//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Author Topic: meneliti multi agama  (Read 19170 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: meneliti multi agama
« Reply #45 on: 26 January 2013, 08:27:33 PM »
Kalau Anda tidak merasa melanggar hukum, boleh minta alamat dan no. kontak Anda? Biar aparat yang akan memutuskan. Bagaimana? :)

kesimpulan, silahkan anda melapor, tanpa alamat no kontak juga bisa melapor kok !
jika tidak jadi melapor, berarti anda tidak punya nyali, kongtaiwa, bacot gede !
model kayak anda, ancam dengan lapor polisi sudah banyak.  :whistle:

memang tidak diragukan pencapaian anda sebagai bodosatwa  :))
« Last Edit: 26 January 2013, 08:39:56 PM by adi lim »
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline adi lim

  • Sebelumnya: adiharto
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.993
  • Reputasi: 108
  • Gender: Male
  • Sabbe Satta Bhavantu Sukhitatta
Re: meneliti multi agama
« Reply #46 on: 27 January 2013, 06:40:43 AM »
Saya ingin kutip Kisah penyair terkenal Su Dong Po  dari Dinasti Song

Su Shi alias Su Dongpo bersahabat baik dengan Zen Master Foyin 佛印禪師, satu waktu si Dongpo ini berkunjung ke Jinshan 金山 dan meditasi bersama Chanshi. Dongpo Jushi dan Foyin Chansi membahas panjang kali lebar  Ruding 入定 kek, Qingjing 清靜 dan hal lainnya.

Su Dongpo kemudian bertanya kepada Foyin Chanshi,
Su Dongpo: "Eh, Anda melihat postur meditasi saya ? menurut pendapat anda bagaimana?"
Foyin Chanshi: "Postur anda sudah baik , seperti Buddha!"

Su Dongpo kemudian hidungnya kembang kempis dipuji seperti  Buddha. Kemudian Chanshi balik bertanya.
Foyin Chanshi: "Kalau anda melihat postur saya saat meditasi bagaimana?"
Su Dongpo: "Macem taik kebo!"

Su Dongpo memang selalu "kepoh" , jadi setiap ada kesempatan , dia akan menguji atau mengerjai Chanshi , karena sudah merasa pintar dan hebat. Sebaliknya Chanshi yang dibilang seperti "taik kebo" malah ekspresinya seperti senang sekali dan tidak berbicara lagi. Su Dongpo dalam hati merasa menang.

Masalah itu kemudian sampai ketelinga Su Xiaomei , adik perempuannya Su Dongpo. Adiknya kemudian bertanya . " Kakak kabarnya mengalahkan Foyin Chanshi? Bagaimana ceritanya?"


Su Dongpo kemudian bercerita kembali soal apa yang dialaminya bersama Foyin Chanshi. Su Xiaomei seorang gadis cerdas kemudian malah menyadari kekalahan kakaknya.

"Oi kakak , aslinya kakak yang kalah! Foyin Chanshi di batinnya tiap saat ada Buddha, itu sebabnya dia liat orang laen juga sebagai Buddha. Sedangkan kakak punya batin seperti "taik kebo" , itu sebabnya kakak melihat orang juga seperti taik kebok"

Mendapat pencerahan yang tidak disangka-sangka melalui adiknya , Su Dongpo segera menyadari betapa ilmunya masih rendah dibandingkan Foyin Chanshi.

Rupanya memang benar kalau isi pikirannya positif maka perbuatan dan cara berbicara juga positif. Kalau di benaknya penuh dengan pemikiran negatif maka yah baik perbuatan , omongan dan tulisan isinya seperti taik kebo.

tidak ada yang adu ilmu, mungkin persepsi adu ilmu memang dari awalnya sudah anda miliki, karena merasa tersudutkan.
disini kita membahas, diskusi, setuju atau tidak setuju dengan argumen atau pembahasan, itulah kenyataan
kalau setuju silahkan lanjut, kalau tidak setuju ya udah berhenti aja,
contoh cerita taik kebo, sudah usang, tidak menarik lagi.
Seringlah PancaKhanda direnungkan sebagai Ini Bukan MILIKKU, Ini Bukan AKU, Ini Bukan DIRIKU, bermanfaat mengurangi keSERAKAHan, mengurangi keSOMBONGan, Semoga dapat menjauhi Pandangan SALAH.

Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: meneliti multi agama
« Reply #47 on: 27 January 2013, 10:21:23 PM »

[/quote]
BAB 1 tentang mendidik umat untuk berprilaku baik,-----di ajaran Buddha pasti ada.
BAB 2 tentang peraturan memanggil gurunya sebagai Bhante,Bhiksu,merayakan /memperingati waisak,,khatina ----pasti ada aturannya.
BAB 3 tentang segala sesuatu yang tidak nyata ,alam Nirvana ,alam peta-----pasti ada.

saya tidak menulis tentang ajaib,tapi saya tulis ghaib yang artinya sesuatu yang tidak nyata.

Bab 1 ajaran sang buddha adalah melihat dunia secara benar. Urusan apakah umatnya berprilaku baik atau tidak itu urusan pribadi masing masing.
Bab 2 balik lagi itu semua hanya tradisi tidak hukum baku yang sama disetiap daerah contoh guru dibisa dipanggil bhante tapi juga bisa juga dipanggil suhu begitu juga dengan perayaan yang terjadi tergantung daerah setempat.
Bab 3 buddha tidak mengajarkan alam Nirvana, tetapi ada jalan yang menuju kesana. 32 alam lain buddha hanya menyatakan ada tapi tidak untuk diyakini umatnya. Kepercayaan pada ajaran umat buddha adalah ehipasiko

Kejadian sesuatu yang tidak nyata adalah suatu pengalaman pribadi seseorang yang tidak dapat dibagikan kepada orang lain tanpa orang lain itu mempercayai dan mengalaminya sendiri. Contoh saya bisa melihat hantu tetapi belum tentu Anda percaya karena Anda tidak percaya saya dan tidak mengalaminya bersama saya. Jadi pengalaman ghaib adalah sesuatu hal yang tidak diajarkan buddha karena itu tidak menuju pada jalan pembebasan diri.

Jalan pembebasan diri adalah jalan dimana kita terlepas dari ego / niat yang dijelaskan pada 4 kebenaran mulia.
Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline Hadisantoso

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 310
  • Reputasi: 9
  • Gender: Male
Re: meneliti multi agama
« Reply #48 on: 28 January 2013, 09:08:05 AM »

Bab 1 ajaran sang buddha adalah melihat dunia secara benar. Urusan apakah umatnya berprilaku baik atau tidak itu urusan pribadi masing masing.
Bab 2 balik lagi itu semua hanya tradisi tidak hukum baku yang sama disetiap daerah contoh guru dibisa dipanggil bhante tapi juga bisa juga dipanggil suhu begitu juga dengan perayaan yang terjadi tergantung daerah setempat.
Bab 3 buddha tidak mengajarkan alam Nirvana, tetapi ada jalan yang menuju kesana. 32 alam lain buddha hanya menyatakan ada tapi tidak untuk diyakini umatnya. Kepercayaan pada ajaran umat buddha adalah ehipasiko

Kejadian sesuatu yang tidak nyata adalah suatu pengalaman pribadi seseorang yang tidak dapat dibagikan kepada orang lain tanpa orang lain itu mempercayai dan mengalaminya sendiri. Contoh saya bisa melihat hantu tetapi belum tentu Anda percaya karena Anda tidak percaya saya dan tidak mengalaminya bersama saya. Jadi pengalaman ghaib adalah sesuatu hal yang tidak diajarkan buddha karena itu tidak menuju pada jalan pembebasan diri.

