//honeypot demagogic

 Forum DhammaCitta. Forum Diskusi Buddhis Indonesia

Poll

thead ini enaknya diapain yah? ;D

dibakar 8)
0 (0%)
dikubur :D
0 (0%)
disegel :x
0 (0%)
diformalin :)
0 (0%)
digusur ;)
0 (0%)
dijadiin sesajen ;D
2 (100%)

Total Members Voted: 2

Author Topic: bisikan centil si bawel ;D  (Read 157991 times)

0 Members and 1 Guest are viewing this topic.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: bisikan centil si bawel ;D
« Reply #555 on: 21 December 2011, 09:19:01 PM »
yang polling ya gitu deh itu salah satunya saya :P, jadi ngak usah dihitung ;D.
kan berarti itungannya masih seri...
ya boleh lah itu dibukukan...
sebenarnya saya mau polling "benar-benar bermanfaat...", tapi karena engga ada jadinya ikutan polling ya gitu deh...
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: bisikan centil si bawel ;D
« Reply #556 on: 22 December 2011, 12:02:06 PM »
misi om, udah lama gak numpang lewat... kali ini numpang pipis aja deh  :)) ^:)^ ^:)^

iya om silahkan, habis itu jangan lupa disirem terus bayar upeti yah, cukup 10 grp aja deh =)).

kan berarti itungannya masih seri...
ya boleh lah itu dibukukan...
sebenarnya saya mau polling "benar-benar bermanfaat...", tapi karena engga ada jadinya ikutan polling ya gitu deh...

hahaha.. ngak perlulah ;D. kita mesti menghemat kertas untuk yang penting-penting aja, soalnya kan kertas dari kayu, kalo kayunya diambilin terus ntar lama-lama hutan semakin botak aja :P.

Offline will_i_am

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 5.163
  • Reputasi: 155
  • Gender: Male
Re: bisikan centil si bawel ;D
« Reply #557 on: 22 December 2011, 03:16:18 PM »

hahaha.. ngak perlulah ;D. kita mesti menghemat kertas untuk yang penting-penting aja, soalnya kan kertas dari kayu, kalo kayunya diambilin terus ntar lama-lama hutan semakin botak aja :P.
saran yang bagus...
coba suruh om medho mempertimbangkan saran om bawel..
kalau gitu mungkin akan lebih hemat kertas, dan semua tulisannya cukup jadi softcopy saja, ga usah dicetak..  :P
hiduplah hanya pada hari ini, jangan mengkhawatirkan masa depan ataupun terpuruk dalam masa lalu.
berbahagialah akan apa yang anda miliki, jangan mengejar keinginan akan memiliki
_/\_

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: bisikan centil si bawel ;D
« Reply #558 on: 23 December 2011, 10:05:25 AM »
iya om silahkan, habis itu jangan lupa disirem terus bayar upeti yah, cukup 10 grp aja deh =)).

hahaha.. ngak perlulah ;D. kita mesti menghemat kertas untuk yang penting-penting aja, soalnya kan kertas dari kayu, kalo kayunya diambilin terus ntar lama-lama hutan semakin botak aja :P.

done  ^-^
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: bisikan centil si bawel ;D
« Reply #559 on: 23 December 2011, 03:21:12 PM »
saran yang bagus...
coba suruh om medho mempertimbangkan saran om bawel..
kalau gitu mungkin akan lebih hemat kertas, dan semua tulisannya cukup jadi softcopy saja, ga usah dicetak..  :P

yee.. saya bilang kan untuk yang penting-penting aja ;D.
dan penerbitan tipitaka dan turunannya itukan jauh.. jauh.. jauh.. lebih penting dibanding terbitin tulisan orang gila seperti saya =)).

 [at] om wang
dane juga ;D.

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: bisikan centil si bawel ;D
« Reply #560 on: 28 December 2011, 03:28:50 PM »
baru buat polling baru, ayo diisi pollingnya :P.

