranya

enjoy!

105
Sains / cara menggambarkan dimensi ke 10
« on: 11 June 2011, 12:45:00 PM »
pernah kita dengar bahwa titik itu tidak berdimensi  (secara teoritis)
garis itu punya 1 dimensi (panjang), 2 titik yang dihubungkan akan membentuk garis
bidang datar  punya 2 dimensi (panjang dan lebar)
bidang ruang punya 3 dimensi (panjang, lebar dan tebal)

sedangkan durasi itu yang dimensi ke 4... orang merasa hidup dari momen ke momen seperti garis lurus dalam waktu, (masa lalu, masa sekarang, dan masa depan)

sedangkan ada yang menginterpretasikan dimensi ke 5 sebagai pilihan lain yang mungkin kita ambil di momen kita memilih sesuatu

dalam tingkatan subatomik, setiap observasi akan mempengaruhi apa yang diobservasi, jadi mengamati sesuatu dan tidak, hasilnya bisa beda.

titik dipandang sebagai tak berdimensi hanya ada secara teoritis karena pada kehidupan sehari2 saat kita membuat titik dari ujung bolpen,
titik tersebut saat kita amati dengan teliti setelah diperbesar dengan kaca pembesar, ternyata titik tersebut punya jari2, dan tentu saja punya luas yang berarti titik tersebut tidak lagi tidak berdimensi karena bisa kita hitung luasnya. belum lagi menghitung ketebalan tinta yang ada, bisa2 menjadi 3 dimensi.

untuk menggambarkan dimensi2 berikut ada di video ini




enjoy


anotasi di video bisa dihilangkan
 


Pages: 1 2 3 4 5 6 [7] 8 9 10 11 12 13 14 ... 41
anything