Jalan pembebasan diri adalah jalan dimana kita terlepas dari ego / niat yang dijelaskan pada 4 kebenaran mulia.
terima kasih informasinya.
kesimpulannya------

1,umat Buddha di ajarkan untuk melihat dunia secara benar,---cukup melihat saja.tidak dianjurkan melakukan yang benar.

2,tidak ada peraturan sama sekali.

3,ada alam Nirvana,ada 32 alam----tapi tidak untuk diyakini umatnya.


Kejadian sesuatu yang tidak nyata adalah suatu pengalaman pribadi seseorang yang tidak dapat dibagikan kepada orang lain tanpa orang lain itu mempercayai dan mengalaminya sendiri. --------------agak aneh ya,siapa yang memberitahu tentang adanya alam Nirvana??bagaimana saya bisa memberitahu sesama umat bila saya sendiri belum pernah kesana?

ehipasiko?


Offline Hadisantoso

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 310
  • Reputasi: 9
  • Gender: Male
Re: meneliti multi agama
« Reply #49 on: 28 January 2013, 10:06:39 AM »
rekan Alucard Lloyd:
tolong kasih penjelasan tentang-------
1,di ajaran Buddha ada sila itu apa? melepaskan ego itu maksud tujuannya apa? apa makna dari 4 kebenaran mulia?
karena 3 hal yang saya sebut itu pengertian saya adalah menyangkut prilaku,yaitu mengarahkan agar umat berprilaku baik atau menjalani hidup dengan benar.

2,kita semua belum pernah ke alam Nibbana,tapi umat Buddha sudah meng-anggap bahwa alam itu ada,sehingga umat bertekad menuju kesana dengan berpedoman jalan yang sudah tertulis di ajaran Buddha,dimana letak ehipasiko nya?

Offline sanjiva

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.091
  • Reputasi: 101
  • Gender: Male
Re: meneliti multi agama
« Reply #50 on: 28 January 2013, 10:17:46 AM »
rekan Alucard Lloyd:
tolong kasih penjelasan tentang-------
1,di ajaran Buddha ada sila itu apa? melepaskan ego itu maksud tujuannya apa? apa makna dari 4 kebenaran mulia?
karena 3 hal yang saya sebut itu pengertian saya adalah menyangkut prilaku,yaitu mengarahkan agar umat berprilaku baik atau menjalani hidup dengan benar.

2,kita semua belum pernah ke alam Nibbana,tapi umat Buddha sudah meng-anggap bahwa alam itu ada,sehingga umat bertekad menuju kesana dengan berpedoman jalan yang sudah tertulis di ajaran Buddha,dimana letak ehipasiko nya?

Gw umat Buddha, tapi gw ga menganggap Nibbana itu alam.   Nibbana adalah padamnya kelahiran kembali (yang diliputi anicca, dukkha, anatta).  Sebaiknya pahami dulu arti nibbana dengan benar.  Kalau menganggap nibbana adalah alam, ga heran kalau ada yang berharap lahir kembali di sana dan sekalian ketemu buda tertentu.  :whistle: ;D
«   Ignorance is bliss, but the truth will set you free   »

Offline Hadisantoso

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 310
  • Reputasi: 9
  • Gender: Male
Re: meneliti multi agama
« Reply #51 on: 28 January 2013, 10:38:50 AM »
Gw umat Buddha, tapi gw ga menganggap Nibbana itu alam.   Nibbana adalah padamnya kelahiran kembali (yang diliputi anicca, dukkha, anatta).  Sebaiknya pahami dulu arti nibbana dengan benar.  Kalau menganggap nibbana adalah alam, ga heran kalau ada yang berharap lahir kembali di sana dan sekalian ketemu buda tertentu.  :whistle: ;D
terima kasih penjelasannya,rekan Sanjiva