Offline hemayanti

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 4.477
  • Reputasi: 186
  • Gender: Female
  • Appamadena Sampadetha
Re: bisikan centil si bawel ;D
« Reply #561 on: 28 December 2011, 06:25:15 PM »
baru buat polling baru, ayo diisi pollingnya :P.
saya mau pilih pulau Galapagos. ;D
"Sekarang, para bhikkhu, Aku mengatakan ini sebagai nasihat terakhir-Ku: kehancuran adalah sifat dari segala sesuatu yang terbentuk. Oleh karena itu, berjuanglah dengan penuh kesadaran."

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
berkah ;D.
« Reply #562 on: 05 January 2012, 01:56:53 PM »
dahulu kala, ketika saya masih sebagai bocah ingusan... srotttt... srottt... ahh.. :)), saya dilarang untuk ‘meminta-minta’ di depan patung sang buddha ketika sedang berkunjung ke bio, cukup dengan pai-pai aja (memberi hormat maksudnya) ;D. tapi sayangnya saya tidak pernah diberitahu, dan karena saya yang memang ngak mau tahu juga, kenapa ngak boleh ‘meminta-minta’ gitu, tidak seperti patung-patung yang lainnya di dalam bio yang sering saya kunjungi itu ;D.

tapi sekarang setelah dipikir-pikir, ternyata bener juga yah.... kalo kita memang tidak perlu ‘meminta-minta’ begitu ;D. karena memang tidak sesuai dengan ajaran sang buddha sendiri, seperti pada nasihat terakhir sang buddha dalam mahaparinibbana sutta.... kalo ngak salah :P, yang pada intinya kalo budhha dan dhamma itu adalah satu, maksudnya dhamma yang telah dibabarkan itu sebagai guru setelah sang buddha parinibbana ;D.

karena dengan berpikir, berbuat dan berbicara sesuai dengan dhamma, maka itulah yang akan melindungi kita dalam melalui jalan untuk keluar dari samsara ini ;D.

tapi sayangnya, seperti yang kita ketahui, saat ini banyak sekali umat-umat buddhis yang ‘meminta-minta’ berkah kepada sang buddha bahkan kepada para buddha hidup dan juga para bodhisatva, seperti dengan tidak bosan-bosannya mengatakan buddha bless you and me dan kata-kata lainnya yang se-tipe, yang intinya memohon berkah ;D.

saya tidak tahu dari mana asal mulanya memohon-mohon berkah seperti itu, karena sang buddha sendiri sudah membabarkan apa saja berkah utama itu, seperti yang ada pada manggala sutta atau maha manggala sutta, yang  untuk selanjutnya diteladani oleh kita, kalo memang hal itu bermanfaat bagi kita sendiri ;D.

jadi apalagi alasan kita untuk meminta berkah dengan mengatakan buddha bless you and me atau permohonan lainnya? ;D karena semuanya sudah dibabarkan dengan sempurna oleh sang buddha, maka silahkan datang dan lihatlah sendiri bagaimana sebenarnya ajaran buddha itu, jangan cuma ikut-ikutan apa yang dikatakan orang banyak tanpa mencoba memahami inti sebenarnya ajaran buddha itu sendiri, yaitu empat kebenaran mulia tentang dukkha, sebab dukkha, akhir dukkha dan jalan menuju lenyapnya dukkha ;D.

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: bisikan centil si bawel ;D
« Reply #563 on: 05 January 2012, 01:57:22 PM »
saya mau pilih pulau Galapagos. ;D

kejauhan, saya kasihan sama si penyu dan lumba-lumba ;D.

Offline dewi_go

  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 1.848
  • Reputasi: 69
  • Gender: Female
Re: bisikan centil si bawel ;D
« Reply #564 on: 05 January 2012, 05:17:23 PM »
ternyata bawel masih eksis yah posting :jempol:
Sweet things are easy 2 buy,
but sweet people are difficult to find.
Life ends when u stop dreaming, hope ends when u stop believing,
Love ends when u stop caring,
Friendship ends when u stop sharing.
So share this with whom ever u consider a friend.
To love without condition... ......... .........