Offline williamhalim

  • Sebelumnya: willibordus
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.869
  • Reputasi: 134
  • Gender: Male
Re: meneliti multi agama
« Reply #52 on: 28 January 2013, 04:09:51 PM »
coba tanyakan pada para orang tua,apa alasan mereka mendorong anak2 nya agar beragama atau ikut beragama ?
saya yakin kebanyakan akan menjawab---agar anaknya menjadi orang yang baik(prilaku/pribadi yang baik).

saya baru tahu sekarang,bila-----
umat Buddha berprilaku baik,karena punya target Nibbana.
kalau memang demikian ,saya pikir itu justru merendahkan umat Buddha dan ajaran Buddha itu sendiri.
berarti pertolongan yang dilakukan umat Buddha termasuk Sang Buddha kepada sesama umat semuanya ada pamrih ?

Sy pernah dapat ini:

Ada 4 tingkatan berdana:
- berdana krn terpaksa
- berdana krn ingin dipuji
- berdana krn memang kasihan
- berdana krn ingin melatih diri / menyadari manfaat dari berdana (melatih pengikisan kemelekatan)

Yg ke 4 adalah yg termulia. Kenapa?

Yg nomor 3 memang bagus, dan banyak orang2 yg begitu... tapi yg ke 4 lebih mulia krn ia menumbuhkan sesuatu dari tidak ada-menjadi ada.. ia berusaha.... ia melatih diri... ia tau apa yg ia lakukan dan senantiasa melatihnya menuju kesempurnaan berdana tertinggi

Bukan karena 'pamrih' tetapi krn menyadari manfaatnya dan tau tujuannya

Ini ibarat seorang yg hobby berenang krn suka dan orang yg berenang krn ingin menyempurnakan teknik dan kecepatannya...

::
Walaupun seseorang dapat menaklukkan beribu-ribu musuh dalam beribu kali pertempuran, namun sesungguhnya penakluk terbesar adalah orang yang dapat menaklukkan dirinya sendiri (Dhammapada 103)

Offline Hadisantoso

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 310
  • Reputasi: 9
  • Gender: Male
Re: meneliti multi agama
« Reply #53 on: 28 January 2013, 08:40:11 PM »
Sy pernah dapat ini:

Ada 4 tingkatan berdana:
- berdana krn terpaksa
- berdana krn ingin dipuji
- berdana krn memang kasihan
- berdana krn ingin melatih diri / menyadari manfaat dari berdana (melatih pengikisan kemelekatan)

Yg ke 4 adalah yg termulia. Kenapa?

Yg nomor 3 memang bagus, dan banyak orang2 yg begitu... tapi yg ke 4 lebih mulia krn ia menumbuhkan sesuatu dari tidak ada-menjadi ada.. ia berusaha.... ia melatih diri... ia tau apa yg ia lakukan dan senantiasa melatihnya menuju kesempurnaan berdana tertinggi

Bukan karena 'pamrih' tetapi krn menyadari manfaatnya dan tau tujuannya

Ini ibarat seorang yg hobby berenang krn suka dan orang yg berenang krn ingin menyempurnakan teknik dan kecepatannya...

::
AMAL.
1,ada orang amal karena kemanusiaan.
   ada orang amal karena kewajiban.
   ada orang amal karena kekeluargaan.
   ada orang amal karena kedudukan.
 
2,ada orang amal karena ketakutan,
   ada orang amal karena ikut ikutan,
   ada orang amal karena ingin imbalan,
   ada orang amal karena perjanjian.
 
3,ada orang amal karena pelarian,
   ada orang amal karena ramalan,
   ada orang amal karena rayuan,
   ada orang amal karena paksaan.
 
4,ada yang memaksa orang supaya amal,
   ada yang disertai rayuan gombal,
   ada yang mencari keuntungan dari amal,
   ada yang minta supaya dirinya diberi amal.
 
5,ada yang rebutan untuk beramal,
   alasannya tak mau dirinya tertinggal,
   ada yang tidak bulat niatnya amal,
   setelah uang diserahkan dirinya menyesal.
 