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
avijja.. moha.. sinonim? ;D
« Reply #565 on: 06 January 2012, 04:39:58 PM »
ignorance / avijja / ketidaktahuan dan delusion / moha / khayalan apakah sinonim? ;D

menurut bhante gunaratana avijja dan moha bukan sinonim:
Quote
When there is ignorance there is confusion. That is another word. Ignorance is called avijja. Confusion is called moha. When we do not know the truth, we build up theories. We come up with all kind of theories. Theories regarding the world, the self. All the theories in the world are based on these two factors. What are the two factors? The belief in self and about the world. These theories confuse us and that is called moha. avijja is one thing, moha is another. Moha is the result of avijja. avijja is not knowing the Four Noble Truths.
http://www.bhavanasociety.org/resource/four_noble_truths
--------------

dari catatatan kaki ‘the noble eightfold path’ dari bhikkhu bodhi, avijja dan moha adalah sinonim:
Quote
Ignorance is actually identical in nature with the unwholesome root "delusion" (moha). When the Buddha speaks in a psychological context about mental factors, he generally uses the word "delusion"; when he speaks about the causal basis of samsara, he uses the word "ignorance" (avijja).
http://www.accesstoinsight.org/lib/authors/bodhi/waytoend.html
--------------

dari glosari access to insight:
Quote
avijja [avijjaa]: Unawareness; ignorance; obscured awareness; delusion about the nature of the mind. See also moha
moha [moha]: Delusion; ignorance (avijja).. One of three unwholesome roots (mula) in the mind.
http://www.accesstoinsight.org/glossary.html
--------------

bagaimana menurutmu? ;D

kalo menurut saya sendiri avijja dan moha adalah tidak sama, karena seseorang yang mengalami delusi belum tentu dia tidak tahu ;D. contohnya saya sendiri, walaupun mengetahui empat kebenaran mulia tapi masih sering dihinggapi sama si moha :)). di mana tidak mengetahui empat kebenaran mulia adalah avijja ;D.

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: bisikan centil si bawel ;D
« Reply #566 on: 06 January 2012, 04:40:57 PM »
ternyata bawel masih eksis yah posting :jempol:

namanya juga bawel, makanya saya susah untuk berhenti :)).

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: bisikan centil si bawel ;D
« Reply #567 on: 06 January 2012, 05:41:07 PM »
namanya juga bawel, makanya saya susah untuk berhenti :)).

alhamdulilah...sesuatu  :)) :)) :))
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma

Offline bawel

  • Sebelumnya: Comel
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 2.755
  • Reputasi: 71
  • Gender: Male
  • namanya juga bawel ;D
Re: bisikan centil si bawel ;D
« Reply #568 on: 06 January 2012, 05:47:48 PM »
alhamdulilah...sesuatu  :)) :)) :))

sesuatu apa om? ;D

Offline wang ai lie

  • Sebelumnya: anggia.gunawan
  • KalyanaMitta
  • *****
  • Posts: 3.204
  • Reputasi: 72
  • Gender: Male
  • Terpujilah Sang Bhagava,Guru para Dewa dan Manusia
Re: bisikan centil si bawel ;D
« Reply #569 on: 06 January 2012, 05:55:35 PM »
sesuatu apa om? ;D

sesuatu bawelnya, sesuatu apanya lagi ya =))
Namo Mahakarunikaya Avalokitesvaraya, Semoga dengan cepat saya mengetahui semua ajaran Dharma,berada dalam perahu Prajna,mencapai Sila, Samadhi, dan Prajna,berada dalam kediaman tanpa perbuatan,bersatu dengan Tubuh Agung Dharma