6,ada yang amal tanpa ukuran,
   hartanya habis terjual,anaknya kelaparan,
   ada yang amal tapi luput sasaran,
   menitipkan uang kepada panitia gadungan.
 
7,ada yang gara gara amal malah jadi berantakan,
   memberi nasehat kepada orang yang lagi pacaran,
   ada orang amal tanpa memilih sasaran,
   membagi uang kepada jutawan,akhirnya tersinggung perasaan.
 
8,prosesnya amal banyak variasi,
   tapi sayang lebih banyak yang imitasi,
   yang dari dorongan hati nuraeni,
   itulah niat amal yang murni.
 
9,ada orang setelah amal lalu bergaya,
   kemana mana menyiarkan warta berita,
   ada orang setelah amal lalu berani menambah dosa,
   dikiranya sudah punya banyak saldo pahala.
 
10,ada tiga jenis materi amal,
    nomer satu amal spiritual,
    nomer dua bantuan moril,
    nomer tiga bantuan material.
 
11,pada umumnya yang populair amal benda mati,
    dikiranya itulah yang nyata dan dianggap inti,
    materialistis memang umum digemari,
    zaman sekarang nomer satu masalah duniawi.
 
12,amal spiritual,moriel dan harta duniawi,
    amal material hanya dimakan sehari,
    amal moriel berguna sampai orangnya mati,
    amal sepiritual bisa menembus sampai akherati.
 
13,amal spontan nilainya paling tinggi,
    amal kewajiban nilainya cukup tinggi,
    amal anjuran nilainya kurang tinggi,
    amal harapan nilainya hanya sebiji.
 
14,banyak cerita mengenai amal,
    banyak cara untuk beramal,
    sampai disini sajak berjudul amal,
    harapanku semoga berguna sebagai bekal.
 
 surabaya 23-8-1985,
Modifikasi 28-1-2013
Hadi.


Offline Alucard Lloyd

  • Sebelumnya: a.k.agus
  • Sahabat Baik
  • ****
  • Posts: 529
  • Reputasi: 13
  • Gender: Male
  • buddho
Re: meneliti multi agama
« Reply #54 on: 28 January 2013, 11:25:47 PM »
rekan Alucard Lloyd:
tolong kasih penjelasan tentang-------
1,di ajaran Buddha ada sila itu apa? melepaskan ego itu maksud tujuannya apa? apa makna dari 4 kebenaran mulia?
karena 3 hal yang saya sebut itu pengertian saya adalah menyangkut prilaku,yaitu mengarahkan agar umat berprilaku baik atau menjalani hidup dengan benar.

2,kita semua belum pernah ke alam Nibbana,tapi umat Buddha sudah meng-anggap bahwa alam itu ada,sehingga umat bertekad menuju kesana dengan berpedoman jalan yang sudah tertulis di ajaran Buddha,dimana letak ehipasiko nya?

Sila adalah pelatihan diri tapi buddha tidak mengharuskan untuk melakukan sila karena itu bila melanggar sila tiada hukum atau pun berdosa dalam ajaran buddha.

Ego adalah belenggu dunia. Bila kamu tahu ada beban dirantai kaki mu apakah kamu tidak ingin bebas dari beban itu?

Tiada makna dari 4 kebenaran mulia yang ada kebenaran pernyataan itu sendiri. Bagaikan menangkap ular dikepalanya maka dengan pandangan benar ini tiada takut digigit ular karena kita menangkap dengan benar.

Pengertian Anda tidak salah tapi bila kita telusuri ajaran buddha sangat dalam untuk dimengerti  sesaat butuh pedalaman yang sangat dalam maka dari itu banyak murid buddha yang melakukan penyendirian dihutan dan Goa Goa untuk mendalami ajaran buddha.

Alam nibbana itu tidak ada. Yang ada hanya kondisi nibbana, nibbana sunguh sulit untuk di terangkan oleh orang lain karena sifat nya yang sangat luas dan personal. Bila Anda mengatakan dimana ehipasiko nya ya contoh sederhana saja.bila Anda dicerita kan bahwa Amerika terdiri dari 50 negara bagian tapi Anda tidak pernah ke Amerika dan Anda bercerita ke orang lain bahwa Amerika terdiri dari 50 negara bagian dan orang itu menanyakan buktinya. Maka apa yang Anda lakukan? Belajar tentang Amerika mencari informasi tentang Amerika dan pergi kesana untuk membuktikan bahwa benar apa tidak? Ini yang disebut ehipasiko datang dan buktikan bila salah silakan koreksi dan bila benar itulah dhamma ( kebenaran ).

Inti dari sebuah ajaran adalah keyakian diri akan ajaran tersebut. Tetapi bagi saya sebuah ajaran akan sangat berharga bila dapat menyelamatkan diri ini dari segala jenis masalah dunia dan dapat membawa diri dan mental dalam ketenangan dan keseimbangan hidup diri kita setiap saat.

Contoh sederhana dalam kehidupan saya. Baru baru ini Jakarta dapat musibah banjir besar dan saya salah satu korban nya. Saya harus pergi mengungsi dengan membawa anak istri dan mertua saya. Keadaan rumah berantakan karena banjir datang tidak diduga semua barang dirumah saya habis terendam selama 7 hari. Keadaan tambah parah gudang dagangan barang saya juga ikut kebanjiran dan banyak barang dagangan saya habis terendam tidak bisa terjual. Saat mengungsi anak saya sakit Deman 3 hari, istri saya sedih dan stres memikirkan anak dan barang barang yang kebanjiran, mertua saya penyakit stressnya kambuh ( gila ). Setiap hari saya harus banjir banjiran karena harus cek keadaan rumah dan pergi kerja pun banyak jalan yang terputus karena banjir. Malang tak dapat ditolak rugi pun tak dapat dihindari. Tetapi saya sangat berterima kasih atas ajaran dan pelajaran teori ajaran buddha yang selam ini saya yakini saya tidak stress saya dapat menghadapi setiap masalah yang terjadi dengan pikiran tenang dan seimbang, biarpun terkadang rasa takut dan cemas muncul tetapi dapat saya atasi dengan segera. Orang bilang musibah saya bilang ini adalah praktek dari ajaran teori yang selama ini saya pelajari.

Kehidupan kita sangat sesaat hanya sekedipan mata. Maka dari itu ini pun akan berlalu.
 _/\_

Agama ku tidak bernama
Karena guru ku telah parinibbana
Yang tertinggal hanyalah dahmma
Agar aku dapat mencapai nibbana

Offline Indra

  • Global Moderator
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 14.819
  • Reputasi: 451
  • Gender: Male
Re: meneliti multi agama
« Reply #55 on: 29 January 2013, 12:00:12 AM »
 [at] Allucard Lloyd, turut prihatin atas musibah yang menimpa anda

Offline Che Yong

  • Teman
  • **
  • Posts: 95
  • Reputasi: 4
  • Gender: Male
  • Semoga semua mahluk berbahagia
Re: meneliti multi agama
« Reply #56 on: 04 April 2013, 05:34:49 AM »
suhu2 saya ikut menyimak dong, wew kok ada konflik T-T

Offline Judah

  • Sahabat
  • ***
  • Posts: 179
  • Reputasi: -4
  • Gender: Male
  • "aku mencari dan mendapat"
Re: meneliti multi agama
« Reply #57 on: 26 August 2013, 01:02:09 AM »
suhu2 saya ikut menyimak dong, wew kok ada konflik T-T

Konflik apa nih? Perasaan yang buat konflik beberapa oknum buddhist disini. Threadnya bagus kok, cuman lucu aja ada moderator heboh ikut diskusi modal "semangat".

Lanjut om, saya mau lihat dulu... ;D
Apakah setiap orang mencari jalan yang benar? Tentunya butuh pengorbanan